SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

4 Manfaat Berlibur Yang Harus Kalian Ketahui

 

Pantai Ancol


Fixed beberapa tempat wisata telah beoperasi meskipun dengan pembatasan-pembatasan yang diterapkan. Ini semua berkat kedisiplinan kita semua untuk mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran-anjuran yang diberikan sehingga keadaan pandemi semakin terkendali. Semoga ke depan keadaan pandemi segera berubah menjadi endemi.

Kami pun tetap memilih untuk berlibur tipis-tipis masih di sekitaran Puncak, Bogor,  Jawa Barat dan masih mencari lokasi-lokasi yang menurut kami tidak terbilang ramai. Secara keluarga kami juga masih ada rasa was-was ketika mengunjungi lokasi wisata yang pengunjungya terbilang ramai.


Cimory Dairyland
Cimory Dairyland 


Sebelum beranjak mengenai lokasi liburan tipis-tipis, kalian juga harus tahu manfaat liburan. Ya iyalah, secara dari hari senin-jumat/sabtu telah beraktivitas rutin ada baiknya hari minggu keluar sejenak dari rutinitas, bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh loh, selain berolahraga tentunya.

Memang sih akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan tapi mengeluarkan biaya tambahan untuk liburan jauh lebih menyenangkan ketimbang mengeluarkan biaya untuk berobat ke rumah sakit (karena stres dan suntuk) ya kan.


4 Manfaat Liburan Untuk Kesehatan Tubuh

Ini juga yang membawa saya mencari tahu apa sih manfaat berlibur, apakah iya hanya membuang-buang uang saja. Situs Alo Dokter, salah situs rujukan saya untuk kesehatan yang dapat di percaya memberikan ulasan manfaat liburan untuk tubuh. Ini dia 4 manfaat liburan tersebut:

  • 1.     Berlibur Baik Untuk Meredakan Stress

Ya iyalah, masa ga bosen kerja mulu. Penting untuk kita meluangkan waktu  berlibur dan beristirahat sejenak dari berbagai kesibukan dan tekanan kehidupan sehari-hari. Makanya tak mengherankan jika liburan bisa membantu meredakan stres, bahkan mengurangi risiko depresi.

Riset menunjukkan bahwa manfaat liburan sendiri dapat bertahan hingga 5 minggu setelah liburan. Manfaat dari berlibur itu sendiri tidak terbatas apakah itu liburan yang panjang atau liburan singkat dan sederhana, intinya dengan berlibur dapat memberikan dampak yang besar terhadap pemulihan ketegangan dan stres yang dirasakan sehari-hari.

  • 2.     Berlibur Baik untuk Meningkatkan Fungsi Otak.

Karena berlibur itu baik untuk meredakan stres, pastinya setelah stress menjauh maka fungsi otak akan meningkat menjadi lebih baik.  Kembali lagi bahwa dengan terlalu banyak pekerjaan yang rutin dijalani setiap hari, apalagi dengan waktu istirahat yang sedikit, dapat berpengaruh terhadap fungsi otak yang dapat menyebabkan gangguan memori. Dan berakibat kita akan  merasa sulit berkonsentrasi dan mengingat banyak hal.

Bahkan penelitian telah menunjukkan dengan meluangkan waktu untuk berlibur, kita dapat menyegarkan pikiran dan membantu otak berfungsi dengan baik kembali, sehingga menjadi lebih fokus, produktif, dan berenergi. Masih ga mau untuk berlibur?

  • 3.     Berlibur Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Setelah meredakan stress dan meningkatkan kerja otak, manfaat berlibur lainnya adalah berlibur dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Studi lain menyebutkan bahwa liburan staycation di rumah saja, yang tentunya tidak memerlukan banyak biaya dan persiapan, dapat memperbaiki kontrol gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Fixed liburan ga perlu jauh, dirumah juga bisa rupanya.


Playground Anak
Playground Anak 


  • 4.     Berlibur Memperkuat Imunitas Tubuh

Efek relaksasi dan rasa bahagia yang dirasakan setelah berlibur inilah yang  dipercayai dapat memperkuat sistem imun tubuh kita. Orang yang sering berlibur cenderung lebih sehat dan panjang umur. Masih ga mau panjang umur.

 

So jadi sudah jelaskan ya, manfaat liburan untuk kesehatan tubuh, mulai dari meredakan tingkat stress dalam tubuh hingga memperkuat imunitas. Namun tenang ga harus jauh dan ga harus mahal juga. Sekedar jalan ke taman, santai dirumah masih dapat dikategorikan berlibur.

 

Cimory Dairyland
Cimory Dairyland 


Tapi memang enaknya berlibur itu (kalau bisa) berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi dan bersama orang yang kita sayangi, sekaligus menambah pengalaman dan wawasan baru juga memperkuat perekonomian sekitar tempat pariwisata yang kita kunjungi.

Yuklah berlibur…..

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar