AVANA MEMFASILITASI BISNIS ONLINE MU


Saat ini dunia sudah bergeser menjadi serba online. Terlebih dengan mewabahnya pandemi Covid 19 semakin membuktikan dunia harus bergeser dari bisnis tradisional bertatap muka beralih ke bisnis online, suka atau tidak suka.


Saya sendiri belum paham benar mengenai bisnis online ini. Secara saya sendiri berangkat dari bisnis yang tradisional tatap muka dengan konsumen. 


Konsep dasar bisnis. 

Dalam memulai sebuah usaha ada beberapa hal yang perlu disiapkan secara matang dan mendetail agar hasil bisnis dan usaha yang kita jalankan mendapatkan hasil yang maksimal atau sesuai dengan harapan kita.


Teori ekonomi dan marketing dasar menjelaskan secara sederhana mengenai tahapan membuka sebuah usaha. 


Tahapan awal dalam membuat sebuah bisnis adalah menerapkan prinsip manajemen POAC- Planning, Organizing, Actuating dan Controlling-Perencanaan, Organisasi, Tindakan dan Pengawasan.

 

Perencanaan

Sebagai seorang pengusaha atau pebisnis, Rencana matang sangatlah diperlukan, mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan, apakah produk atau jasa atau bisa keduanya. Lalu berapa modal yang diperlukan, sumber daya manusia yang dibutuhkan. Lokasi tempat kita akan berusaha, konsumen atau pangsa pasar dari produk kita. Juga rantai distribusi, muali dari mengadakan sebuah barang atau jasa,  ruang penyimpanan hingga barang/jasa tiba di tangan konsumen. 


Di dalam perencanaan juga dibahas target yang akan dicapai berapa? Dan waktu untuk mencapai target itu juga ditentukan. 


Organisasi.

Sesudah perencanaan dibuat, organisasi dibangun untuk menentukan rantai komando. Siapa bertanggung jawab terhadap apa? Dan berapa banyak personil yang menangani sebuah hal.  Disini biasanya dibuat SOP terhadap perencanaan yang sudah ada.


Actuating.

Tindakan disini adalah memastikan semua perencanaan yang sudah dibuat. Dan masing-masing sumber daya manusia melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.


Controlling.

Disini adalah bagian pengawasan atau kontrol, apakah target yang sudah direncanakan tercapai? Apakah sumber daya manusia sudah bekerja berdasarkan Tupoksi (Tugas, Pokok dan Fungsi) masing-masing. Kalau ada kendala, bagaimana cara pemecahannya. Sekaligus dilakukan evaluasi, apakah ada koreksi terhadap perencanaan yang sudah ada atau tetap dengan perencanaan yang sudah ada. 


Demikian seterusnya. POAC akan berulang-ulang menjadi otomatis. Dan menjadi alat perusahaan mencapai tujuannya memperoleh laba dan mensejahterakan pegawai-pegawainya. 


Konsep ini tidak hanya dipakai di perusahan besar, bahkan perusahaan keluarga juga harus melakukan dan menjalani manajemen POAC. 

 

Sumber pixabay(dot)com

Lalu setelah POAC apalagi?

Kita akan berkenalan dengan SWOT. Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat. 

Untuk memulai sebuah usaha ak.a bisnis SWOT  adalah tools (alat) penting yang harus diketahui dan digunakan. 


Strenght-adalah penting mengetahui kekuatan atau kelebihan dari usaha atau produk dan jasa yang kita berikan atau tawarkan. Penting juga mengetahui kekuatan dan kelebihan dari pesaing ya.  Contoh : jika produk kita adalah masker, pastikan kelebihannya seperti kualitas kain dan menyerap  kumannya diketahui konsumen.


Weakness-setelah tahu kelebihannya, pahami juga kekurangannya produk kita, kekurangan produk pesaing kita.


Opportunity-lihat celah, atau peluang yang hadir. Contoh saat ini orang butuh masker banyak, buat produk kita berkaitan denhan masker sehingga dicari orang. 


Threat-perhatikan juga ancaman-ancaman yang berasal dari sekitar, seperti pesaing atau terbatasnya jumlah pasokan.

 

Bisnis Dunia Online.

Ketika semua teori diatas sudah dipahami, tahapan berikutnya adalah berkenalan dengan dunia internet. Informasi dari kata data(dot)id "Pada 2019 jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan tumbuh 12,6% dibandingkan 2018, yaitu menjadi 107,2 juta pengguna. Pada 2023, jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan mencapai 150 juta pengguna"


Jadi dunia internet menjanjikan dengan jumlah pengguna yang semakin bertambah setiap tahunnya. 


Saluran pemasaran pum semakin tersedia dengan media sosial yang sudah dapat dimiliki dengan mudah, sebut saja Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.


Platform dagang online  yang sudah siap guna juga sudah banyak. 


Tapi beberapa masih khawatir dengan dunia teknologi informasi yang katanya membutuhkan beberapa keahlian khusus. Ya tidak salah juga sich. Memang dalam hal apapun bukan bisnis saja, perkembangan dari masing-masing disiplin ilmu tetap diperlukan.


Mengutip perkataan Nike yaitu "Just Do It" lakukan saja dahulu. Masalah nanti, ya diselesaikan nanti. 

 

Avana menjawab Ketakutanmu berbisnis Online 

Menjawab kekhawatiran terhadap dunia online dan perkembangannya serta memanfaatkannya sebagai saluran pemasaran dari produk dan jasa yang hendak kita jual. AVANA mencoba menjawab itu semua. 


AVANA sendiri adalah Platform Social Commerce yang mengubah media sosial kita menjadi toko online berkualitas sekaligus membangun Website profesional dengan instant. 


Tampilan Dasboard AVANA saya 

Setidaknya ada tiga toko utama yang bisa kita dapatkan dengan bergabung di AVANA, yaitu Webstore, Facebook Store, dan Messenger Store. Semuanya bisa dikelola dengan mudah hanya di satu dasbor AVANA. 


Pelanggan juga bisa langsung melakukan checkout tanpa harus meninggalkan laman toko online tersebut.


Belum menjawab teknis penggunaannya? Ini dia, sistem pengelolaan AVANA sangat mudah dan tidak ribet. Tanpa codingan dan punya skills IT, kita sudah bisa membuat toko online social commerce dalam waktu 5 menit.


Untuk teknik POAC yang sudah saya sharing kan diatas tadi, di AVANA, toko online yang kita miliki dapat dikendalikan hanya di satu dasbor saja mulai dari upload produk, kelola stok barang, sampai atur promosi. Anda hanya perlu sekali upload di dasbor AVANA, secara otomatis itu akan tampil di 3 toko online kita. Walaupun pelanggan berasal dari 3 toko sekaligus, semua orderan yang masuk bisa dimonitor di dasbor AVANA dengan cepat. Seru dan kerenkan.


Lalu bagaimana dengan  pembayaran transaksi yang terjadi?


Sistem pembayaran AVANA didukung oleh kurang lebih 10 akun bank di Indonesia. Selain itu, kita juga bisa menggunakan AVAPay, sistem pembayaran dari AVANA yang juga mempermudah pengelolaan proses transaksi pelanggan ke kita.


Yang saya suka dari AVANA (menurut saya) tag positif mereka yaitu -buat akun, -buka toko, -atur toko dan mulai berjualan.


AVANA menyederhanakan konsep bisnis yang ada disandingkan dengan dunia internet (media sosial) saat ini. 


Di buat akun, manfaatkan medsos facebook sebagai akun terdaftar. Lalu di bagian buka toko - terapkan pola POAC dan SWOT diatas untuk produk atau jasa yang kita tawarkan. Dan atur toko mu, display yang menarik dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar lancar usaha yang kita kerjakan.


Penutup.

Jadi memulai bisnis tidak mudah, memang benar, karena ada tahapan yang perlu diketahui sebagai pelaku usaha. Tetapi tidak sulit juga untuk dilaksanakan. 


Lalu untuk memasarkan menggunakan media sosial yang berbasiskan teknologi informasi (internet) tidak sesulit yang dibayangkan.


Tinggal terakhir adalah mau melaksanakan ide kreatif yang muncul, konsisten untuk terus belajar serta tetap berdoa dan berharap yang terbaik dari Tuhan. Kiranya sukses usahamu ya.


Diambil dari percakapan kemarin sore, diteras rumah kala Covid 19 melanda. 



 

 

 

 

 

 


164 komentar

  1. Avana ini menjawab segala keresahan pebisnis online ya. Makin mudah berbisnis dengan Avana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget kak..Avana ini mudah pengaplikasiannya ga ribet... tinggal kita sebagai UMKM mau bergabung atau tidak ..itu saja....sesederhana itu kok

      Hapus
  2. Pakai Avana jadi lebih mudah ya. Cuma hitungan menit toko online dah jadi. Udah gitu konsepnya terhubung dengan media sosial juga. Pastinya audiens jadi lebih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang amir...hadirnya avana membuat usaha online jadi lebih mudah

      Hapus
  3. Adanya platform digital ini menjawab kebutuhan pebisnis online untuk melakukan promosi dan manajemen perkembangan bisnis

    BalasHapus
  4. Wah, tentu usahawan medsos terbantu sekali dengan adanya AVANA ini ya
    Jd ga perlu ribet mau beriklan, AVANA yg urus, saya nih yg blm tau mau jual apa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuks..dipikirin dari sekarang mau usaha on line apa kak

      Hapus
  5. Rugi banget kalau di zaman sekarang ini tidak ambil bagian di bisnis online yah, apalagi sudah ada Avana, bisnis online makin mudah. Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak..sayang kalau dilewatkan avana ini kak

      Hapus
  6. Avana tujuannya membantu para penjual, yg pengen jualan online, yg gak ribet. soalnya sekarang banyak pengusaha, ada barang tapi bingung gimana cara ngejualnya. semoga sukses deh !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak..semakin memudahkan usaha on line melalui avana

      Hapus
    2. Iya, ini sudah pernah aq alami kalau cari seseran dari jualan, sementara juga bekerja yg lain, jadi keteteran.

      Hapus
    3. Beberapa orang memang harus fokus memilih satu jenis pekerjaan..sementara yang lain ada yang bisa multitasking kang amel..sambil bekerja tetap bisa usaha on line... saya juga suka takjub sama orang2 yang begitu.. energinya ga ada habis2nya

      Hapus
  7. Avana bs jadi solusi dsn inovasi para ukm yang mau jualan di sosial media ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget kak..membantu banget buat umkm yg mau terjun ke on line

      Hapus
    2. Umkm bisa sekalian branding usaha mereka sendiri lagi tanpa ngikut ke ecommerce kalau mau online ya. Tapi butuh modal jg ya buat coba avana ini?

      Hapus
    3. Yup.. tapi sekarang mereka lagi promo kak...jadi manfaatkan semaksimal mungkin kak promonya

      Hapus
  8. Ini salah satu dari dampak positif dari perkembangan teknologi ya. Dengan Avana mau mulai bisnis jadi aman dan nyaman semua cuma tinggal pakai jempol aja beres sukses terus Avana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Avana berusaha memudahkan umkm bersentuhan dengan dunia on line ka.. itu sich sederhananya

      Hapus
    2. Iya semua sekarang serba online ya k, jadi makin mudah. Avana semoga makin sukses

      Hapus
    3. Yup...udah dimudahkan dengan hadirnya AVANA..trus ga dimanfaatkan..sayang banget kan kak

      Hapus
  9. AVANA ini emang membantu banget, aku aja udah coba trial gratis 14 harinya, dan… keren banget. Fitur-fiturnya lengkap, penggunaannya juga mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok...mudah ya kak.. samaan saya juga udah pake versi trialnya

      Hapus
  10. Waahh perlu di coba. Sampai sejaub ini hanya jualan via ig dan GMB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas ito... mumpung lagi ada versi trialnya

      Hapus
  11. Avana membuat bisnis semakin melesat...

    BalasHapus
  12. Wiih mantaaap nggak tanggung-tanggung ada 10 akun bank untuk memudahkan transaksi. Hari gini emang udah harus banget beralih ke toko online kayak Avana gini ya, kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin dimudahkan utk membuka bisnis on line kak..kuy buka ah

      Hapus
  13. Wah... postingan ini mantap! Sangat informatif untuk strategi usahanya. POAC ini, memang snagat penting untuk diketahui.
    SWOT Saja tidak cukup sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini formula utk sukses dibidang usaha harus dicampur2 kak.. ga bisa 1 formula saja..untunglah utk formula online nya avana sudah hador membantu memudahkan

      Hapus
  14. Ini bagus banget dan sangat membantu serta menguntungkan penjual. Mau rekomendasikan untuk teman dan keluarga yang berjualan ahhh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak jean.. yuks.. mulai usaha online sedari sekarang mumoung ada trial gratisnya

      Hapus
  15. Dengan Avana membantu para pebisnis UMKM sehingga bisa membuat brand di toko online sendiri dengan mudah dan dapat menjangkau pasar lokal dan global

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..itu ide awalnya sekaligus grand design kedepannya kak

      Hapus
  16. Bisa mengontrol 3 toko online sekaligus ya. Keren harus coba ini. soalnya saya juga ada jualan online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. 3 akun toko dalam satu genggaman kak ..seru kan

      Hapus
  17. kreatif. percakapan kemaren sore yang jadi tulisan artikel. keren kak. apalagi yg diomongin bisnis online. avana boleh dicoba tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nich kak..mumpung avana lgi ada trialnya bisa dicobain nich.. bisnis online

      Hapus
  18. Perencanaan yang tepat dalam bisnis, merupakan 50% dari keberhasilan. Bergabung ke platform AVANA, juga merupakan hasil perencanaan yang cerdas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas.. jadi total 100 persen ya mas ari... tinggal mau atau tidak mewujudkannya saja

      Hapus
  19. Hmm andaikan dulu zaman saya jualan online dan offline udah ada Avana ya, pastinya merasakan banget manfaat yg diberikan Avana ini ya Bg Lius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...iya kak...lebih mudah berdagang online ya..kalau avana udah hadir dari dulu

      Hapus
  20. Jadi cukup sekali upload di dasbor AVANA, secara otomatis itu akan tampil di 3 toko online kita ya. Wah jadi praktis banget kalo pake platform ini ya

    BalasHapus
  21. Boleh juga nih, kita juga ga repot sekalian bermeda sosial sekalian berbisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bemer banget kak..sekalian bermedsos sekalian berbisnis

      Hapus
  22. Pandemi corona ini memaksa banyak pihak untuk meng-online-kan bisnisnya ya. Aku sendiri terpaksa libur dulu karena nggak mungkin buka usaha jastip dalam kondisi begini :D

    Sukses bisnisnya, Bang. Saatnya meluas ke bisnis online :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener kak..mungkin ini titik balik untuk segera memulai bisnis on line ya

      Hapus
  23. Weleh petunjuk detail gini ya, bikin bangun usaha lebih gamblang karena ada bukaan mindset bukan tiba2 bikin usaha

    BalasHapus
  24. bisnis Online saya emang buat sampingan sih.. tapi ada AVANA jadi pengen nyoba lebih serius lagi jualan. Ini juga bisa jadi masukan buat suami yg mulai pengen merambah pemasaran secara Online.

    BalasHapus
  25. Memudahkan ya ini jadi bisa terintergerasi jadi satu sekaligus, bisa hemat biaya. Fokus bisnisnya bisa dialihin ke perencaaan karena teknisnya kebantu sama Avana ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...teknisnya dipegang sama avana..fokus kita ke perencanaan dan pengembangan usaha selanjutnya

      Hapus
  26. Boleh dicoba ini AVANA untuk melancarkan bisnis online ke depan, meskipun belum memulai bisnis dengan baik tetapi bisa jadi harapan ke depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba kak..selagi ada trialnya.. biar tahu fitur2 menarik dari AVANA

      Hapus
  27. Aku pernah baca nih mengenai AVANA. Di jaman sekarang untuk bisnis juga harus ngikutin trend. Salah satunya bisnis online dan platform AVANA keren sih, bisa memfasilitasi itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak ... bisnis memang harus mengikuti trend... dan Avana memfasilitasi hal tersebut

      Hapus
  28. Avana ini mempermudah banget ya. Bisa bantu pebisol mengenai hal yang mungkin belum dimengerti. Pas banget punya temen pebisol nanti mau aku rekomendasiin ke dia. Makasih, bang. Ini bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk..udah saatnya kita berbisnis on line ...

      Hapus
  29. Avana ini sangat membantu para pebisnis online ya kak.
    Bisnis olshop akan makin besar pasarnya dgn avana ini

    BalasHapus
  30. Dengan semua fasilitas dan kelebihan dari Avana, sudah sepantasnya para pebisnis online memanfaatkan kehadiran platform ini. Sayang, saya gak punya bisnis online meski dari dulu pengen berbisnis tapi masih bingung mau jualan apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mulai dari POAC kak... terus analisis SWOT nya lanjut dengan AVANA untuk aplikasi online kak... Ga mudah juga tapi ga sulit juga kok

      Hapus
  31. Ini dia yang ditunggu tunggu pebisnis online, seksli mendayung dua pulau terlampaui, ah mau coba AVANA ntuk bisnis suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk coba kak . . Mumpung ada versi trialnya.. manfaatkan semua fitur avana

      Hapus
  32. AVANA ini mengajak semua orang untuk melek digital ya
    Memang semua butuh penyesuaian di era digital, biar gak ketinggalan zaman
    Semoga makin banyak pengusaha yang bergabung dengan Avana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak.. melek digital biar ga ada yang tertinggal ya

      Hapus
  33. Di saat pandemi seperti skrng, salah satu sisi positifnya jd semakin bnyk orang melek teknologi. Baru tahu nih ttg Avana. Gampang jg ternyata bikinnya, jd memudahkan pengusaha untuk menunjang usahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..Avana terbilang mudah untuk dioperasikan...semoga semakin banyak yang merambah usaha on line ya kak ..yuk ikutan usaha...

      Hapus
  34. semakin mantab ya untuk berbinis. mau coba pelajari lebih lanjut deh supaya tahu maksimalinnya darimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kak... oprek2 avana nya biar maksimal manfaatnya ya

      Hapus
  35. Avana ini memahami kebutuhan pelaku usaha, ya. Harus segera dimanfaatkan nih, agar bisnis bisa berkembang dengan cepat. Sayang aja kalau fasilitas bagus gini dilewatkan. Makasih sharingnya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung ada versi trialnya jadi bisa lebih detail mengenal avana

      Hapus
  36. Cocok banget nih Avana buat yang pengin berbisnis online. Saya juga sudah lama pengin, tapi selalu mentok di tahap perencanaan saja. He he. . . Semoga next project tidak macet lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjut di eksekusi (action) nya kak..terus masuk ke on line nya via AVANA biar mudah

      Hapus
  37. Akibat pandemi, sekarang semua jadi serba online. Untuk yang punya bisnis, bergabung dengan AVANA sqlah satu solusi nih. Biar bisnis tetap berjalan lancar walau di tengah pandemi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..sekarang saatnya belajar AVANA...pandeminya berhenti..usaha kita lanjut terus

      Hapus
  38. Wah dengan AVANA, dgn memiliki 3 toko online pun dapat secara otomatis dikendalikan dlm satu dasbor, jadi tidak perlu repot untuk upload produk yg kita pasarkan satu persatu di tiap toko online yg kita miliki ya. Sangat membantu bgt nih buat yg sedang merintis usaha jualan online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..upload sekali muncul di tiga toko on line kita... AVANA membuat usaha jadi lebih mudah.. mumpung ada trialnya..kuy dicoba kak

      Hapus
  39. Dengan Avana semua tahapan penjualan jadi lebih mudah ya.. Semua media sosial pelaku bisnis bisa terintegrasi dalam satu dasboard Avana

    BalasHapus
  40. Wiwin | pratiwanggini.net12 April 2020 16.07

    Keren nih, dapat step-step memulai berbisnis. Makasih ya Kak, sangat bermanfaat. Ditambah lagi sekarang semakin dimudahkan dengan adanya Avana. Semoga semakin banyak pedagang (online) yang terbantu oleh platform ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..apalagi dimasa pandemi ini kak...dagang on line bisa dari rumah aja ya.. biar AVANA aja yg ngurus display dan jaringan marketingnya

      Hapus
  41. Saat ini, pasa beralih ke jualan online, tp kadamg kita tdk faham ato repot mau promo ini, nah AVANA lah solusinya yaaa mantabs
    Tinggal saya mau jual apa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bagian jual apa nya kak..masuk POAC tadi sama SWOT nya kak

      Hapus
  42. Aplikasi ini bagi saya sangay baru ya dan sepertinya mwnguntungkan, karena langsung bisa dapat 3 toko online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak..daftar 1 dapat 3.. bermanfaat untuk yg mengeluti usaha on line

      Hapus
  43. Jadi gak takut atau khawatir lagi mau jualan online. Terbantukan dengan adanya Avana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..hadirnya AVANA sangat membantu banget kak

      Hapus
  44. Seru kayaknya ya jualan via Webstore, Facebook Store, dan Messenger Store. Kadang kita gak bisa memanfaatkan medsos secara maksimal untuk menghasilkan uang. Avana bisa bantuin nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..hadirnya AVANA ini jadi memaksimalkan medsos kita menjadi jalur marketing usaha atau produk kita ya

      Hapus
  45. Alhamdulillah terimakasih mas infonya, saya punya toko online sejakSMA dulu tapi mandeg di tengah jalan karena selalu kereject kalau upload barang di e-commerce, kalau nggak produk di hapus/gagal upload. Sampai sebel, saya jadi mau nyoba deh pakai avana ini semoga jodoh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk lanjutin usahanya kak..siapa tahu saat ini udah jodoh dan ga mandeq di tengah jalan

      Hapus
  46. wah aku kayaknya ketinggalan info avana ini deh, jadi pengen cobain juga, fiturnya lengkap ya mas, buat penjual makin enak jualan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak..membantu buat para pedagang on line

      Hapus
  47. Avana bisa jadi alternatif buat mereka yang jualan online ya kak.

    BalasHapus
  48. semangat kakak. avana memang patut dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..munpung.masih ada versi trialnya..jadi bisa ngoprek2 fasilitas yang ada di AVANA

      Hapus
  49. Semakin berkembangnya zaman membuat bermunculan platform yang bisa mendukung bisnis bahkan di media sosial ya, Bang. Kehadiran AVANA sangat membantu bagi pebisnis terutama UMKM untuk memasarkan produk mereka di media sosial dengan lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...kehadiran AVANA sangat membantu bagi UMKM ... banget

      Hapus
  50. Sudah mudah lengkap pula AVANA bisa jualan di Webstore, Messenger Store dan FAcebook Store..Pasti bakal membantu pelaku usaha meningkatkan penjualannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..usaha on line udah jadi mudah saat ini..tinggal niat untuk usaha dan serius aja..

      Hapus
  51. Konsepnya keren banget nih Avana Social commerece mencakup segala social media menjadi pundi-pundi uang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...AVANA menyederhanakan proses yang rumit hadi bersahabat kak

      Hapus
  52. Di saat Pandemi corona ini memang bisnis online menjadi salah satu yang harus dilakukan ya, apalagi pakai Avana praktis dan mudah banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener ka.. mumpung lagi ga bisa keluar rumah.,.. yuks coba-coba usaha On Line melalui AVANA

      Hapus
  53. Dijaman sekarang ini kita dipermudah dengan teknologi termasuk soal jualan. Kini ada namanya warung virtual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. warung virtual... dan AVAN mencoba membantu mewujudkan itu koh hendra

      Hapus
  54. aku itu merasa dalam dunia online saat ini, makin banyak kemudahan ditawarkan. Nah kehadiran Avana ini dapat memberdayakan lagi para olshopers

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. bener banget ka AVANA memberdayakan para OL Shop dengan memberikan kemudahan-kemudahan ... dagang jadi ga repot ya

      Hapus
  55. Pakai avana bisa memudahkan bisnis kita. Apalagi sekarang ini olshop menjadi piliah utama banyak orang terutama yang terbatas waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget memudahkan kak SUpadilah... dan memang benar ol shop saat ini jadi pilihan utama orang berusaha online terutama yang terbatas waktunya

      Hapus
  56. Baru denger Avana ini. Tapi worth it lah utk dicoba karena mudha dan praktis bgt. Platform gini bagus sih memfasikitasi bisnis2 online. Jdi sekayak ada lapaknya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk..coba in kak jasmi..mumpung ada promo trial dari AVANA

      Hapus
  57. Ini namanya ngobrol berfaedah ya bisa menghasilkan artikel ciamkik sepeti ini dari bincang2 santai di teras. Luar biasa emang blogger ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak... beberapa usaha seperti usaha adik saya ini karena ada pandemi ini harus memutar otak agar bergeser menggunakan pasar on line.. agar terus bisa bertransaksi

      Hapus
  58. Avana keren ya bang. Media promosi yang ditawarkan banyak. Fiturnya juga lengkap. Apalagi ada penjelasan detail soal transaksi dan pengiriman juga di websitenya. Sangat membantu banget. Tapi aku kemarin nyobain bikin toko di sana. Cuma yang dijual jasa. Belum sukses tapinya. Kayaknya khusus real produk Y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...real produk memang lebih dijual ketimbang jasa.. tapi bukan berarti ga bisa ya

      Hapus
  59. AVANA aplikasi jualan yang bagus banget apalagi ada fitur share sosmed ini mbak buat barang atau produk yang dijual semakin dikenal.

    BalasHapus
  60. Di era modern seperti sekarang, bisnis harus mampu mengoptimalkan teknologi tapi juga nggak boleh melupakan strategi2 bisnis yang sudah lama ada ya. Wah, aku jadi kepo soal Avana nih. Mau cari tahu lebih lanjut aah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strateginya di pakai... teknologinya jangan ketinggalan..harus sejalan kak.. biar dapat untung maksimal

      Hapus
  61. Mantul nih, dapet kuliah manajemen organisasi secara singkat di artikel bang Lius. Dari POAC hingga analisis SWOT ternyata bisa dimanifestasikan kedalam bisnis menggunakan Avana. Layak dicoba nih buat yang baru memulai bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bang doel ... manajemen dasar ... dipadu padankan dengan AVANA semoga hasilnya maksimal mendapatkan keuntungan

      Hapus
  62. Pokoknya Avana telah memberikan banyak bukti. Membantu pebisnis online di zaman sekarang.

    BalasHapus
  63. Pokoknya Avana telah memberikan banyak bukti. Membantu pebisnis online di zaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak nofrini.. tinggal kita mau konsisten atau tidak

      Hapus
  64. Walaupun untuk memulai bisnis itu memang tidaklah mudah, tapi kita tetap harus melakukannya walaupun dimulai dari satu langkah kecil. Ditambah lagi kita sudah berada di zaman yang serba menggunakan teknologi, maka si bisnis pun juga pasti bakalan mengarah ke arah teknologi juga. Mau, tidak mau kita harus mampu beradaptasi untuk ikut berpindah dari bisnis tradisional ke bisnis yang menggunakan teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget...kedepannya semua akan bergerak on line ya

      Hapus
  65. Sekarang bisnis semakin mudah apalagi sudah di sediakan wadah untuk menggelolanya. semoga dengan avana bisnis ku semakin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal memulai dan konsisten dalam berusaha ya kak

      Hapus
  66. Kalau mau benar-benar membangun usaha itu emang semuanya harus dirancang dengan matang biar semua bisa berjalan dengan baik.
    Syukurlah ya sekarang ada AVANA yang bisa membantu pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Satu dashboard bisa untuk beberapa media pula. Kerenn ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..kalau semua sudah direncanakan dengan matang tinggal eksekusinya dan Avana membantu di pemasaran on line nya

      Hapus
  67. Berwirausaha semakin mudah dengan adanya Avana ini, jadi gak perlu lagi takut buat memulainya

    BalasHapus
  68. Suka sekali pada bagian jangan lupa berdoa kepada tuhan agar usaha yg kita kerjakan lancar. Ini memang poin paling penting. Sebagus apa pun strategi yg kita buat, jika lupa pada tuhan semua akan sia2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah kak...manusia kan hanya mampu merencanakan semuanya sebaik mungkin...tinggal terakhir memohon kepada Tuhan agar merestui usaha kita 🙏🙏

      Hapus
  69. Sekarang semua serba online, bisnis makin jalan dg adanya sistem online.
    Kalau mau belajar memanfaatkan teknologi. Apapun bisa dijadikan bisnis. APalgi dg fasilitas dr AVANA ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak... AVANA mencoba memudahkan.. sayang banget untuk dilewatkan

      Hapus
  70. kemudahan mengakses dan banyaknya fitur yang membantu penjual online maupun para penggemar online shopping. dan di Avana cukup lengkap fiturnya ya? pasti banyak yang suka nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..sayang aja fasilitas yg diberikan AVANA ga kita gunakan sebaik baiknya kak

      Hapus
  71. Sistem aplikasi yang keren ya, pasalnya dalam satu aplikasi bisa menjadikan sosmed kita bisnis dan juga blog profesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..membantu banget buaylt yang mau menekuni usaha online

      Hapus
  72. Dalam memulai bisnis emang penting sekali nih namanya perencanaan. Aku tuh dari jaman sekolah di menengah kejuruan sering dikasi tau guru kewirausahaan untuk menggunakan analisis SWOT ini juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perencanaan dan SWOT faktor fundamental banget untuk memulai usaha...nah tinggal bagian marketing medsosnya serahkan ke AVANA kak

      Hapus
  73. membantu banget ya bagi pelaku bisnis yang belum melakukan sistem marketing online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka..membantu banget pastinya AVANA ini

      Hapus
  74. penutupnya saya suka. Emang kalau cuma sebatas ide, nggak pernah berusaha untuk diwujudkan, ya tetep aja dalam bayangan, orang nggak akan tahu.
    Nah AVANA ini salah satu sarana yang bisa membantu dalam mewujudkan ide jualan online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..karrna yang berhasil itu yg memulai..bukan sekdar berwacana terus menerus...

      Hapus
  75. Bisa banget jadi rekomendasi orang-orang yang baru mau mulai nge-online kan jualannya. Karena zaman sekarang ditambah dengan corona pula, jadi terbukti banget kalau pelayanan online itu harus jadi nomor satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget kak..kebetulan karena COVID19 harus stay dirumah tapi dengan Avana aktifitas usaha bisa tetap jalan ya

      Hapus
  76. Saya mau rekomendasikan kepada teman dan keluarga untuk menggunakan avana karena sangat memfasilitasi bisnis online

    BalasHapus
  77. saya senang semakin banyak aplikasi yang memudahkan pelaku ukm/umkm, jadi bisa go online.. saya cukup familiar dengan produk ukm/umkm karena ibu dulu sering datang ke pasar ukm/umkm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip..kalau udah terbiasa dengan UMKM nya..tinggal lanjut ke dunia online nya kak

      Hapus
  78. Jadi ingat, beberapa bulan lalu dapat materi kuliah SWOT dari dosen pembimbing tapi gak terlalu ngikutin. Heheheh, terimakasih penjabaran nya kaj

    BalasHapus
  79. Keren ya dapat dikendalikan hanya di satu dasbor saja mulai dari upload produk, kelola stok barang, sampai atur promosi.

    BalasHapus
  80. Siapapun bisa jadi pengusaha ya Kak, dengan adanya avana ini jadi terbantu dan memudahkan dalam pengelolaan toko online yang kita miliki

    BalasHapus
  81. Pemaparan yang sangat lengkap, Kak. Saya sekalian belajar tentang strategi usaha juga dari tulisan ini. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih