Tanya Dokter Urologi Mengenai Penyakit yang Ditanganinya

Ilustrasi (Sumber Gambar Pixabay(dot)com)

Dokter merupakan profesi yang dapat untuk mengatasi masalah medis dengan berbagai spesialis yang dipunyai. Salah satu spesialisasi dokter adalah dokter urologi yang mempelajari mengenai sistem saluran kemih atau urologi. Tanya dokter urologi bisa dilakukan untuk mengetahui penyakit yang diderita mengenali saluran kemih dan bisa dilakukan untuk wanita dan pria. Dokter spesialis ini mempunyai gelar Sp.U atau spesialis urologi dan perlu untuk melanjutkan pendidikan hingga 10 semester setelah dari dokter umum. Adapun untuk penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis urologi adalah pasien seperti berikut ini:

  1. Pasien pria
Dokter urologi dapat untuk melakukan pemeriksaan pada pria yang berfokus untuk pemeriksaan kanker saluran kemih, masalah prostat seperti masalah pembesaran kelenjar prostat, penyakit ginjal, kelainan bentuk penis, infeksi saluran kemih, pembengkakan vena pada skrotum, disfungsi ereksi, dan berbagai penyakit lainnya. Dokter spesialis ini akan dapat untuk melakukan pemeriksaan secara intensif dan juga melakukan diagnosis yang bisa digunakan sebagai landasan untuk melakukan pengobatan dari jenis penyakit yang diderita oleh pasien pria.

  1. Pasien wanita
Dokter urologi juga dapat untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan terhadap penyakit saluran kemih yang menyerang wanita. Seperti misalnya beberapa penyakit yang dapat diderita yaitu prolaps kandung kemih, kanker yang dapat terjadi pada kandung kemih, ginjal, dan juga kelenjar adrenal. Pada pasien wanita, dokter urologi juga dapat menangani masalah penyakit batu ginjal, kandung kemih yang sangat aktif, infeksi yang terjadi pada saluran kemih, dan juga masalah inkontinensia urine yang biasanya dialami oleh orangtua.

  1. Pada anak-anak
Selain pada orang dewasa, dokter urologi juga dapat menangani masalah penyakit kandung kemih pada anak-anak. Misalnya untuk gangguan saluran kemih yang dapat terjadi adalah yang bisa menyebabkan anak sering mengompol. Sehingga dengan mengatasi masalah tersebut nantinya juga akan dapat mengatasi masalah anak yang suka mengompol. Selain itu dokter urologi juga dapat untuk mengatasi masalah saluran kemih yang tersumbat atau bermasalah, hipospadia, epispadia, dan juga testis yang tidak turun pada anak-anak.

Ilustrasi (Sumber Gambar Pixabay(dot)com)

Sehingga bagi Anda yang mempunyai masalah saluran kemih bisa untuk memeriksakan diri pada dokter urologi. Kedokteran urologi sendiri juga mempunyai subspesialis sendiri yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja untuk subspesialis dan masalah yang ditanganinya adalah sebagai berikut:

  1. Masalah infertilitas pada pria andourologi yang mengatasi masalah mengenai masalah kesuburan pada organ reproduksi pria.
  2. Urologi wanita mengatasi masalah kesehatan yang fokus pada gangguan saluran kemih yang terjadi pada wanita.
  3. Urologi pediatrik merupakan dokter urologi yang menangani masalah saluran kemih pada anak-anak.
  4. Neurologi yang mengatasi masalah saluran kemih karena gangguan sistem saraf.
  5. Onkologi urologi untuk menangani kanker ataupun tumor pada saluran kemih.
  6. Urologi rekonstruktif untuk fokus pada teknik pembedahan dan memperbaiki struktur serta fungsi saluran kemih.
  7. Endourologi yang menangani masalah gangguan yang terjadi pada saluran kemih.

Di atas merupakan penanganan yang dapat ditangani oleh dokter spesialis urologi. Sehingga Anda bisa untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan misalnya saja untuk wanita, pria, anak, dan juga berbagai hal lainnya. Sebelum berkunjung ke rumah sakit dan bertemu dokter urologi, Anda juga dapat untuk tanya dokter urologi pada aplikasi Halodoc yang dapat mengarahkan pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan mengetahui gejala yang dialami pasien.


47 komentar

  1. owh pantes, teman bolak-balik ke rumah sakit bilangnya konsultasi ke Urologi, kirain dokter apaan sih. Iya sakitnya beliau ginjal, sampai cuci darah juga. Semoga Allah segera memhangkat Sakitnya. btw konsul di Halo doc bayarnya sama pakai ovo ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita sehat2 ya kak... btw mereka ada beberapa pilihan bayar kok.. tinggal pilih aja

      Hapus
  2. Wah ternyata butuh perjalanan yang lama ya untuk bisa jadi dokter spesialis urologi. Udah gitu cabangnya beragam pula. Jadi tau sedikit mengenai informasi seputar permasalahan urologi ini...

    BalasHapus
  3. Harus sering baca ya baru bisa ingat lagi kalau saluran kemih nama lainnya urologi. Alhamdulillah semoga saya dan keluarga ga pernah ke dokter urologi. Kalau ada yang harus ke urologi artikelnya bisa jadi panduan singkat, makasih y

    BalasHapus
  4. Banyak sekali tahapan untuk spesialis kategori urologi. Dengan ini saya dapat informasi terkait penyakit yang ditangani spesialis urologi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jdi semakin tahu ya kak tetang urologi ini

      Hapus
  5. Salah satu dokter dengan keahlian khusus yang cukup sering didatangi pasien nih
    Mengingat pola hidup masayarakat kita yang kadang kurang bersih
    Sehingga jenis penyakit ISK cukup sering jadi keluhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...makanya mulai sekarang hidup harus bersih ya kak putu biar sehat terus sampai usia senja nanti

      Hapus
  6. Istilah-istilah dunia kedokteran dan kesehatan juga penting untuk diketahui,supaya gak salah sebut dan salah kamar. trims bang!

    BalasHapus
  7. Banyak juga ya spesialis di bidang urologi. Spesifik banget sesuai organ/ bag tubuh yang di tangani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..itulah mas ito..ribet ya dunia kedokteran

      Hapus
  8. Ternyata perjalannya panjang juga mengenai si urologi ini. Pantesan saja paman saya mengalami pembengkakan prostat urusannya begitu panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup lumayan panjang koh... makanya sehat2 ya kita semua

      Hapus
  9. Saat ini terbantu sekali dengan adanya aplikasi kesehatan yg memungkinkan kita bertanya secara online sebelum datang offline. Karena jadi ga bingung ketika dtg ke Rumkit hrs ke dr.spes apa..Biasanya kan klo kita pnya keluhan pas dtfg Rumkit di arahkan ke dr.umum nah klo sdh Konsul sblm nya di aplikasi Halo Doc. Kan jd lebih tetap sasaran dr.spes Mana yg akan kita datangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak... jadi tahu nanti kalau berkunjung ke spesialis mana ya

      Hapus
  10. Mantabs ulasannya, singkat tp padat. Cakupannya lumayan luas ya unt urologi ini. Makasih saa ada plan mau konsul juga mungkin hehe

    BalasHapus
  11. Teryata ada juga spesualis untuk saluran kemih ya. Saya pikir sekama ini dtangani sama dokter spesialis kulit dan kelamin

    BalasHapus
  12. nah iya nih, dokter urologi ini penting sebenarnya. apalagi untuk yang mau promil, pasti yang pria harus ke dokter ini untuk periksa spermanya. atau yang sakit ketika buang air kecil. kadang karena jarang ke dokter ini suka lupa kalo dokter urologi tuh ada loh, hihi.

    BalasHapus
  13. Wah menarik ya. .Dengan aplikasi kesehatan Halodoc ini kita bisa melakukan konsultasi awal sebelum pergi ke dokter. Jadi saat ke pergi ke dokter kita sudah tahu lebih dahulu gambaran dari penyakit yang kita alami. ..

    BalasHapus
  14. Dengan halodoc semua teratasi dan jadi tahu penanganannya lebih awal ya, urologi termasuk penyakit dalam kan ya memang untuk menjadi dokter spesialis tahapannya cukup panjang

    BalasHapus
  15. aplikasi halodoc lengkap banget ada dokter spesialis segala, dikira cm dokter umum, keren deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak.. jadi pasien pun bisa memilih apakah 8a mau yang dr. Umum atau dr. Spesialis

      Hapus
  16. Sekitar 5 bulan lalu papa saya dioperasi karena bermasalah dengan saluran kemih. Alhamdulillah dokter urologinya baek banget mengobati papa saya. Apalagi ditambah aplikasi Halodoc ini ya, kita bisa pilih dengan dokter siapa kita ingin berobat dan konsultasi. Orang bilang, konsultasi dengan dokter itu setengah obat. Jadi, kalo kita udah #tanyadokterasli, insya Allah gak waswas sama penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget ka mut... konsultasi dokter itu udah setengah obat.. tinggal fokus ke sisanya aja ya ..

      Hapus
  17. Lhah Bang.. aku baru tahu dokter urologi ini sub-spesialis euy. Bahkan, dibedakan antara pria, wanita dan anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia mas arie.. syaa juga baru tahu.. sama2 baru tahu kita kok ...

      Hapus
  18. wah ternyata ada juga tanya dokter urologi di aplikasi Halodoc ya..membantu sekali ini. Karena suamiku lagi ada keluhan seputar berkemih, bisa nih tanya -tanya. Kalau Halodoc biasa cuma beli obat saja saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok..udah biasa pake halo doc ya kak..jadi udah ngerti lah ya

      Hapus
  19. Spesialis urologi moga makin banyak ya. Sekolahnya juga gak sebentar tuh. Semoga semua sehattt

    BalasHapus
  20. Aplikasi Halodok fiturnya bnyk ya termasuk tanya dokter urologi. Wah kudu ngerti jg ternya pasiennya dibedakan pria, wanita dan anak2. Thx infonya y..

    BalasHapus
  21. semoga baik pria dan wanita terus jaga kesehatan ya, apalagi untuk organ intim ini, penting dan jadi perhatian khusus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...ini harus menjadi perhatian khusus semua orang kak..agar tetap sehat..

      Hapus
  22. Saya belum lama ini tahu apa itu dokter spesialis urologi, ternyata spesialisasi dokter ini beragam ya, Bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget kak ragamnya... saya aja ga hapal satu persatu

      Hapus
  23. aku tertarik sama anak-anak yang suka mengompol, maksudnya pembahasannya. salah satu ankku masih sering ngompol nih, sempat bingung apa penyebabnya, mungkin peru konsultasi urolog ya? thanks infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga kak..kalau engga minimal jadi tahu harus konsul ke mana mana nya

      Hapus
  24. Yup bener kak, segala yg berurusan dg uretral dan urogenital, kondultasi pembedahannya memang ke dokter spesialis Urologi.
    Nice sharing kak.

    BalasHapus
  25. Ya memang setiap penyakit ada dokter spesialis nya ya. Jadi baiknya konsultasi dengan yang sudah ahli agar paham betul tindakan apa yang akan diambil berkaitan dengan keluhan yang ada. Thanks sharingnya kak

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih