SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

AC Haier (Kita lihat berapa lama tahannya)

Haier 05 LEQ03 (1/2PK)

















Akhir-akhir ini suhu di sekitaran Bekasi tepatnya Jatiasih semakin tidak bersahabat, entah karena hendak pergantian musim atau  ada musabab lainnya yang tidak diketahui. Yang ada hampir setiap malam suhu menjadi panas, alhasil istirahat malam pun terganggu.

Daripada mengorbankan kualitas tidur yang nantinya akan mengganggu kualitas-kualitas lainnya, akhirnya kami coba hunting ke beberapa mall yang menawarkan produk-produk pendingin ruangan. Pilihannya terbagi menjadi 2 pilihan antara LG dan Mitsubishi. LG dikarenakan ada beberapa kerabat yang sudah menggunakannya dan tidak kecewa dengan hasilnya, lalu harga yang ditawarkan masih terjangkau.

Sementara Mistsubishi, memang harga yang ditawarkan lumayan mahal tetapi sebanding dengan kualitasnya. Rupanya Mitsubishi pun saat ini terbagi 2 ada yang "Mitsubishi Electric" ataupun "Mitsubishi Heavyduty". Bagi sebagian kalangan mengatakan Mitsubishi Electric lebih unggul dibandingkan yang "heavyduty". Ataupun untuk yang mencari harga terjangkau dengan kualitas Mitsubishi,  Mitsubishi sendiri mengeluarkan pendingin merk Dast. Untuk kualitas, yah silahkan dicoba sendiri. 

Nah ditengah maraknya pendingin, baik yang menawarkan listrik murah (260 watt) tetapi yang memakan waktu lama dinginnya ataupun sedikit lebih tinggi wattnya tapi hanya sebentar dinginnya. Teknologi Blue finn'lah hingga lainnya.

Singkatnya kami memutuskan untuk mencari Pendingin ruangan ditoko electric sekitaran Jatiasih. Dari Toko inilah kami mendapat informasi, baik mengenai kualitas dan teknologi yang lumayan, rupanya ada di AC HAIER. Memang belum se-terkenal para pendahulunya, teapi HAIER sendiri bukanlah pemain baru. 

Sebagai seorang penjual yang kredibilitasnya sudah baik, ia pun mengemukakan berapa alasan untuk memilih AC HAIER, saya pun beragumentasi dengan membandingkan produk-produk lain yang sudah lebih dulu terkenal dan lebih dulu unggul. Yang kami bandingkan pertama adalah kualitas dan ketahanannya. Dari segi penjualan pun memang lebih banyak Haier di daerah sekitaran Jatis asih. Ia pun selaku produsen jika harus memilih antara produk Haier dengan Produk lainnya pastinya akan memilih HAIER. 

Akhirnya setelah berargumentasi panjang dan lebar, baik kualitas dan harga. Akhirnya sedari harga yang ditawarkan diawal sebesar Rp.3.500.000,- dapat kami tawar menjadi Rp.2.800.000,- plus bracket AC dan Selang sepanjang 3M. Oh iya konon katanya Selang AC juga ada yang kualitasnya kurang terutama selang yang berwarna hitam, jadi kalau beli AC usahakan minta selang yang baik. 

Hanya butuh kurang lebih 2 jam saja, instalasi selesai. Biaya tambahan yang dikeluarkan baik untuk pembelian kabel dan stopkontak itu habis sekitaran Rp. 130.000,-  kabel 10M merk Eterna dan Stop Kontak AC Merk BROCO.  Dan untuk tukang yang mengerjakan instalasi kami berikan Tips Rp. 50.000,- Total Biaya sekitaran Rp. 2.980.000,- 

Setelah diuji coba, memang AC HAIER langsung bekerja maksimal dibutuhkan waktu kurang dari 2-3 menit untuk mendinginkan ruangan sebesar 4X3Meter. Mungkin karena masih baru kali ya. Memang tarikan awalnya HAIER agak sedikit besar sekitaran 460Watt. Lepas itu akan normal disekitaran 200-300W. 

Memang jika dibandingkan dengan merk tertentu yang lebih irit wattnya akan beda kualitas dinginnya, entah karena wattnya rendah atau karena besarnya ruangan.  Entahlah!!!! Ya sudah kita lihat berapa lama AC HAIER ini tahan, menurut tukang yang melakukan instalasi, HAIER ini harus dibersihkan selama 3 bulan sekali (artinya setahun 4X) dan setiap 2 tahun harus diperiksa Freon-nya apakah mebutuhkan penambahan atau tidak.....

Ok, sekian dulu mengenai AC, semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat...

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

71 komentar

  1. yang dipasang Seri apa pak? berapa PK? freon nya jenis apa? saya pake Daikin 0,5pk freon R410A untuk ruangan 3,5x3,1m ga dingin soalnya.. niatnya mo ganti haier.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daikin setengah pk memang ga dingin.santoloyo.aku jg nyesal beli daikin

      Hapus
    2. Di cek apakah ada kesalahan instalasi atau tidak.. kalau memang masih belum dingin ditanyakan saja ibu ke toko penjualnya :)

      Hapus
    3. nah untuk mengetahui tekanan freonnya setidaknya orang yang paham dengan isntalasi ac... seperti mas eddy ini

      Hapus
  2. Pa @eko Purwanto.. Waduh serinya dan tipe Freonnya saya kurang paham. Dan AC Haier ini saya gunakan belum genap setahun. Belum dapat direkomendasikan. Meskipun untuk ruangan 3,5 x 3 punya saya cukup dingin.

    BalasHapus
  3. Pak ni saya ada masalah ..baru beli seminggu kok tiba tiba gak dingin ya?? Apa penyebabnya AC tidak dingin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek kembali mas.. siapa tau ada masalah dalam proses instalasinya

      Hapus
  4. Pak saya mau nanya..saya baru beli seminggu..awalnya dingin tp setelah satu minggu kok hilang dinginnya??? Apa ya masalahnya??

    BalasHapus
  5. Pak kornelius, gimana kabar ac nya skrg? Masih berjalan baik tanpa masalah? Saya lg cari ac, rencana mau ambil haier tp masih perlu riset hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lancar jaya pak.. Hanya bulan januari 2016 kemarin saya tambah freonnya.. Biar lebih dingin..selebihnya saya baru 2 kali servis rutin.. Dibersihin ajah...

      Hapus
    2. Masih lancar jaya pak.. Hanya bulan januari 2016 kemarin saya tambah freonnya.. Biar lebih dingin..selebihnya saya baru 2 kali servis rutin.. Dibersihin ajah...

      Hapus
    3. Tambah freon berarti ada yg bocor tuh,,,,ac klo kaga ada yg bocor kaga perlu tmbah freon

      Hapus
    4. Kemarin tanya tukang ac nya ngga ada yg bocor.. Tapi berkurang.. Hmm .. Jadi bingung ya.. Mana yg bener :)

      Hapus
    5. Salam kenal,,Kalau enggak bocor ngapain nambah freon, berkurang? Paling ya di buang dikit sama tukang ac nya dari unit outdoornya diem2 atau bisa juga meter pembaca tekanan freon gak dibuka full... hehehe kena deh sama tukang ac nakal :). Kulkas aj kalau gak bocor 15thn gak perlu tambah freon. Asal tau freon R32 lbh dingin dari R22 dan R22 lbh dingin dari R410, berhubung R22 sdh di stop, gantinya R410 agak kurang dingin. R32 lbh dingin biasanya di produk daikin dan panasonic seri tinggi/ seri inverternya, seri bawahnya R410 sama merk2 lainnya kebanyakan R410, belum pernah lihat merk lainnya pakek freon R32 apa mungkin sdh dipatenkan panasonic dan daikin saya kurang tau. Saiya jg pakek haier di tempat usaha tipe standar freon R410, sdh 1thn masih awet, saat instalasi yg utama vaccum pipa yg penting sama spek ketebalan pipa 0.6 kalau gak salah krn freon R410 sama R32 butuh pipa tebel krn tekanan di pipa lbh tinggi dari freon R22 yg sudah di stop penggunaannya.

      Hapus
    6. Sepertinya saya merasa saya yg dikerjain sama tukang acnya.. karena memang tidak ada kebocoran. Btw trims infonya mas adit..lengkap banget. Jadi kalau tidak bocor ngga perlu ditambah ya. Nah tau bocor atau tidaknya itu dari mana ya.. sementara saya tidak ada keluhan kurang dingin. Pelajaran lagi untuk lebih hati2 memilih servis ac

      Hapus
    7. ya gitu deh mas ginting, namanya orang cari makan urusan perut, kalau ngandelin cuma cuci saja paling dapet 30 sd 50rb, belum dipotong sama bosnya, bensin, rokok :). sepengetahuan saya ngecek bocornya lihat ada rembesan oli di pipa yg bocor, bisa juga pakai air sabun buat ngeceknya, cek tekanan freon pakek manifold alat ukurnya, kalau turun setelah beberapa menit berarti ada yg bocor. Dulu jaman ngekos gak ngerti apa2 saya mas, kos ukuran 3x3 ac 1pk gile apa dinginnya menggigil gak ngerti btu2an itu apa, terus tagihan listrik juga bengkak, pipa ac panjang minimal 3meter dipotong jadi 1meter, alhasil jebol tuh kompresornya.. hehee kalau inget dulu dulu itu pengen ngakak.
      mas ginting bisa buka web
      http://www.tipsrawatrumah.com/2015/07/tips-cara-mengetahui-dan-memperbaiki.html or http://www.tipsrawatrumah.com/2013/07/cara-mengecek-ampere-currency-dan.html siip itu mas.
      bukan maksud menggurui loh mas, sama2 belajar dan share pengalaman aja.

      Hapus
    8. Okm.sip terimakasih infonya..siapa tahu ada teman2 butuh informasi tambahan bisa kontak langsung ke mas adit ya

      Hapus
    9. Sistem AC beda sama kulkas, oke kulkas 15tahun gak bakal isi freon itu benar, karena kondensor dan evap aman, kulkas juga gak perlu nyuci kyk AC jd jgn disamakan, AC bisa freon awet karena rutin pencuciannya, sedang misal telat nyuci panas yang berlebih dari outdoor/kondensor menyebabkan freon menguap,gk habis tetapi berkurang. Kedua, AC sistem pentil, logikanya ban motor, gk bocor tapi kadang perlu nambah angin. Kira2 seperti itu, jd stop negative thinking.

      Hapus
  6. akhirnya saya putuskan untuk beli ac merk haier juga pak setelah dapat rekomendasi dari teman yang biasa psng ac. moga2 awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pake 2 tahun Belum ada kendala berarti. Semoga jangan ada kendala juga sixh.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Saya pakai 6 AC haier 0.5 pk untuk kamar kos saya dengan harga 2,9 juta di depok... sudah 6 bulan tidk da masalah. Ada pembelian terakhir tidak dingin ternyata instalasinya kurang baik dan diset ulang..sekarang jadi dingin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih pakai juga mas yono.. Sudah 2 tahun lebih...

      Lumayan bandel juga.. Soalnya ssya srting lupa utk servis rutinnya... :)

      Hapus
  9. Saya baru beli haier juga rekomen dari engkoh yg jualan. Mudahan awet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih pakai sampai hari ini,,, belum bermasalah kok.. Awet

      Hapus
  10. Saya baru beli seminggu, dan dari pertama di pasang, sudah ga dingin sama sekali, udah gitu setiap kali di swing, berisik sekali, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada kesalahan teknis dalam pemasangan mas Tanjung.

      Kayanya kalau belum sebulan masih bisa ditukar kok, kalau ada kesalahan terhadap kualitas barang.

      Hapus
  11. bisa jadi referensi untuk beli AC nantinya .........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Saya masih pake ac ini hingga hati ini mas ilham. Dan belum ada masalah. Semoga ke depannya ngga nemuin masalah juga

      Hapus
    2. Skrg sudah 2019 Pak, masih rekomendasi kah Haier? Saya cek tadi seri terbaru ny harga awal 4.2 - 4.6 utk 1/2 hingga 1 Pk

      Hapus
  12. Saya udah pake ac merk gree 5 ,tahun alhamdulillah aman aman aja tanpa ada menambah freon sekali pun, air pembuangan diluar sangat banyak, (gree 1/2 pk, hrg 2.3 jt)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. Jadi tau juga gree, tembus 5 tahun belum ada masalah.
      .trims infonya

      Hapus
  13. lumayan buat referensi dalam memilih dan membeli AC, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadikan sebagai pembanding aja mas.. lalu tentukan mana yang tepat dan sesuai kebutuhan

      Hapus
  14. Saya udah pake sekitar 6 taun, baru 2 kali servis.. semoga awet yaakk :D

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Yang Haier ini sudah 4 tahun.... tapi ada juga National atau Polytron gitu mereknya..udah 10 tahun lebih di pake dan belum bermasalah sampe sekarang :) .. Tapi semuanya kembali kepada pemakaian dan perawatan juga sich

      Hapus
  16. saya baru beli seminggu, awalnya dingin tapi setelah satu minggu kok hilang dinginnya? kira-kira Apa ya masalahnya.

    BalasHapus
  17. Detail banget pak proses pembeliannya, jadi pengen nyari yang murah juga untuk membeli AC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. detil biar ngga lupa dan yah setidaknta membantu orang untuk memudahkan melakukan perbandingan antara satu dengan lainnya.

      Hapus
  18. Gan, indoor haier dan outdoornya apakah gak berisik?
    , saya lihat specnya indir 37db dan outdoor 48db yg bagus kan max 35 iuntuk indoor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya yg indor nga berisik..memang untuk yg outdoor agak berisik.. tapi saya pernah denger yg lebih berisik lagi outdoornya waktu itu mereknya sh***p tapi indornya senyap banget..intinya ac haier yg saya pakai ini masih masuk kategori ngga berisik lah (menurut saya loh ya dan berdasarkan pengalaman saya selama 3 tahun belakangan pake haier)

      Hapus
  19. To ko ac saya kl suhu udh stabil,,kipas outdor saya itung per 3 menit mati nyala pa,,apa itu ada yg salah ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya saya kayanya agak lamaan dikit dech..ngga per 3 menitan pa samsudin

      Hapus
  20. Saya pake haier tipe hsu yg ada fitur auto voltage.. Kebetulan listrik didaerahq g stabil voltasenya.. Jd saran teknisi ac pake aja yg ada fitur autovoltagex.. Smoga awet dah.. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. semoga awet acnya... punya saya kebetulan masih awet dan semoga ngga bermasalah ke depannya

      Hapus
  21. kalo ac haier sama ac gree sama ga om? soalnya harga jual ac gree sama dengan haier.. tp teknologi katanya gree yang lbh canggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan baru nyoba yang haier saja... ac gree belum pernah pakai sich

      Hapus
    2. Sbnrnya merk ac apapun jg klo dilht dr dinginya tdk bs hanya dilihat dr brp ukuran ruang aj melainkan ad beberapa faktor yg mempengaruhiny yaitu :
      Laten heat dan sensible heat
      Nah u/ cek performa ac bs diukur dl brp temperature inlet dan temperature outlet delta temperature bs antara 9-13 sdh dikatakan normal

      Hapus
    3. sip. terimakasih atas tambahan informasinya mas Edy Yusuf :)

      Hapus
  22. Saya sudah pakai Haier hampir 11 th udah sekali ganti motor nya, selama itu ok ok aja tergantung pembersihannya aja baru sekarang ngadat lagi. Mau di bersihin kalo ga dingin mau ganti baru

    BalasHapus
  23. Kalau pemakaian awal ac baru enaknya suhu nya brp ya pak. Biar dingin dan awet..

    BalasHapus
  24. Pengalaman saya pakai ac Haier 3/4 pk sejak th 2001 sampai sekarang masih kedinginan .. pasang 2 buah, keduanya no problem .. th 2016 salah satunya sy copot untuk untuk dipindahkan ke rmh baru .. masalah hanya 1, yaitu salah satu remotnya mati setelah 15 th

    BalasHapus
  25. Thn 2004 saya prnh pake AC Haier yg 1 PK, awal'a agak ragu jg krn zaman itu yg nama'a Haier itu d'kenal HP'a bkn AC..
    Namun akhir'a saya beli jg dgn harga 1,5 jt..
    Service rutin tiap 3 bulan bahn saringan udara rajin saya bersihkn tiap Minggu...
    Sdh 3X pindah rmh pake AC Haier ttp tdk bermasalh hanya tiap pindah rmh tentu hrs isi freon...
    Stlh pindah yg k'3X akhir'a saya beli AC baru sbb AC Haier saya d'minta saudara..
    Krn saudara saya tdk telaten merawat AC tsb maka dlm wktu 1,3 thn AC Haier tsb jebol...
    Total saya pakai AC Haier tsb sdh 3 thn tdk prnh bermaslh sdikitpun..
    Mungkin klo AC Haier tsb masih d'tangan saya, usia AC tsb bisa lbh dr 5 thn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah awet juga tuch masnya ngerawat ac nya..ssya juga udah hampir 4 tahunan pake haier

      Hapus
  26. Saya dulu pakai AC Dust sampai 10 Thn [bocor, pipa korosi], ganti pakai LG Low watt 1 thn [bocorsptnya pipa korosi juga], ganti pakai Daikin 3/4 pk Inverter 3 Thn pass pcb outdoor error. Menurut saya jgn pakai AC inverter, sbb PCB outdoor kalau sdh rusak mahal. Mending beli AC konventional jadi di outdoor tidak pakai pcb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya AC Haier 3 buah, sudah 5tahun masih bandel tapi masih made in thailand, mau beli Haier baru cek kok sekarang udah made in china bukan thailand lg, jadi bimbang nih

      Hapus
  27. Maaf saya mau tanya knp di outdoor nya tidak muter ya kipas nya,,yg muter hanya indoor nya saja,jd seperti fan,,gitu makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya muter ya...soalnya punya saya muter outdoornya ga ada masalah...hanya berhenti ketika sudah mencapai dinginnya

      Hapus
  28. Sy pake haier 3,5 tahunan, bulan lalu termostat rusak, sdh di ganti, skrg mulai gk dingin lg.

    BalasHapus
  29. Haier itu kurang terkenal tapi bagus..pengalaman jadi tukang ac bertahun tahun..hehe

    BalasHapus
  30. Saya baru beli AC Haier hsu-07 GTR 04 dihargai 4.2 JT. Tapi tukar tambah sama AC midea. Jadi 3.7 plus dipasang hari itu juga. Kemahalan apa ga ya? Soalnya istri langsung maksa suruh beli aja. Saya Googling AC itu keluaran terbaru apa seri lama ga ketemu juga

    BalasHapus
  31. dingin ngga nya ruangan kan bergantung pd perbandingan Pk sm luas ruangan, jarak indoor dgn outdoor AC, kwalitas pipa, jacketing nya, ruangan nya jg banyak kaca nya apa ngga, contact langsung matahari ky dilantai 2 atau ruangan berada di lantai dasar. kalau terkendala itu tinggal dinaikin aja Pk nya, atau menggunakan kaca film utk ruangan di lantai 2. Awet nggak nya tergantung rutin maintenance.

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih