Sakit Nyeri Tulang Belakang (Paparan dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K))



Edukasi masyarakat awam terhadap sebuah penyakit adalah salah satu sarana untuk membuat masyarakat sadar dan tahu sehingga menghindari sedini mungkin jatuh sakit dan menjaga hidup untuk tetap sehat. Sementara dari sisi medis menjelaskan informasi kepada publik (masyarakat) agar jangan sampai  muncul persepsi yang salah tentang sebuah penyakit.

Kali ini kembali bersama Rumah Sakit Premier Jatinera membahas tentang Sakit Nyeri Tulang Belakang. Penasaran….., sama saya juga.

Setidaknya jam sudah menunjukkan pukul 16.00 Wib, tanpa berlama-lama acara dibuka dan dokter dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K), beliau sendiri saat ini masih aktif berkegiatan salah satunya di Last Sunday Ride

Dalam pemaparannya dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K), dokter yang berusaha tampil bersahabat memasukan lelucon-lelucon segar agar kita yang mendengarnya tidak bosan ataupun tertidur, seperti helloooo….yang belum sakit pinggang berarti belum merasakan kenikmatan dunia  (hallah, apa coba).  Secara nanti dijelaskan kenikmatan dunia seperti menggunakan high hels untuk wanita atau menjinjing tas mehong kelamaan cyin (salahsatunya)

Sebagai informasi awal, dokter menjelaskan bahwa sakit nyeri tulang belakang dapat menyerang semua usia, terlebih usia tua karena salah dalam mengelola pekerjaan sehari-hari yang sering dilakukan.

 
dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) sedang memberikan penjelasan 
Sakit Nyeri Tulang Belakang, muncul kenapa? 

Sederhananya tulang belakang terdiri dari 33 ruas  dan berbentuk cincin yang  disusun dan berbentuk tabung. Didalamnya ada saraf. Ada juga jaringan ikat yang menghubungkan cincin-cincin tersebut. Lalu yang mengikat cincin ini ada bantalan-bantalan. Dan bantalan tersebut bisa rusak karena tidak benar dan tidak proporsional baik dalam melakukan sebuah gerakan atau kebiasaan yang salah dalam melakukan sesuatu.

Semua hal, mulai dari otot, tulang, sendi dan saraf hingga bantalan dapat menyebabkan sakit nyeri tulang belakang. Mulai dari tarikan otot, ligamem, kejang kejang otot, cidera, patah.

Hal ini dapat terjadai karena beberapa hala seperti mengangkat sesuatu yang berat secara tiba tiba dan tidak sepatutnya dan tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pemakaian high hels juga dapat menyebabkan timbulnya  sakit nyeri tulang belakang. 

Dan memang tidak dapat dipungkiri pengidap terbanyak jenis penyakit ini adalah wanita karena sakit nyeri tulang belakang terkait  dengan faktor hormonal. Memang sich beberapa pria juga mengidapnya tapi lebih kepada cidera, kebiasaan yang salah dan angkat-angkat berat.

Gejalanya yang biasanya muncul dimulai dari nyeri, nyeri yang timbul juga bisa jauh dari tulang belakang, seperti jempol tapi ini berkaitan dengan nyeri tulang belakang (makanya tetap diperlukan pemeriksaan lanjutan, jika diperlukan).

Beberapa penyakit nyeri tulang belakang biasanya hilang sendiri tanpa pengobatan, tapi beberapa memerlukan tindakan lebih lanjut. 

Lalu kapan ke dokter berkaitan dengan nyeri tulang belakang, dr.Wismaji yang menyelesaiakan pendidikan  - Ilmu Kedokteran Umum - Universitas Diponegoro tahun 1994 menjelaskan, kita perlu ke dokter ketika  sakit nyeri tulang belakang sudah  menurunkan berat badan atau disertai demam, disertai nyeri. Muncul gangguan dalam berkemih, atau BAB. 

Jadi ga selalu ketika muncul nyeri langsung lari ke dokter. Tahu ga, 60 persen penderita penyakit nyeri tulang belakang ini selesai (dapat ditangani) dengan konsultasi bicara saja. Jadi cari teman ngobrol yang enak setidaknya akan mengurangi nyeri tulang belakang kalian, tapi tetap lakukan yang harus dilakukan seperti menghentikan kebiasaan yang salah dan temukan penyebab nyeri tulang belakangnya.

Berdasarkan pengalaman dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) dalam menangani pasien biasanya ia kerap memberikan obat-obatan   pain killer (penghilang rasa sakit) dan melakukan beberapa terapi.   

 
dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) beliau suka bersenda gurau ditengah penjelasannya
Lalu Bagaimana Dengan Pencegahannya?

Sederahana rupanya untuk mencegah penyakit nyeri tulang belakang ini timbul salah satunya adalah penguatan garis lurus dengan cara latihan perut, tulang punggung dan membantu otot-otot yang memproteksi tulang belakang.

Olahraga renang adalah salah satu yang disarankan dokter yang telah mengambil spesialisasi  Sp.BS - Spesialis Ilmu Penyakit Saraf – dari Universitas Indonesia pada tahun 2008 ini. Memang sakit untuk awalnya tapi jangan dihentikan, datang ke dokter untuk menghilangkan nyerinya, terus berenang. Lama kelamaan dengan berenang nyeri tadi akan hilang dan sembuh dengan sendirinya.


Selesai dengan sosialisasi yang diberikan, tanpa perlu menawarkan pertanyaan kepada yang hadir. Semua antusias untuk bertanya sekaligus konsultasi gratis, ya iyalah kapan lagi bisa konsultasi gratis kalau bukan diacara seperti ini kan ya.

Seperti Kakak Tamita dahulu  ia pernah jatuh, memang tidak ada keluhan setelah itu, setelah mendengar penuturan dokter jadi sedikit khawatir jangan-jangan ke depan ia akan menderita sakit nyeri tulang belakang. Lalu sejauh mana terapi pijat terhadap tulang belakang dimata kedokteran terhadap sakit nyeri ini?

Bagiamana juga tanggapan dokter mengenai mitos air kelapa dan jamu-jamua-an yang dapat membantu me-maintenance tulang dan nyeri tulang belakang.

Dokter . Wismaji Sadewo, Sp. BS (K) menegaskan dalam jawaban yang ia sampaikan bahwa Kita bisa luput dari jatuh atau kecelakaan dan bisa saja tidak menimbulkan nyeri tulang belakang tapi siapa sangka kalau kebiasaan kita yang buruk dan berulang-ulang itu yang akan membuat sakit nyeri tulang belakang.

Lalu mengenai minum Jamu, ia sendiri sepakat dan tidak keberatan asalkan diramu dan dibuat sendiri ya, tapi kalau jamu yang sudah dalam kemasan (dokter sendiri masih meragukannya).
Jamu  ada prinsipnya dapat membuat bahagia, anti inflamasi, anti nyeri tapi ingat harus dibuat sendiri ya. 

Pergerakan leher dengan tujuan relaksasi dan pijat-pijat tertentu dengan tujuan tertentu masih boleh asal tidak dilakukan dipaksa dan didampingi ahli.

Lalu di Usia berapa bantalan-bantalan rusak? Usia kita ada 2, usia biologis dan aging. Usia aging dipengaruhi life style, kebiasaan buruk dan diet kita. Normalnya Tuhan memberikan ruas rulang belakang sama. Tubuh kita terdiri dari 33 ruas dan diibaratkan didalamnya ada shockbrekkernya. Karena ketidaktahuan dan ketidakpedulian kita merusak secara tidak sengaja, karena kebiasaan yang salah.

Tentang Dokter Wismaji Sadewo, Sp. BS (K)
Dalam bidang Saraf dokter muda ini bukan sembarangan, mulai dari lulusan PTN berkualitas dan terus menerus menimba ilmu hingga mendapatkan spesialisasinya. Dr. dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS merupakan seorang Dokter Spesialis Bedah Saraf yang menyelesaikan Pendidikan Doktoral Ilmu Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2011.

Sebelumnya, Beliau menyelesaikan pendidikan Spesialis Ilmu Bedah Saraf di Universitas yang sama di tahun 2007. Saat ini beliau berpraktek di Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Dr. dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS merupakan anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Saraf Indonesia. Beliau dapat memberikan beberapa layanan yang berkaitan dengan Bedah Saraf.

Senin, rabu dan sabtu beliau praktik Sore hari di RS Premier Jatinegara

Rumah Sakit Premier Jatinegara
Rumah sakit yang tidak jauh dengan terminal Kampung Melayu ini dan mudah dijangkau dari mana saja adalah salah satu rumah sakit yang dikelola group Ramsay Sime Darby Helath Care,  Visi dari Rumah Sakit  Premier sendiri adalah  untuk menjadi penyedia layanan kesehatan terkemuka di Asia dengan memberikan layanan kesehatan kelas dunia dan hasil berkualitas tinggi kepada pelanggan serta memastikan keberlanjutan organisasi.


Dan dipandu dengan misi Layanan kesehatan preventif, diagnostik, dan kuratif yang berfokus pada pelanggan yang memberikan hasil terbaik serta menjangkau semua individu. Mempromosikan, meningkatkan, dan mempertahankan layanan kesehatan terintegrasi yang sangat baik dimana inovasi dan pengajaran merupakan bagian integral dari pemberian perawatan, Pendidikan berkualitas yang menumbuhkan kompetensi dan kepedulian tenaga kesehatan, Memberikan, meningkatkan, dan mempertahankan minat dan keinginan untuk kembali dari semua pemangku kepentingan.

Dan kembali lagi sebagai wujud kepedulian Rumah Sakit Premier Jatinegara terhadap masyarakat adalah dengan memberikan edukasi dan sosialisasi yang bermanfaat langsung kepada masyarakat seperti kali ini dengan Sakit Nyeri Tulang Belakangnya.

Selain pelayanan medis dasar  rumah sakit Premier Jatinegara  memiliki beberapa layanan unggulan yang secara khusus ditangani oleh spesialis ahli dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan. 
Layanan Unggulan RS Premier Jatinegara sendiri adalah Neuro and Neuro Surgery, Cardiac and Cardiac Surgery, Digestive & Gastroenterology, Urology.
RS Premier sendiri memiliki Executive Klinik, klinik yang dirancang untuk yang membutuhkan akses cepat dengan waktu yang terbatas. Klinik  yang melayani kasus-kasus non-emergensi dan pengobatan yang regular antara lain spesialiasi dan subspesialisasi seperti Penyakit Dalam, Penyakit Dalam-Endokrin & Metabolic, Gastro-Hepatologi, Nefrologi, Jantung dan Pembuluh Darah, Saraf, THT, Mata, Bedah onkologi, Kebidanan & Penyakit Kandungan.
Untuk lebih jelasnya RS Premier dapat dihubungi via telp di 1500 908 dan SMS 0812 9777 666 untuk WA ada di 0811 1637 666
Pelayanan 24 Jam RS. Premier Jatinegara ada ambulance, unit gawat darurat, laboratorium, farmasi, radioloy, MSCT Scan, MRI1-5 Tesla, Hemodialisa dan Kateterisasi Jantung, lengkap bukan.

So jaga kesehatan sebelum sakit datang. Mulai dari gaya hidup sehat dan asupan nutrisi cukup dan istirahat yang baik. Sebab kita jarang bersyukur tentang sehat sampai sakit menghampiri.
Ayo Hidup SEHAT.  







66 komentar

  1. Apa perlu sering berenang lagi ya di sungai hehe
    Saya juga suka sakit sih bagian pinggangnya. Apa karena usia ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bang doel..renang lagi lah.. bagus loh buat kesehatan.. nyeri bukan kar3na usia saja bang.. tapi karena ada gerak salah atau posisi yang salah

      Hapus
  2. Saya punya back pain karena ketiban emari pas pindahan rumah. sampe diterapi. treatment-nya juga disuru renang kalo gak mau dioperasi. Kalo lagi ga kumat, lupa ama renangnya ahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia kak...kalau ga kumat lupa renang... kalau kumat baru inget... namanya TOMAT... Tobat kalau kumat ..heheheh

      Hapus
  3. Kalau biasanya nyeri tulang belakang terus dikasih koyok, apakah diperbolehkan? Barangkali kemarin dibahas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin dibahas juga tentnag minum jamu hingga terapi "kretek-kretek" leher..sepertinya serupa dengan koyok ga pa pa.. tapi itukan ga menyembuhkan tetwp dibutuhkan pemeriksaan dokter sebagai ahlinya kak... tapi kalau pakai koyo reda nyerinya..ga pa pa juga kali

      Hapus
  4. Wh, jadi makin lebih tahu lagi soal nyeri tulang belakang nih mulai dari pengobatan hingga pencegahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...semoga kita dijauhkan dari sakit penyakit ya mas..tentunya dengan melakukan pola hidup sehat

      Hapus
  5. Nyeri tulang belakang bisa juga karena bawa tas yang bebannya banyak bisa terjadi ya kak, ehh pakai highheel pengaruh juga ya,wah harus mengurangi pakai highheel nie ,makasih infonya kak

    BalasHapus
  6. Dari dulu setau saya,penggunakan tas yang bebannya terlalu berat.
    Imi yang selalu dihimbau untuk anak anak sekolah.
    Dari bersekolah hingga kini membawa beban berlebih terutama tas sandang bukan tidak mungkin menyebabkan nyeri tulang belakang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian benar kak..tapi bukan karena beratnya juga karena tidak ada jeda untuk relaksasinya... yang baik itu selalu buat relaksasi untuk beban yang diangkat seperti tas...

      Hapus
  7. Kita aja kadang kalo udah pegel di punggung dan pinggang rasanya gak enak banget ya mas? Apalagi yang bener terkena gangguan nyeri tulang belakang kaya gini. Harus rajin treatment dan terpaksa minum painkiller pasti deh. Tersiksa banget, perlu banget nih sosialisasi kesehatan kaya gini memang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak shyn... perlu banget sering2 diadakan sosialisasi seperti ini biar masyarakat awam sadar akan kesehatan

      Hapus
  8. Ini nih yang aku jaga banget buat anakku. Kalau sekolah itu beban tasnya berat banget, takut punggungnya gak kuat. Dibeliin tas beroda anaknya gak mau. Akhirnya bela2in antar sampai dalam kelas tia hari biar gak berat

    Btw klo nyeri2 gitu boleh diurut gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dong diurut asalkan sama yang ahli .. dan memang beban berat dan tidak adanya jeda relaksasi yg membuat nyeri pinggang kak

      Hapus
  9. Saya mempunyai kecenderungan low back pain nih. Jadi kalua pergi-pergi, ransel digendongnya tarok depan dada. Soalnya kalau dipakai di belakang, ujung bawah tas nempel di punggung, itu bikin low back pain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperiksa kak.. atau ga terapi renang aja biar sembuh

      Hapus
  10. sy dulu jg pernah nyeri tulang belakang konsultasi ke dr.disuruh renang, krna ga bisa renang sama dr.disuruh tidur dialasi papan triplek..awalnya ga enak dan sakit bngt..lama2 biasa dan sdh sembuh deh.. paling sakit klo angkat yg berat aja tp lama2 hilang sakitnya..beruntung yg bisa tenang ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ka bayu sembuh ga kumat lagu nyeri tulqng belakangnya

      Hapus
  11. Waduh, baru tau ternyata pemakaian high heels juga jadi salah satu penyebab nyeri tulang belakang. Ngaruh juga ternyata, ya. Yang pake high heels kaki, yg nyeri ulang belakang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak ayun... bahkan nyeri di jempol bisa jadi juga ada hubungannya dengan nyeri tulang belakang

      Hapus
  12. Aku kalau duduk lama di depan laptop langsung deh nyeri di bagian belakang. Memang ya harus istirahat tiap beberapa menit, dipakai jalan-jalan dan olahraga kecil2an biar punggung nggak nyeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak ... harus ada jeda relaksasi dalam beraktivitas..sehingga badan ga sampai sakit atau pegal2 minimal

      Hapus
  13. Seru yaaa kayaknya kalo hadir langsung di sana. Membaca tulisan Bang Lius saja sudah senang membayangkan dokternya yg humoris. Orang bilang sakit nyeri tulang belakang ini 'penyakit orang tua.' Hehehe. Kalo saya pribadi membiasakan diri, misalnya dengan disiplin duduk dengan posisi tegak, demikian juga berjalan. Kadang kita malas, kebanyakan merunduk terus, bikin nyeri leher juga. Harus dibiasakan gaya hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapannya kak..ke depan kita lebih mengutamakan gaya hidup sehat utk menghindari penyakit ini

      Hapus
  14. Jadi harus bagaimana bagi aku yang cuma bisa gaya batu saat renang? Apa ada cara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa bayar guru renang kak.. atau ga ganti olahraganya.. bergerak badan biar ga kaku dan sakit kak

      Hapus
  15. Untung udah ada fasilitas dan pelayanan yg komplit di RS Premier Jatinegara Jakarta ya Bang.. jadi kalau ada masalah nyeri tulang belakang yg membutuhkan tindakan, tinggal ke sini aja. TFS ya Bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar... kebetulan premier jatinegara lengkap faailitasnya.

      Hapus
  16. Nyeri tulang belakang ini pernah jadi momok para crafter. Bahkan ada beberapa senior yang bentuk tulang belakangnya sudah menari alias berbentuk S. Ini terjadi karena duduk dalam posisi serupa selama berjam-jam, belasan jam per hari duduknya.
    Saat jadi crafter yg laris, beberapa hari sekali saya duduk mengerjakan pesanan 20 jam per hari dikurangi aktivitas IRT. Tak hanya tulang belakang yg sakit, ginjall dan tulang ekor juga, plus mata. Saya lansung pensiun dini dari dunia crafter. Wkwkwk
    Malah curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dibayar mahal ya kak susi demi badan yg sehat..semoga ke depannya semakin sehat kita semua..amin

      Hapus
  17. Kalo abis rebahan lama mesti nyeri pinggang, hehehe. Faktor U kali ya, disini dibahas tentang pencegahannya, jadi bisa coba deh barangkali dapat meminimalkan rasa nyerinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.meminimalkan sakitnya..dan konsultasi ke dokter untuk penyembuhannya

      Hapus
  18. Berenang, selain memang salah satu skill untuk bertahan hidup, juga merupakan bentuk olahraga yang sangat bagus karena menggerakkan semua otot tubuh dan juga intensitasnya dapat diatur sesuai kemampuan tiap individu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas arie... banyak manfaat renang.. dulu rutin saya renang... sekarang malah udah berhenti total... harus diaktifkan kembali sepertinya

      Hapus
  19. Keliatan sepele sih tapi pas kerasa bisa menyiksa. Pernah denger juga ada seorang tetangga yang mengeluhkan penyakit ini. Gak enak banget pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak amir..kalau udah datang..ampun2an sakitnya..info dari penderitanya...

      Hapus
  20. Rumah sakit Premier Jatinegara ini keren ya, Mas. Karena saya amati, sering mengadakan acara seperti ini. Dan edukasi kepada masyarat awam, termasuk saya memang bagus sekali. Lewat tulisan Mas Kornelius, saya jadi lebih mendalam soal sakit nyeri tulang belakang ini. Terima kasih sharingnya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senang sekali tulisan saya bermanfaat.. terimakasih juga sah mampir mas bambang

      Hapus
  21. Azab banget tuh kalo nyeri tulang belakang. Mau ngapa2in gak bener. Syukur sekarang bisa konsultasi langsung dengan dokter utuk mencegah kejadian jadi lebih buruk. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...mengganggu banget kalau nyeri tulang belakang muncul.. pasti mengganggu juga ketika dubawa bekerja

      Hapus
  22. Trus aku yg gak bisa renang ini pegimana kak? Syedih aku tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar kak..belajar... atau ga beralih ke olahraga lain.. jogging juga boleh kok

      Hapus
  23. mantep bener rs premier jatinegara mengadakan blogger dan vlogger gathering, emang kudu aware nih bukan hanya untuk usia manula namunn juga yang pekerjaanya banyak duduk di tempat ya. Udah pasti kalau merasa ada yang aneh jangan nunggu parah dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak...jangan nunggu o
      Parah baru periksa ya dan memang ini program edukasi rs premier agar masyarakat lebih paham tentang sebuah penyakit

      Hapus
  24. Wahhh asik nih. Salah satu cara meringankan sakit punggung ternyata berenang ya. Main air. Seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg suka main air mah seru kak... yg anti air mah malah jadi momok kak... btw terimakasih ya sudah mampir

      Hapus
  25. Layanan pengobatannya lengkap ya.. maacih infonya mas

    BalasHapus
  26. Cakep nih RS Premier Jatinegara mengadakan blogger and Vlogger Gathering. Acara kayak gini penting banget nih, untuk menyampaikan informasi penting, apalagi mengenai kesehatan.

    Ternyata berenang bisa mengurangi sakit punggung toh. Sering ke kolam renang tapi seringnya cuma main-main aja, bukan berenenang. 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mulai sekarang kak. Kalau main aer.. sekalian juga berenang ya

      Hapus
  27. Seru bgt ya mbak acranya. Sama kek aku. Kalo ada event kayak gini, ksmpatan bgt buat nanya banyak hal. Sampe tu prtanyaan tuntas dan kta puas dg jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat kak nengsih..tapi saya bukan mba..saya abang-abang kak.. bang lius tepatnya...trims sudah mampir ya.. salam kenalan kak

      Hapus
  28. Acaranya cakep nih. Nambah pengetahuan tentang kesehatan tulang belakang. Saya pasca secar anaknpertama juga seringnngalamin nyeri punggung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak..acaranya bermanfaat ...Tapi sekarang sudah engga nyeri tulang belakang lagi kan kak?

      Hapus
  29. Orang yang sering duduk lama di depan komputer agaknya rentan terkena nyeri tulang punggung ini ya Mas. Saya pribadi gak bisa renang, tapi mungkin ada gerakan2 stretching atau senam yang bisa menangani nyeri tulang punggung ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. bener kak... yg sering didepan komputer lebih berisiko terkena penyakit ini..sering2 aja melakukan relaksasi kak ..seperti stretching ringan... banyak kok di yutub vidionya

      Hapus
  30. Sakit pinggang sekarang sudah menjadi penyakit yang sering menjangkiti masyarakat modern ya bang. Dan saya setuju bahwa penyakit ini bisa jadi karena pengaruh gaya hidup yang kurang sehat. Sebelum penyakit menghampiri alangkah baiknya kita berusaha hidup sehat dan berperilaku yang sehat pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka yuni... masalahnya memulai hidup sehat selalu sulit... baru ketika sakit menghampiri, baru sadar... dan semoga belum terlambat.. salam sehat

      Hapus
  31. Wahh seringnya sih kalo disekitar dikasih koyok gituu..
    Bisa gak sih sebenernya itu meredakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meredakan iya kak..menyembuhkan ..belum tentu.. butuh pemeriksaan klinis lebih lanjut

      Hapus
  32. Nggak ada sakit yang enak ya Kak, aku juga hati-hati banget nih sama penyakit tulang belakang ini. Apalagi kita yang sering duduk terus karena menulis. Semoga kita semua terjaga kesehatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak ..semoga kita dijauhkan dari sakit penyakit dan sehat2 selalu ya

      Hapus
  33. Paling banyak pengidap nyeri tulang belakang wanita? Gak heran sih. Wanita kan multitasking. Angkat galon, naik motor, naik tangga, bahkan ada yg bisa manjat genting. Pentesan paling gampang nyeri, semua kan dilakuin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga ya .. wanita kan mahluk yg setrong ya kak

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih