SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Gerakkan Badanmu Ikuti Tantangan Gerak 57 Virtual Challenges

Gerak 57 Virtual Challenges

Masih ingatkan ungkapan lama’ Mensana In Corporosano”, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Terlebih lagi dalam masa pandemi ini, ketika tubuh diharapkan benar-benar sehat dan prima jauh dari kata sakit.

Salah satu upaya untuk teap sehat dan tidak jatuh sakit adalah dengan berolahraga. Pas bangetkan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang ke 57, Kementrian Kesehatan RI memberikan tantangan untuk bergerak sehat, Gerak 57 Vitual Challenges. Harapannya agar seluruh lapisan masyarakat ikut dan mau untuk menggerakkan badan dengan target terukur selama periode tertentu. Dengan tema “Sehat Negriku, Tumbuh Indonesiaku.”

Yang uniknya (menurut saya) memang benar Kementrian Kesehatan RI mengajak untuk menggerakkan badan, pilihan kegiatannya pun ada tiga macam yaitu Bersepeda, Berlari dan Berjalan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak membiasakan gerak badan (Olahraga), kalau tidak dapat bersepeda maka pilih kegiatan berlari, ketika tidak sanggup untuk berlari, masih ada pilihan lain yaitu berjalan. Untuk tantangan kali ini saya mengikuti kegiatan Berlari.

Memang sich harapan Kementrian Kesehatan melalui kegiatan Gerak 57 Vitual Challenges adalah dapat meningkatkan antusias dan kesadaran masyarakat untuk selalu rutin beraktivitas fisik menuju Indonesia Sehat. Jadi masih Mager (Malas Gerak) dan nyaman jadi tim rebahan. Ayolah ga perlu jauh hanya perlu  bergerak konsisten setiap harinya.

 

Gerak 57 Virtual Challenges
Gerak 57 Virtual Challenges


Seru-seruan tapi tetap ada S&K nya.

Seperti nama kegiatan yang diberikan yaitu Gerak 57 Vitual Challenges, maka setiap kegiatan ada unsur 57 yang harus dipenuhi, seperti untuk kegiatan berlari, mampu untuk mencapai target 57 KM untuk lari individu dan ditempuh selama 3 minggu. Sementara sepeda lain lagi harus memenuhi jarak 57 KM setiap minggunya selama tiga minggu berturut-turut. Untuk sepeda group berbeda juga goals yang hendak dicapai, group sepeda yang terdiri dari 5 orang dengan jarak 570 KM per tiga minggu.

Sementara untuk kegiatan berjalan, mengharuskan kegiatan berjalan sebanyak 7500 langkah perharinya selama 3 hari dan dalam 3 minggu.

Tidak berhenti disana masih ada kegiatan seru lainnya, dengan mengikuti kegiatan mengupload kegiatan media sosial mereka.

Dan saya pun ikutan mencoba tantangan mereka, dengan melakukan pendaftaran dan registrasi di website mereka, gerak57.id, gratis tidak dipungut biaya apapun juga.

Doakan saya beruntung ya, agar lolos dalam persyaratan setiap minggunya dan berhasil mendapatkan medali yang sudah kementrian kesehatan sediakan. Ada kebanggaan tersendiri ketika mampu memenuhi tantangan yang diberikan dan mendapatkan penghargaan atas usaha keras yang sudah dilakukan. Amin.


5 Manfaat Berlari Bagi Tubuh.

Biar semangat berkegiatan larinya, maka saya harus tahu manfaat berlari bagi tubuh, dari situs alo dokter, setidaknya ada lima manfaat kesehatan yang didapat melalui kegiatan berlari antara lain :

1. Meningkatkan Energi Dan Stamina Tubuh.

Dengan melakukan olahraga lagi secara rutin, kita akan merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk bergerak aktif sepanjang hari. Selain itu berlalri dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, sehingga siap untuk menjalani hari dengna produktif. 

2. Meningkatkan Suasana Hati.

Saat kita berlari, maka tubuh akan melepaskan beberapa bahan kimia diotak seperti dopamin, serotonin dan endorfin yang mampu memperbaiki emosi dan suasana hati.

3. Mengendalikan Nafsu Makan.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa berlari pagi atau sore hari menunjukkan dapat mengontrol nafsu makan dengan mengurangi hormon perangsang rasa lapar (ghrelin) dan meningkatkan hormon rasa kenyang (leptin).

4. Meningkatkan Kualitas Tidur.

Dengan berkegiatan lari  minimal selama 30 menit saja akan membuat kita cepat mengantuk pada malam harinya.

5. Menghindari Penyakit Kardiovaskular.

Penelitian telah membuktikan bahwa rutin berlari pagi dapat menurunkan resiko terjadinya penyakti kariovaskular, termasuk jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

 

Jadi sudah tahu dong lima manfaat berlari bagi kesehatan tubuh, sementara untuk menambah semangat berkegiatannya dengan mengikuti  dan menyelesaikan tantangan yang diberikan Kementrian Kesehatan melalui Gerak 57 Vitual Challenges.

 

Hayuk lah, gerakkan badanmu, dapatkan manfaat sehatnya dan selesaikan tantangannya.

Salam Sehat ya gaes….

 

Gerak 57 Vitual Challenges


 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar