SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

5 Panduan Dasar Menulis Novel Untuk Pemula

cara untuk menjadi penulis novel pemula


Menulis adalah pekerjaan keabadian, demikian Pramodya Ananta Toer pernah berujar. Lainnya berkata, karena yang tertulis akan abadi dan yang terucap akan berlalu bersama angin, Scripta Manet Verba Volant.

Menulis sama seperti olahraga, memulainya adalah pekerjaan tidak mudah namun ketika sudah berjalan akan berbalik, menghentikannya yang menjadi sulit.

Saat ini sudah banyak pelatihan-pelatihan online yang disediakan untuk mengasah kemampuan menulis, baik yang berbayar ataupun gratisan. Tinggal memilih sesuai minat dan genre yang akan kalian tekuni.

Dan salah satu cabang kepenulisan yang banyak menjadi minat penulis-penulis muda adalah menulis novel. Iya menulis novel, karena beberapa penulis merasa lebih mudah menuliskan novel ketimbang menulis yang lain. Bahkan ada loh yang menulis novel menceritakan pengalaman hidupnya sendiri atau pengalaman hidup orang yang ia ketahui. Dan pangsa pasar pembaca novel pun lebih banyak, karena menikmati novel berbeda dengan menikmati bacaan lainnya.

Beberapa penulis novel yang sudah mendunia, sebut saja J.K. Rowling, J.R. Tolkien serta Agatha Christie,  lainnya dari Indonesia, Tere Liye, Dee Lestari, Anwar Fuadi dan Andrea Hirata.

Namun untuk menjadi profesional seperti mereka tidak mudah, banyak rintangan dan hambatan yang harus dihadapi, hambatan dari dalam seperti tidak percaya diri, hadirnya malas, sering menunda-nunda atau hambatan dari luar, tulisan di cap jelek dan belum pantas untuk terbit.

Pastinya jalan untuk menjadi penulis novel terkenal, tidak semudah membalikkan telapak tangan akan melewati jalan panjang yang terjal dan berliku.

Namun, ada cara untuk menjadi penulis novel pemula, sebab yang profesional selalu berawal dari pemula, bukan.

Lakukan 5 hal ini secara rutin dan konsisten, akan sangat membantu untuk menjadi penulis novel pemula :

1.       Banyak Membaca.

Karena dengan banyak membaca akan menjadi ladang inspirasi untuk menulis. Banyak membaca dengan ragam jenis tulisan sangat disarankan. Dari rutinnya membaca beragam genre akan melatih dan memahami gaya tulisan apa yang menarik dan diminati masyarakat. Dan semakin sering membaca akan menambah kosakata sekaligus memperluas pengetahuan yang kamu miliki. Dari banyaknya bacaan yang sudah kamu habiskan akan membantu untuk mengembangkan ide cerita novel yang akan ditulis. Jangan sepelekan membaca ya.

Lalu selain membaca selingi juga dengan kegiatan mencari informasi dari media lainnya seperti media televisi atau internet. Agar kaya akan sumber informasi bahan tulisan novel nantinya.


cara untuk menjadi penulis novel pemula


2.       Jangan Takut Untuk Memulai.

Pasti ada keraguan ketika memulai untuk menulis, tuliskan saja dahulu semua ide yang terlintas di kepala. Setelah selesai baru baca kembali untuk merapihkannya. Meminta bantuan orang terdekat untuk membaca draft tulisan juga tidak mengapa. Karena dari sini akan belajar kekurangan dan kelemahan tulisan yang sudah dibuat. Dan perlu diingat agar tidak menjadi alergi dengan kritik yang diberikan, jadikan ini sebagai bahan untuk menulis lebih baik.

Biasakan menulis serutin mungkin, tidak masalah jika hanya sebatas caption FB atau IG, untuk membiasakan menulis rutin adalah penting.

3.       Mulai Menulis.

Mengasah kemampuan menulis adalah sebuah keharusan. Memang tidak mudah untuk menyelesaikan satu paragraf ketika awal-awal. Karena itu mulailah untuk menulis, dengan menulis kalimat-kalimat berikutnya akan mengalir dengan lancar dan mudah.

Tuliskan ide dan kerangka novelmu, teruskan dengan cerita dengan gaya bahasa mudah dan menarik agar pembaca tidak merasa bosan pada saat membacanya.

Segera tangkap ide yang melintas, untuk mensiasati hal ini segera tuliskan ide dalam smartphone yang dimiliki. Lalu segera setelah berada di depan laptop teruskan ide yang terlewat tadi.

4.       Mempelajari Mekanisme Terkait Dengan Penerbit.

Mempelajari mekanisme dengan penerbit adalah sebuah hal penting ketika tulisan sudah selesai dan siap untuk dijadikan sebuah buku. Memilih penerbit yang tepat akan mengantarkan seseorang menjadi seorang penulis yang handal dan profesional.  Penerbit sendiri memiliki syarat dan ketentuan dalam menerbitkan sebuah buku, namun hal yang sangat penting ketika penerbit tidak menerbitkan sebuah buku adalah pasar. Penerbit memiliki pandangan sendiri mengenai pasar, dan masing-masing penerbit memiliki pasarnya masing-masing. Jangan memaksakan karyamu kepada penerbit yang sudah terbiasa menerbitkan buku pelajaran, buku ilmu pengetahuan, lihat dan perhatikan benar penerbit yang akan mencetak dan memasarkan novel buatanmu.

Sebelum menerbitkan buku, usahakan perbanyak diskusi dengan editor. Sebab editor yang akan memberikan banyak masukkan, agar tulisan menjadi lebih menarik. Segera pertimbangkan jika penerbit memberikan ide atau masukan, karena sejatinya penerbit memberikan ide dan masukan yang baik untuk penulis, memperhatikan selera dan kebutuhan pasar agar novel laris manis terjual.

5.       Menikmati Setiap Proses.

Setiap hal yang terjadi dalam proses menulis, maka nikmatilah baik manis dan pahitnya. Jika merasa tulisan masih kurang dapat dipahami atau cenderung berantakan, tidak perlu buru-buru panik.  Penting untuk melawan rasa cemasmu dan menjadikan itu sebagai senjata agar dapat menulis lebih baik lagi. 

Jangan pernah terbebani dengan pikiran “tulisan saya harus menjadi 1000 halaman”, namun rubah menjadi “saya sangat menikmati waktu saya dalam menulis,” atau “saya bisa menjadi lebih ekspresif dengan menulis.

Menjalani proses menulis pastinya akan membosankan tetapi hal itu tidak boleh berlama-lama terjadi, harus disadari sedari awal bahwa kesalahan adalah sebuah hal yang wajar dan merupakan bagian dari proses yang harus dilewati.

 

Penutup.

Jadi memang jalan menjadi penulis novel tidak mudah namun selalu ada cara untuk menjadi penulis novel pemula. Cara yang sudah disajikan dapat membantu untuk memulai profesi sebagai penulis novel dan membantu juga bagi yang sudah memulainya lebih dahulu.

Menulis novel sama seperti profesi lainnya memiliki potensi yang layak, tidak mustahil suatu saat dapat menjadi penulis yang profesional dan hidup serta besar dari menulis novel. Point pentingnya adalah bagaimana melalui semua proses tersebut dengan tekun dan konsisten.

Dan ini pun menjadi Pekerjaan Rumah tersendiri bagi saya pribadi.

Yuk Menulis Kembali.


Sumber Gambar dari Pexels dot com

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar