SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Serunya Bisa Berbagi Cerita ke Sesama Kpopers di "Fandom"!

 

Fandom

Halo…. Halo, memanggil para pecinta K-Pop, se Indonesia Raya.

Sekarang demam Korea sedang melanda negri, mulai dari film, komik hingga lagu. Semua yang berbau-bau Kpop menjadi sebuah kegemaran.  Dan bagi seorang Kpopers memiliki tempat untuk dapat berbagi dan bercerita ke sesama Kpopers bisa di lakukan melalui grup yang sama maupun berbeda pastinya sangat menyenangkan. Seperti ada orang yang mengerti apa yang membuat mereka bahagia. Dan setiap hal memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebut menjadi paling mengasikan bagi sesama Kpopers fandom. Hmmm,… seru bukan.

Inilah Fandom, tempat sesama Kpopers bertemu. Fandom sendiri merupakan suatu perkumpulan, komunitas, atau program bagi sesama Kpopers untuk berbagi cerita tentang berbagai hal tentang KPop. Seperti bagaimana awal mereka menjadi fans K-Pop, bagaimana K-Pop idol bisa memotivasi mereka, dan setiap hal yang berkaitan langsung tentang idol mereka.

Di Indonesia sendiri anggota fandom sangat banyak. Mereka memiliki komunitas sendiri baik secara online maupun offline. Mereka juga biasa berbagi barang yang dikeluarkan secara resmi oleh official K-Pop idol. Hal yang harus kalian pahami sebelum masuk fandom adalah istilah yang sering disebut. Mau tahu apa itu?

Nah ini nich istilah-istilah yang sering disebut oleh sesama Kpopers di Fandom.

1. Fanwork

Yang dimaksud fanwork merupakan karya yang dibuat oleh penggemar dan didedikasikan untuk satu orang atau grup idol K-Pop. Hal tersebut sebagai bentuk rasa penghormatan dari fans. Fanwork sendiri dibagi menjadi fan art yang berbentuk karya fisual, fan vid berbentuk audio visual, dan fanfiction yang berbentuk tulisan.

2. Fanon

Fanon merupakan cerita yang dibuat oleh fans. Mereka menggunakan imajinasi mereka untuk membuat atau menambahkan cerita tersebut. Dan imajinasi yang dibuat sangat kuat sehingga sangat populer dan menjadi gagasan yang bisa diterima fandom.

3. Ship atau shipping

Hal ini memiliki makna mendukung dua orang atau lebih untuk berhubungan di dunia nyata secara romantis. Hal ini merupakan salah satu aktivitas fandom yang sangat populer. Hal tersebut juga berarti sebagai bentuk dukungan atau dorongan dari penggemar. Atau sederhana mencocokan idol K-Pop untuk berpasangan.

4. Fanfiction

Fanfiction merupakan perkembangan dari fanwork. Fanfiction merupakan cerita atau narasi fiktif yang dari suatu karya, alah satu bentuk hasil fanfiction adalah film twilight.

5. Fannish

Menggambarkan sesuatu yang berkaitan erat dengan fandom.

6. BNF

Merupakan singkatan dari big name fun. Yang merupakan julukan besar dari suatu fandom, salah satu yang populer adalah Army, blink, dan sebagainya. Umumnya mereka berdedikasi yang tinggi untuk mendukung idola mereka. Mereka akan mengetahui berita terbaru dari idol mereka. Bahkan mereka tidak segan untuk mengeluarkan uang demi melihat konser atau membeli produk resmi dari mereka.

7. AU

Istilah kata AU biasanya digunakan di Twitter. AU sendiri merupakan singkatan dari alternatif universe. Hal ini merujuk pada bagaimana sebuah cerita dibuat dan berbeda dengan realita yang seharusnya. Seperti membayangkan ada konser gabungan KPop Korea di Indonesia.

Padahal realitanya apabila menggelar konser mereka hanya satu grup. Adapaun konser beberap idol Korea di waktu bersama adalah ketika di acara yang besar dan jarang terjadi, seperti saat penutupan ASEAN GAMES 2018.

 8. Fendom idol tertentu

Biasanya agar penggemarnya merasa nyaman dan dekat sang idol memberikan julukan kepada fans setia mereka. Hal ini menggambarkan ungkapan atau gambaran artis kepada idolanya. Dengan cara itu kesan dan interaksi spesial dia antara mereka akan terbentuk secara alami.

Sesama Kpopers di Fandom merupakan media yang sangat tepat untuk berbagai cerita dan informasi. Namun, selalu usahakan untuk tetap menghormati dan menjaga perasaan orang lain atau fandom lain. Mengingat pernah terjadi saling ejek atau sejenisnya antar fandom, padahal idol masing-masing dari mereka tidak ada permasalahan dan terlihat selalu damai.

Lalu tunggu apalagi, kamu pecinta Kpop masih ragu untuk bergabung di fandom. Kuylah.

 

 

 

 

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

29 komentar

  1. yeayyy, KPOP semakin banyak disukai ya :D daebak

    BalasHapus
  2. Wah, baru tahu nih saya ada Fandom bagi pencinta sineas K-POP. Bener banget nih, sesama anggota komunitas Fandom penting banget menjaga perasaan orang lain saat berdiskusi, dan sopan santun sesama anggota penting dibangun ya biar makin harmonis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kpop lagi booming mas... saya jadi jadi ikut terinformasikan...

      Hapus
  3. Ternyata ada juga istilah-istilah dalam dunia Kpopers gengs. Memang harus dibentuk komunitas, biar bisa saling berbagi dan menjaga hubungan baik antar sesama Kpopers. Mantap sekali postingannya Kakak....

    BalasHapus
  4. Dulu suka mikir, anak-anak yang doyan banget sama kpop biasanya ngobrolin apa sih kalau ketemu? eh ternyata banyak juga ya yang bisa diobrolin. Mulai dari ngeghibah idolanya, bikin fanfiction, dll. Malah aku pernah tau kalau ada fandom grup kpop tertentu yang bikin kegiatan amal rutin.

    Aku sendiri suka kpop, tapi gak sampai yang ngefans menggilai gitu sampai semua hal tahu. ya sekedar suka. kalau masuk fandom, paling jadi anak bawang yang cupu kali ya. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah sama kak.. kalau gabung pastinya jadi anak bawang yang cupu.. tapi setidaknya ga ketinggalan infolah ya

      Hapus
  5. Jadi inget punya temen pecinta Kpop yang bergabung juga di fandom. Mulai ngejar konser Suju sampe dibela-belain ke Jakarta. Emang deh ya yang paling tau keseruannya cuma sesama K-popers.

    BalasHapus
  6. Saya ga terlalu suka K pop tapi kalau musiknya enak didengar di telinga sih hayuk aja kalau saya.

    BalasHapus
  7. Ya ampun aku baru tahu tentang istilah-istilah sesama Kpopers di Fandom ini kak. Soalnya aku cuma suka nonton drakor dan itupun gak hafal ma artisnya. Tahunya jalan ceritanya doank. xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nonton drakor malah yang belum .... kalau musik lumayan lah

      Hapus
  8. Paling seneng baca artikel yg begini...bahas Kpop ahahay. Tapi memang yg bisa memahami adalah para Kpopers juga. Ada beberapa isyilah yg menurut saya "maksa" aja. Tapi ya...namanya juga fandom 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah,,, namanya juga fans garis keras kak .,... gitu dech

      Hapus
  9. Aku kaget baca tulisan ini. Aku pikir ada member baru di BWA. Ternyata Kokoh nulis ini. Hahahaha.

    Kokoooh, aku suka sama Stray Kids, meski pun aku bukan Stay. Aku suka sama lagunya berjudul 'Back Door.'

    BalasHapus
    Balasan
    1. kokoh di sebelah kak... yang ini bang iyus ,,.,, heheheheh

      Hapus
  10. Ternyata banyak juga ya istilah-istilah Kpop yang hanya pencinta Kpop yang mengerti artinya. Sering sih dengar istilah-istilah itu dari siswaku saat mereka bercengkarama dengan temannya, kirain itu istilah apa ternyata mereka Kpop rupanya.

    BalasHapus
  11. wah ada komunitasnya ya buat para pecinta hal-hal yang berbau korea, ada istilah-istilah khususnya juga. Jadi bisa tetap update berita seputar kehidupan entertainment ya lewat fandom ini

    BalasHapus
  12. Pastinya para pecinta K-Pop bakal seneng banget ya, karena ada komunitas dengan anggota yang memiliki kesamaan. Jadi ngobrolnya pasti bakal makin asyik

    BalasHapus
  13. Aku hanya tahu istilah "fanfiction" ama "fanwork" lho sebelum ini Mas. :)
    Tapi yang aku udah tahu sejak lama, fans KPop beneran all out saat membela idolanya, ya kadang sih trs perang antar yang beda pendukung ahahhaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trend sekarang udah banyak muncul kpop garis keras ya mas ... rela perang demi idolanya ...

      Hapus
  14. Banyak juga ya kak istilah untuk para K-Popers nya,aja sampai bilang "Hah,, masa sih "
    Berarti hampir sama dengan komunitas lain ya kak, cuma beda untuk penyebutan nya aja

    BalasHapus
  15. Aduh kalau baca ginian keliatan generasinya sih. Soalnya aku termasuk fans Kpop 2nd generation hahaha. Welcome deh adek-adek Army dan Blink, let's spread Hallyu Wave around the world!

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih