SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Manfaat Bersepeda Yang Harus Kalian Ketahui !!!

Sepedaan
Sepeda-an 



Minggu kemarin adalah perdana kembali menggunakan sepeda sebagai terapi olahraga agar badan sehat. Secara sudah lebih tiga tahun sepeda hanya mendekam tidak rapih di gudang. Mumpung ada teman yang memiliki hobi serupa dan sedang naik daun juga sepedaan, sementara untuk memiliki yang baru, ya you know lah harganya sekarang berapa. 

Lumayan masih mampu menempuh jarak 40 KM Pulang-Pergi dari kantor Cikini ke Kota Tua. Tidak terasa kalau beramai-ramai. Hmmm seru juga, tapi saya sendiri penasaran dengan teknis bersepeda dan manfaatnya bagi tubuh. Secara sekarang jenis sepeda sudah semakin banyak banget.

Dari blog Kak Hadi saya jadi tahu teknik mengendarai sepeda yang benar. Setidaknya saya jadi tahu untuk memperhatikan irama kayuhan, menyesuaikan sepeda dengan postur tubuh, memposisikan tubuh dengan benar, memperhatikan rute bersepeda dan perhatikan keamanan dan keselamatan selama bersepeda.

TIM GOWES
TIM GOWES 


Lalu Manfaat bersepeda itu apa sich bagi tubuh?
Dari situsnya liputan 6 setidaknya saya mencatat ada enam manfaat bersepeda (asiik biar tambah semangat sepedaannya).
  • 1.   Menurunkan Resiko Depresi, Jadi sepedaan saat pagi atau sore hari membantu mengurangi stres, depresi serta kecemasan. Manfaat bersepeda juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati. Kalau yang saya alami sendiri adalah dengan bersepeda santai sembari menikmati pemandangan baik gedung-gedung tinggi dan lalu lalang kendaraa sekitaran mampu melepas penat sesaat.
  • 2.    Meningkatkan Kemampuan Otak. Olahraga sepedaan yang dilakukan rutin dan  berulang kali diinfokan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat tubuh kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu.
  • 3.      Menurunkan Resiko Kanker, Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga sepeda lainnya  adalah mengurangi risiko kanker. Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.
  • 4.   Mencegah Resiko Jantung. Bersepeda sangat baik untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi, manfaat lainnya dari bersepeda juga untuk membantu mencegah risiko jantung. Bersepeda sedikitnya selama 20 menit setiap harinya akan bantu mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas.
  • 5.  Menstabilkan Diabetes.  Bersepeda ternyata dapat menstabilkan diabetes. Cobalah untuk bersepeda sedikitnya selama 30 menit setiap harinya.
  • 6.     Mencegah Darah Tinggi. Bersepeda adalah aktivitas sehat yang sangat baik dalam mencegah risiko darah tinggi. Manfaat bersepeda juga bisa mengontrol detak jantung, melunturkan lemak dalam tubuh dan memperkuat otot tubuh terutama kaki.

Jadi bersemangat untuk mengayuh sepeda lagi, secara manfaatnya banyak banget. Tapi ya itu tadi yang paling sulit dari semua hal adalah konsisten untuk menjalaninya. Mulai dari rasa malas, alasan kesibukan, tidak memiliki sepeda yang model terbaru atau banyak alasan lainnya.

Lucunya nanti kalau sudah jatuh sakit, jalan pagi, sepedaan statis rutin dijalani. Tulisan ini sekedar menjadi pengingat diri agar terus konsisten mengolah tubuh sebelum jatuh sakit dan terlambat. Salah satunya dengan bersepeda dan olahraga ringan lainnya seperti jalan pagi atau bermain tenis meja atau apapun itu selama menggerakan tubuh. Oh iya, olahraga hanya salah satu faktor pendukung ya, faktor lainnya harus diperhatikan juga, makan sehat, 4 sehat 5 sempurna dan istirahat cukup.

Salam Sehat






Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

33 komentar

  1. Iya sih bener, kadang baru inget buat olahraga kalo pas sakit. Abis sakit rajin, ga lama melempem lagi semangatnya. Sungguh, konsisten itu sulit ternyatah

    BalasHapus
  2. Wah ternyata banyak banget yah manfaat bersepeda

    BalasHapus
  3. Selain itu bersepeda juga membuat hubungan sosial kita meluas ya bang. Apalagi kalo ikut komunitas sepedaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..kalau yang tergabung dengan komunitas kak..kalau yang sendirian dan keliling komplek aja (kayak akuh) yah gitulah kak 🤓🤓

      Hapus
    2. Bisa juga bang komunitas sepedaan satu komplek.. hehehe. Kan seru 1 Komplek bisa kompak semua.

      Hapus
  4. Jadi pengen segera memiliki sepeda saya tu, tapi kudu sabar nunggu anak dah gede-gede dulu, biar sepedaan enak dan tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar kak... ada waktunya nanti.. ketika ana2 sudah besar pasti lebih seru

      Hapus
  5. Sepedaan emang menyehatkan,apalagi hemat biaya juga. Tinggal di gowes aja sekitaran tempat tinggal keringatpun keluar.

    Tapi sepeda buat gowes nya yang belum ada. Nanti deh kapan kapan gowesnya sewa sepeda aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuks kak elvs.. biar semangat tetap sehatnya dimunculkan kembali

      Hapus
  6. beberapa tahun terakhir ini olahraga sepeda jadi hype bgt ya bang? apalag semenjak pandemi orang2 jadi berlomba2 buat olahraga biar makin sehat salahsatunya dengan bersepeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak... apalagi kalau beli sekarang harga sepeda... tinggi bener.. untung udah punya dari dulu (ya meskipun sekarang jadi jadul ya)

      Hapus
  7. Banyak ya manfaat bersepeda ini...tp sy ngeri klo bersepeda di jln.raya..terlebih kondisi jln spti Jkt ini..oya sy baru tau bersepeda bisa cegah diabetes info bagus nih buat kk sy yg idap diabetes.. mksh info nya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sih ka..ngeri2 sedap dengan jalanan jakara.. kudu ekstra hati2... btw sepeda selain bagus buat penderita diabetes.. bgus juga buat masalah kesehatan lainnya kak

      Hapus
  8. Di lingkunganku sekarang banyak banget yg hobi naik sepeda, ada kelompok atau gengnya masing-masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak di kami juga demikian...lagi demam sepedaan

      Hapus
    2. Iya kak, sampe harga onderdil sepeda pada naik, hiks

      Hapus
  9. Manfaat sepedaan ini banyak banget ya teryata.sayang banget saya nggak bisa naik sepeda wkwkwk harusnya mulai belajar sepertinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm iya kak..biar bisa sepedaan.. ga ada kata terlambat utk belajar sepedaan

      Hapus
  10. saya terakhir naik sepeda pas di kampung inggris pare, emang enak banget sih sepedaan. sampai ke tempat wisata 5 km aja dijabanin haha. padahal kalau naik sepeda 5 km tuh lumayan juga, apalagi saya masih jarang2 naik sepeda. emang bikin happy naik sepeda tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss....sepakat ya kak..sepedaan bikin happy

      Hapus
    2. iyaa, kerasa banget bedanya naik kendaraan bermotor sama sepeda. selain lebih sehat juga gak ada polusi. bawaannya seger hehe.

      Hapus
  11. Banyak sekali ya manfaat naik sepeda, tapi sayang aku koq gak berani naik sepeda ontel gini.... Mungkin karena jalanan menurun kali ya, jadi nyali ciut hihi


    Meskipun gak berani naik sepeda, selalu senang jika lihat orang bersepedaan gitu apalagi berkelompok, seru dan asyik kelihatannya dan buat jealous

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi kak..seru2 rame ramean...tapi saya sendirian juga ok kok...kan nyari sehatnya bukan nyari rame2annya

      Hapus
  12. Sepedaan favorit aku bangt kak, sampai kepikiran mending kerja naik sepeda ya, tapi bingung mandinya dimana?, memang selain bersepeda untuk sehat jangan lupa jaga pola makan juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak... udah olahraga... jangan lupa jaga pola makan dan usahakan pikiran tetap sehat dengan menjauhi stress kak

      Hapus
  13. Saya udh lama banget ga sepedaan. Skrng zamannya sepedaan ya mas. Teman bos saya sampe bawa sepeda ke jakarta gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..bahkan beberapa teman kalau dinas luar.. sampe rela2in bawa sepeda utk tetap bisa berolah raga

      Hapus
  14. Ternyata banyak manfaatnya dari bersepeda ya kak, aku penasaran dengan bisa menurunkan resiko penyakit kanker mungkin karena dengan bersepeda fisik jadi lebih kuat ya, termasuk virus corona ini, insya allah dengan bersepeda daya tahan tubuh baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget kak... fisik yang bergerak membuat badan tetap sehat dan imun tubuh terjaga sehingga membuat badan tetap sehat

      Hapus
  15. Saya baru tau bersepeda dapat mencegah darah tinggi, soalnya paman saya penderita darah tinggi ..dan olahraga yang digeluti hanya senam ringan.. kyknya bisa nih kasih saran paman untuk mencoba bersepeda semoga berhasil menurunkan tekanan darahnya deh..

    BalasHapus
  16. waaah manfaat bersepeda itu sangat banyak sekali ya kak, ada beberapa penyakit yang di tingkat berat macam diabetes, jantung dll bisa hilang kalau kita rajin berseepeda ya

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih