Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian

Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Coach Iman dengan peserta webinar 

Mahkamah Agung dan Jajaran Peradilan dibawahnya mau untuk terus berbenah dan belajar untuk menjadi lebih baik. Menggandeng ESQ Consulting yang berada dibawah komando Bapak Ary Ginanjar Agustian melakukan pemeriksaan dan riset untuk mengetahui kondisi budaya kerja di Mahkamah Agung.

8 (Delapan) Nilai Utama Mahkamah Agung RI.
8 (Delapan) Nilai Utama Mahkamah Agung RI.

Tidak berlama-lama masih dalam webinar yang dilakukan secara virtual dari gedung 165 Jakarta, dibuka oleh coach Iman, dikenalkan dengan 8 (Delapan) Nilai Utama Mahkamah Agung RI.
  • 1.      Kemandirian
  • 2.      Integritas
  • 3.      Kejujuran
  • 4.      Akuntabilitas
  • 5.      Responsibiltas
  • 6.      Keterbukaan
  • 7.      Ketidakberpihakan
  • 8.      Perlakuan yang sama di hadapan hukum


Delapan nilai utama ini ada dalam buku cetak biru peradilan yang menjadi acuan Mahkamah Agung RI.
By the way, webinar kali ini diiikuti seluruh Indonesia setidaknya diikuti oleh 30.000 peserta.  banyak banget ya.

Selesai pemanasan dengan coach Iman.  Acara inti pembekalan dengan Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian, selaku owner dan pendiri ESQ Cosnuliting.

Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Tahu kah kalian sekarang  29 Agustus 2020 adalah salah satu hari bersejarah, saat ini 10 Muharram  hari dimana Nabi Musa selamat dari kejaran Firaun, Hari dimana Nabi Yusuf sela mat dan keluar dari sumur, hari dimana Nabi Ibrahim lepas dari jeratan api,  Hari Nabi Musa selamat dengan bahteranya.

Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian


Iya, hari ini, Mahkmamah Agung dan Jajaran Peradilan dibawahnya diseluruh Indonesia membuat keputusan besar menegakkan 8 (delapan) Nilai Utama MARI. Bukan sebuah kebetulan, bertepatan dengan 10 Muharram dimana Nabi mendapatkan pertolongan Tuhan.

Jadikan hari ini salah satu hari bersejarah bagi Mahkamah Agung  berubah kearah yang lebih baik lagi. Dari yang terpercaya oleh manusia tapi juga mendapatkan kepercayaan dari penduduk langit.

Ingat hari ini pembekalan Zona Integritas bukan dimata manusia tetapi di mata Tuhan.
Pada tahun 2045 kita akan memasuki usia 100 tahun kemerdekaan, dari 250 juta penduduk Indonesia bukan sebuah kebetulan sedikit dari kita bisa yang masuk  dan melayani dalam lingkup Mahkamah Agung.
Janji dalam diri kita, tanamkan dalam sanubari, lahirkan kembali semangat Mahkamah Agung Republik Indonesia. bukan hanya disegani dan dihormati manusia tetapi di Ridhoi Tuhan YME.

6 (Enam) Total Indeks Kesehatan Organisasi.
6 (Enam) Total Indeks Kesehatan Organisasi.

Zona Integritas tidak hanya dalam bentuk aturan dan sistem yang berlaku tetapi terpatri didalam dada.
Bapak Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian dan timnya sendiri sudah melakukan riset dan menemukan dan mengumumkan 6 (Enam) Total Indeks Kesehatan Organisasi.
  • 1.      Tingkat Internalisasi Nilai-nilai utama budaya kerja sangat rendah.
  • 2.      Tidak menunjukkan fokus kepada hal-hal berhubungan dengan kinerja unggul setiap pegawai dan organisasi (tidak punya keinginan untuk maju).
  • 3.      Adanya potensi pegawai berada dalam zona nyaman.
  • 4.      Harapan terhadap peranan pemimpin sebagai seorang teladan.
  • 5.  Perlunya evaluasi terhadap sistem dan orientasi bekerja (harapan saat ini lebih fokus terhadap   kepentingan diri sendiri).
  • 6.      Penerapan disiplin dan integritas lebih karena sistem bukan didorong dalam diri.


Dalam setiap diri individu yang hadir mengikuti webinar, terapkan pola A – G – A,
A – Akses setiap hal baik dan pencapaian  luar biasa (berhasil)
G – Gandakan, lakukan duplikasi secara berulang-ulang
A – Anchor, Ucapkan terus menerus dengan postur tubuh siap, demi menimbulkan aura positif.

Sederhananya beliau memberikan contoh letakkan tangan kanan di dada mu, ucapkan “saya mandiri, saya Berintegritas, saya jujur, saya akuntabel, saya responsibel, saya terbuka, saya tidak berpihak dan saya memperlakukan setiap orang sama dihadapan hukum.”  Terapkan praktek A-G-A. Akses (ingat) setiap hal baik yang berhubngan dengan 8 nilai utama, duplikasi dan ucapkan berulang kali hingga terpartri dalam sanubari.

Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Pendekatan Emosional ala Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian


Mahkamah Agung sendiri saat ini sudah mewujudkan Zona Integritas dan bergerak ke WBK/WBBM dalam hal ini titik berat Zona Integritas ada dalam 6 hal mulai dari Manajemen Perubahan, Tata Laksana, Manajemen SDM, Akuntabilitas, Pengawasan dan Pelayanan Publik.

Beliau bertanya dan meminta setiap hadirin yang datang menjawab dengan jujur, saat ini fokus Mahkamah Agung sendiri ada Rencana Strategis (Renstra) tapi banyak masalah yang muncul dalam tatanan Budaya Kerja.

Bapak Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian melakukan pendekatan secara emosional kepada setiap yang hadir dalam webinar agar memahamai benar konsep budaya kerja bukan sebatas system yang berlangsung.

Transformation Model Leadership
Transformation Model Leadership 


Dari 6 Total Indeks Kesehatan Organisasi, beliau akan berlaku sebagai dokter bagi organisasi Mahkamah Agung, melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memeriksa apakah ada kemajuan atau jalan ditempat nilai yang telah dianut.

Maju Terus Peradilan Seluruh Indonesia




Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih