Mahkamah Agung Dan Peradilan Bersiap Untuk WBK/WBBM.

Pembekalan Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM
Pembekalan Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM


Hari ini Sabtu pagi, tanggal 29 Agustus 2020 seluruh jajaran aparatur sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua,  Hakim, Panitera dan seluruh aparatur peradilan sebisa mungkin meluangkan waktunya demi mengikuti pembekalan untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM.  

Wilayah Bebas  Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah  Birokrasi Bersih Nelayani (WBBM) adalah langkah berikutnya yang setiap peradilan sudah medapatkan predikan Zona Integritas. Terus berbenah menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Dalam pesan singkatnya melalui Webinar, Bpk. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum. selaku Sekretaris Mahkamah Agung memberikan beberapa penekanan-penekanan.

Seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, seluruh insan peradilan mengiukuti webinar pembekalan mewujudkan ZI menuju WBK/WBBM secara virtual. Sabtu yang biasanya digunakan sebagai waktu berlibur bersama keluarga, hari ini ditengah pandemi yang masih melanda dan semangat di rumah saja, momentum seperti sekarang yang harus digunakan agar tetap bisa aktiv berkegiatan dari rumah.


Pembekalan Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM
Pembekalan Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM


Maju Terus Peradilan Seluruh Indonesia.
Tanggal 10 September 2009 adalah momentum bersejerah bagi Mahkamah Agung RI (MARI) karena pada tahun 2009 itulah rumusan Visi dan Misi lahir, “Mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung.”  Hingga sekarang terus dilaksanakan rencana-rencana perbaikann dan pembenahan agar dapat konsisten untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi tersebut.

Sekarang di tahun 2020 sudah banyak hal yang diraih peradilan, mulai dari predikan WTP, ZI dan akan bersiap memasuki WBK dan WBBM.  Sudah kewajiban kita untuk mendukung arah kebijakan yang telah ditetapkan.


Pembekalan Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM
Meninggalkan Jejak Di Acara Pembekalan Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM
Sambutan SEKMA Bpk. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum 


Lihat, diusia MARI yang ke 75 tahun di tahun 2020, MARI telah meluncurkan E-Court untuk membantu memudahkan  persidangan dan para pencari keadilan atau lainnya tahun 2020 ini juga Direktori Putusan sudah mengeluarkan versi terbarunya (Versi 3.0). Semangat Mahkamah Agung RI dan Peradilan di Seluruh Indonesia untuk selalu terus berubah kea rah yang lebih baik dan mau untuk terus belajar agar dapat memberkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bpk. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum. selaku SEKMA smengingatkan agar kita tidak cepat puas dan berhenti untuk belajar, masih banyak hal yang harus terus diperbaharui, diperbaiki untuk dapat melayani masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik.

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), ZI menuju WBK/.WBBM salah satu tujuannya adalah membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas serta membentuk Budaya Kerja Profesional.


Tata Nilai Utama MARI
Tata Nilai Utama MARI 


Pesan Beliau, “Perubahan harus dimulai dari dalam diri kita bukan dari luar.”

Tim Penilai Internal (TPI) setidaknya sudah mendata 471 satuan kerja yang sudah siap untuk menjadi calon untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM tahun 2020.

Meskipun wabah pandemi belum selesai dan masih membayangi MARI dan Peradilan seluruh Indonesia tetap bersemangat untuk dapat mewujudkan semua hal tersebut demi mewujudkan badan peradilan yang agung.

Bahkan tidak tanggung-tanggung MARI bekerja sama dengan Ary Ginanjar Agustian atau lengkapnya Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian, seorang motivator Indonesia,  juga seorang tokoh pembangunan karakter dan  penggiat transformasi budaya perusahaan. Beliau merupakan presiden direktur dari PT Arga Bangun Bangsa serta pendiri ESQ Leadership Center.

Mahkamah Agung bekerja sama dengan  Lembaga ESQ  Consulting  melakukan survey budaya kerja untuk mengetahui Indeks Budaya Kerja yang ada dan terjadi.

Lalu akan diketahui mana yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat budaya kerja. ESQ Consulting akan memberikan masukan-masukan perbaikan demi pelayanan yang lebih lebih baik.

Jakarta, 29 Agustus 2020 dari menara 165 Tim ESQ Consulting sudah siap untuk memberikan pembekalan agar terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Dengan mengetuk meja dan berdoa singkat acara pembekalan secara virtual resmi dibuka.

Perkenalan Singkat Dengan Sistem ESQ nya Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Dari media merdeka (dot) com terinformasikan bahwa  program ESQ telah melahirkan ratusan ribu almuni yang berasal hampir dari semua kota di seluruh Indonesia. Bahkan  programnya pun juga meliputi Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Ginanjar dikenal sebagai sosok yang mempunyai jiwa spiritualitas yang tinggi. Idenya untuk membangun ESQ Learning Center sebenarnya berdasar terhadap fakta bahwa kini masyarakat dihadapkan oleh gaya hidup Barat, sedangkan agama sering dikaitkan sebagai cara hidup yang hanya berpatokan untuk memperoleh kebahagiaan di akhirat dengan mengesampingkan kehidupan dunia.


Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian

Dari konsep seperti itu, akhirnya muncul konsep Emotional and Spiritual Quotient atau ESQ, yaitu sebuah pemikiran yang menginterpretasikan adanya hubungan yang kuat antara profesionalisme, dunia usaha, dan manajemen modern dengan ajaran yang bersumber pada agama. Dengan begitu, maka Leadership Center tersebut akan mampu untuk membangun karakter individu yang peka, profesional, serta memiliki spiritualitas yang tinggi.

Bapak Ary Ginanjar Agustian sendiri lahir di Bandung, tepatnya pada tanggal 24 Maret 1965. Ia juga sebagai presiden direktur dari PT Arga Bangun Bangsa dan Pendiri serta pendiri dari ESQ Leadership Center. Beliau memulai karirnya di bidang pendidikan saat ia lulus dari Kampus Tafe, Adelaide, Australia dan memutuskan untuk mengajar sebagai di Universitas Udayana, Jimbaran, Bali.



Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih