Pandemi belum selesai tempat wisata mulai beroperasi

Pantai_Ancol_Jakarta_Utara
Pantai_Ancol_Jakarta_Utara


Geliat semangat untuk berwisata atau beraktivitas diluar rumah sepertinya sudah mulai digaungkan. Pandemi sebenarnya belum selesai benar bahkan anti virus pun belum tuntas selesai. Semua masih berjalan dalam arah yang benar namun belum pasti. Harapan kita semua saat ini adalah sama, agar pandemic segera berakhir dan dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Namun tidak dapat dipungkiri juga beraktivitas terbatas dari rumah selama beberapa bulan (kurang lebih 3 bulan) membuat sebagian kita pasti merasa bosan, jenuh dan gemes bingung mau ngapain lagi. Tapi seperti yang sudah saya katakan sebelum-sebelumnya pilihan  tidak banyak sekarang selain membatasi aktivitas diluar rumah dan menghindari berkerumun jika tidak penting banget dan bersifat mendesak.


Namun per minggu ini 21 Juni 2020 beberapa tempat wisata mulai beroperasi meskipun situasi belum pasti. Dan gayung pun bersambut bukan, ada juga yang mengunjungi tempat wisata.

 

ANCOL, JAKARTA UTARA.

Pantai Ancol selalu menjadi pilihan menarik, selain hanya membayar pintu masuk, pastinya puas menikmati pantai seharian. Tapi sayang seribu sayang saat ini masuk Ancol memang sudah diijinkan dengan sejumlah protocol ketat namun pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang dan bermain air di pantai.

Alhasil beberapa pengunjung harus berpuas menikmati pemandangan dan sepoi angin pantai. Inipun sudah jauh lebih menghibur ketimbang berdiam dalam rumah saja bukan.


Pantai_Ancol_Jakarta_Utara
Dok_Pri_Tahun_Lalu _Ke_Pantai_Ancol_Jakarta_Utara

Bahkan dari Kompas dot com, Manajemen Ancol juga membatasi jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50 persen dari kapasitas normal. Pengunjung yang diperkenankan masuk hanya warga ber-KTP DKI Jakarta.

Oh iya ini info bagi yang hendak masuk  ke Ancol ya, Pintu gerbang utama Ancol buka pada pukul 06.00-18.00, sedangkan kawasan Ancol dan pantai dibuka pukul 06.00-20.00.

Dan wisata Dunia Fantasi, (Dufan) dibuka pada pukul 10.00-17.00, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol pada pukul 09.00-17.00, serta Allianz Ecopark pukul 07.00-17.00.

Untuk Wisata Dunia Fantasi tidak berbeda jauh, mereka menerapkan pembatasan fisik pada wahana-wahana yang ada.  Seperti wahana Bumper Car, misalnya, jumlah mobil yang biasanya berjumlah 15 unit dipangkas menjadi 9 unit saja. Di wahana New Ontang-Anting, kursi yang bisa diduduki hanya separuh dari total kursi yang tersedia.


Dufan_Ancol_Jakarta_Utara
Dok_Pri_Tahun_Lalu_di_Dufan_Ancol_Jakarta_Utara

Kembali saya hanya menikmati keramaian yang diceritakan tapi belum berhasil menata hati untuk memutuskan pergi berlibur saat ini ditengah serba ketidakpastian.

 

Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

Lepas Ancol wisata berikutnya yang menarik diliput adalah Taman MiniIndonesia Indah (TMII), Jakarta Timur selain murah meriah banyak banget wisata yang dapat dilakukan di dalam TMII. Pengelola TMII sendiri mencatat jumlah pengunjung hingga pukul 12.00 kemarin tercatat 2.134 orang. 


Taman_Mini_Indonesia_Indah
Dok_Pri_ Mereka-Yang_Sedang_Menikmati_Taman_Mini_Indonesia_Indah

Pengelola juga melakukan hal serupa mulai dari pembatasan jumlah pengunjung hingga  50 persen dari kapasitas normal. ”Misal kalau normal bisa 40.000-an orang. Sekarang maksimal dibatasi 20.000 orang per hari di pintu masuk."


Terbukti tetap ada dan tidak sepi dari pengunjung,  Taman Mini Indonesia Indah.

 

PENUTUP

Yang saya sharing sekarang hanya 2 lokasi wisata saja, namun masih ada beberapa lagi yang buka, sebut saja kebun binatang ragunan, Jakarta Selatan. Tapi Wisata Monas (Monumen Nasional) belum beroperasi seperti sedia kala.

Artinya saat ini pengelola wisata yang hendak beroperasi diijinkan dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dengan protokol yang ketat. Dan beberapa menerapkan pemesanan tiket secara on line jadi interaksi di pintu masuk semakin minimal.

Lalu saya, tetap untuk liburan saat ini di tengah pandemi, mungkin akan saya kurangi melihat kebutuhan lainnya yang lebih mendesak. Kalaupun PSBB sudah di longgarkan yang pertama kali saya lakukan bersilaturahmi dulu dengan kerabat.

Kita doakan sama-sama agar pandemi segera berakhir dan kembali kita dapat menikmati suasana yang baru dengan semangat baru serta keadaan yang sudah pasti. Pasti sudah ditemukan anti virus Covid 19, Pasti aman untuk dikunjungi, Pasti kita semua dalam keadaan sehat dan Pasti mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

 


3 komentar

  1. Wajar sekali tempat wisata dibuka meski pandemi belum usai, manusia selalu butuh liburan untuk menghilangkan kejenuhan setelah lockdown 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak..tapi saat ini status nya belum aman benar... kecuali mendesak daj darurat sebisa mungkin saya menghindari ke tempat publik

      Hapus
  2. Hahaha... Yah, memang sepertinya, Indonesia sedang mencari titik keseimbangan baru antara kesehatan dan ekonomi, serta kondisi psikis masyarakat.

    Kalau tempat wisata tidak dibuka, ekonomi bakalan tambah hancur lebur, kondisi psikis masyarakat juga akan memburuk karena bagaimanapun berada dalam rumah terus menerus itu menyiksa batin.

    Cuma kalau dibuka, banyak anggota masyarakat yang lepas kontrol dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Penyebaran virus sulit ditahan karena mendapat inang terus.

    Sampai batas mana keseimbangan itu terjadi, masih harus ditunggu.

    Yang penting #staysafe mas

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih