Ketika Malam Pernikahan Loe Menjadi Horor Begini Jadinya (Film Ready Or Not)


 

Film Ready Or Not
Film Ready Or Not

 

Kebangun jam 12 malam entah karena terlalu capek berakrivitas atau karena tidur lebih awal. Sempat membaca buku 2-3 halaman, ngantuk  belum juga datang yang ada bosan melanda. 

 

Pilihan lainnya untuk mengundang kantuk adalah menyaksikan siaran TV, sayangnya berlaku serupa. Film yang tampil malah semakin menarik dan membuat  mata sepet semakin menjauh. 

 

Siap ga siap harus siap.

Awalnya sempat ragu, judulnya bikin penasaran ready or not, tapi nuansa gelap diawal sudah menduga-duga pasti seram kalau tidak berhubungan dengan hantu-hantu-an pasti berhubungan dengan mistis klenik dan sejenisnya. 

 

Males banget kan, bangun jam 12 malam nonton yang horor ga jelas. Etapi setelah menyaksikan keseluruhan cerita yang sempat enggan awalnya, baru ketahuan nih film "engga bermutu" tapi lumayan menghibur.

 

Semua berawal dari pernikahan Alex dan Grace, sebagai pengantin baru  seharusnya menikmati malam pertama. Yang ada Grace dipaksa mengikuti ritual keluarga Alex. Siapa juga yang menduga dari awal kalau keluarga bangsawan dari trah Le Bail memilik ritual aneh bin ajaib. 

 

Hanya mengambil sebuah kartu dan kartu itu yang akan memutuskan nasib Grace selanjutnya. Kartu sederhana kosong yang dimasukkan dan ketika keluar ada secarik kata didalamnya, nikmati saja. Hanya tertulis "petak umpet". 

 

Film Ready Or Not
Samara Weaving A.ka Grace  Dalam Film Ready Or Not (Sumber Akurat.co)

Siapa sangka ga sesederhana itu "bambang",  petak umpet-nya memiliki peraturan jangan sampai pengantin wanita (Grace) hidup sampai pagi hari. Pilihannya hanya dua, Grace yang tetap selamat atau keluarga ini yang akan musnah (semacam tradisi yang mereka percayai harus dijaga dan dilaksanakan secara turun temurun).

 

Sayangnya mereka salah memilih lawan/korban, Grace bukan sosok lemah. Sempat kaget, karena Grace pikir permainan petak umpet biasa, nyawa taruhannya setelah melihat ayah Alex membunuh saudari Alex alih-alih membunuh Grace. 

 

Semua pintu dan jendela terkunci, kamera cctv tidak aktif  musim perburuan dimulai dengan Grace sebagai hewannya.

 

Ibu, ayah dan saudara Alex memburu Grace. Sempat ditolong oleh Alex sendiri. Karena awalnya Alex tidak sepaham dengan ritual keluarga mereka dan bertemu dengan Grace membuat Alex berubah menjadi pribadi baik. Alex juga yang membuka pintu dan menyalakan kembali cctv memastikan Grace keluar dari rumah mereka. 

 

Grace sempat keluar rumah sayangnya nasib baik kadang berpihak keadanya kadang tidak. Banyak bagian yang menegangkan dan mencengangkan. Seperti ada disalah satu scene seorang anak menembak tangan Grace tanpa ragu hanya karena semua keluarga melakukan itu. Edan kan. Belum lagi korban salah tembak, salah sasaran yang dibuang begitu saja ke dalam sebuah lobang. Intinya engga banget nich film. Tapi penasaran juga gmana sich ending-nya.

 

Grace dengan susah payah mati-matian keluar dari rumah dan bertahan hidup hingga pagi hari menjelang agar perjanjian batal. Tertangkap juga. Ya iyalah namanya film. 

 

Hingga Grace siap untuk dikorbankan berbaring telentang diatas sebuah altar. Daniel kembali menolongnya (sebelumnya Daniel, saudara Alex, beberapa kali menyelamatkan Grace tanpa sepengetahuan keluarga lainnya) ia menaruh racun ringan dalam cawan minuman sehingga sebelum sempat membunuh Grace mereka muntah darah. 

 

Alex sendiri dikurung disebuah kamar (sembari mencoba melepaskan diri) karena niat awalnya menolong Grace.  



Kembali Grace selamat dari meja altar persembahan. Sayangnya Daniel harus membayar dengan nyawanya dibunuh oleh istrinya karena menyelamatkan Grace. Pfuufff.... sampe disini lumayan jelas arahnya sudah mendekati ujung akhir cerita.

 

Dalam salah satu percakapan antara Alex dan ibunya demi mengetahui Grace tertangkap. Alex bersumpah akan membunuh ibunya jika ia mengetahui Grace dikorbankan. Ibunya sadar bahwa bagaimanapun ia akan mati, entah karena tidak berhasil menangkap Grace atau mati karena berhasil menangkap Grace. 

 

Sayangnya Alex berubah ketika melihat Grace harus mempertahankan hidupnya membunuh ibunya sendiri. Alex meringkus Grace dan ia yang membawa Grace kembali ke altar persembahan. 

 

Kali ini Dewi Fortuna  berpihak kepada Grace atau karena memang belum ajalnya. Mantra diucapkan perjanjian kepada setan dilafalkan. Done jelas, mereka sekeluarga penganut sekte setan sesat ga jelas. 

 

Entah bagaimana juga, pisau yang Alex arahkan ke jantung Grace meleset dan pagi sudah hadir. Boommm..... selesai sudah.

 

 

Sekte Setan.

Terlepas dari ada atau tidaknya, saya sendiri dari zaman ketika putih abu-abu tertarik mengetahui keberadaan ini. Dengan gambar kepala kambing dan sejenisnya. Hampir serupa dengan sekte free mansion.

 

Alih-alih menghabiskan energi untuk mengetahui dan mengikuti itu semua. Yang ujung-ujungnya entah benar ada atau tidaknya, kehadiran sekte-sekte yang ga jelas selain semakin membuat takut jelas juga membuang waktu berharga untuk melakukan kegiatan positif lain.

 

Yah, meskipun saya ragu dengan keberadaannya, kehadiran film ready or not ini mengingatkan ke keadaan dulu. Sekte setan, iblis atau apalah memberikan ide industri perfilman mengemasnya menjadi sebuah komoditas hiburan.

 

Atau jangan-jangan film adalah sebuah pesan yang coba disampaikan bahwa keberadaan sekte seperti itu memang ada? 

 

 

Hmmmm...  

 

 


32 komentar

  1. Lumayan merinding dan terbawa alur penulisan kakak. Apalagi aku bacanya di kamar sendirian lampu dimatiin pula dari awl naik ke kasur huhuhu. Menegangkan tapitapi lega di akhir karena pisaunya meleset hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saya kemarin kak..ga sengaja kebangun..nonton ni film... edan... serem bikin penasaran

      Hapus
  2. Ikut alur ceritanya, lumayan menegangkan.

    Kebayang seremnya nonton ini pas bangun jam 12 malem, alih2 menjadi pengantar tidur yg ada malah gak bisa tidur 😂

    BalasHapus
  3. awal film ini rilis udah liat trailernya tapi ga jadi nonton, karena basicnya ga suka film genre thriller... syukurlah dapat spoiler disini kwkw

    BalasHapus
  4. Aduuuuuh ini film enggak bangetttttttt bang. Tapi buat yg suka horor kelas berat mah ya pasti demen nonton ini. Wkwkwk. Aku udah nonton waktu itu trailernya. Tapi begitu buka netflix, selalu ujung-ujungnya ogah. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...saya juga ga sengaja menyaksikan film ini kak

      Hapus
  5. Saya pernah liat iklan film ini di televisi, dan saya berpikir itu film horror jadi saya tidak jadi nonton karna saya tidak suka film horror

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga bukan pecinta film horor... ini aja ga sengaja nontonnya

      Hapus
  6. nonton trailernya berkali-kali tp masih ga nyalinonton film ini bang. wah akhirnya gitu ya...alexnya mati dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada waktu luang enaknya ngikutin sampa selesai kak ..seru loh

      Hapus
  7. Baca reviewnya aja sudah bikin deg-deg ser. Film trailer yang bikin kaget. Kalau nonton sendiri bakal ketakutan juga nih. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..kaget..deg2an ser gmana gitu ...seru tapinya

      Hapus
  8. Berapa jam durasi filmnya? Review-nya hampir manggambarkan perjalanan filmnya. Semoga hanya di film aja ya kisah itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir 2 jam kak...memang saya gambarkan keseluruhannya biar ha penasaran

      Hapus
  9. Nonton ini di bioskop. Yang ngakak dan nyebelin adalah endingnya. Kayak jadi komedi gimana gitu, padahal awalnya sadis ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..memang endingnya jadi kurang klimaksnya...ga seseram yang diawal awal

      Hapus
  10. sy suka film horror krna penasaran ujung ceritanya..nonton film ini menegangkan ya mbak aplgi nontonya tengah malam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..menegangkan kak bayu..apalagi sendirian tengah malam nontonnya... kaget2an

      Hapus
  11. Yaaaa...endingnya kurang cespleng Bang, harusnya Grace berhasil dibunuh terus arwahnya gentayangan dan membunuh semua keluargaAlex termasuk Alex juga. Ha-ha-ha...sekalian biar sadisnya dapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin nanti di extended version atau di new versionnya kali gitu ceritanya ...

      Hapus
  12. waktu itu pas tayang di bioskop, aku belum sempet nonton. ternyata reviewnya lumayan bagus ya, menegangkan dan seru untuk ditonton bersama teman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih seru sendirian..dapet seru dan menegangkannya

      Hapus
  13. Aq udah nonton filmnya, dan emang menegangkan banget. Kasian banget tokoh utamanya tidak bisa mwrasakan kebahagiaan penganten baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kasihan lagi..siap amat dapat keluarga pasangannya kayak gitu... hiiy...serem aneh bin ajaib kalau ada..

      Hapus
  14. Huahhhhhh langsung masuk list film buat ditonton minggu ini.. Baca nya aja udah ada kesan menenangkannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton sendirian kak.. biar dapat seseruannya

      Hapus
  15. endingnya penganti wanita yg menang dan filmnya memang psikopat bangett

    BalasHapus
  16. Tentang konspirasi sekte setan begini kadang bikin penasaran, tapi saya gak berani nonton. Apalagi kalo ada thrillernya doooh. Bisa gak tidur. Lebih suka baca aja sih biar aman dibanding nonton wkwkw. Btw, makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar sharing biar ga lupa kak.. dan memang kalau ada versi buku nya..saya lebih memilih membaca bukunya ketimbang menyaksikan filmnya

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih