Menikmati Mie Ayam Yunus Tebet Jakarta Selatan.



Mie Ayam Yunus
Mie Ayam Yunus Tebet Jakarta Selatan

Rutinintas kantor diakhir tahun dan awal tahun belum sepadat seperti biasanya. Masih bisa digunakan untuk mengeksplorasi sekitaran, setelah beberapa waktu lalu menikmati mie ayam Pak De Nox,  masih diseputaran Cikini sich. Coba sekitaran Tebet, infonya disana ada Mie Ayam Bakso Legend, Mie Ayam Yunus.

Tapi sebelum menjajal Mie Ayam Yunus, saya yang pecinta mie ayam jadi tertarik untuk mencari tahu apa sich manfaat dari mengkonsumsi mie ayam ini.

Dari dunia maya saya rangkumkan sebagai berikut, mie ayam merupakan salah satu jenis kuliner yang memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap terdiri dari mie, sayuran hijau, beberapa juga mencampur jamur dan juga ayam.   

3 Komponen utama dari Mie Ayam

Mie sebagai komposisi utama yang  biasanya berasal  gandung yang dijadikan tepung, kemudian mengalami beberapa tahap pemrosesan sehingga terbentuk tekstur mie basah yang siap dikonsumsi. Kadar air di dalam mie kuning basah  bisa mencapai hingga 52%. Hal inilah yang menjadikan mie  memiliki daya simpan yang relatif singkat, yaitu +/- 40 jam pada suhu kamar. Di Indonesia, mie ini sering disebut dengan mie kuning atau mie bakso, dimana didalamnya terkandung sejumlah besar kalori.
Ciri khas lain sajian mie ayam adalah dengan adanya jenis sayuran hijau seperti daun sawi dan selada yang digunakan sebagai pelengkap sajian. Kandungan nutrisi dalam sayuran ini tak perlu diragukan lagi. Di dalamnya terdapat  vitamin A dan manfaat vitamin C. Selain itu, juga terdapat kandungan nutrisi lain yaitu protein dan juga mineral penting.
Terakhir adalah ayam dan ayam yang di gunakan dalam sajian ini biasanya dipotong atau diiris-iris dalam bentuk dadu, lalu diolah dengan menggunakan berbagai macam jenis rempah-rempah seperti ketumbar, merica, daun salam, dan beberapa rempah lainnya. Nah yang perlu hati-hati dibagian ini sebab beberapa penjaja mie ayam nakal sering mengganti ayam dengan daging lain yang tidak layak untuk konsumsi.

Manfaat Mie Ayam

Mie ayam merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar. Dalam setiap mangkuknya, terdapat  setidaknya 421 kalori atau menyediakan sekitar 21.05% dari nilai asupan yang direkomendasikan. Sehingga sangat membantu dalam proses mendapatkan sumber energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Kandungan karbohidrat yang relatif tinggi dalam mie ayam dapat memuat perut terasa kenyang selama beberapa waktu
Komposisi lainnya dalam semangkuk mie ayam adalah sayuran hijau seperti sawi maupun selada yang didalamnya terkandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin c asam alfa-linoleat, omega 3 dan vitamin A serta kalsium.

Mie Ayam Yunus Tebet.

Tidak ada yang istimewa dengan warung atau tempat makan mie ayamnya, mengambil lokasi sebelah Pasar Tebet persis di salah satu lorongnya. Coba kalau kalian kunjungi tepat di jam  makan siang  dan hari kerja, full padat pastinya. Meskipun saat ini rumah makan ini sudah dimaksimalkan menjadi 2 lantai, tetap saja mengantri ketika jam makan siang di hari kerja.

Daftar Harga Mie Ayam Yunus Tebet
Price List Mie Ayam Yunus 


Beberapa teman mensiasati berkunjung ke sini selepas jam makan siang, setidaknya jam 2 atau jam 3 an, sudah sepi pengunjung pastinya.

Nah karena padatnya tadi jadi penasaran dong soal rasa yang disajikan. Sepengamatan saya karena ini adalah pengalaman perdana mengkonsumsi Mie Ayam Yunus berbekal pengalaman sebelumnya dari Mie Ayam Pak De Nox, atau Mie Ayamnya Bakso Teteh atau Mie Ayam lainnya.

Tidak ada yang begitu spesial soal rasa yang diberikan, bahkan kalau dibandingkan dengan Mie Ayam Bakso Teteh Cikini, Mie Ayam Yunus saya tempatkan berada dibawahnya.

Bukan berarti ga enak ya, terbilang enak mie ayam Yunus, hanya saja ketika melihat yang antri, ekspektasi saya bertambah 10% dan gagal mendapatkan ketika sudah mencicipinya.

Tapi  apakah saya akan berkunjung balik  jika ada kesempatan, ya mungkin saja tapi tidak di jam ramai pastinya. Rasa ingin tahu saya terpenuhi, sebab beberapa kawan dan teman menceritakan tentang mie ayam Yunus ini, bahkan media pun sempat meliputnya. Itulah kekuatan media dan mouth to mouth management ya, menumbuhkan rasa penasaran dan rasa ingin mencoba.

Meninggalkan jejak di Depan Mie Ayam Yunus 

Dan salah satu kuliner mie ayam Yunus yang legend itu berhasil saya cicipi langsung, iya langsung, bukan katanya saja atau ceritanya saja.

Terakhir yang perlu diingat dan diperhatikan, dalam hal apapun juga segala sesuatu yang terlalu sering dan banyak dikonsumsi tidak baik untuk kesehatan. Begitupun dengan mengkonsumsi mie ayam dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan. Beberapa ahli kesehatan sangat tidak merekomendasikan mengkonsumsi makanan mie ayam.

Sebab efek samping yang dapat ditimbulkan tidak dirasakan seketika, namun dampak tersebut bisa terasa dalam jangka waktu yang lama. Beberapa efek samping yang muncul diantaranya adalah kanker, gangguan pencernaan, maupun berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya.

Bahkan saya sendiri memiliki kisah seorang kerabat dekat yang setiap sore ia konsumsi mie ayam gerobak. Hingga suatu ketika, terjadi perlengketan usus, yang awalnya hanya diduga usus buntu hingga dalam beberapa hari saja beranjak parah dan merenggut usia mudanya.

So guys, konsumsi mie ayam tetap harus dijaga juga ya, sesekali bolehlah tapi jangan keseringan juga.

Salam Mie Ayam

Sumber Rujukan https://manfaat.co.id/manfaat-mie-ayam



54 komentar

  1. mie ayam tebet ya, wah ane pernah nyoba juga nich, mantap memang

    BalasHapus
  2. Wew daging ayamnya banyak, jadi ngilerr

    BalasHapus
  3. duh serem... baca ini jd batal pesan mi ayam. padahal ini makanan favorit saya dan suami. kami akhirnya dekat dan nikah gegara samanya makanan kesukaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali ga pa pa ka artha..kata kuncinya... JANGAN TERLALU SERING ...

      Hapus
  4. Wah, ngeri juga, ya kalau terlalu sering. Memang apa pun, bahkan yang baik sekalipun kalau berlebihan akan ada dampak buruknya. Tapi, tiap lihat kedai makan rame memang kesannya pasti enak dan bikin penasaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kan kak... kalau rame suka bikin penasaran ya.. tapi memang harus sewajarnya kak..ga boleh keseringan ... biasanya yg keseringan yg bikin masalah

      Hapus
  5. Duh salah baca artikel nich ketika perut lapar. Tambah lapar jadinyaaaaa..... Clingak-clinguk dari mie ayam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada abang gerovak mie ayam... mie goreng instan juga mengobati kok kak

      Hapus
  6. Saya dan suami juga pencinta mie aya. Mungkin ada seminggu sekali kami makan mie ayam. Kami senang mencoba mie ayam baru dan membandingkan mana yang enak untuk dimakan dan dikunjungi lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos..samaan kita kak..pecinta kuliner mie ayam

      Hapus
  7. Dari fotonya sudah kelihatan menggoda sekali, tapi sayang organ pencernaan sudah tidak bisa makan mie :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo..ok..kalau ga bisa jangan dipaksa kak.. nanti malah menimbulkan masalah dikemudian hari

      Hapus
  8. Dingin-dingin musim hujan gini, emang siiih sruput Mie Ayam cocok banget. Aku suka yamin dengan baso urat. Endez...Bang, apa bedanya mie putih dan mie kuning ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie putih dari beras..mie kuning dari tepung campur telur kk... dan dua2 nya saya suka...

      Hapus
  9. Menurutku mie yang enak adalah mie likimu selamanya...asoyy... Tapi mie ayam sepertinya mengikuti selera masing2. Tpi bagi saya, biasanya mie mie yang terlanjur viral, saya lebih sering kecewa kala mencobanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah...meskipun kecewa... tapi sudah ga penasaran lagi sama rasanya kan ... enak atau ga enak minimal sudah merasakan langsung kk... bukan katanya

      Hapus
  10. Waw, semangkok mie ayam mengandunng 421 kalori. Abis makan harus jalan kaki biar terbakar kalorinya. Abis makan di mie ayam yunus mungkin sebaiknya jalan kaki ke stasiun 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus sampai stasiun laper lagi kk.. nyari mie ayam lagi dech...

      Hapus
  11. Siang-siang gini baca artikel tentang mie ayam. Langsung lapar saya. Hahahah

    BalasHapus
  12. Mie ayam lagiiiiiii... Mie ayam for life! Akhir2 ini aku jadi hantu mie ayam. Sering hunting mie ayam enak di Batam menjak pindah ke sini. Kayaknya nnti ke Jakarta juga bakal cari mie ayam. Ahahaha

    BalasHapus
  13. Saya juga penggemar mie ayam. Entah sudah berapa warung mie ayam yang saya datangi. Potongan ayam dan kaldunya yang bikin saya ketagihan.

    BalasHapus
  14. sebagai penggemar mie ayam pastinya saya ingin mencicip mie ayam yunut tebet jakarta.. pasti rasanya enak di lidah uwuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia kak..rasanya biasa aja kok...tapi kok antrinya luar biasa

      Hapus
  15. Btw harganya mahal ya. Di daerahku 10rb mssih dapat mie ayam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jakarta mas.. apalagi.jakarta selatan...tebet mas.. wajarlah

      Hapus
  16. Saya lagi ngurangin mie juga nih mas, tapi melihat tuturan dan foto-foto mie diatas rasanya diet mie saya sedikit goyah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... pertahankan bang doel... jangan sampai goyah

      Hapus
  17. Wah emang penyajian mie ayamnya banyak airnya gitu ya, aku juga salah satu dari sekian banyak orang penggemar mie ayam. selain itu juga bakso menjadi kuliner favorit.

    BalasHapus
  18. Ya Allah... gambar pertama... membuat saya menelan ludah. Cleguk.

    Saya suka mi ayam, tapi memang makannya sekali-sekali. Kadang bikin sendiri di rumah. Rasanya lumayan. Setidaknya teman-teman ngopi suami suka juga.
    Tapi... mi ayam Pak Yunus di Tebet ini kelihatan lezatnya di atas rata-rata. Slurp!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya enak kak..tapi setelah di coba... kalah sama antriannya yg luar biasa

      Hapus
  19. Apapun bila berlebih emang nggak boleh..
    Cukup seporsi aja, dan ngajakin saya dan suami buat ditraktir Mie Ayam Yunus di Tebet sepertinya ide yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat ya kak... boleh kak...kapan2 kita ketemuan di Yunus Tebet ya...

      Hapus
  20. Karena memang segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.
    Aku punya tetangga mas dia addected gtu ke mie, hingga suatu hari ee' darah & sempat di rawat berhari hari di rs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tetangga ka ovi masub sehat sekarang kan kak... sodara ku ga seberuntung itu kak

      Hapus
  21. Mie ayaaaamm... Gambar yang pertama bikin ngiler..duh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa...emang enak kak.. mie ayamnya...cuma ga sebanding sama antriannya

      Hapus
  22. Lumayan mahal ya harga per porsinya.Dan rasanya, bukan nggak enak, cuma di bawah standar gitu ya, Bang.

    Ih bahaya juga ya kalau keseringan konsumsi mie ayam, dampaknya memang nggak langsung terasa, masih jangka panjang. Namun harus kita jaga dari sekarang. Kalau efek jangka pendeknya, tentu saja menguras isi dompet hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah .. gitu deh ka nanik... tapi rasa penasaran saya terobati..bisa mencicipi langsung... kalau sering2.. hmmm enga juga lah.. sepakat... menguras kantong

      Hapus
  23. Mie ayamnya keliatan nyuss.. Dan kalau saya di sana, akan menikmatinya panas-panas tanpa tambahan saos tomat.. enaaakkk banget pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabarin kalau ke Jakarta Mas Ari... biar sama2 kita menikmati Mie Yunus ya

      Hapus
  24. Brtul. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan memang tidak baik. Konsumsi seperlunya jika sudah cukup ya sudah jangan terlalu banyak. Karena saya pun sudah merasakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... bang amir udah merasakan dampak dari konsumsi berlebih ya

      Hapus
  25. Saya fans berat mie ayam, tapi gak suka pakai saus, pakai cabai karena menganggu cita rasa asli racikan pembuatnya. Disinilah saya pikir cita rasa itu ada dan menjadi pembuktian bahwa mie ayamnya enak. Meskipun pakai kecap, saya hanya memberikannya sedikit.
    Bagiku kecap, sambal cabai, dan saus dapat menghancurkan rasa yang dibuat peraciknya. Kecuali ya memang beberapa mie ayam perlu ditambah saus dan kecap agar menjadi enak :D

    Hidup mie ayammmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mie ayam original lovers ya si masnya sukanya...

      Hapus
  26. kbetulan aku sangat jarang buat ke daerah cikini maupun tebet mas, tapi kadang kalo lagi suka kulineran itu sengaja pas pulang dari karawang kan bisa lewat stasiun cikini (kalo naik KRL) dan bisa coba mie ayam Yunus ini ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan mampir ke yunus...kabarin..biar kopdaran kita kak

      Hapus
  27. aakkk mie ayam makanan ku paling favorit,,, hehehe tapi gatau ya mie ayam jakarta apa senikmat di jateng ya mas,, pengen rasain lgsg nih

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih