Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mudah Sakit Kala Pandemi Melanda.

Ilustrasi dari pixabay.com

Menjaga kesehatan ditengah pandemi seperti sekarang adalah tidak mudah. Pun  fisik sehat terkadang mental mudah sakit. Ini saya alami sendiri ketika mendengar ada tetangga batuk tidak berhenti, panik ikut melanda (padahal tetangga batuk karena bau masakan yang ia buat begitu menyengat) belum lagi ditingkahi segelintir orang yang membuat pernyataan pandemi C-19 adalah sebuah  konspirasi. 

Terlepas dari benar atau tidak benarnya C-19, yang pasti korban terus berjatuhan. Penularan semakin bertambah, atau kita harus menunggu salah satu kerabat kita terkena didepan mata lalu kita percaya benar adanya pandemi ini. 

Pemerintah pun pastinya pusing tujuh keliling, selain menghadapi jumlah korban yang semakin banyak. Tenaga medis yang kelelahan, roda perekonomian yang bergerak lambat (perusahaan  kolaps, karyawan dirumahkan dll).

Bahkan untuk keamanan diri saya dan keluarga ketika ada penghuni baru di rumah a.ka Asisten Rumah Tangga (ART) serta merta saya lakukan pemeriksaan tes cepat (rapid test) dan melakukan isolasi mandiri. Hal ini demi kenyamanan saya dan keluarga sekaligus memutus rantai penyebaran itu sendiri. Syukurlah hasilnya baik semua. 

Bantu  Pemerintah  Dengan  Menjaga  Kesehatan  Diri  Sendiri. 
Saya sendiri tidak bisa banyak dalam membantu pemerintah memecahkan masalah yang ada. Tapi setidaknya dengan menjaga kesehatan pribadi dan keluarga alhasil setidaknya tidak membuat  korban semakin banyak  (betul ga?).

Untuk tetap menjaga kesehatan tidak sulit sebenarnya. Dari halodoc saya jadi tahu, untuk tetap sehat dimasa pandemi ini setidaknya melakukan beberapa hal. 

Jaga Kebersihan Rumah (Gambar dari Pixabay.com)


Selalu menjaga kebersihan rumah, sederhana dinulai dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik. Segera cuci tangan apabila  keluar rumah atau berkontak erat dengan orang lain. Bersihkan dan desinfektan semua benda dan permukaan yang sering tersentuh, seperti gagang pintu, saklar lampu, remote, toilet, wastafel, sampai telepon genggam yang sering kita gunakan.. 

Jaga kesehatan dengan tetap berolahraga, kalau yang belum bisa dan belum berani ke gym tenang masih bisa kok olahraga disekitaran rumah.  Jalan-jalan dekat lingkungan rumah sembari berjemur atau sekedar berolahraga ringan seperti push-up, pull-up, squat dinding, dan sit-up. Pikiran jadi fresh badan pun menjadi  lebih segar. 

Jangan lupa konsumsi makanan sehat dan usahakan tidak terlambat. Dimasa sekarang ini hindari dulu makanan yang fastfood atau yang merangsang atau membuat badan tidak enak/nyaman (seperti pedas berlebihan, minyak berlebihan) usahakan juga tidak terlambat makan  agar  tidak mudah  sakit pencernaan. 

Halodoc sendiri merekomendasikan agar mengkonsumsi  berbagai sayuran dan buah-buahan, memilih roti, pasta, dan sereal yang terbuat dari biji-bijian dan nasi merah yang baik dan bagus untuk tubuh. Serta menghindari terlalu sering mengonsumsi daging olahan, daging merah, dan  makanan tinggi gula (sumpah ini ga gampang  pastinya).

Sebisa mungkin tahan godaan untuk memesan makanan di luar yang belum tentu terjaga kebersihannya.

Pemeriksaan Online Sederhana melalui aplikasi halodoc


Terakhir adalah menjaga kesehatan mental dan tetap terhidrasi. Jaga kesehatan mental dengan tiga hal diatas, bercerita kepada teman atau orang tua ketika menemui masalah dan (kalau bisa) melakukan meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran serta  mencegah stres. Melakukan hobi atau pekerjaan yang kamu sukai salah satu cara lain untuk melepaskan diri stress dan menjaga kesehatan mental. Lepas itu jaga cairan tubuh dengan rutin mengkonsumsi air mineral. Segelas air sebelum makan sangat baik untuk tubuh.

Saya pribadi  sudah mulai  terbiasa dengan menjaga kebersihan rumah, olahraga masih beberapa kali rutin mengelilingi taman sekitaran komplek kalau sedang sepi. Makan sehat dan tidur cukup masih terbilang OK.

Yang kurang adalah menjaga kesehatan mental, seperti ketika mendengar tetangga batuk atau ketika mendengar teman  sakit, praktis badan  serasa ikutan sakit. 

Sebisa mungkin (dan harus) untuk menjaga tetap sehat ditengah pandemi C-19. Kalau sakit sebisa mungkin ditangani terlebih dahulu. Konsumsi vitamin dan istirahat cukup serta makan yang bergizi dan konsul via online ke halodoc. 

Kalau tidak tertahan lagi buat janji temu dokter langganan yang sudah biasa kita berhubungan. 

Selintas RS. Pluit, Jakarta Utara.
Salah satu rumah sakit swasta besar  yang ada di daerah Jakarta Utara dan sudah bekerja sama dan ada di aplikasi  halodoc adalah rs pluit.  Rumah Sakit Pluit sendiri adalah rumah sakit umum swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dibawah naungan PT Sarana Duta Jasamedika. 

Layanan di rs.pluit dalam aplikasi halodoc


Memiliki Visi untuk mewujudkan rumah sakit yang bermutu dan menjadi pilihan masyarakat sekitar. Dengan Misi untuk memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

RS. Pluit memberikan pelayanan yang bermutu dan berorientasi pada keselamatan masyarakat, mengembangkan SDM yang profesional dan berkualitas. 

Lokasi persisnya ada di Jl. Pluit Selatan Raya, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Oh iya, sebelum berkunjung langsung ke rumah sakit pastikan dahulu menelpon di (021) 29228000 dan membuat janji temu terlebih dahulu agar kunjungan dapat dilakukan cepat dan efektif serta efesien. 

Layanan lainnya di rs pluit dalam aplikasi halodoc

Tapi tetap menjaga kesehatan dan tetap sehat adalah prioritas utama, kalau tidak ada pilihan lain harus ke rumah sakit, lakukan agar cepat, efektif dan efesien sehingga tidak berlama-lama ketika  melakukan interaksi.

Salam sehat.



34 komentar

  1. setuju, dan aplikasi halodoc memang sangat membantu ya

    BalasHapus
  2. Tips yang sangat membantu kak. Di masa pandemi ini memang harus punya perhatian ekstra yang sebelumnya tidak begitu kita perhatikan ya. Dulu makan tepat waktu dan minum suplemen itu jarang. Sekarang jadi prioritas biar imun tetap terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup... saat ini sehat dan menjaga untuk tetap sehat adalah sebuah keharusan ya

      Hapus
  3. Yes, menjaga kesehatan terutama dengan olahraga, makan sehat, serta istirahat cukup. Itu dasar dari kebahagiaan. Tinggal parno nya sama neng Covid yang masig buat khawatir sehingga kadang menurunkan imunitas. Bersin dikit langung mikir bahwa jangan-jangan itu Covid :(

    BalasHapus
  4. Karena dokter di Halodoc, cantengan dan penyakit kulit di tangan saya sembuh.

    BalasHapus
  5. aplikasi ini bantu banget kak, waktu lockdown ga bisa ke RS karena virus jadi mencoba aplikasi halodoc dan alhamdulillah sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat ya kita kak... halo doc sangat membantu ya

      Hapus
  6. Sakit saat pandemi itu ngeriiii. Bukan apa-apa. Kalo sempat dalam kondisi gawat darurat dan diharuskan ke rumah sakit, rata-rata penanganannya lama. Musti rapid test dulu lah, swab test dulu lah. Kasihan jika lansia dan kondisinya sudah genting misalnya. Kita gak tahu kejadian buruk apa yang bakal terjadi. So, stay healthy yaaa teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak mutia...sehat sehat ya kita semua

      Hapus
  7. wah, sama kita, Bang...denger orang batuk padahal jaraknya lumayan jauh dah keder aja saya, jangan-jangan..... Mental mesti dikuatkan ya memang
    DAn, kalau sakit sebisa mungkin ditangani terlebih dahulu. Konsumsi vitamin dan istirahat cukup serta makan yang bergizi dan konsul via online ke Halodoc yang memang mudah sekali. Praktis dan ekonomis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parno ya kak.. dan memang sebisa mungkin kalau masih bisa konsul online sebaiknya online...kecuali darurat harus ke rs (ya gimana lagi ya kak)

      Hapus
  8. Setuju sekali, Kak. Di masa2 yang belum aman ini kita emang harus benar2 bisa menjaga kesehatan. Ngeri banget klo harus periksa ke puskesmas. Agar ruwet. Apalagi RS ya. Moga kita semua sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kak...sehat...sehat...sehat kita semua ya

      Hapus
  9. makasih tipsnya bang Iyus.
    Sekadar tambahan sedikit, minum air putih disarankan dengan suhu hangat atau netral.
    Jangan minum air dingin terutama jika cuaca sedang panas di luar rumah.

    Betul sekali kalau mental harus dijaga, apalagi buat sebagian yang terisolasi di rumah atau yang mempunyai ketakutan terkana penyakit ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget kak air hangat baik utk tubuh..kalau diluar cuaca panas dan langsung minum dingin khawatir jadi radang tenggorokan dan jatuh sakit ya

      Hapus
  10. Semua orang jadi parno sejak pandemi ini nyebar ke Indo yaa. Aku pun sebisa mungkin ngga menampakkan ketakutan atau apa gitu kalo ada orang lagi bersin atau batuk ngga ditutupin. Meskipun dalam hati udah bersungut-sungut, waduhhh bahaya ini. Ah mudah-mudahan kita smeua selalu dalam lindungan Allah. aamiin

    BalasHapus
  11. Sudah dari dulu saya menggunakan HalloDoc mulai dari konsultasi hingga beli obat yg sesuai dengan resep dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep..ga kecewa ya koh dan lebih aman pastinya

      Hapus
  12. Memang kak sekarang sakit sedikit malah jadi parno , kena covid lah dan menjaga kebersihan lebih sering dilakukan ya . Kemarin aku sakit habis kunjungi saudara ulang tahun, sama selamatan idul Adha padahal pakai masker ehh tapi buka masker juga waktu makan-makan jadi parno .

    BalasHapus
  13. saya pakai halodoc tiap mau nyari tau soal gejala sakit, ada konsultasi dokternya juga lansung. tapi diatas semua itu, memang benar menjaga dan mengelola stress itu penting ya, jangan denger orang batuk langsung parno, hihihi

    salam sehat juga bang

    BalasHapus
  14. Bener banget. hal sederhana agar tak mudah sakit kala pandemi adalah jaga kebersihan rumah, makan makanan sehat dan vitamin. tapi saya jaranh olahraga, jadi kemaren ambruk karena kecapekan. semoga bisa lebih baik ya jaga kesehatan. ini lagi usaha biar sehat lagi. minum obat dan tetap di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sekarang ini saya olahraga sepedaan lagi kak... biar tetap sehat

      Hapus
  15. setuju menjaga kesehatan mental.penting sekali saat ini sebab kalo sedikit2 paranoid malah jadi sakit beneran fusiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kak..terkadang mental yg sakit membuat fisik pun jadi drop

      Hapus
  16. Setuju, Mas. Sekarang ini aku geram banget sama orang-orang yang berada di jalan tanpa masker. Segitu abainya mereka dengan kesehatan mereka. Semoga kita terhidar dari sikap yg demikian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal kita sudah mencontohkan yang baik kak..meskipun sama geram juga melihat yang lain ga pake masker...apalagi alasannya klise mulai dari sesak, sumpek... agau bahkan ada yg bilang.. "santai aja ... mati mah ditangan tuhan.." hiksss.

      Hapus
  17. Enaknya di halodoc bisa konsultasi, nanya2 seputar kesehatan. Artikel2 kesehatannya juga banyak dan up-to-date

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih