Waktu Yang Tepat Ganti Oli Untuk Motor Matic.



Motor Matic
Motor Matic


Motor sejatinya tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari maka perawatan menjadi salah satu kunci penting. Nah saya sendiri terkadang suka lupa dan lalai mengenai perawatan, jadi menuliskan catatan diblog adalah salah satu jalan mencatat agar tidak lupa. Hal ini sejalan dengan yang ditulis oleh Salah seoranga Blogger,  beliau mengingatkan pentingnya untuk tetap menulis. Jadi sebelum saya lupa adalah baik untuk berbagi dalam bentuk tulisan, sepakat kan kita (sepakatlah ya).

Kapan Sebaiknya Ganti Oli  Motor?
Kalau sebelumnya ketika masih masuk dalam masa garansi, ada waktu (dalam bentuk KM) yang diingatkan untuk kembali melakukan perawatan kendaraan. Biasanya 1000 KM di awal, 2000 hingga 3000 KM. Dan semua diawal biasanya masih gratis, maklum masih masa promo.

Namun setelah itu perawatan berkala biasanya yang pastinya akan dikenakan biaya, tapi bukan masalah biaya yang menjadi kendala. Terkadang kelupaan untuk melakukan perawatan.m
Dari Mobil (dot) co. id saya jadi terinfokam bahwa umum itu oli motor harus diganti di setiap kilometer 3.000 sampai 5.000. Iya kalau pemakaian rutin dan sering tidak menjadi masalah, kalau ibu rumah tangga atau yang kantornya dekat dengan rumah untuk mencapai angka 3000 KM membutuh wakru lama setidaknya 3-6 bulan. Dan biasanya ini selalu kelewatan
Jadi, ketika motor kita sudah mencapai interval ini,  wajib hukumnya untuk mengganti oli. Jika anda tidak mengganti olinya, memang mesin dan performa motor masih terasa normal. Namun, kualitas oli yang buruk akan membuat mesin bermasalah nantinya.
Sederhananya kalau ga mau ribet  dan kelupaan kapan waktu ganti oli, bisa diperhatikan dari  penggunaan kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor matik sebulan sekali.
Akhirnya saya pribadi memutuskan untuk melakukan penggantian oli minimal 1 bulan sekali setiap tanggal 1-5 (saya tandai kalender) atau maksimal (jika sering tidak digunakan 2 bulan sekali.
Hal diatas berlaku untuk oli mesin, lalu untuk motor matic kan ada juga oli maticnya. Lalu bagaimana ini?
Oli Mesin dan Oli Gardan
Oli Mesin dan Oli Gardan 


Ganti Oli Gardan Untuk Motor Matic.
Yang tidak kalah pentingnya bagi motor selain mengganti oli mesin adalah mengganti oli gardan. Oli gardan ini memiliki fungsi untuk melumasi bagian transmisi di box gardan.
Kalau tidak mau ribet disarankan setiap dua kali ganti oli mesin lakukan 1 kali penggantian oli matik. Kalau mau pakai perhitungan khusus, disarankan ganti oli matic setiap 8000 KM.

Nah untuk oli gardan ini jangan sampai lalai, karena kalau tidak akan ada kendala yang ditemui. Seperti bunyi yang tidak nyaman hingga kendaraan juga tidak nyaman untuk digunakan.
Penutup.
Menulis hal seperti ini membuat saya sendiri sadar (dan sudah pasti harus sadar) akan perawatan berkala. Karena mengharapkan montir / bengkel sendiri untuk mengingat waktu perawatan sepertinya mustahil.
Seperti kemarin ke bengkel, harga oli gardan saja montir bisa salah menyebutkan hingga penggantian waktunya. Montir meminta oli gardan diganti bersamaan dengan oli mesin. Ya tidak ada masalah sich tapi akhirnya akan menjadi pemborosan yang sia-sia.
Yang pasti buat saya pribadi,  sebulan sekali harus dilakukan penggantian oli dan 2 kali ganti oli lakukan penggantian oli gardan di bulan ke 3 lakukan service rutin (seperti service mesin berkala).
Harapannya demi menghindari biaya perawatan yang melonjak di kemudian hari, karena sudah dirawat dengan benar sedari awal.
Salam Satu Aspal.

32 komentar

  1. Aku pernah ngalamin banget ini bang Iyus..
    Kelupaan ganti karena motor cuma dipake Anter jemput anak doank..
    Hasilnya mesti di boring. Duuh beneran jadi mahal kan benerinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak..saya juga pernah mengalami hal serupa .. makanya biar ga kelupaan ya udah sebulan sekali aja ganti olilah

      Hapus
  2. Dulu sewaktu punya motor bebek saat kuliah, aku kira soal ganti oli itu semua jenis motor sama semua.
    Nah, pas adikku kerja dan punya motor matic baru tau kalau ada oli khusus nya juga.
    Dan ngomongin oli,biasanya rutin aku ganti sebulan sekali di awal atau di akhir bulan.
    Karena kan, motor juga mesti dirawat supaya gak cepat rusak juga kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul kak..sekarang saya juga buat serupa biar ga kelupaan

      Hapus
  3. ganti oli rutin perbulan itu jika pemakaian motor untuk harian ya bang, jadi kilometernya sudah menunjukkan batas penggantian oli. kalo motornya jarang pakai khan gak mesti setiap bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rutin iya mas bagus...tapi kalau ga rutin tandain aja setiap 2000-3000 KM jangan sampai kelewatan

      Hapus
  4. wah sy bisanya pakai kendaraan aja klo udah ada masalah baru deh ganti oli..ternyata dpt berakibat buruk ya bang mksh sdh diingatkann

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga saya seperti itu kok kak . . Supaya ga ada akibat dikemudian hari saya lakukan perawatan rutin dech

      Hapus
  5. wah bener ya berarti motor matic emang lebih boros olli ga sih? aku ngerasain bgt ada dua motor yang berbeda di rumah

    BalasHapus
  6. Wah jadi ingat saya kalau sudah waktunya ganti oli. Yaampun, bener banget ini kadang hal penting kayak gini bisa lupa juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena keasikan make terus motornya mas hadi dan masih enak tarikannya. . Jadi ga berasa ada yg kurang

      Hapus
  7. Saya tuh sering banget ingetin suami ganti olie motor honda supranya..motor lawas tapi masih awet. Apalagi motor utk bekerja dan mencari nafkah. Harus mendapat.perawatan ekstra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak..harus diingatkan..kalau sudah rusak kan jadi repot ya

      Hapus
  8. Iya nih kalau suami kayaknya masuk pengeluaran rutin ganti oli. Saya sih nggak bisa naik motor tahunya nebeng aja. Jadi iya saja kalau awal bulan di tengah perjalanan tiba-tiba mampir ke bengkel buat ganti oli, padahal ternyata emang penting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget kak... ibaratnya oli itu darahnya motor

      Hapus
  9. saya gak tau nih, suami ganti oli tiap kapan aja haha. tapi keknya lebih dari sebulan deh. tapi emang baiknya setiap bulan, ya. suami motor matic juga soalnya hehe. makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak steff... tapi kalau pemakaian ga rutin..ga pa pa juga lebih dari 1 bulan..tapi lihat KM nya ya

      Hapus
  10. Sering banget motorku ini kelupaan diganti olinya. Lah ya soalnya bergantung sama suami. Jadi, kadang baru bisa seluangnya waktu suami. Jadi, motorku sedikit dinomor-duakan hehe. Kalo ke bengkel sendiri, masih rada takut. Karena ga begitu paham tempat bengkel yang oke sama yang ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pemakaian ga rutin ga pa pa juga sich kak . . Asal ga lebih dari 2000 - 3000 KM aja kak

      Hapus
  11. saya ganti oli motor rutin sebulan sekali kk meski jarang keluar, apa itu bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget buat motornya kak...sehat pastinya..

      Hapus
  12. Wahh bener kalau punya kendaraan, harus tau kapan harus ganti oli ya. Biar awet motornya ga rusak, memang harus dimaintaince ya

    BalasHapus
  13. Dulu aku gak paham kalau motor perlu di service tiap bulannya seperti ganti oli. Sampai mesin motor kehausan dan rusak hihi.. sekarang setiap bulan pasti ganti oli secara rutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..dirutinkan aja setiap bulannya biar terawat

      Hapus
  14. Seperti halnya manusia yang membutuhkan perawatan, kendaraan juga harus dirawat ya, salah satunya dengan rutin mengganti oli. Jangan sampai nyesel kalo nggak rutin, kayak motor saya, karena belum faham awalnya, jadi rusak dan butuh biaya besar buat servis.

    BalasHapus
  15. Wah, jadi inget, motorku udah harus ganti oli. Dari sebulan lalu lupa mulu mau ke bengkel. Baca artikel ini langsung inget. Makasih, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan samlai lupa kak . . Kalau lupa bisa berbahaya

      Hapus
  16. Baru tahu kak, oli motor harus diganti di setiap kilometer 3.000 sampai 5.000. Biasanya kalau rasanya sudah agak nyendat baru serive dan sibuk ganti oli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mulai sekarang jangan nunggu ampe nyendat ya kak..rutin ganti di km 3000 an aja ya

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih