SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Ayo Segera Dapatkan Vaksinasi Booster Covid 19

Vaksin Booster Covid 19


Fixed sepertinya menulis akan menjadi sebuah kebiasaan rutinitas ke depan. Dan menulis blog akan menjadi sebuah me time yang menyenangkan. Karena tidak dapat dipungkiri juga, ketika menulis menjadi sebuah rutinitas, maka menulis blog yang tadinya ogah-ogahan, untuk sekarang menjadi sebuah kegiatan yang saya lakukan untuk keluar dari rutinitas dan melakukan yang menyenangkan, menulis blog salah satunya.

Dan penting juga saat sekarang-sekarang ini untuk tetap sehat dan waras, selain dengan berolahraga dan melakukan hal-hal yang kita sukai (hobi). Karena demikian semangat tetap sehat dapat terjaga.

Namun jangan lupakan juga untuk tetap mendapatkan vaksinasi covid 19, baik itu yang pertama dan yang kedua. Kalau sudah, ayo dapatkan juga vaksinasi booster.

 

Tubuh Memerlukan Vaksinasi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa vaksin membantu untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang berbahaya. Namun perlu diketahui dengan sudah mendapatkan vaksin sekalipun, seseorang masih rentan untuk dapat tertular penyakti.

Hal ini dapat terjadi karena virus dapat bermutasi seiring waktu sehingga membuat vaksin yang diterima kurang efektif. Guna meningkatkan sistem imunitas tubuh, vaksin booster diperlukan.

Tubuh kita memerlukan vaksin booster agar memperkuat kembali sistem imun yang diakibatkan mutasi virus. Bahkan sebelum vaksinasi booster covid 19 beberapa contoh vaksin booster yang telah ada untuk vaksin difteri dan tetanus, diberikan setiap 10 tahun sekali. Artinya pemberian vaksin booster bukanlah hal baru dan bukan untuk menangani covid 19 saja.

 

Manfaat Bagi Tubuh Mendapatkan Vaksinasi Booster Covid 19

Saya sendiri yang telah mendapatkan vaksin pertama dan kedua, awalnya masih bertanya, apakah memang perlu untuk mendapatkan vaksin booster dan apa alasannya? Selain memang harus mengikuti anjuran dan arahan dari pemerintah pusat, pasti ada alasan lain, mengapa seseorang harus mendapatkan vaksin booster.

Dari media Merdeka. Com akhirnya terjawab, manfaat dari vaksin booster yang diberikan yaitu

1. Vaksin berguna untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus.

2. Vaksin akan mampu mengurangi keparahan penyakit jika terinfeksi virus.

3. Dan vaksin akan mengurangi risiko fatalitas atau kematian akibat terjangkit virus.

Setidaknya para ahli mengatakan demikian dan membuat persepsi saya yang mendapatkan vaksin menjadi lebih tenang dan percaya diri, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat, menggunakan masker, rutin mencuci tangan dan hindari kerumunan.

Hal penting yang perlu diingat adalah pemberian booster yang berkelanjutan akan memberikan proteksi. Bukan hanya untuk si penerima booster tapi juga untuk keluarganya, komunitas. Itulah mengapa booster  menjadi amat sangat penting. Sebisa mungkin harus mendapatkan vaksinasi booster

 

Vaksin Booster Covid 19
Vaksin Booster Covid 19


Akhirnya Kebagian Juga Vaksinasi Booster

Setelah sebelumnya mendapatkan notifikasi di aplikasi peduli lindungi undangan untuk mendapatkan vaksin booster. Tinggal berkoordinasi dengan puskesmas sekitaran untuk mendapatkan jadwal suntik.

Memang saat ini prioritas ada pada lansia, mereka lebih mendapat prioritas karena usia yang membuat menjadi rentan.

Namun tetap pantau dan berkomunikasi dengan pihak tenaga kesehatan, agar tetap mendapat prioritas ketika ada kesempatan untuk mendapatkan vaksin, maka segera ambil.

Karena begitu yang kami lakukan, posisi standby menunggu kabar dari penyedia kesehatan kalau ada kesempatan untuk mendapatkan vaksin.

Dan ketika kesempatan tiba, tidak disia-siakan langsung segera mengambilnya. Memang harus menunggu lebih lama dan lebih siang, tapi tidak mengapa asalkan mendapat giliran untuk vaksinasi booster.

Setelah memeriksakan kesehatan terlebih dahulu, untuk tekanan darah dan suhu, setelah lolos maka dilanjutkan dengan menyuntikkan vaksin.

Untuk vaksin pertama dan kedua, saya sendiri mendapat vaksin sinovac. Jadi untuk vaksin booster yang saat ini tersedia adalah Pfizer, memang tidak bisa memilih hanya mendapat apa yang tersedia. Penting untuk mengiformasikan kepada tenaga kesehatan agar disesuikan dengan vaksin booster yang disuntikkan.

Tidak butuh lama, selesai menyuntikkan dan masuk dalam masa pemantauan, selesai dan boleh diijinkan untuk pulang atau beraktivitas seperti biasa.


Dampak Setelah Vaksin Booster

Sebenarnya untuk saya pribadi, tidak merasakan gejala yang sangat berarti. Bahkan tubuh masih dapat diajak bekerja. Setelah vaksin saya masih melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Berbeda dengan vaksin pertama dan kedua, untuk saya, timbul perasaan lapar yang agak luar biasa plus mengantuk hebat dan memaksa untuk harus beristirahat.

Tetapi beberapa teman masih merasakana hal yang sama seperti lapar dan mengantuk.

Namun memang untuk bekas suntik kali ini agak terasa sedikit lebih pegal ketimbang yang sebelumnya.

 

Jadi teman-teman yang sudah memiliki notifikasi undangan di aplikasi peduli lindungi segera menghubungi faskes terdekat untuk mendapatkan vaksin booster sesegera mungkin.

Ketika sudah mendapatkannya (ini yang selalu saya tekankan, untuk diri saya pribadi) tetap dengan protokol kesehatan, menggunakan masker, rutin mencuci tangan dan menghindari keramaian sebisa mungkin.

Segala ikhtiar dan usaha telah dilakukan bersama-sama, kiranya Tuhan memberkati dan menjauhkan kita semua dari sakit penyakit dan mampu melewati pandemi dalam keadaan baik.

Salam Sehat.

 

Referensi Tambahan:

Ketahui Manfaat Vaksin Booster untuk Tubuh (halodoc.com)

Memahami Vaksin Booster dan Manfaatnya Bagi Tubuh | merdeka.com

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar