SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Komunitas Asik di Blogwalking Asik

 

hobi


Apa hobi yang kalian tekuni? Kalau saya ada beberapa hobi yang saya lakukan untuk keluar dari rutinitas. Iya, secara kak Wiki mencatat bahwa hoby itu sendiri adalah sebuah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada saat waktu luang untuk menenangkan pikiran.  Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga menjelaskan bahwa hobi adalah sebuah kata benda yang dapat diartikan sebagai kegemaran, kesenangan istimewa pada senggang bukan sebagai pekerjaan utama. Semenetara orang yang memiliki hobi atau kegemaran biasa disebut pehobi.

Seperti masa pandemi seperti sekarang, bersepeda dan joging ringan menjadi hobi lainnya yang pada akhirnya harus saya lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Namun ada hobi yang saya sudah dilakukan semenjak beberapa tahun belakangan ini, iyess menulis. Hobi menulis ini jugalah yang pada akhirnya membuat saya pribadi mau untuk terus bergerak aktif di dunia maya. Meskipun belum seperti teman-teman penulis lain yang sudah menghasilkan sesuatu dari menulis, saya sendiri baru sebatas menulis untuk sebuah kegiatan rekreasi dan keluar dari rutinintas sembari berkomunitas.


Blogwalking Asik

Disinilah saya berkomunitas, sekumpulan orang-orang yang gemar menulis dan menyalurkan hobi tersebut dalam blog pribadi. Secara tidak sengaja bertemu melalui media twitter lalu berlanjut ke dalam sebuah group WA.

Dengan berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan berasal dari bermacam-macam daerah. Semuanya menjadi satu bagian keluarga besar BW Asik. Motivasi awal untuk bergabung ke dalam komunitas BW ini adalah agar setiap orang yang berada didalamnya saling dapat berkunjung ke blog sesama dan meninggalkan jejak komentar disana.

Tetapi lambat laun karena dunia perbloggeran itu sendiri progresif dan terus berkembang, BW asik yang sekedar hanya sebuah komunitas silahturahmi menjadi komunitas berbagi ilmu dan keahlian dalam bidang menulis dan perbloggeran namun berlanjut ke informasi lomba-lomba menulis, hingga ke job-job yang terkait dengan keduanya,

Apalagi karena teman-teman yang berada didalamnya terdiri dari berbagai macam pendidikan dan keahlian, ditambah dengan keinginan untuk mau berbagi ilmu dan kemampuan agar terus berkembang dan maju bersama. Ya disinilah salah satu komunitas itu

Sebut saja Om Dosen Fadly dan Pak Guru Supadilah yang sudah sering mendapatkan penghargaan dari kegiatan menulis yang mereka tekuni. Bahkan Om Fadly pun pernah memberikan sharing session mengenai memuat gambar yang menarik untuk keperluan blog.

Atau Foundernya Kak Rini Noe dengan Admin Ka Hani yang rajin untuk mengingatkan waktu-waktu tertentu untuk mengisi list blogwalking dan mendata siapa-siapa saja yang belum menyelesaikan tugas blogwalking-nya.

Ada juga Om Ari Getas, yang tetap aktif menulis disela-sela kesibukannya. Hampir sebagian besar anggota yang tergabaung dalam komunitas BW memiliki keseharian rutin tidak hanya menulis saja. Lain lagi  dengan Koh Hendra yang hadir dengan candaan-candaan yang kadang-kadang jelas, kadang-kadang tidak, semakin menambah warna asik dalam komunitas  ini.

Keseruan tidak hanya tentang dunia blogging dan menulis saja, lambat laun dengan saling mengenal lebih dekat dan terjadi interaksi yang akrab, bahkan perbincangan pun melebar. Mulai dari candaan pasangan hidup, menggoda teman-teman yang baru bergabung dan saling berkirim gambar/stiker-stiker lucu.

Karena interaksi anggota BW terbilang aktif, seharian saja tidak membuka group BW, setidaknya 200-300 muncul notifikasi percakapan yang belum dibaca. Bahkan pernah 2 hari tidak membuka WA, group BW sudah mendekati 1000 percakapan. Group BW ini terbilang aktif dan lebih progesif ketimbang group lain.


Manfaat Bergabung Dalam Sebuah Komunitas

Dari situs Tokopedia, ada lima hal manfaat ketika bergabung dalam sebuah komunitas. Seperti saya yang tergabung dalam komunitas Blogwalking Asik ini.

1.           Menambah Semangat, memang tidak dapat dipungkiri, dengan adanya kesamaan minat berbagi pengalaman akan membuat lebih bersamangat karena tidak merasa sendirian

2.   Memperkaya Cara Pandang, dengan tergabung dalam sebuah komunitas akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan perspektif yang berbeda dari anggota lainnya yang pada akhirnya akan berujung kepada cara pandang kita yang semakin kaya. Ya iyalah, karena minimnya interaksi sosial akan membuat kita melihat dari saatu perspektif saja sehingga akan kesulitan dalam mengembangkan diri dan mendapatkan ide-ide segar.

3.         Menemukan Mentor, karena berbagai macam latar pendidikan melalui komunitas kita akan dapat menemukan mentor-mentor atau ahli-ahli yang dapat mengasah skil menjadi lebih baik lagi.

4.        Mendapatkan keuntungan Finansial, dengan terjadinya interaksi sesama anggota, ketika ada yang mengetahui atau membutuhkan pekerjaan tertentu ataupun produk yang kita miliki maka sesama anggota akan saling mensupport dengan merekomendasikan atau menggunakan jasa/keahlian yang kita miliki.

Dalam melakukan hobi agar tetap waras dengan keluar sejenak dari rutinitas adalah penting. Bergabung dalam sebuah komunitas adalah sebuah hal penting lainnya, selain menjaga semangat agar tidak padam, mendapatkan prespektif baru, menemukan mentor dan syukur-syukur dapat menghasilkan uang.

Jadi pesan moral untuk diri saya sendiri adalah tetap semangat dan konsisten untuk menulis, tergabung dalam komunitas yang positif dan membangun.

Karena tidak dapat dipungkiri, jalannya rejeki yang Tuhan berikan bukan hanya melalui pekerjaan yang kita tekuni saja, bisa juga dari hobi yang kita geluti selama ini. Ye kan,

Salam komunitas.

 

 

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar