SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

8 KM Yang Melelahkan (2 Kali Keliling TMII)

TMII_Jakarta_TImur


Mensana in Corporesanao, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maka untuk mendapatkan tubuh sehat, olahfisik sangat diperlukan. Ya masa iya mau tubuh sehat terus rebahan saja, kan ga mungkin juga.

Terlebih dalam masa pandemi, tetap sehat sebisa mungkin adalah sebuah keharusan. Maka asupan nutrisi yang terjaga, istirahat cukup, menghindari diri dari stress dan berolahraga/gerak badan adalah wajib hukumnya. Ya kalau tidak konsekuensinya kebugaran hingga daya tahan tubuh akan menurun.

Memang memaksakan diri untuk menggerakkan badan pada awalnyaakan terasa sulit, tetapi harus dipaksa, kalau tidak bisa bergerak jauh, yah sekitaran saja. Kalau merasa bosan selipkan sembari berkegiatan wisata tipis-tipis bersama keluarga.

Sementara saya sendiri semenjak pandemi ada dua jenis olahraga yang kembali saya tekuni, pertama bersepeda, bahkan sempat aktif beberapa kali Bike To Work (BTW) namun karena jalanan Jakarta belum ramah untuk pesepeda, meskipun saya sudah disiplin bersepeda namun bersenggolan dengan mobil tidak dapat dihindarkan, alhasil harus beristirahat sejenak. Olah fisik lainnya adalah berlari, ini awal-awal berat banget. Namun saya sendiri memutar otak dan mensiasatinya dengan mengikuti kegiatan lari virtual yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan. Lumayan dapat tiga minggu rutin aktif berkegiatan lari.

Secara diperlukan 21 hari untuk membangun sebuah kebiasaan  dan 90 hari untuk menjadi gaya hidup.


TMII_Jakarta_TImur


Keliling Taman Mini Indonesia Indah

Pilihan wisata murah meriah adalah TMII udah tidak bisa diragukan, dengan harga tiket masuk per orang 20 ribu sudah dapat menikmati keindahan Indonesia mini yang disajikan. Saya pribadi dan keluarga tahun ini saja sudah beberapa kali ke TMII, tetapi bukan hanya sekedar berwisata tetapi berolahraga.

Lumayan loh, segarnya udara dan karena masih pagi jumlah pengunjung juga tidak banyak. Yang datang awal hari ke TMII biasanya kebanyakan memang untuk berolahraga. TMII sendiri memiliki luas wilayah sekitar 150 hektare atau 1,5 KM2 . Cocoklah untuk berkeliling sejenak, mengeluarkan keringat dan lepas sejenak dari rutinitas.

Lari salah satu olahraga yang menurut saya pribadi tidak ribet, paling hanya sediakan out fit (baju dan celana) yang nyaman plus sepatu. Sudah maka kegiatan berlalri sudah dapat dilakukan.

Sementara saya berkeliling memutari Taman Mini Indonesia Indah, pasangan dan istri dapat juga menikmati pemandangan dan keindahan yang disediakan.


TMII_Jakarta_TImur


Minimal anak akan senang bermain-main disekitaran danau dengan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, melihat-lihat kereta gantung atau sekedar berjemur (menikmati matahari) sembari berlarian di Tugu Api Pancasila, ituloh tugu yang bentuknya seperti Tugu Monas tepat berada setelah pintu masuk utama.

Tidak perlu membuang waktu terlalu lama, saya mengeliling TMII, bayangan di kepala, paling tidak dalam 1 kali putaran dari Tugu Api kembali ke Tugu Api, sudah mencapai 10 KM. ah, dugaan saya salah, memang penting untuk menggunakan alat bantu agar lebih terukur.

Terbukti, aplikasi strava dan smartwatch hanya mencatat 1 kali putaran hanya 4 KM, aduh ini kok sudah lumayan menguras tenaga. Ini apakah aplikasi mengalami kendala atau apa, saya coba ukur kembali ketika pulang menggunakan kendaraan dan memang benar untuk satu kali mengelilingi TMII adalah 4 KM.

Sudahlah, hari juga sudah terbilang lumayan siang, sudah menunjukkan pukul 10.00 wib, sebelum penggunjung semakin ramai  dan target 8 KM tercapai, langsung balik kanan a.k pulang, impas.


TMII_Jakarta_TImur


Iya impas, tiket masuk 3 orang dan 1 kendaraan @Rp. 20.000,- total Rp. 80.000,- artinya saya membayar Rp. 10.000/KM karena berhasil menempuh 8 KM (heheheh, bapak-bapak kikir ya). Jadi untungnya berolahraga di TMII sudah berhasil mencapai target dan sekaligus menikmati keindahan Indonesia Mini (ini bonusnya).

Badan sehat, pikiran juga segar dan keluarga juga dapat berwisata tipis-tipis, namun harus tetap dengan protokol kesehatan, gunakan masker (WAJIB) dan jauhi kerumunan, seperti yang kami lakukan datang lebih awal dan pulang ketika waktu masih terbilang pagi.

Salam sehat dan tetap semangat sehat ya.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar