SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

5 Hal Positif Menjadi Seorang Blogger

5 Hal Positif Menjadi Seorang Blogger


Blogger itu apa sih? Sebuah mahluk jenis apa, ya? Hmmm, Sederhananya seperti ini, blogger adalah sebuah sarana (platform) yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menyimpan foto, ribuan postingan dan semuanya tersedia gratis (kecuali biaya kuota untuk mengaksesnya). Blogger adalah tempat atau sarana untuk menuangkan segala bentuk ide kreatif dan menyampaikan pesan dalam bentuk konten melalui postingan-postingan.

Beberapa orang menggunakan blogger sebagai mata pencaharian a.ka. pekerjaan sehari-hari mereka, karena melalui konten-konten menarik yang dihadirkan dalam sebuah blog, seorang blogger professional akan mendapatkan bayaran. Belum lagi dari tayangan iklan yang tersemat dalam sebuah blog.

Bahkan Ketika seseorang memutuskan menjadi seorang traveling blogger profesional, ia akan mendapatkan kesempatan traveling ke sebuah destinasi wisata sekaligus menerima bayaran dan akomodasi yang pantas (biasanya sich mewah). Lain lagi untuk blogger-blogger techno,  dibayar ketika menjajal produk/gadget terbaru sekaligus memberikan review serta memberikan edukasi tentang sebuah gadget.  


Traveling Blogger
Bareng Salah Satu Traveling Blogger  Hebat 


Namun beberapa lainnya, menggunakan blogspot (sebutan lain untuk blogger.com) sebagai sarana untuk menjaga kenangan-kenangan yang terjadi dalam hidup. Iya, hal ini dapat dilakukan karena blogger.com menyediakan ruang penyimpanan dengan kapasitas luas dan gratis.  Tidak hanya menjaga kenangan, menuliskan pengalaman, berbagi postingan melalui media blogger.com bermanfaat juga untuk orang-orang tertentu melakukan terapi penyembuhan sakit yang diderita.

Menarik bukan menjadi seorang blogger, beberapa yang awalnya hanya sekedar iseng mencoba lalu beranjak serius dan terjebak serta mampu bertahan hidup menjadi seorang blogger.

5 Hal Positif Menjadi Seorang Blogger.

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang blogger apapun alasan diawal setidaknya dengan menjadi seorang blogger, akan mendapatkan lima hal positif yaitu :

  1. Mendapatkan Dan Meningkatkan Kemampuan Menulis. Dee Lestari dalam sebuah sesi pelatihan menulis berujar “ Menulis membantu berfikir logis,” “Menulis harus efektif dan efesien,” Menulis harus sistematis dan menulis haruslah imajinatif”. Karena menulis adalah kemampuan dasar yang dibutuhkan seorang blogger. Mau tidak mau seorang blogger harus memiliki kemampuan menulis. Kemampuan menulis ini akan terus berkembang sejalan dengan rutin-nya seorang blogger memposting konten dalam blog masing-masing.   Agar seorang blogger mencintai pekerjaan menulis itu sendiri dan menjadikannya mudah, maka mulailah menulis dari hal-hal keseharian dan yang diketahui. Mulai menulis dari hobi atau sesuatu yang sedang terjadi, bahkan ketika sedang jatuh cinta atau putus cinta sekalipun dapat menjadi sebuah bahan tulisan menarik.
  2. Meningkatkan Kebiasaan Membaca, bagaimana hendak mendapatkan kemampuan menulis yang mupuni kalau tidak membangun kebiasaan membaca yang baik.  Motivator ternama Om Andrie Wongso berujar “ Membaca dapat membuat si miskin menjadi kaya dan dengan membaca dapat membuat si kaya menjadi anggun dan mulia”. Kegiatan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan. Dengan wawasan dan pengetahuan inilah yang nantinya akan menjadi sumber tulisan menarik dan akan mendatangkan pengunjung bagi blog yang dikelola.
  3. Mendapatkan Pertemanan Dan Koneksi Yang Luas, tidak dapat dipungkiri, ketika menjadi seorang blogger, membuat konten dan berbagi postingan akan membawa pada interaksi-interaksi sosial lainnya. Interaksi sosial ini akan membawa blogger  kepada komunitas-komunitas blogger yang memiliki ketertarikan dan minat sama. Atau membuat blogger juga berinteraksi dengan pembacanya. Dengan menjadi blogger, pertemanan dan relasi koneksi akan bertambah luas.
  4. Meng-update Perkembangan Teknologi, mau tidak mau blogger harus selalu mau untuk mengupdate perkembangan teknologi. Karena mengasah keingitahuan adalah nafas seorang blogger selain berbagi konten. Seperti selalu ingin tahu akan perkembangan teknologi terbaru, kalau tidak untuk keperluan nge-blog itu sendiri, keingintahuan tentang update perkembangan teknologi harus terus diasah, minimal agar tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang ada.
  5. Mengasah Kemampuan Marketing, tanpa disadari ketika menjadi blogger dengan kemampuan menulis yang dimiliki akan mengajak pengunjung blog berinteraksi melalui tulisan yang disajikan. Ketika interaksi sudah terjadi (minimal dengan mengunjungi blog) maka produk yang ditawarkan melalui artikel/postingan akan lebih mudah masuk ke dalam benak pembaca. Memang tidak mudah untuk pembaca membeli atau menyukai produk yang ada dalam sebuah postingan dalam sekali baca, minimal pembaca ter-edukasi tentang produk yang ditawarkan dan menjadikan bahan pertimbangan ketika akan memutuskan memiliki atau tidak. Ini masuk dalam teknik soft selling di marketing.

 

Penutup.

Memulai menjadi seorang blogger apapun alasan awalnya tidak pernah salah, bahkan dengan menjadi seorang blogger akan membawa kepada cerita-cerita menarik dan pengalaman-pengalaman tidak terduga berikutnya.

Ada yang berhasil hidup dari blogger, ada juga yang mendapatkan pekerjaan lain dari blogger, belum lagi  yang mendapatkan pasangan hidup dari nge-blog atau yang menjadi sembuh dan sehat dari aktivitas ngeblog.

Nge-blog itu ibarat pintu masuk yang akan menuntun kita kepada pintu-pintu lainnya.

Selamat Nge-blog.

 

 

Sumber referensi :

Blogger.com - Buat blog yang unik dan menarik. Mudah dan gratis.

Tips dan Motivasi Menulis Dari Dee Lestari - Kornelius Ginting

MEMBACA !!!!! ????? !!!!! - Kornelius Ginting

Sosok Dani Rahmat (Ketika 2 Bloger pekerja Kopi Darat) - Kornelius Ginting

Inilah 7 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger - Qwords

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar