SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

5 Hal Baik Tentang Susu

 5 Hal Baik Tentang Susu



Bicara tentang Susu. Kapan terakhir kalian minum susu? Saya sampai dengan hari ini masih rutin mengkonsumsi beberapa susu. Selain karena rasa susu yang enak dan mengandung banyak manfaat. Bahkan dulu orangtua sering menyarankan untuk minum susu sebelum tidur selain agar mendapatkan manfaat susu secara maksimal juga membuat tidur lebih enak dan nyenyak. Iya, nyenyak. Didalam susu terdapat asam amino dan tryptophan yang memvuat tidur lebih nyenyak, ditambah kandungan hormon melatonin yang berperan mengatur pola tidur. Jadi susu baik banget untuk pada penderita susa tidur atau insomnia.  

Selain bagus untuk membuat tidur lebih nyenyak, susu juga baik untuk mengurangi resiko terkena penyakit degeneratif dan mematikan seperti stroke dan jantung.

Konsumsi susu tiga gelas sehari menurut peneliti Wageningen dan Harvard University mampu menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular yang menyebabkan masalah jantung sebesar 18%. Penelitian yang dilakukan membuktikan adanya korelasi penurunan resiko terserang penyakit dengan mengkonsumsi susu secara rutin.

Bahkan media online kompas melansir manfaat lain susu, yup,  susu sangat membantu untuk memulihkan tubuh paska sakit. Protein, kalsium dan fosofor yang terkandung dalam susu sangat berguna untuk membentuk jaringan baru dan membantu proses pemuliham.

Selain itu Vitamin A dan Vitamin D dalam susu membantu membuat kulit halus dan sehat. Plus kandungan mineral seperti zat besi, kalsium dan tembaga dalam susu mampu meningkatkan kesehatan kesehatan dan kekuatan sel-sel kulit. Asam laktat berperan melembapkan kulit dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Sementara protein dan zat besi memperlambat proses penuaan.

Masih enggan untuk mengkonsumsi susu?

5 Hal Baik Tentang Susu.

[                 Baik untuk menguatkan Tulang, melalui kandungan fosfor dan kalsium serta kalium berguna banget untuk kesehatan tulang selain membantu menggantikan dan memperbaiki sel yang rusak. Dengan susu, selamat tinggal osteoporosis.

[                 Baik untuk atasi stres, tidak dapat dipungkiri, setelah seharian bekerja, dan mobilitas aktivitas yang tinggi dapat menimbulkan stres yang berujung pada kesulitan untuk dapat beristirahat. Menikamti segelas susu coklat sebelum tidur mampu menurunkan stres yang kita alami.

[                 Baik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, setelah stres berkurang maka berikutnya adalah kualitas tidur yang baik, nyenyak. Seperti yang sudah disebutkan diatas, trytophan dan asam amino dalam susu efektif untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak

[                 Energi baik pada saat bangun tidur, stress hilang dan tidur yang berkualitas pada akhirnya akan mendapatkan energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Tidur yang baik dan disarankan oleh para pakar kesehatan adalah  6-9 jam. Selama 6-9 jam tidur tidur tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi, namun segelas susu sebelum tidur mampu memberikan asupan nutrisi cukup dan memberikan energi ketika bangun tidur.

[                 Baik untuk pencernaan, ketika mengkonsumsi segelas susu maka akan membuat usus tetap aktif pada malam hari dan efeknya di pagi hari akan lancar buang air besar (BAB).

Jadi biasakan minum susu mulai sekarang dan dapatkan manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh. Karena tubuh sehat adalah sebuah aset mahal akhir-akhir ini.

Namun perhatikan juga ketika mengkonsumsi susu, jangan pernah sekali-kali konsumsi susu bersamaan dengan obat. Mengapa? Karena susu mengurangi absorbsi antibiotik atau obat dalam tubuh. Sederhananya penyerapan obat antibiotik dalam tubuh menjadi tidak maksimal ketika konsumsi susu. Bahkan kalsium dalam susu mengganggu efektivitas obat tiroid.

Perhatian juga bagi yang mengalami intolerasi laktosa, dalam hal ini pemilihan susu perlu diperhatikan. Susu yang mengandung laktosa dapat menyebabkan diare namun hal ini dapat disiasati dengan memilih susu yang tidak mengandung laktosa, susu kedelai misalnya.

Terakhir, pastikan konsumsi susu harian berada dalam jumlah yang sesuai dan tepat agar tidak menimbulkan masalah baru akibat konsumsi susu berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak tidak baik untuk tubuh.

Salam Sehat, susunya jangan lupa ya.

 

 

Referensi Tambahan

Minum Susu Sebelum Tidur: 5 Manfaat untuk Anda! (anlene.com)

6 Fakta tentang Susu (kompas.com)

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar