SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Quality Time Bersama Keluarga Di Kebun Raya Cibinong

Kebun Raya Cibinong

Waktunya keluar sejenak dari rutinitas, jangan lupa tetap untuk bergerak agar tetap sehat terlebih pandemi belum selesai kawan.

Dan pilihan kali ini adalah olahraga (olga) sekaligus menikmati segarnya udara di Kebun Raya Cibinong. Iya Kebun Raya Cibinong, baru tahu juga ada kebun raya di sekitaran Cibinong.

Setelah sebelumnya berencana olga disekitaran BupertaCibubur kembali, namun mendengar masukan dari Kakak, yang beberapa hari lalu salah seorang teman berkunjung ke Kebun Raya Cibinong dan mengatakan tempatnya recommended banget, karena masih sepi dan sedikit pengunjung. Lah kan pas banget ini. Kembali olganya dapat,  lalu wisata untuk keluarga pun tetap dapat terpenuhi.

Baru tahu juga sich sebenarnya kalau Kebun Raya Cibinong merupakan salah satu dari enam kebun botani yang dikelola oleh LIPI dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Bogor. Lima kebun lainnya yaitu Kebun Ray Bogor (KRB) dan Cibodas di Jawa Barat, Bedugul (Bali), Purwodadi (Jawa Timur) dan Kebun Botani Puspitek Serpong yang menyatu dengan kawasan Pusat Penelitiann Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Serpong, Banten.

 

Kebun Raya Cibinong
Kebun Raya Cibinong 


Kebun Raya Cibinong.

Ini juga yang akhirnya membuat rasa penasaran saya terusik, untuk mengetahui lebih dalam tentang Kebun Raya Cibinong. Yang membedakan Kebun Raya Cibinong dengan Kebun Raya Bogor adalah  penataan tanaman, jika di Bogor di tata berdasarkan Familia maka Kebun Raya Cibinong pengelompokkan dilakukan berdasarkan region pulau-pulau besar di Indonesia.

Rupanya Kebun Raya Cibinong sudah beroperasi semenjak 20 Desember  tahun 2019 lalu. Berawal dari lahan yang dipenuhi ilalang perlahan namun pasti bertransformasi menjadi sebuah kawasan konservasi dan wisata edukasi.

Dengan luas area 32 hektare Kebun Raya Cibinong memilliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati bersama keluarga, mulai dari Danau Dora, Danau Walini dan Danau Dori yang berada di tengah Kebun Raya Cibinong. Hulu danau dengan luas 2 ha ini memanjang ke bagian utara dengan variasi 10-50 meter. Dihiasi dengan rumput-rumput hijau yang berada di darata bersaing indah dengan tumbuhan teratai di tengah danau, ya bagian ini lumayan untuk menjernihkan mata sejenak.


Kebun Raya Cibinong
Kebun Raya Cibinong 


Nama unik Danau Dora yang disematkan berasal dari tokoh Dora dalam film kartun anak-anak Dora The Explorer, ya tidak terlepas juga karena ada lintasan pejalan kaki yang dibangun ditengah danau dengan bentuk melengkung dan terbuat dari kayu mengingatkan kepada petualan film Dora itu sendiri, sementara nama Danau Dori, diberikan karena bentuknya yang mirip dengan Danau Dora.

Masih ada juga spot Taman bemain anak Mayakasa dan gedung konservasi serta gedung pertemuan, dua yang terakhir ini kemarin belum menemukannya langsung.

Fyi, Kebun Raya Cibinong berada di Jalan H. Moh. Ashari No 36, Cibinong Jawa Barat, cari di gmaps mudah untuk ditemukan dan jalan masuk lebar untuk 2 kendaraan masih nyaman.  Kebun Raya Cibinong beroperasi mulia pukul 07.00-17.00 WIB, kalau pagi hari pengalaman hari ini pas banget untuk jogging sejenak (luamayn dapat 5 KM).

Untuk tiket masuk Kebun Raya Cibinong, orang dewasa di kenakan HTM Rp 25.000/orang (hari minggu ya) infonya kalau hari biasa Rp. 15.000,-.

 

Kebun Raya Cibinong
Kebun Raya Cibinong 


Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Kebun Raya Cibinong.

Kami memang sedari awal tujuannya adalah olahraga dan wisata tipis-tipis namun tetap dengan protokol kesehatan pastinya.

Tiba di lokasi, sekitaran pukul 08.00 WIB,  berikut 3 aktivitas yang kami lakukan di Kebun Raya Cibinong

1.       Menemani si kecil sejenak bermain di Taman Mayakasa

2.     Jogging keliling Kebun Raya Cibinong

3.     Melihat Dan Memberi Makan Ikan di Danau

Sementara beberapa keluarga lainnya, asik menikmati kesegaran alam dan tanaman di Kebun Raya Cibinong dengan menggelar tikar dan bercengkerama bersama keluarga.

Beberapa pegowes juga terlihat menikmati suasana di sekitaran Kebun Raya Cibinong.

Sepengamatan kami, mungkin karena belum banyak yang tahu adanya Kebun Raya Cibinong ini sehingga masih sangat nyaman untuk dinikmati bersama keluarga.


Kebun Raya Cibinong
Kebun Raya Cibinong 


Bayangkan saja, dengan luas wilayah 32 hektare dan hanya diisi  tidak lebih dari 20 keluarga masih terbilang longgar dan sangat-sangat nyaman.

Memang sih masih ada beberapa kekurangan, seperti minimnya marka jalan dan masih terkesan belum terawat. Yah, namanya juga masih dalam masa-masa pengembangan, semoga kedepannya Kebun Raya Cibinong dapat lebih baik lagi.

Jadi dapat dipastikan Kebun Raya Cibinong menjadi alternatif pilihan menarik untuk menghabiskan waktu berakhir pekan bersama keluarga tanpa harus repot-report bermacet ria ke puncak atau Bogor.

Salam Olahraga dan Wisata Tipis-Tipis.

 

Kebun Raya Cibinong
Kebun Raya Cibinong 


Referensi :

Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata dengan Daya Tarik Danau Dora | TIMES Indonesia

Indonesia.go.id - Ada Kebun Raya di Cibinong

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar