SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Catatan Kecil Vaksinasi C-19 - 2021

Vaksinasi-Covid-19
Vaksinasi-Covid-19


Uhuy... minggu ini padat banget kegiatan. Sebut saja beberapa, persiapan kantor untuk mendapatkan predikat WBBM, bersamaan dengan Bintek On Line Pengarsipan. 

Belum selesai disana, masih harus bantuin sesama rekan ngisi form elhkpn-nya dari KPK secara admin juga. Lanjut isi SPT.

Tara, ditengah itu semua, ada notifikasi singkat masuk ke ponsel menyatakan jadwal vaksin Covid 19 (C-19). Tanpa perlu berfikir lama dan berpanjang lebar kesempatan yang ada langsung diambil.

Beberapa teman bahkan sudah lebih dahulu mendapatkan vaksin C-19 ini dan rela-rela antri berlama-lama demi mendapatkannya. Mungkin inilah saatnya giliran saya.

Sebelum membahas teknis vaksin itu sendiri, saya hendak merefresh otak sebentar dengan mencari tahu apa sih manfaat vaksin bagi tubuh. Yup... sekedar merefresh saja.

 

Manfaat vaksin Bagi Tubuh.

Vaksinasi atau yang biasa saya kenal itu imunisasi adalah sebuah  prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Namun sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Karena infeksi virus C-19 memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Vaksin  yang sudah tiba di Indonesia berisi virus Corona (SARS-CoV-2) yang sudah dimatikan. Dengan mendapatkan vaksin C-19, harapanya agar kita m bisa memiliki kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu.

Selain tubuh sudah mengenal virus dan membangun kekebalan ditubuh dan mampu melawan penyakit, manfaat dari vaksinasi lainnya adalah : 

  • Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, Sederhananya seseorang yang sudah divaksin tertular C-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan bisa jauh menurun.
  • Mendorong terbentuknya herd immunity, Orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil (namun bisa saja tetap terjadi ya). Pemberian vaksin secara massal, mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (her immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainaj sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya. Namun menurut penelitian minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin. .
  • Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial, manfaat vaksin C-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Bila masyarakat sudah semuanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit C-19, maka kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

Sampai disini paham kan manfaat vaksin itu sendiri. Makanya sedari kecil sebisa mungkin kita sudah divaksin. Bahkan beberapa sekolah mensyaratkan lengkapnya imunisasi sebagai syarat bisa sekolah.

Namun tidak bisa dipungkiri juga informasi yang beredar bahwa vaksin ini belum 100 persen lulus uji, demi keadaan darurat ini mau tidak mau apa yang ada tidak bisa ditolak untuk sementara waktu.

 

Vaksinasi-Covid-19
Vaksinasi-Covid-19


Persiapan Vaksinasi C-19.

Tidak ada hal khusus yang perlu dipersiapkan sebenarnya. Tetap jalani kehidupan sehat seperti biasanya. Mulai dari makan bergizi dan cukup istirahat serta jauhi sumber stress. Sudah, itu saja. Selama sehat dan tidak ada kendala klinis boleh lanjut untuk menerima vaksin.

  • Sebelum datang pastikan sudah memiliki jadwal kunjungan untuk mendapatkan vaksin ya. Kecuali untuk yang bisa datang langsung tanpa undangan hanya dengan KTP saja seperti di senayan beberapa waktu lalu.
  • Siapkan mental dan tenangkan diri, setidaknya datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. 
  • Ikuti arahan dan jawab dengan jujur semua pertanyaan tenaga medisnya. Biasanya tensi tidak boleh tinggi dan suhu tubuh harus dalam keadaan normal.
  • Masuk pada saat penyuntikan vaksin, jangan lupa berdoa dan tetap tenang. Rileks agar semakin memudahkan dokter dalam proses penyuntikkan. Selesai. Belum.
  • Dokter biasanya akan menjelaskan keadaan setelah selesai disuntik. 

Seperti yang saya alami langsung, keadaan setelah selesai suntik pertama adalah, rasa lapar, rasa ngantuk yang lumayan mendera dan pegal di lengan bekas suntik. 

Namun selama observasi 30 menit selesai suntik tidak menunjukkan ada gejala lain, saya diperbolehkan pulang. Sembari dijadwalkan 14 hari kemudian agar melaksanakan vaksin tahap ke dua.

 

Vaksinasi-Covid-19
Vaksinasi-Covid-19


***

Setelah paham manfaat vaksin dan mudahnya vaksinasi sudah seharusnya kita menurunkan tingkat kekhawatiran kita dan mengikuti program vaksinasi.

Kalau bukan dari kesadaran diri kita lalu siapa lagi, kalau bukan sekarang lalu kapan lagi.

Sembari terus berharap dan berdoa semoga pandemi ini segera selesai.

Amin.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

19 komentar

  1. Hai Bang Onel.... semoga sehat teeus yah apalagi dg vaksin tersebut. ada baiknya bawa sangu makan yah karena habis divaksin terasa lapar.... ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah..bener banget..kemarin habis vaksin berasa lapernya... ditambah ngantuk... tapi laper itu yang membuat tersiksa...hehehe...


      Tapi itu lebih baik lah..ketimbang ada demam atau bengkak sehabis vaksin ya kak...


      Sehat...sehat ya kita semua

      Hapus
  2. Wah finnaly sudah selesai vaksin ya, pasti lega banget ya... Semoga sekeluarga sehat sehat terus ya Dan terhindar dari virus covid

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin kak.. ini ikhtiar kami untuk sehat sekaligus mengikuti anjuran pemerintah.. sehat sehat ya kita semuanya

      Hapus
  3. Saya pun sudah vaksin nih Bang. Untungnya ga ada dampak setelah vaksin jadi bisa lanjut kerja lagi. Semoga semua penduduk di Indonesia bisa segera mendapatkan vaksin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kak Maria juga sudah vaksin ya... semoga semuanya merata bisa mendapatkan vaksin dan bangsa kita dapat melewati pandemi ini dengan baik

      Hapus
  4. Semoga pandemi ini segera berakhir ya bang, terimakasih banyak atas informasinya. Semoga kita selalu sehat.

    BalasHapus
  5. Pengen banget bisa vaksin sekarang. Tapi kondisi enggak memungkinkan karena tiap periksa darah rendah terus. mana lagi nyusuin anak, katanya tunggu nanti saja. Jadi bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. sabar aja dulu dan ikuti petunjuk dokter agar hasilnya tetap maksimal ya

      Hapus
  6. Selamat ya Bang udah dapat jadwal vaksinasi. Ditempat kami skrng blum bisa vaksin berhubung bnyak tenkes terpapar. Hmmm...sangat berharap pandemi ini segera berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera bisa divaksin ya kak.... dan amin..amin.. semoga pandemi ini lekas selesai dan berlalu

      Hapus
  7. Vaksin itu punya daya melindungi tubuh dari Covid-19 hingga 65% ya Bang Iyus, jd efektif banget buat melindungi diri kita dan berharap kondisi Herd Immunity akan segera tercipta ya... sehat selalu abang sekeluarga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat sehat kita semuanya kak Nur.. melewati pandemi dengan baik baik semua.. amin.. amin

      Hapus
  8. Wah sudah di vaksin ya Bang, semoga selalu sehat semuanya dan pandemi ini segera berakhir aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak endah.. sudah vaksin kemarin.. amin.. amin.. semoga pandemi selesai dan kita semua dapat melewati dengan baik

      Hapus
  9. Alhamdulillah aku juga sdh divaksin yg tahap 1 nunggu yg tahap 2. Semoga kita sehat2 semua dan pandemi segera berlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab kak.. tahap dua nya semoga ga ada hambatan ya kak... sehat sehat kita semuanya

      Hapus
  10. Semoga pandemi segera berlalu ya agar semua normal kembali seperti dulu lagi. Bisa jalan keluar menikmati indahnya dunia. :)

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih