SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

6 Aplikasi Yang Membantu Keseharian Dalam Beraktivitas

6 Aplikasi Yang Membantu Keseharian Dalam Beraktivitas

Saat sekarang penting untuk dapat terhubung, meskipun pandemi memberikan peringatan untuk tetap berjarak. Beruntungnya perkembangan teknologi infomasi sedang menuju puncaknya. Sehingga keterbatasan jarak dapat diatasi dengan sambungan online.

Tidak berhenti sebatas berkomunkasi, bahkan bekerja, berdagang, berolahraga sekalipun sudah terhubung dengan perangkat yang kita miliki. Terimakasih untuk Om Biil Gates yang sudah bersusah payah sedari awal menciptakan dan mengembangkan terus dunia komputerisasi. Terimakasih juga untuk Om Larry Page dan Sergey Brin yang oleh karena mereka berdua Google hadir, google hadir membawa angin segar dan menjadi tempat bertanya atau tempat mencari tahu jika menemui kesulitan, ga percaya, coba saja ketik masalahmu di kolom pencarian google. Belum lagi untuk mencari alamat sang mantan, aktifkan lokasimu pasang Gmaps dan sekarang kamu sudah bisa mencari tahu keberadaanya. Hmm.. seru bukan.

Kehadiran dan kecanggihan teknologi informasi sangat membantu, bahkan hampir dalam semua bidang kehidupan sudah ada dalam genggaman. Sebut beberapa, absensi kegiatan perkantoran sudah melalui aplikasi smartphone, menawarkan produk-produk perkantoran bahkan menyebarkan brosur pun  sudah dapat dilakukan melalui  genggaman dan secara daring, kegiatanperbankan mulai dari pembukaan account, bertransaksi hingga ke penutupan pun sudah dapat dilakukan melalui klik sana klik sini. Bahkan pekerja seni sekalipun dapat membuat karya juga masih melalui genggaman.

Betapa teknologi sudah sangat membantu dalam keseharian hidup kita saat ini. Dapat dikatakan setidaknya satu orang dewasa  memiliki satu smartphone dalam genggaman dan biasanya juga didukung dengan perangkat keras lain, minimal satu unit perangkat komputer pendukung yang semuanya mendukung hampir 70-80 persen kegiatan sehari-hari, selebihnya kegiatan fisik yang tidak dapat dilakukan piranti harus kita lakukan sendiri.

Bahkan Kementrian Komunikasi dan informatika melalui situs Media Indonesia melansir bahwa pengguna smartphoen mencapai 167 juta orang sekitar 89% dari total penduduk Indonesia.


6 Aplikasi Yang Membantu Keseharian Dalam Beraktivitas


Samsung Dan Aplikasi Yang Membantu Keseharian.

Sebenarnya saya sendiri tidak memiliki acuan khusus dalam memilih sebuah perangkat smartphone. Nama samsung sendiri pun terlintas demikian saja, mungkin karena banyaknya pengguna samsung dan iklan produk mereka yang membanjiri hampir semua lini informasi. Ya sudah, hampir satu dekade menjadi pengguna setia samsung.

Awal-awal menggunakan Samsung belum paham benar untuk dapat menggunakan semaksimal mungkin perangkat yang ada. Ya iyalah, dengan RAM mupuni hanya digunakan untuk berinteraksi media sosial saja kok lama-lama terasa sayang juga. Dan saya harus memaksimalkan penggunaan gadget untuk kegiatan sehari-hari seperti dibawah ini :

1.       Aplikasi Komunikasi


Memiliki smartphone pastinya sedari awal adalah untuk berkomunikasi, terlebih disaat pandemi komunikasi online adalah pilihan wajib. Maka keberadaan aplikasi WhatsApp (WA) sudah menjadi sebuah keharusan, belum lagi ada Telegram atau Line.  Ketiga aplikasi ini wajib ada untuk membantu kelancaran komunikasi personal dengan jumlah peserta terbatas.

 

Sementara aplikasi lainnya yang juga wajib ada, yaitu aplikasi Zoom, aplikasi Gmeet dan Webex. Sehingga jika instansi mengadakan pertemuan atau rapat secara virtual dalam jumlah peserta banyak, saya pribadi sudah siap.  

 

2.       Aplikasi Media Sosial Dan Pendukungnya


Lepas dari aplikasi komunikasi, maka beranjak ke dunia media sosial. Dari pengguna Facebook, IG dan Twitter personal, akhirnya bertambah memasukkan FB, IG dan Twiiter kantor/instansi.

 

Masih terasa belum mampu untuk memaksimalkan smartphone yang ada dalam genggaman, kok iya, hanya sebatas kegiatan berbagi dalam media sosial dan kepentingan komunikasi saja. Putar otak, dapat melakukan apalagi dengan kecanggihan yang sudah tersedia. 

Kali ini agar media sosial lebih berwarna, melakukan instalasi dan menggunakan aplikasi Canva dalam smartphone sangat membantu, baik membuat gambar kolase ataupun video sederhana. Dengan adanya Canva di smartphone semakin memudahkan jika membutuhkan update medsos dengan cepat dan praktis tentunya. Sementara jika masih tersedia waktu, kembali dapat melakukan editing seperlunya melalui note book. Selain Canva, aplikasi pendukung lain juga harus ada, seperti Pexels.com dan Pixabay yang menyediakan berbagai macam gambar dan vektor menarik.

Semua perpindahan file, sudah tidak dilakukan melalui kabel data tapi melalui aplikasi. Sangat membantu.

3.        Aplikasi Kesehatan dan Olahraga

Kegiatan kantor sudah selesai, masih terasa belum maksimal. Dan dalam suasana pandemi yang memaksa untuk melakukan aktivitas terbatas dan menjauhi kerumunan. Iyess, pilihan berikutnya adalah menggunakan aplikasi olahrga dan mengikuti kegiatan virtual. Sayangnya untuk aplikasi olahraga tersedia sangat banyak, ini juga yang sempat bingung diawal. Kalau mengunduh semua instalasi olahraga, sepertinya akan memenuhi memori smartphone. Pilih beberapa, Strava menjadi pilihan utama. Lainya ada jomrun, virtual race, zepp dan born to sweat. Seru, dengan aplikasi olahraga kegiatan akan terukur sejauh mana aktivitas fisik sudah tercapai. Berapa jumlah kalori terbakar, bahkan mengingatkan untuk terus beraktivitas/bergerak.  

Lalu untuk kesehatan, tinggal pilih sendiri ada beberapa seperti alo doc dan sehatQ. Untuk dua yang terakhir saya menggunakan hanya sebatas mencari informasi, jangan sampai sakit, sehat terus melewati masa pandemi. 

4.       Aplikasi Liburan Bersama Keluarga

Memang penting menjaga jarak dan menjauhi kerumunan saat pandemi. Tapi tidak dapat dipungkiri keluarga membutuhkan liburan sejenak untuk keluar dari rutinitas, dan saya mensiasati dengan memilih melakukan liburan tidak diakhir pekan agar tidak bertabrakan dengan yang lain. Nah aplikasi seperti Tiket.com dan Traveloka terpasang juga dalam smartphone. Sehingga dapat mencari tahu informasi seputar wisata tipis-tipis sekitaran dan syarat apa saja yang harus dipenuhi.  Sembari memilih mana yang memberikan promo dan harga menarik. Berangkat. 

5.       Aplikasi Personal Keuangan dan Perbankan.

Dengernya keren ya, aplikasi keuangan dan perbankan. Padahal masih masuk dalam aplikasi ringan dan sederhana, Untuk mencatat semua transaksi keuangan saya menggunakan catatan keuangan, aplikasi ini merekam semua kegiatan keuangan baik harian, mingguan dan bulanan. Sehingga pada akhir bulanan atau tahunan saya menegtahui seluruh jumlah pengeluaran dan pemasukan yang terjadi.

Sementara untuk perbankan, tidak dipungkiri semua bank sekarang sudah menggunakan aplikasi, bank BCA, BNI, BRI atau Mandiri, mau tidak mau harus terinstal di smartphone agar lebih mudah memantau dan menggunakannya. 

6.       Aplikasi Transportasi

Ini yang ga kalah pentingnya dan harus ada dalam genggaman. Terkadang saya tidak langsung menggunakan atau jarang-jarang. Tetapi terkadang orang sekitar membutuhkannya, seperti orang tua, pasangan atau bahkan teman.

Untuk trasnportasi, sejauh ini ada dua yang awet berada dalam smartphone yaitu Gojek dan Grab, setelah sebelumnya ada Uber, namun sudah tidak beroperasi.

 

Banyak bukan aplikasi yang tertanam dalam smartphone dan membantu kegiatan sehari-hari. Masih ada beberapa lainnya, ikut hadir membantu namun tidak dituliskan. Sebut saja aplikasi email, aplikasi to do list ataupun penyimpanan secara cloud (awan).


carisinyal-com
 

Puas Menggunakan Samsung

Jenis smartphone yang saya gunakan untuk melakukan aktivitas keseharian adalah J7 Prime dengan kapasitas RAM 4 GB dan Internal terbatas 32 GB. Sudah lebih 4 tahun Samsung Galaksi J7 Prime membantu semua kegiatan daring.

Memang sekarang dengan banyaknya aplikasi yang terinstal membuat kinerja turun (lemot), sangat terasa ketika membutuhkan cepat, sementara loading berjalan lambat. Baru sadar juga, ternyata setelah berhitung ada 70 lebih apikasi tertanam.

Sepertinya sudah waktunya untuk berganti ke perangkat smartphone yang lebih besar, minimal dengan RAM 8 dan internal 256 GB. Agar semakin semangat bekerja dan mendapatkan hasil maksimal.

Pilihan tempat terpercaya untuk mencari perangkat elektronik yang berkualitas salah satunya adalah Cari Sinyal. One Stop Information tentang perangkat elektronik mulai dari smartphone, PC, Notebook, Aplikasi dan aksesoris. Semuanya terupdate mengikuti perkembangan yang terjadi.

Sebelum memutuskan untuk membeli, coba mencari dan mendapatkan informasi dari Cari Sinyal sangat membantu untuk mendapatkan insight dan referensi terbaik.

Ini cerita tentang gadgetku, kalian cemana?

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar