Aplikasi Dan Informasi Bermanfaat Dari SehatQ.com

Cegah_Virus_Corona
Cegah_Virus_Corona


Saat ini menjadi sehat adalah sebuah keharusan. Sedapat mungkin melakukan segala upaya untuk tetap menjaga kesehatan  tetap prima. Salah satu yang saat ini dianjurkan oleh pemerintah adalah menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga jarak ketika beraktivitas, menggunakan masker, sesering mungkin melakukan cuci tangan dan sebisa mungkin menghindari aktivitas di keramaian dan tempat umum. Tidak lupa hal penting lainnya adalah menjaga asupan nutrisi, berolahraga secara teratur dan cukup istirahat. Melakukan hal tersebut memang tidak menjamin kita tidak terjangkit penyakit yang sedang melanda. Tetapi akan sangat efektif untuk mengurangi penyebaran Covid 19 melalui diri kita ke orang sekitar. Terlebih dengan menerapkan pola pikir bahwa kita adalah OTG-OTG (Orang Tanpa Gejala) sehingga dipaksa lebih disiplin dalam menerapkan perilaku hidup sehat dalam situasi New Normal.

Yang membuat ketakutan adalah bukan hanya gaya hidup kita yang belum sehat tetapi lingkungan dan orang sekitar juga harus menjadi kepedulian bersama untuk memutus rantai Covid 19.

ART yang kembali ke Jakarta.

Tidak dapat dipungkiri orang terdekat setelah keluarga (bahkan beberapa sudah menganggap bagian keluarga) adalah Asisten Rumah Tangga. Kehadiran ART sangat membantu dalam melaksanakan rutinitas keseharian ketika bekerja. ART juga yang sebagian besar  waktunya menjaga dan menemani anak-anak selama bekerja.

Namun kala pandemi ini, kembalinya ART dari kampung halaman menjadi kendala dan kekhawatiran sendiri.

Mau tidak mau suka atau tidak suka demi harus menjaga kesehatan ART dan menjaga kesehatan keluarga keseluruhan.  Mengeluarkan sejumlah uang untuk pemeriksaan kesehatan ART sangat diperlukan memastikan kondisi fisik berada dalam keadaan baik-baik saja.

Namun tidak mudah juga mencari layanan kesehatan di tengah situasi ramai Covid 19. Beruntung sekarang kita sudah berada  di dunia digital yang kesemuanya ada dalam genggaman. Berbekal informasi dari  www.sehatq.com akhirnya merujuk ke sebuah rumah sakit di sekitaran Pasar Minggu. Rumah Sakit Umum Daerah Jati Padang sudah masuk ke dalam aplikasi mereka. 

Ini yang menarik menurut saya, terbersit biasanya hanya rumah sakit swasta yang  masuk dalam sebuah aplikasi.

www.sehatq.com
RSUD Jati Padang

Namun  www.sehatq.com  jelas informasi yang diberikan tentang RSUD Jati Padang, mulai dari jam praktek Senin - Minggu 00:00 - 23:59,  Gawat Darurat 24 Jam,  Hubungi Faskes: (021) 22784477 tidak berhenti disana, saya juga tahu sedikit mengenai profil singkat RSUD Jati Padang yang merupakan Rumah Sakit kelas D. Lokasi berada  di Pasar Minggu kota Jakarta Selatan. RSUD Jati Padang awalnya adalah Puskesmas Kelurahan Pasar Minggu yang berdiri pada tahun 1971 di daerah Kecamatan Pasar Minggu dengan batas wilayah sebelah timur berbatasan dengan Kali Ciliwung dan Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Akhirnya memutuskan untuk membuat janji temu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan disana. Terlebih untuk test cepat Covid 19.  Salah satu dokter disana (yang juga merupakan kerabat) memberikan saran dan arahan sebaiknya tidak hanya Rapid Test Covid 19 yang diambil tetapi juga pemeriksaan rontgen. Menurut beliau hal ini perlu dilakukan demi melihat ada atau tidaknya penyakit TBC.

Tidak butuh lama setelah buat janji dan dilakukan pemeriksaan. Hasil juga tidak lama keluar dan selesai lebih cepat dari yang dijanjikan. Thanks God, untuk tahap pertama hasil pemeriksaan ART adalah Non Reaktif. Rontgen Paru-paru juga menunjukkan tidak ada kelainan, semuanya bagus.

Kami juga mengikuti saran dokter agar ART melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker.

Lepas hari ke 14 pantau kesehatan kembali apakah perlu untuk melakukan pemeriksaan berikutnya atau tidak.

Aplikasi Dan Portal www.sehatq.com

Saat ini layanan kesehatan digital sudah banyak, banyak informasi  kesehatan yang terdapat di  www.sehatq.com. Dan akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Jati Padang.

www.sehatq.com.
www.sehatq.com.

Aplikasinya pun mudah dan ringan untuk diinstal dalam Smartphone, dan www.sehatq.com menjadi  rujukan yang valid mengenai Covid 19, semuanya  jelas,  tidak khawatir dengan kabar hoax yang beredar menakutkan. Terlebih selaku konsumen,  terinformasikan mengenai pilihan Test Cepat Covid juga biaya.

Seperti standar tentang pelayanan kesehatan pada umumnya, semua sudah tersedia dalam www.sehatq.com, sejauh ini sudah beberapa fitur mereka saya gunakan.

Namun untuk mencoba menghubungi dokter melalui aplikasi, ini yang belum (dan semoga jangan) karena kondisi masih terbilang fit dengan asupan nutrisi dan istirahat yang cukup. Semoga jangan sampai jatuh sakit di saat pandemi. Amin.

 

Penutup dan Kesimpulan.

Bagi kita pekerja harian, penting untuk menjaga kesehatan diri  tetapi perhatikan juga kesehatan orang yang sudah menjadi bagian keluarga, ART. Lakukan pemeriksaan, meskipun harus merogoh kocek lebih dalam dan mengeluarkan lebih. Saat ini tidak ada pilihan untuk mengetahui bahwa semuanya berada dalam keadaan sehat dan baik.

 

Melalui APK sejatinya semuanya menjadi mudah, tinggal cari, hubungi dan buat janji  (ini penting untuk meminimalkan waktu kunjungan dan tidak berlama-lama dirumah sakit). Hal lainnya kalau bisa dilakukan dari jarak jauh seperti membeli vitamin atau obat-obatan bisa dilakukan via apk www.sehatq.com tanpa harus bertatap muka.

Bahkan kalau sakit, pun tidak harus mengunjungi rumah sakit (sebisa mungkin hindari rumah sakit saat ini) kalau tidak mendesak, konsultasi via on line lebih baik. Sebisa mungkin jaga kondisi tubuh dengan melakukan protokol kesehatan dan tidak lupa asupan nutrisi yang sehat, olahraga cukup dan istirahat berkualitas.

Semoga kita diberikan kesehatan dan kekuatan melewati pandemi dalam keadaan baik. AMIN

 

 


22 komentar

  1. Msa Lius tinggal di mana sih? Hehehe. Dulu saya kos dekat Jatipadang juga tuh. Kemarin juga saya vaksin anak, janji temu dokternya pakai aplikasi SehatQ. Secara saya kan orang baru di Surabaya. Alhamdulillah terbantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat tinggal di pasar minggu beberapa waktu kak... jadi familiar dengan daerah sana..dan kebetulan ada dokter yang juga teman bekerja di sana

      Hapus
  2. Aplikasi yang sangat membantu. Praktis dan tidak perlu berlama-lama menunggu antrian.

    BalasHapus
  3. Duh iyaya...kalau mau mengerjakan ART harus yakin betul dia sehat. Mau engga mau harus cek kesehatan mereka. Beruntung ada apk SehatQ jadi gampang bikin appoinment ama dokter. Kalau ART hasilnya reaktif gimana ya? SWAB kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau reaktif.. isolasi mandiri dulu kak 14 hari.. lalu cek kembali... apakah masih reaktif... kalau masih test ke tahap berikutnya.. selama dia ga sakit dan demam... palingan direkomendasikan isolasi mandisi

      Hapus
  4. Banyak start up yg muncul untuk memudahkan hidup y..
    Aplikasi sehatQ seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak..semakin memudahkan asal jangan kita salahgunakan ya

      Hapus
  5. Seneng ada aplikasi seperti ini. Jadi kita konsul kesehatan bukan sama Google yang kadang malah bikin sesat karena iklan nah😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak... lebih valid karena ditangani para ahli yang memang bidangnya

      Hapus
  6. Ya betul sekali, sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi bermanfaat penunjang kesehatan, seperti SehatQ ini. Dengan demikian bisa konsultasi permasalahan kesehatan meskipun dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermanfaat terlebih dimasa physical distancing dan social distancing ini kak

      Hapus
  7. Betul skrg kita semua hrs waspada.. kbtulan ponakan 2 minggu lagi mau dtg ke rmh untuk melanjutkan studi dari kampung.. apakah dia hrs rapid test jg..? untung nya skrg ada apkikasi SehatQ jd lbh gampang dan praktis cari informasi ttg rapid test ini ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebisa mungkin dirapid kak.. biar tenang aja... sekarang bahkan sudah ada yang drive trhu loh . . Makin lebih dimudahkan.. ga perlu masuk ke rs..tinggal duduk manis di kendaraan saja

      Hapus
  8. Beginilah manfaat tehnologi yang paling sering dipakai saat ini. Semakin mempermudah jika mau konsultasi pokoknya.Hati tenang

    BalasHapus
  9. wah semakin banyak aplikasi kesehatan yang membantu kita untuk meminimalir ke luar rumah ya mas. rs jati padang deket sm rumahku mas btw hehe

    BalasHapus
  10. Benar sekali kita sebagai pekerja harian memang rentan ya dan bisa jadi OTG. Tapi mau bagaimana lagi jika berdiam diri di rumah maka tidak ada pemasukan. semoga dengan adanya aplikasi kesehatan ini bisa mempermudah kita konsultasi ke dokter ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kalau dirumah terus2an bisa ga ada pemasukan ya

      Hapus
  11. Mantap bang, aplikasi yang sangat berguna ditengah pandemi yang sedang berlangsung saat ini. Dimana aplikasi ini memudahkan kita dalam masalah kesehatan.

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih