Lingkungan Bersih Dari Kutu dan Buah Hati pun Aman terlindungi.


 
cara membasmi kutu kasur
Asik Bersama Menghabiskan Waktu 
Bermain bersama buah hati adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi sebuah keluarga. Ya iyalah secara keluarga kecil seperti kami yang sehari-hari hampir setengah waktu dihabiskan dikantor dan sisanya adalah bermain bersama keluarga. Tapi yang menjengkelkan itu ketika bermain bersama ada penggangu-pengganggu kecil yang tidak diundang dan kehadiranya sangat menyebalkan. Kan ga lucu ketika asik main-main diatas kasur tiba-tiba tangan dan kaki ruam-ruam akibat gigitan kutu busuk menyebalkan. Untunglah saat ini zaman serba terbuka, tingggal browsing dan taraaa, cara membasmi kutu  kasur  pun tersedia jelas, detil dan tuntas untuk membasmi kutu-kutu yang tidak bersahabat tersebut.

Kutu busuk atau tinggi kehadirannya sangat menyebalkan dan akhirnya dapat mengurangi kualitas kebersamaan. Dari dunia maya saya jadi tahu memang sich gigitan kutu busuk tidak terbukti menularkan penyakit dan menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Tetapi untuk beberapa kasus khusus gigitan kutu busuk ini dapat membuat kita menjadi tidak nyaman karena rasa sakit dan ruam pada kulit yang menyakitkan dengan potensi infeksi luka pada kulit.

Beberapa gigitan kutu busuk cenderung muncul dalam sebuah garis atau baris panjang di area yang terbuka. Gigitan kutu busuk sendiri lebih sering ditemukan pada area di dekat pembuluh darah yang berdekatan dengan kulit dan biasanya gigitan kutu busuk terdapat banyak di bagian tubuh seperti leher, tangan, lengan dan kaki.  Seringnya gigitan kutu busuk ini terjadi pada malam hari ketika kita sedang terlelap tidur, namun gigitan ini biasanya tidak akan membangunkan kita ketika sedang tidur. Karena kutu busuk nya menyuntikkan anastesi ketika mengambil darah dari korbannya.

Syukurnya tubuh kita memiliki kekebalannya masing-masing sehingga dampak yang ditimbulkan akan berbeda-beda bagi penderitanya. Beberapa mengalami pembengkakan ringan, gatal dan bengkak pada kulit sementara lainnya tidak memiliki reaksi khusus. Namun yang perlu kita perhatikan adalah ketika gigitan kutu busuk atau tinggi ini mengganggu aktivitas, kita harus segera mencari perawatan medis terdekat.

Kutu Busuk sumber dari Popmama(dot)com


Yang Menyebabkan Munculnya Kutu Busuk.

Tinggi atau kutu busuk muncul beberapa karena adanya migrasi kutu yang menyelinap di tas sepulang bepergian. Serangga  ini tidak menempel ditubuh manusia tapi menempel di barang-barang yang kita gunakan/bawa. Jadi serangga ini tidak muncul karena malasnya kita mencuci seprai ya, palingan kalau kita enggan untuk membersihkan sprei akan menjadi bau dan tidak bersih saja (ini juga tidak baik sebenarnya). Namun kembali hadirnya Tinggi ini murni karena perpindahan kutu dari barang bawaan dan mencari tempat persembunyian yang nyaman seperti kasur, sofa dan karpet. Jadi kalau kita sudah mendapatkan adanya keberadaan kutu busuk ini segera lakukan pembasmian sebelum mereka berkembang biak dan semakin sulit untuk dihilangkan.

Hal yang perlu dilakukan jika kita menemukan Tinggi, yang pertama-tama adalah tetap tenang dan jangan panik. Lakukan hal ringan yang dapat kita lakukan untuk melawan kehadiran kutu-kutu busuk ini :
1.        Mencuci Barang Yang Terkait Dengan Tinggi
Cuci dan bersihkan semua barang –barang seperti sepraim sarung bantal, guling dan selimut. Jangan lupa juga handuk, boneka dan barang-barang berbahan kain lainnya yang berada disekitaran kasur dengan air panas. Karena kutu sendiri senang ditinggal ditempat yang nyaman dan sangat benci  dengan keadaan panas. Lalu gunakan detergen berkualitas yang efektif untuk membasmi bakteri dan kuman.

2.        Keringkan dengan pengering bersuhu tinggi.
Kutu busuk mati dalam suhu yang tinggi, biasanya di mesin cuci yang memiliki pengering kutu tidak dapat bertahan hidup.  Dengan pengering masalah Tinggi terselesaikan. Tapi kalau tidak ada mesin cuci, alam sendiri sudah menyediakan panas melalui sinar matahari. Jadi dengan menjemur bahan yang terkena kutu di bawah terik matahari akan membunuh Tinggi itu sendiri, mudah bukan.
  
3.        Manfaatkan sarung pelapis kasur
Bahasannya sederhananya adalah dengan menggunakan sarung bantal dan guling, sehingga Tinggi akan terperangkap didalam kasur atau bantal tanpa keluar karena bagian luarnya sudah terlindungi dengan  sarung. Atau kalau kalian mau ada juga di jual sarung anti kutu. Sebagai informasi saja, Tinggi atau kutu busuk sendiri dapat bertahan hidup tanpa makan selama 1 tahun loh (edan kan), jadi buat kalian yang menggunakan sarung anti kutu pastikan tidak membukanya selama 1 tahun, karena ditenggarai cara ini cukup efektif untuk membunuh telur Tinggi yang mungkin tertinggal dan mencegah kita  tergigit kutu ketika sedang terlelap tidur.

4.        Gunakan Penghisap Debu
Ini adalah cara lainnya, dengan menggunakan penghisap debu yang memiliki kepala penghisap kecil. Sehingga alat sedot ini dapat menjangkau sudut kasur dan menarik kutu busuk tadi.

Langkah lainnya yang sering kita terlupa adalah dengan melakukan pencegahan sederhana seperti menghindari meletakan tas koper  atau bawaan kita diatas kasur ketika menginap di hotel atau dirumah orang lain. Hal ini guna mencegah menempel dan migrasinya kutu busuk tadi. Baiknya diletakkan diatas meja atau kursi sehingga aman dari kutu busuk.

Kutu hilang Tidurpun Tenang 
Kalau semua sudah aman dan kutu busuk sudah mampu di basmi atau ditangani dengan baik, pastinya kualitas istirahat dan bermain bersama buah hati akan semakin maksimal. Jadi ingat, kutu busuk alias tinggi dapat di basmi dengan cara yang mudah dan tidak mahal plus jangan lupakan untuk  melakukan pencegahan sederhana agar tidak terjadi migrasi kutu dari satu daerah ke daerah lainnya 

Salam Hidup bersih dan Jauh dari Kutu Busuk yang mengganggu


Sumber 
https://www.rentokil.co.id/kutu-busuk/gigitan-kutu-busuk/
https://www.cleanipedia.com/id/bagian-dalam-rumah/cara-menghilangkan-kutu-kasur-atau-tinggi.html



46 komentar

  1. Kutu busuk ini mengganggu banget ya. Dan rasanya luar biasa sakitnya kalau sudah menggigit. kebayang kalau anak-anak yang menjadi korbannya. Setuju jaga kebersihan dan tentu saja tips tips diatas sangat bermanfaat, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak..kasihan kalau anak kecil yg digigit

      Hapus
  2. Berarti rutin mengganti sprei aja nggak cukup ya, secara berkala harus juga membersihkan kasur, sofa, dan lainnya, supaya bersih dan entah si kutu busuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sering2 bersih2 agar jauh dari kutu busuk kak

      Hapus
  3. Baruuu aja seminggu lalu bersih2 sofa, spring bed, dan mainan anak. Takut kutu busuk ini nih. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak...bersih2 harus sering dilakukan..biar jauh dari kutu2an

      Hapus
  4. uuuuu aku itu paling geli mas kalo udah ada gremet-gremet gitu apalagi di area kasur, nah makanya penting banget buat ngejaga kondisi kasur ataupun lokasi yg empuk-empuk gitu kayak sofa dalam hal kebersihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... bagi yg kulitnya sensitif..pasti terganggu sekali dengam keberadaan kutu2 ini

      Hapus
  5. Duh merinding aku bang Kornel. Alhamdulillah di rumah gak ada kutu busuk/tinggi bang. Jadi aman lah anak-anak dari gigitan binatang satu ini .

    Kalo aku sering dengar, kutu busuk ini sering ada di sekolah berasrama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kak...menandakan rumah bersih kalau ga ada kutunya

      Hapus
  6. Iya kak beberapa ponakan ada yang kulitnya sensitif. Jadi kalo terganggu kutu busuk langsung menimbulkan ruam kasihan anak naka kecil. Memang harus rajin² ni bersih bersih biar terhindar dari kutu busuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak...kasihan anak2 apalagi yang kulitnya sensitif

      Hapus
  7. Duh...Dedeknya kasian atuh kalau digigit kutu ya. Tapi sekarang kasur pakai kasur busa, aman ya Kak. Kebayang zaman dulu kasur kapuk. Hiiii, kutu-kutunya nyelip di antara jahitan kasurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia kak...yg berbahaya itu kutu yang nyelip2 itu

      Hapus
  8. Cara tradisional yang masih berlaku hingga saat ini: rutin gantai seprai dan sarung bantal guling seminggu sekali dan jaga kelembapan tetap rendah dengan rutin jemur (minimal bantal dan guling) sebulan sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masih terbukti ampuh hingga saat ini kok mas arie... jadi memang harus sering2 ganti sarungnya

      Hapus
  9. Wah berfaedah banget ini artikelnya Bang Lius...scr kita kadang kok suka refleks ya meletakkan koper atau tas di atas kasur. Padahal itu jalannya si kutu busuk bermigrasi ke kasur kita yaa... tfs yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia ka Nur... sering banget ngeletakin diatas kasur..padahal benar ini adalah jalannya kutu bermigrasi... makanya saat ini saya lebih cenderung meletakkan di meja atau lantai.

      Hapus
  10. Emang paling enak pake penghisap debu sih, biar telur-telur tinggi ini kebawa juga. Waktu kecil pake kasur kapuk sih suka nemuin tinggi ini, soalnya mungkin kebawa dari kapuk atau kapas waktu dimasukkan ke dalam sarung kasurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nemuin tingginya belum bang doel..kena gigitnya aja yg sering

      Hapus
  11. Kutu ini klo di kebumen namanya tengu mas. Wkwkw

    Dku di kasur tuh byk gini krna kurang jaga kebersihan juga sih.

    Skrg mah dah rutin dibersihkan dgn cara yg bener jadi bye bye deh kutu kutu yg bikin badan gatel gatel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi aman ya kak..ga kena gigit lagi sekarang ya

      Hapus
  12. harus sering-sering dibersihkan ya mbak untuk mencegah kutu datang kembali.Harus displin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak harus sering2 membersihkan ... oh iya..mereka seringnya memanggil aku bang lius kak

      Hapus
  13. Ngeri juga kalau kutu busuk ini bersarang di kasur ya Bang. Jadi sangsi meletakkan tas dan barang lainnya yang biasa dibawa bepergian di atas kasur lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bang fadli... ga lagi2 lah meletakkan tas di kasur

      Hapus
  14. Aku pernah nih gatel2 gara2 kutu kasur untung ga kena baby. Masalahnya salah satunya krn kamarnya ga kena sinar matahari huhu. Dikira selama ini fanti spreu aja cukup huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinar matahari adalah pembasmi kutu yang paling efektif

      Hapus
  15. Ya sebel memang kalau acara main2, santai2, istirahat terganggu oleh serangga. Huh

    BalasHapus
  16. Wah, ilmu baru nih. Sepertinya saya belum pernah melakukannya. Atau, melakukannya tapi bukan maksud menghilangkan tinggi. Hehe... terima kasih mas artikelnya

    BalasHapus
  17. Jadi ingat jaman kecil dulu, banyak banget tinggi di kasur. Jadi biasanya kalau jemur kasur, ibu sambil buka lipatan-lipatan kecil yang ada di kasur, tempat-tempat yang tersembunyi buat nyari telurnya tinggi.

    Alhamdulillah sih sekarang belum pernah nemu tinggi menyerang kasur kami, semoga jangan sampai deh, biar tidur tetap nyenyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget tuch ka nanik yang dilakukan bundanya... sinar matahari ampuh banget membunuh tinggi

      Hapus
  18. Jadi kesimpulannya memang harus rajin bersih-bersih rumah hingga ke semua sudut ya.. Makasih, artikelnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  19. kalo aku untuk menghilangkan kutu lebih suka menjemur kasur dan yg lain di tempat yang panas berharap kutu bisa pergi karena kepanasan terkena sinar matahari. ini yang di ajarkan ibu dan mbah saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..sinar matahari ditakuti banget sama tinggi mas behangat

      Hapus
  20. Jadi inget jaman dulu suka clekit-clekit karena digigit tinggi kalau pas duduk di kursi rotan embahku..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jadi udah tahu solusinya kan kak priyani

      Hapus
  21. Yuni biasanya ganti sprei dan sarung bantal 2 minggu sekali sih. Terus bersih-bersih kamarnya pake di kebas-kebasin pake sapu lidi. Eya, jadul banget yuni ya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pa pa ka yuni..yg penting bersih dan jauh dari tinggi

      Hapus
  22. Saya pernah tuh pergi ke Malang dan mampir ke kosan teman. Gak sengaja kutunya ikutan nempel di tas, saat di kereta perjalanan pulang si kutu nongol dibtas dan banyak yang ngeliat. Waduh... Malunya setengah mati, kayak orang yg bawa penyakit kemana-mana.

    BalasHapus
  23. Wah jadi mau segera bersih-bersih takut kutu busuk di rumah.

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih