6 Cara Sederhana Menghilangkan Sakit Gigi

Cara_Menghilangkan_Sakit_Gigi
Ilustrasi dari Pixabaydotcom


Setelah beberapa waktu lalu saya belajar mengetahui tentang karang gigi dan dampaknya. Yang pada intinya penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun tidak dapat dipungkiri kebiasaan yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan menimbulkan sakit. Dan berikut saya akan belajar kembali tentang Cara menghilangkan sakit gigi


Masih terekam jelas beberapa bulan lalu ketika sakit gigi melanda, ampun-ampunan sakitnya. Mulai dari kepala yang nyut-nyut-an, tidak bisa tidur nyenyak hingga makan pun tidak enak. Ini membawa saya sendiri untuk mencari tahu apa itu sakit gigi ?


Sakit gigi sendiri adalah rasa nyeri yang  kita rasakan di dalam atau di sekitar gigi. Beberapa merasakan nyeri tajam terjadi secara terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. Gejala sakit gigi lainnya tidak hanya sekedar nyeri saja. Kondisi lain seperti kesusahan untuk membuka mulut lebar-lebar dan berakibat pada proses menggigit dan mengunyah makanan menjadi  hal yang sulit dilakukan.


Beberapa  hal yang dapat menimbulkan sakit gigi seperti tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.


Bahkan beberapa gejala sakit gigi juga disertai dengan pusing, demam, sakit telinga, sakit leher, dan bau mulut.  Keseluruhan gejala inilah yang membuat rasa sakit semakin menyiksa hingga menghambat aktivitas  sehari-hari.


Kalau sudah sakit melanda jangan sungkan untuk mengunjungi dokter gigi selaku ahlinya dalam hal ini.


Memang sih sakit gigi tidak sampai mengancam nyawa tapi sakit gigi menghambat aktivitas dan tetap saja yang namanya sakit harus diobati jangan dibiarkan.


Indikator medis lain selain sakit itu sendiri yang memaksa kita harus mengunjungi dokter gigi adalah jika rasa sakit yang muncul lebih dari dua hari dan disertai dengan demam, sesak napas, sakit luar biasa ketika membuka mulut, warna merah yang tidak wajar pada gusi, serta keluarnya cairan yang berbau tidak sedap. HARUS KE DOKTER GIGI !!!!!!!!


Cara_Menghilangkan_Sakit_Gigi
Cara_Menghilangkan_Sakit_Gigi 


6 Cara Sederhana Menghilangkan Sakit Gigi

Tapi beberapa yang keberatan dan masih takut-takut ke dokter (termasuk saya) terlebih jika hanya mengalami gejala ringan dan dapat ditahan ada baiknya melakukan langkah-langkah sederhana  untuk meredakan sakit gigi.

Cara ini terbilang sederhana dan beberapa efektif untuk meringankan sakit pada gigi, berikut cara tersebut. :

  1.  Kompres Menggunakan Es Batu, cara mengobati sakit gigi dengan metode kompres es batu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana dilakukan.  Selain meredakan bengkak, kompres dingin berfungsi mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi. Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi  setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai sakit dan  bengkak di pipi mereda. 
  2. Kumur Dengan Air Garam, siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang. Ingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan. Jadi, pastikan memuntahkan air larutan garam setelah berkumur.
  3. Obat Pereda Nyeri , cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah minum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti.
  4. Mengunyah Bawang Putih, siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas lalu potong menjadi dua bagian. Letakkan potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit atau bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.
  5. Mengunyah  Daun Jambu Biji, serupa dengan bawang putih, kunyah daun jambu biji segar secara langsung. Namun pastikan kita sudah mencuci bersih daun jambu biji sebelum mengkonsumsinya. Jika tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, cobalah untuk menambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih. Setelah menghangat, gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.
  6. Cengkih, dua cara menggunakan minyak cengkih sebagai obat sakit gigi, Pertama, gigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkih ke bagian gigi yang sakit. Kedua, bisa juga dengan mencampurkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan dapat digunakan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini beberapa kali per hari.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa metode diatas dan dengan menggunakan bahan-bahan alami hanya sebagai pertolongan darurat, bukan sebagai obat penyembuh. Tetap berkonsultasi ke dokter adalah cara terbaik untuk mengobati sakit gigi.

Jadi sudah paham bukan tentang cara mengobati sakit gigi, ga jauh-jauh bukan dan ada disekitaran kita. Tapi tetap lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Cara mencegah sakit gigi terbaik adalah dengan merawat dan menjaga kesehatan gigi, setidaknya dengan menggosok gigi dua kali dalam sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Perhatikan juga cara menyikat gigi, lakukan dengan cara yang benar, pemilihan sikat dan pasta gigi juga disesuaikan dengan kebutuhan perawatan gigi masing-masing  dan terakhir jangan lupa memeriksakan gigi rutin ke ahlinya (dokter gigi) minimal 6 bulan sekali.

Semakin dini penyakit gigi terdeteksi, maka perawatan dan pengobatan akan semakin sederhana, biaya pun terbilang akan lebih murah dengan risiko komplikasi semakin kecil.

Tetap jaga dan perhatikan kesehatan gigi dan mulut.

Salam Sehat.




38 komentar

  1. Wah baru tahu kalau ngunyah daun jambu biji dan bawang putih bisa ngurangin sakit gigi
    Selama ini yang paling sering dipraktekkan baru kumur air garam aja
    Makasi infonya. Jadi ada alternatif nih buat ngurangin sakit gigi

    BalasHapus
  2. Wahh mantap nih kak. Soalnya aku termasuk orang yang lebih ke herbal. Klo barang² dapur maupun yang ada di sekitar bermanfaat, kenapa engga coba aja bukan? Hehe. Thanks for sharing kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🙏🙏 semuanya diatas mudah didapat dan digunakan ya kak

      Hapus
  3. sakit gigi tuh rasanya spti dunia mau kiamat ga enak bngt dan ga bisa ngapa2in ya kak..dan menurut sy mencegah dan merawat gigi lbh baik sblm sakit gigi bnran hehe..btw terimakasih sharing cara mencegah sakit giginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..tapi memang yg namanya sakit... pastinga enak pastinya kak

      Hapus
  4. Aku bete banget kalo suami udah sakit Gigi bang .
    Kayaknya udah ngalah-ngalahin sakit aku melahirkan.
    Apalagi kalo dia nyeri tengah malem. Ya Aampun segala cara di atas aku bikin sampe selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..menjengkelkan banget kalu sakit gigi menyerang

      Hapus
  5. Garam, daun jambu biji dan bawang putih. 3 itu saya catat karena paling mudah dan bisa langsung dilakukan. Makasih ya, saringnya

    BalasHapus
  6. Saat pandemi gini dr gigi ngga ada yang boleh praktek kak. Tips di atas sangat cocok buat antisipasi saat sakit gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak beberapa dokter gigi ga praktek..beberapa lainnya masih ada kok

      Hapus
  7. Aku baca sampai selesai akhirnya ada penjelasan langkah2 di atas cuma mengurangi rasa sakit yaa. Berobat harus tetep ke dokter. Dan aku menghindari itu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalau sudah parah harus tetap ke dokter gigi kak

      Hapus
  8. Terima kasih infonya gan. Kalau sakit giginya sedang kambuh, rasa sakitnya bukan main. Semoga dengan menerapkan cara-cara diatas sakit gigiku bisa hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sembuh..sembuh kak...jangan sakit gigi ..ampun kalau sudah nyerang

      Hapus
  9. Kalau saya biasanya pakai larutan yang cap kakak tua. Tapi aroma dan rasanya sangat menyengat

    BalasHapus
  10. Ini adalah salah satu penyakit yang menyiksa dan melelahkan, makan apapun jadi tidak nikmat. Terima kasih tipsnya, sebagai P3K nih penting.

    BalasHapus
  11. Kalau sepengalaman saya, es batu, kumur air garam, dan pereda nyeri, lumayan membantu banget ketika sakit gigi tapi belum bisa ke dokter.

    BalasHapus
  12. Saya pernah bahan tentang ini juga bang. Banyak alternatif menghilangkan sakit gigi untuk perawatan rumahan. Meski demikian, saya lebih memilih preventif, menghindarinya dengan rajin menyikat gigi. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak saya juga lebih ke arah mencegahnya biar ga sakit

      Hapus
  13. Waktu sering sakit gigi, saya pernah berkumur air garam dan berobat pakai minyak cengkeh. Keduanya ternyata cocok buat sakit gigi yang berlubang. Kalau masalahnya sakit di saraf gigi, obat-obatannya mesti pakai pereda nyeri dari dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..makanya lebih baik menjaga kesehatan gigi ketimbang mengobati sakitnya

      Hapus
  14. aku gak bisa pakai cara tradisional kalo sakit gigi, kayaknya tersugesti kalo harus ke dokter gigi. Untungnya gak pernah sampe disertai penyakit lain kayak yang disebutkan diatas, apalagi sampe sesak napas. Duh. Makasih tipsnya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kak...mending jaga kesehatan gigi daripada sakit giginya

      Hapus
  15. anak saya giginya udah pada bolong. gimana tuh. ini akibat keseringan makan coklat. hiks

    BalasHapus
  16. Lihat gambar gigi yang sakit itu bikin ngilu Bang.
    Alhamdulillah saya belum pernah merasakan sakit gigi, katanya lebih baik sakit hati daripada sakit gigi yah. Kalau saya sih No.

    BalasHapus
  17. wah bang aku pernah melakukan keeanmnya sebelum akhirnya ke dokter gigi, ternyata gigiku berlubang sampe syarag akhirnya perawatan syaraf 3x balik alhamdulillah sembuh dengan biaya berjut-jut. abis ini tobat harus jaga kesehatan gigi mulut banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..pilihan tepat ke dokter gigi kak..meskipun mahal tapi tuntas

      Hapus
  18. Satu cara sederhana untuk mengurangi nyeri sakit gigi adalah dengan memijat di area depan telinga pada area gigi yang sakit. Ini pengalaman aku aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yg itu saya malah baru tahu kak ari.. TFS sudah sharing pengalamannya ya

      Hapus
  19. Sakit gigi merupakan sakit yang bikin kita bisa marah-marah, hehehe... rasanya gak karuan banget. maka dari itu kita harus rajin menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sejak masih kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak hendra ..kesehatan dan kebersihan gigi harus dijaga sedini mungkin

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih