SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Pohon Sosis, Kigelia Africana

Tanaman Kigelia Africana


Saya sendiri selalu percaya akan ada sesuatu yang unik meskipun sebuah liburan pernah dilakukan sebelumnya. Sama seperti ketika saya dan keluarga mengunjungi Taman Bunga Nusantara beberapa waktu lalu. Selain banyak jenis bunga dan tanaman yang tidak saya ketahui dan selalu takjub untuk melihat keindahan hamparan warna-warni bunga.

Yang menarik perhatian saya kala kunjungan ke dua kemarin ke Taman Bunga Nusantara adalah sebuah tanaman yang memiliki buah unik. Bentuk buahnya seperti sosis menjuntai panjang ke bawah sehingga dapat dengan mudah digapai tangan.

Nama tanaman tersebut adalah Kigelia Africana. Karena bentuknya yang unik plus baru pertama kali melihatnya dan rasa-rasanya tidak pernah mendapatinya tumbuh liar atau seseorang membudidayakan tanaman Kigelia Africana.

 

Berkenalan Dengan Kigelia Africana

Tanaman Kigelia Africana tergabung dalam genus kigelia dan namanya berasal dari bahasa Mozambik ‘kigeli-keia’ yang juga memiliki arti pohon sosis dalam bahasa Afrika.

Pohon sosis ini tergolong sebagai tanaman yang berbunga dan mampu menghasikan buah seberat 7 kg. Hmm pantas saja bentuk buah rata-rata besar dan memang seperti sosis.

Bayangkan panjang buah Kigelia Africana dapat berkisar hingga 60 cm ada juga yang lebih, tetapi perlu diingat dan diperhatikan buah sosis Kigelia Africana tidak dapat dikonsumsi manusia karena beracun.

Ditenggarai buah yang juga disukai babon, gajah, jerapah, kuda nil, ini memiliki khasiat obat untuk menyembuhkan rematik, penawar bisa ular syphilis dan kadang difermentasi untuk bahan pembuat bir. 


Pohon Sosis, Kigelia Africana
Saya dan Tanaman Kigelia Africana

 


Buah sosis Kigelia Africana memiliki beberapa manfaat lainnya dalam dunia industri. Beberapa ahli tanaman menyatakan kulit kayu, bunga dan buahnya dari Kigelia Africana kaya akan antioksidan, sehingga bermanfaat untuk produk perawatan dan kecantikan.


Bahkan ekstrak tanaman Kigelia Africana diyakini memiliki sifat hormon phyto yang juga memiliki manfaat sebagai antiinglamasi ini berguna sebagai bahan baku produk kecantikan kulit dan bahan aktif yang terkandung didalam  Kigelia Africana diyakini akan membuat payudara indah dan kencang.

Kayunya pun berguna sebagai bahan konstruksi, sebab kayu dari tanaman Kigelia Africana memiliki daya tahan tinggi dan kokoh.

 

Kigelia Africana
Tanaman Kigelia Africana


Penutup.

Dan jadi tambah tahu dan mengenal akan tumbuhan Kigelia Africana ini, terbukti memang bukan asli tanaman negara kita. Namun demikian memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, terutama kecantikan bagi kaum wanita dan menyembuhkan masalah penyakit kulit tertentu.

Melihat banyak manfaat yang dapat diberikan oleh Kigelia Africana dan dapat tumbuh subur dan berbuah dengan baik di Taman Bunga Nusantara, bukan tidak mungkin jika dikelola dengan baik, tanaman Kigelia Africana akan dapat dibudidayakan dan bermanfaat baik untuk kesehatan dan perekonomian penduduk sekitar dataran tinggi seperti puncak.

 

Referensi Tambahan 

Mengenal Pohon Sosis, Tanaman Asli Afrika yang Terbukti Bermanfaat untuk Kecantikan - Inilah.com

rivanyahya: Manfaat Buah Sosis (Kigelia Africana)

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar