Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan.


Buah Plum 

Baru sadar dan ga ngeh sampai adik yang sedang sakit meminta ini buah. Buah Plum, buah jenias apalagi, dimana dapatnya dan apa manfaatnya?

Buah Plum sendiri termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup buah persik, aprikot, dan nectarine. Manfaat buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya mencegah sembelit. Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir.

Manfaat lainnya dari buah Plum yaitu Asam Propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Bukti medis (ini bagian yang penting) selama ini melaporkan bahwa asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol. Dalam penelitian hewan, asam propionat telah terbukti menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati.

Buah Plum mengandung fitonutrien unik yang disebut asam neochlorogenic dan chlorogenic. Kedua zat ini tergolong sebagai fenol. Fenol adalah salah satu jenis antioksidan yang terbukti ampuh menetralkan radikal bebas yang berbahaya yang disebut radikal anion superoksida. Fenol juga terbukti membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

Buah Plum juga merupakan salah satu sumber kalium yang baik, elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan resiko stroke

Buah ini juga mengandung zat besi yang  dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh kita.

Sebenarnya masih ada beberapa manfaat lainnya dari buah Plum ini, mulai dari mampu menurunkan berat badan hingga hingga meningkatkan ketajaman otak. Dan banyak juga yang belum mengetahui keberadaan buah plum itu sendiri.

Tapi perlu diingat kebanyakan mengkonsumsi  buah Plum  akan menyebabkan, perut kembung bahkan sembelit hingga diare. Jadi tetap konsumsi buah plum ini secukupnya tidak boleh berlebihan untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Harga Buah Plum Nopember 2019

Memang untuk mendapatkan buah Plum di pedagang buah tradisional agak sulit, bahkan di beberapa pasar juga tidak menyediakan buah Plum. Sempat bingung juga awal mencarinya, apakah karena mahal, makanya jarang orang mengkonsumsi buah Plum?

Etapi semua pupus ketika di salah satu gerai pasar modern ada yang menyediakan buah Plum, itu pun harganya masih terjangkau menurut saya. Untuk harganya di banderol Rp.2.995 per Ons. Total 10 buah yang saya beli dikenakan harga Rp. 16.000,-  murah kan ya.

Hmmm, kenapa di pasar-pasar tertentu ga ada ya. Harganya padahal benar-benar terjangkau kan. Ditambah dengan manfaat yang diberikan buah Plum itu sendiri, sayangnya buah ini tidak setenar teman-temannya seperti Apel, Mangga dan Jeruk.

Sumber Referensi  : https://hellosehat(dot)com/hidup-sehat/nutrisi/11-manfaat-buah-plum-untuk-kesehatan/





Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih