SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Internalisasi SMAP (Jumat Pagi, Jalan Santai PTUN Jakarta)

Internalisasi SMAP PTUN Jakarta

 

Untuk membuktikan bahwa keseluruhan jajaran Pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta serius untuk mendapatkan predikat WBBM  pada tahun 2022, selain memenuhi semua persyaratan yang diminta. Syarat lainnya adalah melakukan internalisasi kepada setiap pegawai, bahwa yang dilakukan adalah bukan untuk memenuhi syarat administrasi semata, tetapi harus sudah mempraktikan dalam pelayanan yang diberikan setiap harinya.

Ini yang selalu di tekankan oleh  Wakil Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bapak Kusman, S.IP., S.H., M.Hum., dalam setiap kesempatan.

Internalisasi mengutip bahasa yang sering ia sampaikan, harus masuk ke dalam hati sanubari dan tertuang dalam bentuk pelayanan yang kita berikan. 

Seperti hari ini, mengambil kegiatan rutin setiap jumat yang sejatinya digunakan untuk senam, namun karena pandemi sempat terhenti selama 2 tahun. Jumat ini mulai diaktifkan kembali dan mengambil lokasi  di halaman kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta dilaksanakan kegiatan apel terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan jalan pagi bersama.

Kegiatan apel dan jalan sehat diikuti oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta yang dimulai dari Ketua, Wakil Ketua, Seluruh Hakim dan Pegawai. Sebelum jalan pagi, Ketua PTUN Jakarta Bpk. Indaryadi, S.H., M.H. selaku Manajemen Puncak SMAP dan Wakil Ketua PTUN Jakarta selaku Ketua TIM memberikan arahan mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan di PTUN Jakarta.

Untuk membangkitkan semangat sudah dibuat yel-yel, seperti ini…

“PTUN Jakarta” yang dijawab oleh seluruh yang hadir “Cakep”

“WBBM” lanjut ketua, “Pasti”

“SMAP” dan disambut dengan “OK” dari seluruh pegawai.

 



SMAP apa itu?

Sederhananya sebagai salah satu syarat memperoleh predikat WBBM dan seperti yang telah saya uraikan diatas adalah instansi harus memiliki Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). SMAP ini sebagaimana tertuang dalam ISO 37001:2016 adalah serangkaian standar untuk membantu organisasi baik sektor publik, swasta dan nirlaba dalam membangun, mengimplementasikan, dan terus meningkatkan program kepatuhan dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mendeteksi penyuapan. 

Standar SMAP bertujuan untuk memberikan pemastian kepada organisasi bahwa sistem anti penyuapan yang diterapkan telah mencakup prosedur yang memadai terhadap penyuapan dan korupsi.

Standar yang merupakan sertifikasi internasional terhadap sistem anti penyuapan ini diadopsi dan diterjemahkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) sebagai SNI ISO 37001:2016.

Definsi penyuapan dalam ISO 37001 adalah sebagai tindakan menawarkan, menjanjikan, memberikan, menerima, atau meminta keuntungan yang tidak semestinya dari nilai apa pun (berupa keuangan atau nonkeuangan), langsung atau tidak langsung, terlepas dari lokasi, merupakan pelanggaran peraturan perundang-undangan, sebagai bujukan atau hadiah untuk orang yang bertindak atau menahan diri dari bertindak terkait kinerja dari tugas orang tersebut.

Kesesuaian dengan standar ini tidak menjamin penyuapan tidak akan terjadi, tetapi standar ini dapat membantu organisasi menerapkan rancangan yang wajar dan proporsional untuk mencegah, mendeteksi, dan menanggapi penyuapan.


Jalan Pagi PTUN Jakarta
KPTUN Jakara dan WKPTUN Jakarta serius berbincang di sela-sela Jalan Pagi 


 

Jalan Pagi PTUN Jakarta
Jalan  Pagi PTUN Jakarta 

Penutup

Bapak Ketua Dan Wakil Ketua, serius untuk meng-internalisasi-kan SMAP ini ke dalam setiap pegawai PTUN Jakarta. Sehingga dapat terealiasasikan dalam pelayanan yang diberikan setiap hari bukan hanya sebagai syarat administrasi terpenuhinya agar mendapat predikat yang diinginkan.

Selesai dengan apel dan arahan, acara dilanjutkan dengan kegiatan jalan pagi yang berguna untuk meningkatkan kebugaran baik fisik   dan memperkuat juga hubungan kekeluargaan antara satu dengan lainnya.

Dengan segala upaya dan daya yang dilakukan, doakan semoga PTUN Jakarta tahun 2022 dapat berhasil mendapat predikat WBBM.

Kiranya Tuhan Menyertai PTUN Jakarta, Amin.

 



Referensi

Mengenal Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) - ITJEN KEMENDIKBUDRISTEK (kemdikbud.go.id)

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar