SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Selamat Mengemban Amanah Baru Bapak KPTUN Jakarta.

 

PT-TUN-JAKARTA


Pandemi masih mewabah namun demi berjalannya Tugas, Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebuah pekerjaan mau tidak mau kegiatan harus tetap berjalan. Awalnya dan sesuai kebiasaan yang berlaku kegiatan pelantikan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta (PTUN. JAKARTA) dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. Namun karena seminggu sebelumnya ada salah satu pegawai yang terindikasi terkena C-19 alhasil selain mengalami penundaan tempat pun dipindahkan ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta.

 

Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta selaku pengadilan tingkat pertama seperti pada hari biasa lainnya, kesibukan beraktivitas sudah dimulai sedari pagi. Namun ditengah kesibukan tersebut diselipkan dua kegiatan pelantikan lainnya. Selain pelantikan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta juga pelantikan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta.

 

Selamat Mengemban Amanah Yang Baru Bapak KPTUN Jakarta.

Dalam Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta (PT.TUN.JAKARTA) Bapak. Sulistyo, S.H., M.Hum mengucapkan selamat kepada Ketua PTUN Jakarta yang baru Bapak Irhamto, S.H. dan tidak juga lupa mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan Bapak Agus Dharmawan selaku PLt ketua sebelumnya.


Pandemi belum selesai dan tidak terlihat tanda-tanda kapan akan segera berakhirnya, namun saat ini pelantikan tetap harus dilakukan meskipun dalam keadaan pandemi. Maka sudah sepantasnya kita mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, sampai dengan detik ini kita masih diberikan berkat anugerah kesehatan dan masih bisa berkumpul dalam keadaan baik.


Ini juga yang membuat Ketua PT.TUN Jakarta mengajak seluruh yang hadir berdoa sejenak sebagai ucapan syukur atas karunia Tuhan, marilah kita berdoa mengucap syukur. Semoga Tuhan melindungi langkah kita semua. Ini saya aminkan dengan kuat dalam hati, mengingat keadaan kantor yang semakin tidak kondusif pasca terpaparnya beberapa pegawai. 

 

Bahwa sedari awal, pelantikan ini sendiri akan diadakan pada tanggal 25 November 2020 lalu, namun karena dilakukan lockdown sehingga dilakukan penundaan. Dan akhirnya diputuskan kegiatan pelantikan dialihkan ke PTUN Jakarta.

 

Manusia berencana Tuhan yang menentukan. Terkena musibah C19 dan dilakukan lockdown. Ini yang menyebabkan dipindahkan pelantikan hari ini, ujar Ketua PT.TUN. Jakarta dalam sambutannya.

 

Dan tidak mungkin juga dilakukan penundaan terus menerus. Kegiatan harus terus berjalan. Namun mari kita berdoa untuk teman yang terkena agar kembali pulih dan dapat beraktivitas seperti sedia kala.

 

Bapak Sulistyo, S.H., M.H. menegaskan kepada Ketua PTUN Jakarta yang baru Bapak Irhamto, S.H. bahwa tugas sebagai pimpinan adalah bukan sebuah tugas dan tanggung jawab yang mudah.

 

PTUN Jakarta yang berada di Jakarta tidak dapat dipungkiri  berada dibawah disekitar kekuasaan yudikatif, eksekutif dan legislatif juga pusat mass media. Sehingga seluruh kegiatan PTUN Jakarta akan cepat terpantau. Terlebih jika ada tindakan Unprofesional Conduct atau kegiatan tercela. Maka tetap jaga citra dan marwah pengadilan itu sendiri.

 

Namun demikian Bapak Irhamto, S.H sudah memiliki modal awal dengan memimpin di daerah sebelumnya, ini adalah modal dasar yang berarti.


Pak Irhamto, S.H. harus cepat bereaksi dan beradaptasi dengan menggunakan Strengths. Opportunities, Weakness dan Threat  (SWOT) yang ada di PTUN Jakarta.


Kekuatan yang sudah dimiliki dan ada tetap dipelihara, perbaiki  dan evaluasi kelemahan yang muncul, sementara untuk peluang yang muncul agar segera ditangkap lalu untuk ancaman yang datang harus dihadapi dan dilawan. Semua dilakukan agar visi Mahkamah Agung RI mewujudkan badan peradilan yang agung dapat terwujud.


Tidak dapat dipungkiri bahwa SDM yang ada di PTUN Jakarta merupakan orang-orang pilihan, hendaknya kelebihan ini dikelola, dibina sehingga tercipta personal yang profesional dan berintegritas yang berujung akhirnya memberikan pelayanan prima dan berkualitas.

 

PT-TUN-JAKARTA
PT-TUN-JAKARTA


Selaku Ketua Pengadilan akan dibekali dengan wewenang, hendaknya di gunakan sebagai instrumen untuk mengelola dalam memajukan instansi.


Jakarta adalah barometer jangan sampai lebih turun ketimbang dari PTUN lainnya.

 

Tugas berat sebagai Ketua PTUN menanti, salah satunya adalah tahun depan meraih WBBM yang tahun ini tidak berhasil diraih. Maka seluruh Hakim yang hadir dan ASN serta karyawan, dihimbau agar bersama sama dengan pimpinan yang baru bahu-membahu untuk bekerjasama.


Sebelum menutup sambutannya, Ketua PT. TUN Jakarta kembali mengingatkan agar mentaati  dan mempedomani serta melaksanakan isi dari Maklumat KMA No 1 tahun 2017 dan PERMA  7-8-9.  


Saat ini semua yang kita lakukan sudah dapat dilihat masyarakat. Semua serba terbuka. Untuk itu  dituntut agar selalu memberikan pelayanan yang prima.


Terakhir Ketua PT.TUN Jakarta menutup sambutannya dengan berpesan agar selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M, menjauhi kerumunan, mencuci tangan sesering mungkin dan disiplin menggunakan masker. Pada akhirnya akan memininalisasi penyebaran Covid-19.


Semoga kita semua sehat-sehat dan Tuhan melindungi kita.


Amin-amin-amin.

 

*Catatan kecil saya seperti yang disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta

 

 

 

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar