SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Kopdar Besar Gowes Sejabodetabek 2022 & Deklarasi Manggala Wanabhakti

 

Deklarasi Manggala Wanabhakti

Sepertinya ini adalah acara akbar terbesar-nya komunitas Gowes se-Jabodetebek, secara kurang lebih sekitar 1000an (mungkin lebih) sepeda tumpah ruah di Balai Kota DKI Jakarta. Seru aja melihat berbagai macam jenis komunitas sepeda hadir berkumpul menjadi satu, membawa berbagai macam rupa sepeda. Ya bisa ditebak ada yang biasa saja hingga sangata luar biasa. Mulai dari yang tidak dimodifikasi hingga benar-benar merubah total bentuk sepeda.

Hari ini adalah tonggak pertama saya pribadi kembali untuk bersepeda, lebih kurang 1 tahun harus beristirahat demi menenangkan diri dan mengumpulkan kekuatan paska kecelakaan beberapa waktu lalu.

Untuk menuliskannya masih belum memiliki keberanian yang cukup, mengeluarkan rekaman yang berada rapih dalam pikiran, sementara masih tertanam pen di dalam tangan kanan.

Dan disinilah saya, bersama teman gowes dari komunitas Sepeda Taman Cipinang (STC) Jakarta Timur.

Acara yang digagas oleh Komunitas Bike To Work menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Provinsi DKI Jakarta, menggelar acara Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia.


Balai Kota DKI Jakarta
@Balai Kota DKI Jakarta 


@Kementerian Lingkungan Hidup
@Kementerian Lingkungan Hidup


Titik kumpulnya sendiri berada di Balaikota Jakarta, Jalan Medan merdeka Selatan dan selesai di Manggala Wanabhakti, Kementrian Lingkungan Hidup, Jalan Gatot Subroto. Ini pula yang pada akhirnya dijadikan momentum untuk mendeklarasikann Manggala Wanabhakti.

Ini kali pertama juga saya menjejakkan kaki di Balai Kota DKI Jakarta dan perdana mengikuti kegiatan kopdar besar komunitas sepeda. Seru dan menyenangkan memiliki pengalaman baru. Melihat dan mengalami langsung keseruan bersepeda. Dengan rute sekitar 8 KM, mulai dari Balai Kota bersepeda santai melewati Bundaran HI hingga ke Plaza Semanggi dan naik di Fly Over Kupu-Kupu (saya menyebutnya demikian) untuk menyelesaikan rute yang mengarah ke Manggala Wanabhakti melewati gedung MPR/ DPR.


Gowes Melewati Jalan Sudirman


Tidak perlu persiapan khusus untuk dapat mengikuti perhelatan gowes ini, hanya membawa sepeda yang sehat dengan jersey masing-masing komunitas plus botol minum dengan air sesuai kebutuhan masing-masing. Sementara panitia menyediakan bike tag, konsumsi dan beragam door prize menarik bagi yang mengikuti hingga selesai.


Bike Tag


Deklarasi Manggala Wanabhakti 2022

Ini adalah pesan besar yang hendak disampaikan, mendeklarasikan diri, mensosialisasikan hal positif dan mencitrakan diri sebagai pesepeda yang baik dan perduli terhadap lingkungan. Sebab masih ada beberapa (sebut saja oknum) yang bersepeda masih tidak tertib ditambah tidak perduli terhadap lingkungan.

Kali ini adalah momentum yang tepat untuk memposisikan diri dengan berdeklarasi bersama dan berikut adalah deklarasi kami para pesepeda;

Deklarasi Manggala Wanabhakti 2022;

Kami Komunitas Sepeda Indonesia dari berbagai kalangan yang perduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, setuju :

  • 1.     Berkomitmen memasyarakatkan budaya bersepeda untuk beraktivitas sehari-hari dan berolahraga disemua sektor kehidupan;
  • 2.     Bersama dengan organisasi bersepeda Internasional, Nasional, Regional dan Daerah didukung komitmen pemerintah bergerak MEWUJUDKAN  SATU BUMI MASA DEPAN;
  • 3.     Siap siaga berpatisipasi untuk terwujudnya jalur-jalur bagi pesepeda, baik di pusat, ibukota, dan di kota, kabupaten se-Indonesia, menggalakkan terbangunnya jalur-jalur khusus pesepeda di daerah;
  • 4.     Siap besinergi dengan pelestarian lingkungan hidup;

a.     Program Langit Biru;

b.     Program Kali Bersih;

c.     Pantai Lestari;

d.     Pengurangan dan Pengelolaan Sampah;

e.     Menggalakkan Desa Wisata;

f.       Penghijauan dan Kegiatan Konstruktif lainnya;

  • 5.     Siap sebagai pelopor budaya tertib bersepeda sesuai peraturan dan untuk Indonesia yang ramah lingkungan;

Manggala Wanabhakti, 5 Juni 2022

 

Selesai berdeklarasi bersama dan menikmati beberapa kudapan yang disediakan panitia. Waktu sudah semakin siang dan terik, ya sudah memutuskan untuk balik kanan meskipun acara belum selesai dan belum mendapatkan doorprize.


Gowes Santai Car Free Day


Usia tidak Menghalangi Untuk Aktif Bersepeda


Yang terpenting telah mendapatkan pesan besar dan pengalaman yang menyenangkan dan berkumpul bersama komunitas gowes se-Jabodetabek.

Terimakasih komunitas Bike To Work dan Provinsi DKI serta Kementrian Lingkungan Hidup yang sudah bersinergi dan sukses menghelat acara besar ini.

Besar harapan agar acara seperti ini rutin diadakan setiap tahunnya dan membudayakan sepeda sebagai kehidupan sehari-hari sembari pemerintah menyediakan fasilitas-fasilitas yang nyaman untuk para pesepeda.

Salam Gowes.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar