SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Bersepeda Sehat Di Tengah Pandemi


  
Ayo-Gowes-Sepedamu
Ayo Gowes Sepedamu


Semenjak pandemi mewabah, banyak aktivitas fisik yang berkurang atau minimal dikurangi. Namun sejatinya ras manusia adalah ras pembelajar dan mampu belajar serta bertahan dalam melewati tantangan yang ada. Begitupun juga sekarang, meskipun wabah C-19 belum mereda benar, vaksin masih diteruskan penelitian dan pengembangannya. Tapi aktivitas kehidupan harus terus berjalan.

 

Setidaknya untuk olahraga fisik demi meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan penyakit tetap perlu dilakukan. Sepeda adalah olahraga yang sedang booming sekarang. Sisi positif dari hadirnya pandemi membuat segelintir orang yang terlibat dalam industri sepeda dapat bernafas lega. Harga sepeda sempat melonjak naik. Ya iya lah secara permintaan melebihi penawaran (yang berminat memiliki sepeda lebih banyak daripada ketersediaan sepeda itu sendiri)  mau tidak mau akan membuat harga semakin naik.

 

Untungnya saya sendiri sudah memiliki sepeda sejak beberapa tahun lalu dan saya biarkan saja mangkrak begitu saja tidak terpakai di gudang. Alhasil olahraga pingpong dan senam setiap jumat di kantor berangsur-angsur digantikan dengan bersepeda solo (sendirian).

 

Sampai hari ini sebelum mengikuti webinar yang diadakan BloggerCrony bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, saya sendiri belum paham benar bersepeda sehat ditengah pandemi. Sebatas manfaat bersepeda paham tapi demi mendengar langsung dari ahlinya menjadi berbeda. Berikut catatan saya selama mengikuti webinar kemarin.

 


Tips Aman Bersepeda di  Era Pandemi. 

Azwar Hadi Kusuma, dari Komunitas Id Folding Bike, komunitas pengguna sepeda lipat seluruh Indonesia yang sudah terbentuk dari tahun 2007 dengan anggota  sekitar 50 ribu, memberikan beberapa catatan bahwa selama pandemi dari segi perilaku komunitas yang ia pimpin sendiri mengalami perubahan, setidaknya dengan menghindari untuk mengadakan acara-acara besar yang mengumpulkan orang banyak. Sebelum pandemi berlangsung ia sendiri terakhir mampu mengumpulkan sekitar 1800 peserta di Palembang. Namun berbeda di tahun ini, komunitas hanya melakukan kegiatan secara virtual, menggunakan aplikasi yang mencatat kilometer bersepeda.


WEBINAR_SEPEDA_SEHAT
WEBINAR_SEPEDA_SEHAT

 

Dalam bersepeda yang baik dan benar selama pandemi Om Azwar Hadi Kusuma  memberikan beberapa Tips  berikut diantaranya : 

Persiapan sebelum sepedaan.

  1. Pastikan bahwa kondisi tubuh sehat dan bugar. Jangan sekali-kali memulai sepeda dengan kondisi tubuh yang tidak fit.
  2. Rencanakan  rute gowes yang aman dan tidak terlalu ramai. Demi menghindari paparan C-19
  3. Atur waktu bersepeda yang tidak ramai seperti pagi hari. 
  4. Gunakan pakaian yang tertutup seperti topi, baju kaos lengan panjang gunakan celana panjang  ini bermanfaat untuk menghindari droplet juga.
  5. Siapkan perlengkapan keamanan sepeda. Pastikan juga rem sepeda di cek agar bekerja dengan baik begitupun dengan kondisi roda.
  6. Siapkan masker cadangan, handsanitizer, air minum dan gunakan botol berpenutup

 

Penting Dilakukan Sewaktu bersepeda.

  1. Usahakan gowes mandiri atau kelompok kecil dengan jumlah maksimal 5 orang. Bersepeda dengan keluarga sendiri biar memastikan aman dan benar terbebas dari covid.
  2. Gunakan perlengkapan sepeda seperti helm, kacamata dan masker agar terhindar dari droplet dan keselamatan selama sepeda tetap terjaga. 
  3. Menjaga jarak aman antara sepeda depan, belakang maupun samping. Usahakan jangan terlalu berada di garis lurus dalam bersepeda, posisi zigzag lebih baik mencegah agar droplet dari sepeda depan tidak mengenai yang berada di belakang.
  4. Lakukan olahraga sepeda dengan intensitas ringan sampai sedang. Jangan dipaksakan dan terlalu memaksa dalam bersepeda.
  5. Tetap patuhi rambu rambu lalu lintas dalam bersepeda.
  6. Sebisa mungkin hindari sosialisasi atau istirahat makan dan minum bareng-bareng. .

Ketika selesai bersepeda dan sudah tiba dirumah, hindari kontak langsung dengan orang rumah. Usahakan langsung menuju kamar mandi bersih-bersih badan dan langsung pisahkan dan cuci pakaian kotor selepas bersepeda.

 


Yang diingatkan Om Azwar Hadi Kusuma bukan hal baru dan bukan hal sulit sebenarnya tinggal kita konsisten dalam menjalankannya dan semoga dijauhi dari sakit penyakit dan tetap sehat dan mendapatkan manfaat dari bersepeda. Gitu kan ya.

 

Bijak Bersepeda.

Mengaminkan semua perkataan Om Azwar Hadi Kusuma, yang menjadi narsumber selanjutnya adalah Om Poetoet Soedarjanto beliau adalah Ketua Komunitas Bike to Work, pelopor komunitas sepeda di indonesia.

 

Bike To Work sendiri ia tekankan sebagai bukan komunitas biasa tapi sudah lebih dari itu menjadi semacam social movement. Bukan hanya pekerja kantor yang bisa gabung. Tapi semuanya, siapa aja yang punya sepeda dan menjadikan sepeda sebagai alat mobilitas sehari hari dengan sepeda merek apapun. 

 

WEBINAR_SEPEDA_SEHAT
WEBINAR_SEPEDA_SEHAT

Diatas Sepeda kita diajak bijak, kapan harus mengerem diri atau kapan harus menjaga keseimbangan. Iya, menjaga keseimbangan agar tidak kebablasan.

 

Mengayuh, mengerem dan menjaga keseimbangan adalah ini filosofi sepeda dalam kehidupan. Dengan bersepeda kita sebenarnya sedang diajak untuk mengenali sepeda, mengenali diri kita sekaligus mengenali  lingkungan.

 

Ia juga memberikan saran agar tetap prima dalam bersepeda, sebelum bersepeda sebisa mungkin pastikan kita sudah mengetahui hal-hal berikut terlebih dahulu :

Rute yang akan ditempuh, seperti jarak yang akan ditempuh, tanjakan dan turunan, kondisi jalan (lubang dan rusak) area padat, rawan lalulintas, rawan kriminilitas (persimpangan, motor yang melawan arus, kendaraan motor yang ngebut dll) 

 

Hafal dan ingat Lokasi penting, seperti pos polisi, pos kesehatan dan bengkel. Tidak hanya buat kita saja tapi ketika orang lain menemui kendala. 

Webinar_Sepeda_Sehat
Webinar_Sepeda_Sehat

 

Pastikan selalu berfikir dan bertindak bijak.

  1. Tidak membuat  diri kita celaka dan diri orang lain celaka, kenali diri dengan baik, kebugaran kita seperti apa  kemampuan kita seperti apa.  Jangan lupa patuhi aturan lalu lintas dan waspada terhadap tindak kejahatan.
  2. Hargai dan hormati pengguna jalan yang lain. 
  3. Tidak menularkan dan tidak tertular covid 19 dengan melaksanakan  protokol kesehatan dengan ketat.

 

Waspada Dehidrasi, perhatikan asupan cairan tubuh. Konsumsi air mineral sebanyak  150-300 ml,  10-20 menit sebelum memulai kativitas bersepeda.

Jangan menunggu haus untuk minum ketika bersepeda.

Usahakan mengkonsumsi air satu setengah kali banyak cairan tubuh yang keluar menjadi keringat. Tapi ini kembali lagi tergantung kepada tubuh masing-masing dan konsultasikan dengan dokter ahli ya (bagi yang memiliki masalah dengan dehidrasi).

 

Terakhir sebelum menutup perbincangan webinar hari ini Om Poetoet Soedarjanto, Ketua komunitas bike to work memberikan penegasan bahwa sejatinya “bersepeda yang benar sejauh apapun tidak akan menimbulkan sakit. Yang ada hanya rasa lelah dan akan hilang kalau istirahat dan tidur sebentar. Kalau timbul sakit pasti ada masalah, baik dengan sepeda atau cara kita bersepeda.”

 

Kesimpulan Dan Penutup

Jadi sudah semakin tahu kan bagaimana bersepeda sehat selama pandemi. Dan tidak menjadi khawatir selama bersepeda. Jika semua dilakukan dengan baik dan benar, setidaknya manfaat sehat dalam bersepeda didapat sekaligus aman dan selamat selama berkendara sepeda.

 

Terimakasih BloggerCrony dan Kementrian Kesehatan untuk webinar sehatnya.

 

Salam Gowes.


Webinar_Sepeda_Sehat
Webinar_Sepeda_Sehat


Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

18 komentar

  1. Untunglah ya di.promkes mengadakan webinar edukasi cara bersepeda yang sehat..karena bersepeda kan jadi trend kekinian cuma karena ini masa pandemi ya teteup harus patuhi prokes

    BalasHapus
  2. Semoga pandemi segera berakhir deh ya supaya kita bisa bersepeda dengan nyaman kayak dulu. Kalau sekarang bersepeda beberapa sih patuh prokes tapi banyak yang engga jadi agak ngeri juga sebenarnya..

    BalasHapus
  3. bener nih, kadang masih ada yang bersepeda di masa pandemi ini hanya ikut-ikutan. terus protokol kesehatannya abai, apalagi kalau di jalan raya suka semaunya. suka gemes sendiri sih sama yang kaya gini. emang cuma oknum yang begini mah.

    BalasHapus
  4. Sekarang bersepeda menjadi salah satu alternatif supaya kita tetap dapat berolahraga agar badan selalu fit, dan pastinya agar tetap aman pastikan berkelompok minimal 5 orang ya kak. Untuk menghindari hal hal yang nggak diinginkan apalagi udah ada pesepeda menjadi korban tindak kejahatan

    BalasHapus
  5. benar sekali ya kak di masa pandemik ini olahraga itu penting dan dalam kondisi tubuh sehat, dan usai berolahraga jangan langsung mendekati keluarga melainkan istirahat sejenak sebelum membersihkan diri

    BalasHapus
  6. Trend olahraga itu bermacam macam ya mas. Dan sekarang bersepeda menjadi trend di masa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak, sebel deh teman-teman pada bisa sepedaan sementara saya nggak bisa

      Hapus
  7. ihh enaknya ikut seminar mengenai bersepeda kak wkwkwk, aku sepedanya rusak, lagi mau nabung untuk bisa beli sepeda lagi.

    BalasHapus
  8. betul sekali kak, dimasa pandemi seperti saat sekarang ini memang harus rajin berolahraga. dan olahraga yang sangat simple ya dengan bersepeda gini ya kak, jadi pengen belajar naik sepeda nih

    BalasHapus
  9. Sepakat dengan tips2 bersepeda di masa pandemi. Jangan sampai kegiatan bersepeda justeru menurunkan imunitas, karena cara bersepedanya salah atau tidak tepat. Misalnya terlalu memforsir tenaga yg berlebihan, akhirnya malah ngedrop.

    BalasHapus
  10. bersepeda tidak akan meninggalkan rasa sakit ya bang, hanya sakit pada betis eh. seneng bgt ya nyalurin hobi dan bisa bikin badan pada sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pemanasannya cukup biasanya nggak akan sakit betis juga Kak. Sama perhatikan jarak tempuh. Harus diperhatikan supaya tidak melampaui kemampuan tubuh kita.

      Hapus
  11. IYes bang, sekarang kalau mau gowes amannya memang maksimal 5 orang. itu pun lebih baik lagi kalau ke semuanya adalah anggota keluarga.
    Semoga pandemi segera berakhir ya, biar gowes lebih seru lagi karena banyak club gowes yang bisa kolaborasi.

    BalasHapus
  12. Mantap. Bersepeda ini kayaknya cocok dijadikan sebagai gaya hidup yang rutin dilakukan sih. Karena manfaatnya banyak banget. Ya gak bang??

    BalasHapus
  13. Makin mupeng pengen segera bisa bersepeda. Etapi belum bisa juga. Masih ada bayik

    BalasHapus
  14. Kalo bike to work gitu berarti harus bawa baju ganti gak ya kak? Kan selama bersepeda keringetan tuh pas udah nyampe kantor

    BalasHapus
  15. Nah bener nih, bijak bersepeda. Di tempatku, banyak yang bersepeda tapi sayangnya saat istirahat engga menerapkan social distancing. Yang ada malah jadi ngumpul-ngumpul. Malah jadi bikin takut mau ke luar buat olahraga

    BalasHapus
  16. bener banget sekarang bersepeda menjadi trend, beberapa temenku ada yang bersepeda juga ke kantor, tapi dia lebih banyak bersepeda di hari libur aja kayak minggu pagi.

    BalasHapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih