SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Lari Pagi di Taman Menteng dan Sekitarannya

Taman Menteng


Setelah sebelumnya lari dan jalan pagi di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Sekarang masih main-main di sekitaran Jakarta Pusat namun bergeser sedikit ke arah utara, tepatnya sekitaran Menteng Jakarta Pusat.

Kali ini bermain-main bersama keluarga di Taman Menteng sembari mencoba mengelilingi sekitaran menteng hingga ke Stasiun Cikini Jakarta Pusat.

Memang kalau mengikuti kemauan, pagi ini udara sejuk sepoi-sepoi plus matahari belum menunjukkan sinarnya, antara mager dan mau narik selimut kembali atau memaksa diri agar sedikit bergerak.

Meskipun berat, akhirnya tetap memutuskan memaksa diri untuk sedikit bergerak sembari menemani bocah bermain di Playground yang ada di dalam Taman Menteng.

Sembari mengingat-ingat, Taman Kota BSD sudah pernah didatangi, ya masa iya, Taman Menteng sebagai taman yang terletak di tengah-tengah ibukota kita belum pernah sambangi. Fixed hari ini kita coba kesana.

 

Playground Taman Menteng
Playground Taman Menteng

Selayang Pandang Tentang Taman Menteng Jakarta Pusat

Dari situs https://travelspromo.com/htm-wisata/taman-menteng-jakarta/ terinfokan bahwa Taman Menteng adalah Ruang Terbuka Hijau yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat. Taman ini memiliki luas setidaknya 29.000 meter persegi dan berdiri pada tahun 2007.

Sebelum menjadi Taman Menteng seperti yang saya nikmati seperti sekarang, area ini dulunya merupakan Stadion Sepak Bola Persija. Sedangkan stadion ini sudah ada sejak tahun 1920 dengan nama Voetbalbond Indische Omstreken Sport atau V.I.O.S Veld.

Taman Menteng biasa dijadikan sebagai tempat bermain, rekreasi bersama keluarga, olahraga dan beberapa kegiatan lainnya. Karena di taman menteng untuk olahraga mereka menyediakan lapangan untuk futsal dan basket. Sementara untuk rekreasi dan santai bersama keluarga Taman Menteng menyediakan arena bermain (Play Ground) anak dan bangku-bangku menarik dan ada juga pojok baca disalah sudut Taman Menteng, hmmm semakin serukan.

Ada juga rumah kaca yang biasa di gunakan untuk acara-acara tertentu seperti pameran (infonya) tetapi saya sendiri belum pernah melihat pameran-pameran tersebut secara langsung, baru sebatas melihar fisik bangunan rumah kaca saja.

Lalu untuk fasilita umum lainnya seperti mushola, toilet dan tempat parkir tersedia cukup baik. Yang kurang terawat kebersihannya adalah toilet dan tempat parkir kendaraan. Oh iya, tempat parkir mereka sudah 4 lantai mampu menampung kendaraan cukup banyak. Jadi ga perlu repot dan pusing memikirkan parkir kendaraan kalau ke Taman Menteng.

Parkiran Taman Menteng
Parkiran Taman Menteng


FYI aja, untuk dapat menikmati fasilitas yang ada dalam Taman Menteng tidak dipungut bayaran a.ka gratis dan tidak ada tiket masuk. Taman Menteng sendiri buka setiap hari dari jam 05.00 WIB-22.00WIB.

Untuk taman yang memiliki luas setidaknya 2 hektare dengan sekitar 1000 tanaman dari 30 jenis berbeda, Taman Menteng memberikan kesejukan dengan pemandangan hijaunya dan memberikan sedikit suasana segar bagi Ibukota Jakarta yang penuh dengan polusi.


Hutan Mini Taman Menteng
Hutan Mini Taman Menteng


Tapi memang kalau olahraga di akhir pekan, terasa luamayan segar, selain karena tanaman juga kendaraan yang lalu lalang juga berkurang, tidak padat seperti hari kerja pada umumnya.

Lokasi persis Taman Menteng berada di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta.

 

Olahraga di sekitaran Taman Menteng

Fixed, saya sendiri mencoba mengelilingi sekitaran Taman Menteng, keluar dari Taman Menteng mengambil arah ke kuningan namun berbelok ke arah kiri ke Taman Surapati, mengelilingi satu kali Taman Suropati.

Lanjut kembali ke arah Timur menuju Stasiun Cikini dan kembali lagi menuju Taman Menteng, terasa lumayan jauh, namun tidak aplikasi mencatat hanya sejauh 4 KM saja.

Terbersit rencana jogging lainnya dari Taman menteng ini, bisa mengeliling Mesjid Sunda Kelapa lalu ke sekitaran Latuhar-hari kembali ke Taman Menteng. Atau dari Taman Menteng lanjut ke Gelora Bung Karno sepertinya seru.

Kuylah gerak meskipun sedikit-sedikit biar badan tetap sehat.          


Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar