Selasa, 28 Maret 2017

Selamat Hari Raya Nyepi 2017


Selamat hari raya Nyepi kawan. Indonesia itu terdiri dari 6 agama bukan 5 lagi ya. Dengan masuknya Konghucu genap sudah 6 kepercayaan yang diakui. Dan hari ini adalah hari khusus untuk umat Hindu merayakan Nyepi.

Kalian bayangin demi merayakan Nyepi, pulau Dewata Bali yang mayoritas penduduknya penganut Hindu memberhentikan semua aktivitas rutinnya. Hingga penerbangan ke Bali khusus hari ini tidak ada.

Hal ini mengusik saya untuk mengetahui Nyepi itu apa? Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang diarayakan setiap tahun Baru Saka. Hari-nya sendiri jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera dimana membawa intisari amerta air hidup. Nah, teman-teman umat Hindu melakukan pemujaan suci kepada mereka.

Senin, 27 Maret 2017

Kisah Jim yang membuat dongengnya (Resensi : Kisah Sang Penandai)






Kisah Jim berlanjut dengan berlayar bersama Armada Terapung menuju Tanah Harapan. Iya, dimana tanah yang belum pernah dikunjungi manusia benua lain. Siapa sangka perjalanan Jim rupanya bertemu dengan pembuat dongeng lainnya yang dipandu sang penandai juga.


Ada sahabat yang juga gemar membaca buku mengutarakan bahwa hampir sebagian besar karya Tere membuat Baper (bawa perasaan). Kalau menikmati karya Tere secara berlebihan pastinya akan seperti itu. 

Dan memang dari judulnya saja kalau disimak sudah pasti akan bikin baper, sebut saja Aku, Kau dan Sepucuk Angpao Merah atau Tentang Kamu. Tapi coba simak juga Negeri di Ujung Tanduk atau Negeri Para Bedebah, pasti akan sedikit merubah persepsi kalian. 

Seperti bukunya mas Tere yang saya beli di Gramedia Matraman, bukan tertarik dengan judulnya (yang menurut saya tidak eksotis) atau desain sampulnya (untuk edisi yang saya pegang masih terasa kesan jadulnya).

Lalu pastinya kalian akan bertanya kenapa memilih buku ini? Tau kenapa? Saya hanya melihat halaman testimoni yang membaca, salah satunya adalah wartawan kompas Budiarto Shambazy yang menyatakan Tere Liye berhasil membawa khayal kita ke dunia antah berantah yang penuh kejutan. Atau seorang pengamat ekonomi Faisal Basri menuturkan, saya seumur-umur belum pernah membaca novel sampai habis. Novel yang menakjubkan! Sungguh novel ini sangat menyenangkan hingga ke akhir cerita, jauh dari membosankan dan tidak cengeng.

Sabtu, 25 Maret 2017

Ayo Lapor Pajak SPT Tahunan



 
KPP Tebet Jakarta Selatan
Jadi masih ngga lapor pajak dengan alasan ribet dan sulit, sekarang sudah mudah dan dimudahkan kok. Orang pajak sendiri sudah banyak yang mau membantu dalam pengisian SPT tahunan.
Apa yang terlintas di kepala ketika kata “Pajak” terlintas? Kalau saya sich masih terkesan ribet dan  antrian panjang. Dan harus lapor pajak pula, haduh, bayar pajak udah tertib aja sudah bagus ini disuruh lapor pulak. Enak kali ya kerja orang pajak, sebagai warga yang baik sudah tertib membayar pajak ditambah harus pula melaporkan.  Semoga jangan sampai masyarakat yang  sudah tertib bayar dan lapor pajak,  nanti ada  muncul lagi gayus-gayus lainnya (amit-amit ya).

Memang sich sebagai warga Negara yang baik, sudah sepatutnya membayar pajak dan melaporkannya dan sebagai petugas pajak yang berwibawa melakukan pemungutan pajak serta menerima pelaporan setiap tahunnya. Jangan sampai ada warga Negara yang tidak melaporkan SPTnya karena ribet atau tidak bisa atau alasan lainnya. Jangan sampai juga muncul pegawai-pegawai pajak yang nakal. 

Jumat, 24 Maret 2017

Social Media vs Real World dimata Youtubers Kondang Feri Dikidi.

 
Ferri Dikidi
Silahturahmi bukan di facebook ya, silahturahmi  itu   lebih ke tatap muka ke pertemuan nyata.  Jangan karena di unfrend lalu ujung-ujungnya memutuskan tali silaturahmi.
 
Kalau yang familiar dengan dunia per-Youtube-an harusnya kenal dengan sosok satu ini. Ferri Dikidi, nama Dikidi disematkan karena ia adalah founder dan creatornya. Tahun 2000 Ferri seorang progammer,  cita-cita awalnya menjadi sutradara. Sempat ia menjajal dunia perfilman.

Mulai tahun  2002 dan pada tahun 2005 masuk dunia Advertising. Ferri juga sempat membuat film dan Judul film yang pernah di produserinya “Tak Sempurna”. 

Awal  memulai bisnis dari ruang tamu rumahnya. Baru pindah nyewa ke sebuah ruko lanjut ke rumah dan semakin baik setiap tahunnya. 

Kuncinya displin dan konsisten kunci keberhasilan dari dikidi. Dikidi sendiri muncul tahun 2012. Tahun 2014 sempat di banned.

Dikidi sendiri fokus ke youtube channel dengan sasaran anak muda.

Senin, 20 Maret 2017

Sharing dengan Marischka Prudence di Ngopi bareng Tiket.com


Marischka Prudence, Gaery Undarsa, Nunik Tirta Sari
Ki-Ka Gaery Undarsa- Marischka Prudence- Nunik Tirta Sari

Akhirnya terpilih juga untuk meng-upgrade diri menjadi blogger yang lebih baik lagi, salah satunya dengan menghadiri acara-acara seperti ini. Iya, kali ini sejenak santai sore dan ngopi bareng Tiket.Com. Sebagai salah satu penyedia layanan penjualan tiket, tiket.com sudah tidak asing lagi bukan. Dan ini adalah salah satu upaya mereka selain memperkenalkan program selain menambah wawasan para blogger dan menjaga tali silaturahmi tetap terjaga.

Acaranya dibuat Senin  20 Maret 2017 mengambil tempat di 100 Eatary & Bar, Century Park Hotel. Narasumber yang diundang adalah Marischka Prudence-Host Sobat Jalan #AussieBanget dan Travel Blogger ada juga Gaery Undarsa -Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com. 

Fenomena Putus Asanya Pahinggar Indrawan


Ilustrasi

Sudah selayaknya kasus Pahinggar Indrawan menjadi kasus yang pertama dan terakhir. Dan tidak ada pihak-pihak yang mencari keuntungan dari viral video yang beredar. Semoga tidak menjadi contoh bagi jiwa lainnya yang rentan ataupun di jadikan bahan candaan atau mencari sensasi lainnya
 
Beberapa hari belakangan dunia media sosial kembali diramaikan oleh berita gantung diri Pahinggar Indrawan (35 tahun) pada waktu awal munculnya video viral tersebut sempat sedikit ragu. Ini video beneran atau lucu-lucuan. Kalau bener keterlaluan atau kalau buat lucu-lucuan juga kebangetan (nyawa kok di jadikan bahan becandaan).

Sabtu, 18 Maret 2017

Ini kisah Borno Bujang Berhati Lurus Sepanjang Kapuas (Kau, Aku dan Sepucuk Angpao Merah).





Pertemuan yang membuat jalan cerita semakin rumit dan menarik sedikit. Borno harus mengatur siasat agar dapat bertemu dengan Mei setiap harinya. Berawal dari sepucuk angpao yang tertinggal.

Yess, akhirnya baca lagi karya mas Tereliye. Yup kali ini akan saya bahas buku Aku, Kau dan sepucuk Angpao Merah. Kalau sudah terbiasa dengan karya beliau sedikit gagap juga baca yang lain. 

Tapi baca karya selain mas Tere juga sangat  perlu. Selain menambah wawasan juga penyegaran pastinya.

Ok..ini dia Aku, Kau dan Sepucuk Angpao Merah.

***
Kisah sepanjang Aku, Kau dan Sepucuk Angpao Merah akan berputar sekitar kehidupan Borno sebagai tokoh utama. Borno kecil yang berjuang sebagai anak yang ditinggalkan bapak sedari kecil membuatnya akrab dengan kerasnya kehidupan sungai Kapuas. Sisi positifnya, kerasnya kehidupan tidak merubah Borno menjadi sosok yang keras seturut tempaan jamannya melainkan tetap memiliki hati yang lurus (bahasa kerennya anti main stream).

Kisah bermula ketika sang ayah dipanggil Tuhan, pertemuan itu tanpa sengaja terjadi seolah-olah alam semesta ikut campur tangan. Borno kecil memulai jalan ceritanya,

Sabtu, 11 Maret 2017

Hutan Mangrove PIK, Wisata Alam ditengah Kota Jakarta.


Taman Wisata Alam PIK

Kalau kamu yang tinggal di Jakarta, pengen sekali-kali merasakan hijaunya dedaunan ditemani suara burung dan masih di sekitaran Jakarta. Coba datang ke Wisata Alam Mangrove setidaknya akan menghibur kamu dengan suasana itu. 

Postingan kali ini saya menemukan ide judul dahulu, ketimbang isi tulisan. Dan ide judul terlintas ketika berkunjung langsung ke lokasi wisata  yang masuk dalam wilayah Jakarta Utara. Secara ketika datang langsung, suara deru mesin pesawat yang hendak mendarat di Bandara Soekarno Hatta terdengar jelas. 

Hanya butuh waktu sekitar 50 menit dari pintu Tol Jati Warna terus melalui Tol Lingkar Luar W2 hingga berujung di pintu keluar Pantai Indah Kapuk (PIK). Ikuti marka atau melipir kekiri lepas keluar tol disini kalian akan melihat kemegahan sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Kira-kira 500 meter itu adalah pintu masuk Wisata Alam Mangrove. 

Menurut informasi Google jam buka wisata ini dari jam 07.00 pagi hingga jam 19.00 petang. Dan memang sepengamatan saya, yang tiba dilokasi wisata sekitaran jam 10.00 WIB, belum banyak pengunjungnya dan beberapa cafĂ© makanan didalam lokasi pun belum terlihat buka (padahal akhir pekan loh). 

Senin, 06 Maret 2017

Disiplin Pegawai, Minutasi Perkara hingga keadaan gedung dibahas (Rapat Internal PTTUN Jakarta)

 
Ketua dan Wakil Ketua PTTUN Jakarta
 
Produk peradilan itu adalah putusan. Hakim dituntut Profesional pesan pak Wakil Ketua. Bagi yang bukan Hakim dikenakan juga sanksi tegas jika melakukan maladministrasi.
 
Tepat pukul sepuluh pagi, warga Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta hadir diruang yang biasa digunakan sidang. Bedanya bukan sidang seperti biasanya, hanya rapat rutin yang diadakan setiap bulannya. 
 
Pak Ketua kami, DR. Istiwibowo, SH,MH langsung memberikan dan menjelaskan secara singkat mengenai agenda rapat yang dibahas hari ini. Hal yang dibahas mengenai disiplin pegawai dan beberapa mengenai minutasi perkara yang masuk.
 

Sabtu, 04 Maret 2017

Belajar ngevlog bareng Mba Gina.

Gedung SCTV lantai 14 yang terletak di Senayan City, sudah ramai dihadiri beberapa Vlogger yang siap hadir untuk menimba ilmu dari ahlinya.

Yup, acara kali ini yang digagas Komunitas Tau dari Blogger membahas bagaimana pembuatan Vlog yang baik. Selain narasumber yang memang aktif didunia vlog, Gina Rahmalia juga merupakan penyandang gelar Doktor termuda di Indonesia. Ia sendiri aktif di PT KAI, terlihat hampir sebagian besar Vlog terisi oleh kegiatannya bareng PT.KAI.

Sedikit mulur dari waktu yang harus mulai pukul 13.00, acaranya dihelat sekitaran pukul 13.30 wib. 

Sebelum membahas mengenai teknis pembuatan Vlog, mba Gina membekali sebagian besar blogger yang hadir dengan kemampuan softskills

Menjadi Vlogger itu harus dilingkupi dengan aura dan pikiran positif. Sepertinya mba Gina mencoba menularkan semangat dan aura positif yang dimilikinya. Terlihat dari cerita dan restu yang diberikan kepada Suami yang hendak melakukan perjalanan solo ke beberapa belahan negara menggunakan sepeda.