SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Perdana Tambal Gigi Bocil

Pemeriksaan Gigi Anak

Berawal dari Bocil mengeluh gigi bagian belakangnya sakit. Ia meminta untuk diantarkan ke Dokter Gigi drg. Andria Diarti, Sp. KGA, salah satu dokter gigi dengan spesialis Kedokteran Gigi Anak. Kebetulan setelah kunjungan perdana sebelumnya Bocil sudah merasa nyambung dengan Dokter Gigi Andria ini. Btw Dokter Gigi Andria ini direkomendasikan oleh Dr Anak, Dr Lia, Dokter Langganan kami yang sedari awal sudah rutin melakukan pemeriksaan terhadap kevin. Dokter Lia yang sedari Bocil kecil takut disuntik hingga terbiasa dengan suntuk vaksin yang harus diterima.

Kembali ke Dokter Gigi Andria, setelah mendengar permintaan bocil untuk bertemu dokter Andria, kebetulan kamis pagi ini ia ada praktik, sekitaran jam 10. Setelah membuat janji temu sebelumnya, kami mendapat antrian nomor dua. Kebetulan juga hari ini tidak ada sidang, saya menyempatkan untuk mengantarkan dan menemami bocil memeriksakan gigi bagian belakangnya yang sakit.

Persis sekitaran jam 10, dokter Andria tiba di rumah sakit Sam Marrie Basra Jakarta Timur. Setelah beberes ruangan dan mempersiapkan segala sesuatunya, barulah kami dipanggil masuk. Kami mendapat nomor urut 2, karena nomor urut 1 belum datang alhasil kami dahulu yang diperiksa.


Hampir 2 Jam Konsultasi dan Tindakan di Dokter Gigi Anak

Sepanjang pengalaman saya bertemu dokter gigi, pada pemeriksaan kami ke dokter gigi anak Andria ini yang paling lama, hampir 2 jam, bahkan kalau ditotal dengan menunggu resep dokter persis dua jam. Hal ini bisa terjadi karena dokter andria sendiri sabar mendengarkan celotehan bocil dan berinteraksi dengannya. 5-10 menit diawal ia mendengarkan keluhan bocil yang sakit pada gigi bagian belakang, sudah dua hari dan ia meminta dokter gigi memeriksanya.

Setelah itu dokter gigi Andria memeriksa gigi bocil yang tadi disampaikan sakit, rupanya bagian yang sakit tersebut sakit dikarenakan memang akan tumbuh gigi geraham bungsu. Dokter gigi Andria menunjukkan kepada mama dan bocil bahwa memang pada gusi bagian belakang sudah ada lubang kecil yang didalamnya sudah ada gigi geraham yang siap tumbuh. Ini yang membuat gigi bagian bocil merasa sakit dan sedikit sumeng. Setelah sebelumnya telah tumbuh juga bagian geraham atas, namun bagian atas ini tidak menyebabkan bocil mengeluh sakit.


Pemeriksaan Gigi Anak
Pemeriksaan Gigi Anak


Dan memang sesuai dengan usia bocil yang saat ini enam tahun memang sudah harus tumbuh gigi geraham bungsunya dan biasanya ini juga yang membuat tidak nyaman. Dokter memberikan resep obat oles jika bocil masih merasa gigi bagian belakangnya sakit dan diberikan jika sakit saja.

Setelah menemukan sumber sakitnya, dokter gigi Andria meminta ijin kepada bocil agar gigi geliginya ia bersihkan karena melihat adanya stein pada gigi. Bocil pun merasa tidak keberatan apalagi ia telah mengetahui bahwa sakit giginya sudah teridentifikasi karena gigi baru yang akan tumbuh.

Rupanya gigi bocil tidak bersih sempurna dikarenakan sikat giginya tidak benar juga. Memang selama ini kami sudah mempercayakan bocil untuk membersihkan giginya sendiri. Setelah dokter gigi Andria membersihkan gigi bocil dan menyingkirkan semua sisa makanan yang masih melekat pada gigi barulah diketahui ada gigi yang bolong, dua buah. Ya sudahlah sekalian dilakukan penambalan jika seperti itu. Tindakan ini juga yang memakan waktu lama, melakukan penambalan dua gigi yang berlubang.

Bocil nyaman saja ketika dokter gigi Andria melakukan tindakan penambalan secara karena sudah mengenalnya dan ia juga asyik sembari menyaksikan siaran yutub favoritnya. Setelah selesai dengan penambalan gigi, dokter gigi Andria menyampaikan agar selama satu jam tidak melakukan kegiatan mengunyah/ makan terlebih dahulu hanya sebatas minum air putih saja boleh agar hasil tambalan gigi-nya maksimal.

Saya juga baru tahu bahwa tambalan yang ia lakukan akan tahan hingga gigi geraham bungsu tersebut berganti, setidaknya 4-5 tahun ke depan gigi tersebut akan tanggal dengan sendirinya berganti gigi. Selama gigi geraham tersebut tidak ada masalah lagi maka tidak ada masalah juga dengan tambalan yang dilakukan. Karena pada prisnpinya tambalan tersebut akan mengikat pada gigi, masalah akan muncul ketika gigi yang ada tambalannya tadi kembali berlubang sehingga menyebabkan “pegangan” tambalannya lepas. Dan ini biasanya terjadi karena tidak menjaga kebersihan gigi ataupun cara membersihkan gigi yang tidak benar.


Pemeriksaan Gigi Anak


Alhasil dokter pun memberikan tutorial singkat bagaimana membersihkan gigi yang baik dan benar, sederhanan memang dan mudah untuk dilakukan tetapi bagaimana tetap konsisten melakukan ini yang menjadi pekerjaan terberatnya.

Dan taraa,,, tidak terasa dua jam sudah berlalu, mulai dari konsultasi, tindakan penambalan dan tutorial membersihkan gigi yang baik. Bocil pun masih terbilang aktif dan asyik bertukar cerita dengan dokter. Kami sendiri mulai merasa badan bocil kembali menghangat alias sumeng. Setidaknya menurut dugaan kami, mungkin karena efek mau tumbuh gigi, dan kelelahan karena seharian kemarin ia beraktifitas terlebih cuaca yang sedang tidak menentu, kami meminta saja agar diresepkan obat penurun panas. Sebenarnya kalau dokter anak siang ini praktek biar sekalian tadi menyapa dokter Lia, rupanya ia praktek sore hari, ya sudah kami putuskan untuk berkonsultasi melalui pesan wa saja.

Untuk biaya konsultasi dan tindakan di rumah sakit Sam Marrie memang dapat dikatakan tidak murah tetapi sebanding dengan pelayanan yang diberikan dan terlebih kami juga sudah nyaman dengan dokter dan perawat disana.

Namun untuk pengingat dan catatan bahwa menjaga kesehatan itu jauh lebih mahal ketimbang sakit dan biaya berobat juga tidak murah maka berikut rincian biaya yang kami keluarkan :

Untuk Konsultasi dokter gigi Rp. 230.000,-

Administrasi Rumah sakit Rp. 45.000,-

Tindakan Penambalan @ Rp. 575.000,-

Obat Gel  Rp. 110.000,-

Dan tindakan Pembersihan Rp. 330.000,-

 

Tetap sehat dan tetap semangat dan tetap jaga kondisi fit dimusim panca roba.....

 

 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar