SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Tetap Teguh Dimasa Sulit (Perayaan Minggu Palem GKI Serpong BSD)

 

Kebaktian Minggu Palem GKI Serpong BSD


Tetap Teguh dimasa sulit karena Tuhan beserta kita, pesan awal yang disampaikan sebelum kebaktian dimulai.

Karena minggu ini adalah minggu sengsara Yesus sebelum Ia disalibkan, GKI serpong sebelum kebaktian membagikan daun palem sebagai simbol untuk perayaan sengsara Yesus itu sendiri. Mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Sunyi...

Dilayani oleh Pendeta Yonatan Wijayanto. Hari ini membaca Kitab Markus 14: 1-11 dibawah 3 judul,  rencana untuk membunuh Yesus, Yesus diurapi dan Yesus di khianati.

Minggu ini adalah minggu prapaskah terakhir, dengan  tema yang dihadirkan adalah Tetap Teguh dimasa sulit karena Tuhan beserta,

Pendeta Yonatan Wijayanto  mengajak kita unutk membayangkan jika suatu saat kita pulang kampung dengan kendaraan dan sudah hapal dengan jalan tersebut dan dengan yakin telah mempersiapkannya dengan baik. Namun siapa sangka jalannya sudah berubah, jalannya rusak penuh gelombang dan faktanya  tidak ada jalan menuju kampung kita selain jalan itu. Lalu apakah kita akan melanjutkan perjalanan kita atau tidak?

Namanya juga jalan satu-satunya ke kampung, segala resiko akan diambil meskipun harus memghadapi jalan rusak dengan resiko pecah ban hingga mobil rusak. Semua akan dilakukan demi sampai dikampung halaman.

Pilihan tersebut juga yang diambil ketika Yesus kembali ke Yerusalem, karena Ia tahu kematiannya sudah dekat. Di Yerusalem banyak pembencinya, banyak kaum yahudi yang tidak suka akan keberadaannya.

Namun Yerusalem tetap memiliiki makna tersendiri bagi Tuhan Yesus. Sama seperti jalanan menuju kampung tadi, sekalipun rusak dan berisiko maka segala resiko akan diambil.

Tuhan Yesus tidak memilih mundur tapi tetap berjalan dengan segala resiko kematian yang harus dihadapiNya.  Maka ketika ada wanita yang mengurapiNya dengan minyak mahal dan Ia memaknai sebagai persiapan kematianNya.

Pada bagian ini sumpah sedih banget. Ia yang sudah tahu takdir kematianNa dan tetap maju berjalan menghadapi takdir kematian tersebut.

Demi keselamatan umatNya yang Ia kasihi, demi rencana besar Bapa disurga, Yesus tidak goyah dan ragu untuk tetap berjalan sesuai rencana. Dalam kehidupan kita, seseorang yang beriman seharusnya memiliki semangat yang sama. Tetap percaya dan tetap berjalan sesuai dengan rencana besar Tuhan.

Faktanya situasi hidup yang menantang tidak seperti jalan tol yang bebas hambatan. Kehidupan yang menantang akan memaksa kita untuk berfikir kembali apakah tetap lanjut atau malah berfikir untuk berputar arah. Jangan sampai juga tantangan hidup membuat hidup goyah dan semakin jauh dengan Tuhan.

Jadilah pribadi yang tetap setia berjalan dengan Yesus. Sekalipun menghantar pada perjalanan hidup yang tidak mudah.


Kebaktian Minggu Palem


Kita sudah berkomitmen untuk melangkah berjalan bersama dengan Tuhan, pada saat kita menerima sidi. Jika kita memilih terus untuk melangkah bersama Tuhan, dan memiliki keteguhan iman untuk terus bersama Tuhan, percayalah bahwa Ia akan memampukan kita untuk melewati semua tantangan yang ada.

Jika kita memilih putar balik ketika menghadapi tantangan, ini akan membuat semakin jauh dari Tuhan yang merupakan tujuan awal kita. Maka tetaplah berjalan dan hadapi bersama rintangan yang hadir bersama Tuhan.

Selamat hari Minggu Tuhan Memberkati Kita ....

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar