SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Pengalaman Naik MRT Jakarta

 

MRT-Jakarta


Kemana ya akhir pekan ini. Untuk memilih liburan keluar kota, selain dana terbatas juga membutuhkan rencana setidaknya 2-3 hari sebelumnya. Bahkan ke TMII atau Ancol saja saat ini harus memesan tiket melalui online terlebih dahulu.

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mengisi dan menghabiskan waktu akhir pekan. Hmmm, terlintas cepat di kepala. Mengapa ga mencoba moda trasnportasi MRT. Secara moda transportasi ini yang belum pernah dicoba. Pastinya seru ngajak bocah menikmati MRT terlebih diakhir pekan yang pastinya akan sepi pengunjung, ye kan.

Fixed, kita coba moda transportasi ini.

Sekilas Tentang MRT Jakarta

Dari situs mereka, jakartamrt.co.id, jadi tahu bahwa proyek MRT Jakarta dimulai dengan pembangunan jalur MRT Fase I sepanjang ± 16 kilometer dari Terminal Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia yang memiliki 13 stasiun berikut 1 Depo. Berarti akan ada fase selanjutnya.

Pembangunan jalur MRT Fase I akan menjadi awal sejarah pengembangan jaringan terpadu dari sistem MRT yang merupakan bagian dari sistem transportasi massal DKI Jakarta pada masa yang akan datang. Pengembangan selanjutnya meneruskan jalur Sudirman menuju Ancol (disebut jalur Utara-Selatan) serta pengembangan jalur Timur-Barat.


MRT-Jakarta
Senangnya diajak Mencoba Moda Transportasi MRT 


Pengalaman Mencoba MRT

Kita mulai dengan memesan Taksi Online (Taksol) dari Pasar Gembrong ke Stasiun MRT terdekat yaitu Bendungan Hilir. Awalnya memesan ke Bundaran HI, tapi informasi driver Taksol bahwa stasiun terdekat berada di Bendungan Hilir. Yo wes, dari pada membuang waktu lebih lama di perjalanan, maka diputuskan ke stasiun terdekat saja.

Setelah tiba di Stasiun Bendungan Hilir, tepatnya di depan Sampoerna Strategic, situasi akhir pekan terbilang sepi dari pengguna moda transportasi, maka sempat berinteraksi dengan Satpam yang bertugas di pintu masuk mengenai cara mendapatkan tiket. Kali ini satpamnya persis dengan satpam bank bca, menjelaskannya dengan detil, mengenai cara mendapatkan tiket MRT, sembari memastikan untuk informasi resmi silahkan ke bawah dan menemui petugas loket.


Pemeriksaan Tas di MRT Jakarta
Pemeriksaan Tas di MRT Jakarta


Nah, kalau menggunakan moda transportasi KRL ataupun Trans Jakarta  mengadopsi sistem pembayaran satu penumpang satu model pembayaran. Jadi kalau kita membawa anggota keluarga 3 orang maka ketika naik KRL setidaknya harus memiliki 3 kartu bayar.

Untuk naik MRT, berangkat dari pengalaman KRL sudah mempersiapkan jika model pembayarannya serupa.


Ukur Tinggi Badan
Ukur Tinggi Badan


Setelah selesai mendapatkan informasi dari mas satpam, kami diarahkan untuk turun satu level ke bawah, untuk mendapatkan tiket dan level berikutnya untuk Stasiun MRT. Memang di Stasiun Bendungan Hilir ke arah Bunderan HI dan Sudirman, Stasiun MRT terletak dua level di bawah tanah. Sementara nanti ketika di Blok M hingga Stasiun lebak Bulus Grab berbeda, MRT akan naik ke permukaan. Untuk yang perdana mencoba moda transportasi ini pastinya akan takjub dan berasa keren, ya kayak saya ini. Tapi kalau yang sudah pernah mencoba di beberapa negara tetangga seperti Singapura, pastinya sudah tidak kaget lagi ya.


Menunggu MRT Datang
Menunggu MRT Datang


Tiket MRT

Untuk dapat menikmati MRT kita wajib memiliki tiket. Tiket dapat dibeli pada loket yang tersedia, untuk kartu MRT sendiri mereka banderol seharga Rp. 25.000,- dengan deposit Rp. 0, artinya wajib mengisinya terlebih dahulu.

Lalu model pembayaran berikutnya hampir sama dengan model kartu MRT adalah dengan menggunakan uang elektronik seperti flazz bca, Mandiri dan sejenisnya. Tetapi untuk pembayaran tipe ini, satu kartu untuk satu orang.


Tiket MRT-Aplikasi MRT
Tiket MRT-Aplikasi MRT


Namun Mba-nya juga menginformasikan tiket pembayaran model lainnya dapat juga dipesan/dibayar melalui aplikasi android yaitu aplikasi MRT. Ini lebih mudah dan lebih efesien, karena melalui aplikasi ini, saya dapat memesan tiket lebih dari 1 orang dengan satu kali pembayaran. Plus pembayarannya pun dapat melalui gopay, ovo dan sejenisnya. Jadi melalui aplikasi ini pembayaran lebih dari 1 orang sudah dapat diakomodasi.

Oh iya, untuk tiket Bendungan Hilir ke Lebak Bulus Grab, MRT mengenakan harga satu kali perjalanan sebesar Rp. 14.000,- harga akan berbeda tergantung lokasi awal dan tujuan.


Melihat-lihat MRT yang sedang tidak beroperasi
Melihat-lihat MRT yang sedang tidak beroperasi


Selama di dalam MRT hingga tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab, bocah sangat menikmati perjalanannya melihat sekitaran, bahkan di Stasiun Lebak Bulus ini, sempat juga melihat MRT yang parkir-alias sedang tidak beroperasi. Juga menikmati MRT yang mondar-mandir menurunkan dan menaikkan penumpang.

At the end, menikmati moda MRT di akhir pekan ini terbilang menyenangkan. Berasa liburan tipis-tipis sekaligus mendapatkan pengalaman yang baru dan seru.

Semangat liburan-besok kemana lagi ya…..

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar