SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Selamat HUT Ke 77 Mahkamah Agung RI-Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan (2)

 

YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H

Sebelumnya .... 

Dan bertepatan dengan ulang tahun ke-77 ini, YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H menyampaikan bahwa Mahkamah Agung juga akan meluncurkan dua aplikasi baru, yaitu Aplikasi e-PRIMA atau Elektronik Procurement Implementation Manajemen Acuntability, yang akan membantu dalam pengelolaan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), serta Aplikasi e-BERPADU atau Elektronik Berkas Pidana Terpadu yang akan membantu dalam pelaksanaan penanganan perkara pidana secara elektronik. Pada bagian ini, saya semakin yakin dengan semangat positif perubahan Mahkamah Agung untuk selalu berbenah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan.

 

Pencapaian Mahkamah Agung Republik Indonesia

Untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut Mahkamah Agung mampu mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, sehingga mekanisme pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan Mahkamah Agung ke depannya tidak lagi diterapkan model “pemeriksaan dengan tujuan tertentu” (PDTT) melainkan hanya diterapkan model pemeriksaan terhadap kinerja;

Mahkamah Agung juga berhasil menyelesaikan 100% tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK, yaitu sebanyak 1311 temuan sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2021, keberhasilan ini menjadikan Mahkamah Agung sebagai parameter bagi kementerian dan lembaga lainnya;

Mahkamah Agung berhasil meraih penghargaan BKN Award tahun 2022 sebagai peringkat pertama untuk kategori penilaian kompetensi di bidang pengelolaan sumber daya manusia;

Mahkamah Agung berhasil mendapatkan penghargaan Merdeka Award tahun 2022 atas kategori Program Inovasi Untuk Negeri dari Media Merdeka.com.

Dalam peringatan Ulang Tahun Mahkamah Agung, dilakukan juga penyerahan secara simbolis Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya untuk pengabdian 30 tahun, 20 tahun, 10 tahun, Dwi Windu dan Sewindu. Penghargaan tanda kehormatan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi negara kepada para hakim serta aparatur Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya atas pengabdiannya dalam menjalankan tugas.

Pada peringatan ulang tahun Mahkamah Agung kali ini juga akan dimeriahkan dengan pemutaran film “Pesan Bermakna Jilid 2” sebagai kado istimewa bagi Mahkamah Agung di hari ulang tahunnya yang ke-77. Film yang menggambarkan tentang keteguhan seorang hakim dalam menjalankan tugasnya di tengah tantangan dan rintangan dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Alur cerita dalam film Pesan Bermakna Jilid 2 banyak mengandung nilai-nilai kebaikan yang bisa diteladani oleh para hakim dan apartur peradilan di seluruh Indonesia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun ketika sedang menjalankan tugas-tugas peradilan.


Jalan Pagi Mahkamah Agung RI 2022
Jalan Pagi Mahkamah Agung RI 2022


Pada peringatan ulang tahun ke-77, Mahkamah Agung juga menyelenggarakan jalan pagi bersama pada tanggal 20 Agustus 2022 di seputar lingkar Monas dan kemudian dilanjutkan dengan Pagelaran Seni Wayang Kulit yang dapat disaksikan secara langsung oleh segenap aparatur peradilan yang ada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, serta bisa disaksikan juga secara virtual oleh aparatur peradilan di seluruh Indonesia.

Semua kemeriahan ini adalah persembahan spesial untuk Mahkamah Agung yang saat ini telah genap berusia 77 tahun, dengan harapan Mahkamah Agung ke depannya akan semakin gemilang serta menjadi institusi yang dicintai oleh masyarakat dan bangsa Indonesia.

Terakhir YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H  berpesan kepada aparatur peradilan di seluruh Indonesia agar tetap menjaga kewaspadaan, karena serangan wabah Covid-19 bisa datang kapan saja. Tetaplah selalu menjalan protokol kesehatan dan senantiasa menjaga pola hidup yang sehat agar kita semua dapat terhindar dari penularan wabah Covid-19.

“Dirgahayu Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-77, Mari Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan.”

Pesan lengkap yang disampaikan oleh YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. dibacakan pada upacara di masing-masing satuan kerja dan dapat diunduh lengkapnya di situs Mahkamah Agung.

Saya salinkan ulang pelan-pelan untuk mencerna langsung pesan beliau, mencoba mempraktikkannya, memahami semangatnya dan bangga menjadi bagian dari Mahkamah Agung itu sendiri.

Salam … Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan_Demi Mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung.

Kiranya Tuhan Memberkati Mahkamah Agung dan Jajaran Peradilan dibawahnya

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar