SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Selamat HUT Ke 77 Mahkamah Agung RI-Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan (1)

 

Kemeriahan HUT MARI Ke 77 Tahun 2022


Sabtu-20 Agustus 2022, warga peradilan yang berada di sekitaran Jabodetabek beruntung untuk dapat hadir langsung ikut memeriahkan perayaan HUT Mahkamah Agung RI (MARI) yang ke 77. Iyess, usia MARI memang sama dengan usia republik ini. Semakin tahun semakin bertambah matang dan dituntut untuk terus berbenah dan berubah untuk menjadi semakin baik.

Setidaknya saya berhitung untuk yang hadir sekitaran 500-700 orang, acara yang dimulai pagi hari didahului dengan senam dilanjutkan dengan jalan kaki mengelilingi Monas dan bergembira bersama di pelataran Mahkamah Agung RI, Medan Merdeka Utara-Jakarta Pusat. 

Dalam sambutanya, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H memberikan semangat dan menyampaikan pencapaian-pencapaian yang telah Mahkamah Agung raih.

Terasa sudah bahwa hampir tiga tahun kita semua berada dalam kondisi pandemi, berperang melawan virus ganas bernama Covid-19 dan telah menelan korban hingga jutaan umat manusia. Gelombang demi gelombang silih berganti, melahirkan tragedi kemanusiaan dan bencana sosial di seluruh dunia.


Ketua Mahkamah Agung RI
YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H 

Pandemi Covid 19 adalah salah satu sejarah kelam bagi peradaban umat manusia, namun sekaligus memberikan pelajaran berharga, yaitu tentang bagaimana kita bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan kepada kita. Pelajaran tentang pentingnya saling peduli, saling membantu, saling tolong menolong, dan saling berbagi dengan sesama. Pandemi juga telah menyadarkan kita, betapa lemah dan tidak berdayanya manusia dihadapan mahluk Tuhan yang amat kecil, namun mampu memporak porandakan kehidupan manusia.

YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H  juga menyampaikan bahwa peringatan ulang tahun Mahkamah Agung ke-77  memberikan arti yang sangat penting, karena pada tahun ini, akhirnya bisa merayakan kembali dengan suasana yang lebih meriah. Kemeriahan yang tentunya akan memberikan spirit untuk bangkit kembali, menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Semangat kebangkitan ini sesuai dengan tema yang dicanangkan dalam peringatan ulang tahun Mahkamah Agung kali ini, yaitu BANGKIT BERSAMA, TEGAKKAN KEADILAN.

Semangat untuk bangkit harus terus digaungkan, bukan hanya bangkit dari situasi pandemi, melainkan bangkit dari segala hambatan yang merintangi dalam melakukan upaya-upaya perubahan. SETIAP UPAYA PERUBAHAN HARUS DIMULAI DARI DIRI SENDIRI, KEMUDIAN PERUBAHAN ITU AKAN MELUAS SEIRING KESADARAN DARI SEGENAP APARATUR PERADILAN, KARENA MODERNISASI PERADILAN SEJATINYA DIAWALI DARI PERUBAHAN SIKAP DAN MENTALITAS APARATURNYA. Ini yang harus saya camkan dan catat untuk diri saya sendiri.

Saat ini Mahkamah Agung Republik Indonesia sedang berlomba dengan pesatnya kemajuan teknologi. Jika kita tidak mampu merespons dengan cepat setiap kemajuan yang terjadi, maka akan terlindas oleh kemajuan itu sendiri. Teknologi tak ubahnya seperti medan magnet, yang bisa menghisap dan mengendalikan semua bidang kehidupan, sehingga  dituntut selalu untuk selalu responsif dan tanggap terhadap setiap perubahan yang terjadi, agar mampu menjadi pengendali, bukan sebaliknya, justru menjadi korban dari proses kemajuan zaman.

Bahwa ke depan teknologi akan memegang peranan penting di segala bidang. Sebuah ungkapan mengatakan “Barangsiapa yang menguasai teknologi, maka ia akan menguasai dunia.” Ungkapan tersebut kini mulai bisa dirasakan, karena teknologi sudah merambah ke hampir semua sektor kehidupan, sehingga kita akan dihadapkan pada dua pilihan, “Menjadi bagian dari kemajuan teknologi atau terlindas oleh teknologi itu sendiri.”

Saat ini Mahkamah Agung telah meluncurkan berbagai aplikasi yang menunjang  kinerja aparatur dan pelayanan publik, seperti Aplikasi e-BIMA, Aplikasi e-SADEWA, Aplikasi SISLITBANG, dan banyak aplikasi lainnya sebagai bentuk kreasi dan inovasi dari setiap satuan kerja di Mahkamah Agung maupun badan peradilan di seluruh Indonesia.


Mahkamah Agung RI
Mahkamah Agung RI


Dan bertepatan dengan ulang tahun ke-77 ini, YM Bpk. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H menyampaikan bahwa Mahkamah Agung juga akan meluncurkan dua aplikasi baru, yaitu Aplikasi e-PRIMA atau Elektronik Procurement Implementation Manajemen Acuntability, yang akan membantu dalam pengelolaan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), serta Aplikasi e-BERPADU atau Elektronik Berkas Pidana Terpadu yang akan membantu dalam pelaksanaan penanganan perkara pidana secara elektronik. Pada bagian ini, saya semakin yakin dengan semangat positif perubahan Mahkamah Agung untuk selalu berbenah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan.

Selanjutnya ......

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar