SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Bangga Menjadi Blogger… Ya Haruslah

Komunitas Bloggercrony Indonesia


Apakah harus bangga menjadi seorang blogger, ya haruslah #BanggaJadiBlogger. Mengapa demikian pasti kalian akan bertanya-tanya. Sisi mana dari seorang blogger yang harus dibanggakan.

Iyess, seperti yang kita ketahui  bahwa sampai dengan hari ini blog masih tetap menjadi platform menulis dengan format penulisan dan pengarsipan terbaik. Sebagai sebuah ruang arsip blog punya keunggulan dalam hal kemudahan pencarian “searchable” ketimbang beberapa media sosial lainnya.

Selain itu dengan menjadi seorang blogger yang menulis melalui media platform blog juga dapat memanfaatkan media tersebut sebagai personal branding terlebih saat ini kita sudah berada pada masa digital, semuanya serba online dan berada dalam genggaman.

Kekuatan dari seorang blogger adalah kemampuannya dalam menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan. Iya, tulisan. Dan menulis itu sejatinya tidak semudah yang dibayangkan. Kak Dewi Lestari pernah menyampaikan bahwa sejatinya menulis adalah:

·       Menulis membantu kita berfikir logis;

·       Menulis haruslah  sistematis;

·       Menulis harus efektif;

·       Menulis harus efisien; 

·       Menulis haruslah Imajinatif;

Faktanya, cerita adalah sebuah hal yang paling kita butuhkan dalam hidup ini. Dan kemampuan bercerita adalah apa yang membedakan manusia dengan spesies lain. Sejatinya menjadi seorang blogger adalah menjadi seorang pencerita dengan blog sebagai medianya.

 

Komunitas Bloggercrony Indonesia
Ilustrasi Dok Pri 

Blogger dulu, kini, dan nanti

Namun akan ada yang membedakan blogger dahulu, kini dan nanti. Paradigmanya pun akan perlahan-lahan bergeser menuju sebuah kesempurnaan baru.

Blogger dahulu mungkin hanya dituntut untuk memiliki kemampuan menulis, gaya bahasa hingga bagaimana menarik pembaca untuk betah berlama-lama membaca hingga tuntas tulisan yang kita buat.

 

Sekarang mulai bergeser, tetap dengan keahlian menulis dan menarik pembaca tetapi sudah bertambah dengan kemampuan-kemampuan lainnya. Sebut saja beberapa, kemampuan untuk mengelola media sosial yang baik, mengelola komunitas bahkan beberapa dituntut untuk mampu memiliki jiwa marketing yang  mupuni, paham dengan SEO dan turunannya. Kalau hanya memiliki kemampuan menulis saja, blogger pastinya akan sedikit demi sedikit “terpinggirkan”.

 

Dimasa yang akan datang, blogger harus mau untuk terus belajar, upgrade kemampuan diri untuk dapat bertahan. Kalau tidak, siap-siap untuk direbut oleh profesi-profesi lain.

 

Kedepan seorang blogger setidaknya harus menguasai lebih dari satu bahasa, untuk dapat bersaing di kancah global. Plus memiliki keahlian lain yang menjual, menulis dan kemampuan editing foto akan menjadi sebuah kolaborasi ke depan. Menulis dengan kemampuan videografi plus kemampuan mengendarai drone juga akan semakin dibutuhkan.  Belum selesai disana, seorang blogger dituntut untuk paham dan mengerti tentang “coding”, webdesign, aplikasi android dan aplikasi-aplikasi lain. Menjadi blogger semakin tidak mudah, bukan.

 

Blogger versi diriku

Yang saya suka ketika menjadi seorang blogger adalah filosofi blogger selalu mau untuk terus belajar, kalau tidak untuk menjadi pandai setidaknya paham dan tidak tertinggal akan informasi dan ilmu yang kekinian.

 

Sebab untuk ilmunya sendiri asal mau mencari pastinya akan menemukan. Bergabung dengan salah satu atau beberapa komunitas sangat menguntungkan bagi seorang blogger. Selain menambah pertemanan dan informasi pastinya keilmuan pun akan bertambah karena akan banyak sekali ilmu yang dibagikan ketika masuk dan terhubung dalam sebuah komunitas.

 

Salah satu komunitas blogger yang perduli akan pertumbuhan serta perkembangan kemampuan dan pengetahuan blogger adalah Bloggercrony Community.

 

“Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.”

 

Komunitas Bloggercrony Indonesia
Komunitas Bloggercrony Indonesia 


Beberapa kali saya mengikuti kegiatan positif yang meningkatkan produktivitas  diadakan Komunitas Bloggercrony Indonesia, mulai dari gathering hingga workshop-workshop yang mereka adakan. Salah satunya pada tahun 2016 ketika ramai tentang hoax, Komunitas Bloggercrony Indonesia yang merupakan kumpulan dan bagian dari Blogger Indonesia memberikan workshop tentang Undang-undang ITE bagi Blogger. Lainnya adalah workshop kemampuan mengolah bahasa yang menarik dan sesuai kaidah EYD (pada saat itu).

 

Untuk narasumber yang mereka hadirkan pun meski bukan yang nomor satu tetapi tetap yang terbaik dan sesuai dengan kualifikasi dan keahlian narasumber untuk berbagi ilmu yang dimiliki.

 

Pengalaman mengikuti workshop Komunitas Bloggercrony Indonesia sejauh ini tidak pernah kecewa. Tinggal kemauan untuk hadir dan mengorbankan waktu bersama keluarga diakhir pekan (biasanya) demi menimba ilmu bersama Bloggercrony Community.

 

Satu lagi bagian yang tidak kalah menarik ketika menjadi bagian dari “Bloggercrony” istilah yang disematkan bagi anggota Komunitas Bloggercrony Indonesia adalah sharing job-job yang menghasilkan.

 

Ga bisa dipungkiri salah satu tujuan dari ngeblog itu sendiri adalah menghasilkan uang. Dan ketika menjadi seorang blogger caranya pun akan sangat beragam. Mulai dari postingan-postingan tulisan yang berbayar, iklan yang disematkan dalam blog atau hadir dan mereview sebuah produk. Semua informasi tersebut akan sangat mudah didapat ketika bergabung dengan komunitas blogger.

  

Komunitas Bloggercrony Indonesia, Bloggercrony Community adalah satu komunitas Blogger Indonesia yang perduli dan mau untuk selalu upgrade kemampuan blogger itu sendiri. Tidak berhenti disana, bahkan Bloggercrony, Komunitas Bloggercrony Indonesia, juga mau untuk perduli dan berbagi kepada orang-orang yang terkena musibah dan menyalurkannya melalui anggota Bloggercrony yang berada pada lokasi terdampak.

Pada akhirnya memang sudah seharusnya untuk #BanggaJadiBlogger, menjadi bagian dari Bloggercrony, Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Terimakasih telah diijinkan bergabung menjadi Bloggercrony dalam Komunitas Bloggercrony Indonesia.

 

Media sosial IG/Twitter Komunitas Bloggercrony Indonesia ada di @bloggercrony


Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar