SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Berani Untuk Memulai Usahamu-Inspira Fest 2022 (1)

 

Seminar

Iyes, kali ini waktunya mengisi otak dengan hal-hal positif salah satunya dengan mengikuti seminar. Terlebih karena kita tidak tahu jalan mana yang akan membawa kita kepada kesuksesan, mungkin salah satunya adalah dengan mengikuti seminar dan belajar dari para ahlinya langsung.  Mendengar penuturan langsung dan syukur-syukur dapat mengikuti jejak mereka. Amin.


Beberapa minggu sebelumnya notifikasi di media sosial menginformasikan Inspirafest 2022 yang diadakan oleh Ms. Merry Riana. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan dan kebetulan akhir pekan belum ada jadwal khusus. Yo wes ben ikutlah.


INSPIRAFEST 2022

 

Inspira Fest 2022 menghadirkan kurang lebih 28 Pembicara yang bersedia hadir dan membagikan  pengalaman seputar usaha-usaha yang sudah mereka rintis.

 

Belum lagi quote-qoute dan semangat yang membangun, setidaknya akan membuat tetap semangat untuk yang sedang merintis usaha, menimbulkan keberanian untuk yang baru memulai dan tetap berfikiran positif bagi yang lainnya.

 

“Pandemi tidak akan membuat kita tumbang tapi karena pandemi kita akan berkembang dan bertumbuh lebih baik lagi” Ms Merry Riana, demikian ia membuka seminar inspirafest tahun ini.

 

BUILD YOUR FIRST MD COMPANY

Fyi, tulisan ini saya rangkumkan dari hasil seminar yang saya ikuti, demi merangkum ide dan sharing mereka, beberapa saya menuliskan dari mana beberapa terlewat pengusaha yang membagikan ide dan pemikirannya, tetapi tetap mencatat ide-ide yang dibagikan.

 

Membangun usaha MD (Million Dollar) kira-kira seperti itulah yang menjadi tema tahun 2022. Tahukan UKM, bukan Usaha Kecil dan Menengah etapi Usaha Keren penghasilan Milliaran.

 

Seorang pengusaha adalah seseorang yang berani dari mengubah ide menjadi eksekusi yang pada akhrinya menjadi sebuah lapangan pekerjaan.

 

Bahkan Motivasi dan inspirasi  saja tidak cukup, meskipun Itu modal awal. Tetap pada akhirnya eksekusi, Tindakan tetap diperlukan untuk menjadi berhasil dan sukses.

 

Motivasi saja tidak cukup tetapi harus menjadi CEO, apa lagi itu CEO;

Clarity,  kejelasan, mengetahui bisnis yang kita jalankan hendak dibawa kemana, lalu apa yang ditajamkan (fokusnya). Kejelasan itu penting.

Endurance, ketangguhan. Belajar ketangguhan dari yang telah mengalami asam garam dan kita dikuatkan dari kisah mereka.

Open Mind, buka pikiran. Pelajari cara-cara baru mau untuk berkolaborasi dan menerapkan strateg-strategi baru.

 

Ga bisa dipungkiri bahwa semua bisnis membutuh transaksi tetapi bisnis tidak sama dengan transaksi.

 

Mencatat


Jadi bisnis adalah tentang:

  1. Pelanggan yang puas. Ini adalah fundamental sebuah bisnis. Kalau pelanggan puas akan memiliki implikasi
    • Akan ada orang yang memakai produk kita jual.
    • Akan ada yang membeli produk yang kita tawarkan.
    • Akan ada yang mempromosikan produk kita.
  2. Tim yang solid. 360 derajat, memiliki atasan, bawahan, teman yang memiliki visi dan misi yang sepaham sangat penting untuk keberhasilan. Terlebih Tim yang dapat mengambil putusan penting meskipun tidak ada pengawasan atasan ataulun pimpinan

 

IT’S NEVER TOO LATE TOO START

Tapi banyak dari kita yang suka berkelit, ah sekarang mah waktunya sudah lewat. Sudah terlambat untuk memulai.


CEO Go Play,  Edy Sulistyo berujar, Waktu sudah lewat, kesempatan sudah lewat. Oh TIDAK, asalkan  jeli, selalu ada kesempatan yang unik sesuai kebutuhan market.

 

Ketika orang banyak hilang pekerjaan dan memilih untuk menjadi content creator.  Ini awalnya yang nejadi ide untuk membuat live streaming go play.

 

Pandemi memunculkan ekonomi baru, content creator. Ini menjadi sebuah peluang baru kedepannya.

 

KALAU INGIN MENDAPAT IDE TERBAIK HARUS MEMBUNUH RIBUAN IDE BAIK, STEVE JOB.

 

Beruntung kita lahir dan dibesar di Indonesia negara dengan banyak masalah. Dan disinilah kesempatan kita untuk menjadi bagian dari solusi.  Bahkan pegawai-pegawai dibayar/ digaji untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang hadir.  

 

Beberapa pengusaha memilih untuk memiliki satu jenis usaha namun fokus dibidang itu saja dan beberapa lainnya memilih untuk menekuni beberapa jenis usaha. Yang manapun sah-sah saja.

 

We are what we consume, jika kita selalu mengikuti konten negatif dan hoaks pasti akan menjadi orang-orang yang berfikiran negatif.

 

Perhatikan stage kita berada dimana, jika baru memulai. fokus dahulu menjadi pilihan menarik sementara ketika sudah berkembang baru mulai bisa untuk memikirkan diversifikasi.

 

Ketika memulai bisnis harus siap susah. Kegagalan adalah makanan sehari-hari. Kegegalan menjadi semangat. Pesannya adalah ga boleh takut gagal,

 

Bisnis bukan beearti harus merampok tapi harus cuan. Bisnis harus menjadi berkat bagi orang lain.

 

MARKETING ZAMAN NOW VS ZAMAN OLD

Bahkan dalam pertemuan tahun ini juga membahas perbedaan Marketing jaman Now vs Jaman Old. Marketing jaman dahulu bicara mengenai produk, lalu berlanjut bermain di diferensiasi produk, kalau sekarang sudah bergeser ke story/ pengalaman dari pengguna.

 

Eg. Dulu ada radio sekarang ada podcast. Sama-sama menggunakan hanya mengandalkan suara dengan media yang telah bergeser. Namun demikian untuk yang menekuni podcast harus belajar dari mengenal radio dahulu lalu berkembang dan mengembangkan diri melalui podcast.

 

Marketing Zaman Now dituntut untuk pintar-pintar mencari relevansinya produk dengan target market usaha kita.

 

Halaman Selanjutnya 

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar