SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Jangan Sepelekan Masalah Psikis Yang Kamu Alami

Jangan Sepelekan Masalah Psikis Yang Kamu Alami


Masih teringat jelas, salah seorang pemimpin jemaat di sebuah gereja beberapa waktu lalu, bagaimana ia sempat mengalami burnout. Iya burnout,  ia mengalami keletihan/kelelahan yang tidak biasa. Secara definisi burnout adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa stress serta mengalami kelelahan  secara emosional dan secara fisik. Biasanya seseorang yang merasa burnout akan merasa stress dengan pekerjaannya. Menjadi lelah dan membenci pekerjaannya, burnout juga dapat menyebabkan seseorang menjadi perfeksionis dan merasa pesimis.

Sebagai seorang pemimpin jemaat yang pastinya tingkat kerelijiusan sudah mupuni masih dapat terkena burnout sehingga ia pun akhirnya memutuskan untuk berkonsultasi dengan mengujungi psikiater. Karena ia sendiri yakin, burnout yang ia alami tidak dapat selesai dengan sendirinya dan membutuhkan pertolongan dari orang yang ahli.

Sekaligus sebagai pesannya, ia berujar, bahwa mengunjungi psikolog bukan berarti seseorang mengalami sebuah penyakit kejiwaan yang parah (baca : sakit gila), sebab masih banyak yang enggan untuk mengunjungi psikolog dan bertahan dengan keadaan psikis yang tidak nyaman. Mengunjungi psikolog sebagai seorang yang ahli akan membantu kita untuk keluar dari kebuntuan pikiran, stress atau apapun yang berhubungan dengan kejiwaan yang menyebabkan kualitas hidup menjadi menurun dan tidak maksimal.

5 Personality Penyakit Psikis Yang harus Kalian tahu.

Tidak hanya burnout saja masih ada beberapa penyakit psikis yang sering kita alami namun abai untuk berkonsultasi dengan ahlinya, ini dia lima personaliti yang berhubungan dengan psikis :

1.       Panik

Sebuah hal yang dirasai oleh seseorang sebagai suatu keadaan dimana terjadi ketakutan yang intens, disertai dengan gejala somatik seperti keringat dingin, berdebar, nyeri di dada, sesak napas, diare dan lainnya. Serangan panik biasanya terjadi tidak berlangsung lama, sebab jika terjadi terlalu lama maka bukan serangan panik tetapi lebih ke penyakit organik seperti penyakti jantung. Personaliti Panik adalah orang-orang yang mudah terserang panik. Orang Personaliti panik biasanya akan bekerja dengan tingkat ketegangan yang hebat karena khawatir akan serangan panik yang berulang. Personaliti panik biasanya sering murung, cemas dan insomnia.

2.       Depresi

Sikap yang pesimis terhadap masa depan, perasaan tidak memiliki harapan, perasaan merasa berdosa dan putus asa adalah sebuah personaliti depresi. Namun berbeda, antara penyakit depresi dengan personaliti depresi, pada penyakit depresi belum tentu memiliki personaliti depresi pun sebaliknya personaliti depresi tidak serta merta menderita penyakti depresi, maka itu diperlukan orang ahli dan berpengalaman untuk melakukan penilaian ini.

3.       Paranioa

Personaliti dari orang-orang yang mempunyai kepercayaan yang aneh, yang salah namun tidak mau diluruskan. Biasanya  curiga berlebihan kepada orang lain, sering merasa digunakan oleh orang lain. Menyalahkan kegagalan-kegagalan yang ia alami kepada orang lain, cenderung lebih sensitif, emosional dan mudah cemas. Personaliti Paranoia ini juga biasanya kurang percaya diri dan kualitas hidup  yang menurun serta sering terkena depresi.

4.       Hipokondriasis

Sebuah personaliti dimana penderitanya terus-menerus mengeluh akan kesehatannya yang buruk, meskipun kenyataannya ambang sakitnya yang rendah. Personaliti Hipokondriasis akan merasa cemas dan terlalu terpukai dengan gejala yang ada pada tubuhnya. Kecemasan ini yang dominan dialami. Kecemasan-kecemasan yang berlebihan inilah yang pada akhirnya membuat hidup tidak efektif.

5.       Neurosis

Dan Personaliti Neurotik adalah kombinasi yang buruk dari berbagai trait seperti orang yang sering merasa bersalah, inferior, terlalu banyak khawatir, terlalu ingin sempurna, tidak efesien dan tidak bahagia. Alhasil orang dengan personaliti Neulitorosis akan hidup dengan kualitas yang buruk, cemas dan depresi secara kronik. Dan diperkirakan 2 dari 10 orang menderita personaliti Neurosis baik dalam tingkatan sedang hingga berat.

 

riliv Solusi Masalah Psikismu.

Seperti yang saya sebutkan diatas, penting untuk berkosultasi dengan para ahli mengenai permasalah psikis yang sedang dialami. Berkonsultasi dengan psikolog sedari awal sangat dianjurkan agar tidak berdampak atau berefek panjang kemudian hari. Dan riliv memberikan solusi tersebut.

Terlebih dalam masa pandemi kunjungan ke klinik, dokter atau apapun sebisa mungkin dihindari. Konsultasi melalui online menjadi pilihan menarik dan riliv memahami kebutuhan tersebut. Tetapi biasanya yang berbau-bau on line akan mahal atau harga yang disembunyikan. Tapi tidak di riliv semuanya terbuka sedari awal, sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Tidak hanya konsultasi yang dapat dilakukan secara online, salahsatunya coba riliv hening, aplikasi meditasi online yang membantu kita untuk dapat menjalani hidup lebih tenang, rileks dan bahagia. Ga pakai ribet, duduk, dengar dan rasakan damainya. 10 menit sehari melakukan meditasi online melalui riliv akan membantu untuk mengontrol stres, cemas dan overthinking yang berujung kepada sistem kekebalan tubuh yang baik dan hidup yang berkualitas.

Salam Sehat

 

Sumber Rujukan

Apa itu Burnout? – Psychology (binus.ac.id)

10 Penyakit Psikis (konselingindonesia.com)

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar