SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Pentingnya Memperhatikan Media Promosi Untuk Memasarkan Bisnis

Cara Memilih Media Iklan untuk bisnis


Thanks God, PPKM sudah kembali turun dari posisi Level 4, turun ke 3 sekarang sudah berada di level 2, untuk Jakarta dan sekitarnya sudah dapat sedikit bernafas lega. Ingat sedikit ya, tetap dengan protokol kesehatan yang harus super ketat. Karena tidak dapat dipungkiri Covid 19 belum selesai dan sudah saatnya kita harus hidup berdampingan dengan Covid.

Sudah banyak yang kita korbankan untuk dapat berada di level ini, harapannya terus turun ke level 1 dan dapat bebas dari level-level-an. Semoga keadaan semakin membaik dan tidak terulang ke puncak terendah, dimana korban berjatuhan, tenaga medis kewalahan, pembatasan aktivitas, perekonomian yang ambruk.

Ah sudahlah, hayuk kita coba tata kembali dan bangkit.

Keadaan sudah mulai membaik, ekonomi mulai bangkit dari keterpurukkannya, coba kembali menata usaha dan bisnis yang pernah ditekuni. Salah satu cara untuk bangkit dan mengenalkan kembali bisnis kita ke publik adalah dengan memasarkannya, agar konsumen tahu bahwa usaha kita masih ada dan bertahan.

Dalam memilih media iklan untuk bisnis dan usaha, terlebih setelah melewati masa pandemi, tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ada cara memilih media iklan untuk bisnis. Kita dituntut harus super selektif agat tercapai efektifitas dan efesiensi nantinya.

Perhatikan segmen pasar dari produk kita, penting untuk mengetahu media iklan apa yang akan digunakan nanti. Mempertimbangkan kemampuan budget juga harus diperhatikan agar tidak kebobolan, jor-jor-an dalam beriklan tidak sebanding dengan manfaat yang didapat.

Sesudah mengetahui segment produk dan budget yang hendak kita keluarkan maka cari tahu  akan menggunakan media promosi seperti apa, efektif mana baik itu online ataukah offline.

Lalu sedapat mungkin rancang materi iklan sesuai dengan kemauan dan kemampuan budget. Namun jangan lupakan juga adanya jasa periklanan, dengan tim yang jasa periklanan miliki biasanya akan lebih efektif untuk mencapai target bisnis kita dan media promosi mereka juga sudah sangat banyak dan bervariasi serta dapat diandalkan. Tinggal pilih mana yang cocok dan sesuai dengan budget bisnis kita.

 

cara memilih media iklan untuk bisnis

Media Iklan Untuk Bisnis.

Sesudah kita mengetahui segmen produk, kemampuan budget dan merancang serta berdiskusi dengan jasa periklanan, perhatikan juga media promosi yang akan digunakan. Kembali lagi media promosi yang digunakan akan menyesuikan dengan harga yang dikeluarkan.

Berikut media promosi yang harus kalian tahu untuk dapat memasarkan bisnis :

  • Media Cetak, dahulu dan hingga sekarang media cetak selalu menjadi pillihan menarik, tidak melulu koran atau surat kabar, media cetak dapat juga berbentuk flyer, banner, poster, brosur dan pamflet. Melalui media cetak kita harus tetap dapat berkreasi sekreatif mungkin agar menarik dan memancing masyarakat  untuk mencoba dan mencari tahu tentang produk dan usaha  kita.
  • Media Radio, ini salah satu media yang tidak lekang oleh waktu, karena pendengar radio tidak sedikit, ada yang mendengarkan radio ketika bekerja atau ketika santai bahkan beberapa sembari mengendarai kendaraan. Biasanya radio digunakan untuk menyasar target pasar lokal.
  • TV Advertising, selain radio tempat lainnya yang menarik untuk meletakkan iklan adalah televisi. Namun tidak dapat dipungkiri media telivisi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi dampak beriklan melalui televisi juga sangat banyak, mengingat hampir semua keluarga memiliki minimal satu televisi di rumah.
  • Video Advertising,  tidak jauh dengan media televisi namun media ini menggunakan media video dan kebanyakan (sekitar 85%) generasi millenial tertarik dengan media video. Tentunya dengan kemasan dan gambar-gambar yang menarik.
  • Email dan Mobile Advertising, karena sekarang zaman sudah beralih ke penggunaan teknologi informasi. Ditambah sebagian besar orang penduduk di kota-kota besar sudah pada memiliki smartphone, jangan sepelekan media promosi melalui  email dan mobile.

Semua media iklan untuk memasarkan bisnis patut dicoba, sebab kita tidak tahu mana yang akan membawa keberhasilan. Namun kembali lagi disesuaikan dengan kemampuan dan segementasi produk yang hendak di pasarkan.

Tetap sehat dan kembali produktif dan tekun untuk menggeluti usaha, percaya Tuhan sudah menyediakan yang terbaik. Tinggal kita yang harus berupaya memilih dan mengoptimalkan media-media promosi yang tersedia,

Selamat Berusaha.


Sumber gambar dari Pixabay 

Marketing Strategy · Free Stock Photo (pexels.com)

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

30 komentar

  1. Menurut saya, media promosi yang paling praktis itu di radio. Orang sambil melakukan apa saja bisa sambil mendengarkan radio kan? O, ya. Apa masang iklan di radio lebih murah daripada di media lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. radio efektif juga tapibga murah juga biaya pasang iklan di radio kak

      Hapus
  2. Emang ya harus pandai melihat berbagai peluang agar produk kita bisa banyak dibeli misalnya dengan memperhatikan media promosi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media promosi bagus dan berhasil akan memberi dampak langsung terhadap penjualan atau produk yang ditawarkann

      Hapus
  3. Betul, sangat penting memilih media promosi yang tepat. Supaya bisnis kita lancar dan banyak orang tertarik order...

    BalasHapus
  4. Aku kangen dengan media radio :) Rasanya sudah mulai jarang mendenganrkan musik maupun beritanya. Kini lebih memperhatikan info online melalui smartphone atau berita di televisi aja. Mesti cerdas memilih media yang akurat dan terpercaya info2nya terutama bidang ekonomi dan bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah seringnya radio kak... sepanjang jalan menuju dan pulang dri kantor

      Hapus
  5. Menurut saya, cara memilih media iklan untuk bisnis mungkin tergantung target pasar. Kalau anak muda, taruh aja di ig/ medsos dengan followers banyak. Kalau orangtua ya di tv atau radio. Hehe.

    BalasHapus
  6. walaupun sekarang sudah eranya digital, tapi nyatanya promosi lewat media offline masih sangat diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih..dan memang tidak bisa ditinggalkan...meskipun kecil..akan selalu ada pasarnya melalui media offline

      Hapus
  7. yes.. apalah arti usaha tanpa promosi. Apalagi sekarang promosi di internet gratis. tinggal belajar strategi dan memanfaatkan semuanya

    BalasHapus
  8. Media TV advertising mulai ditinggalkan nih karena banyak orang sdh malas nonton TV. Today, social media advertising melalui influencers yg sedang booming hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess.. medsos hari ini lebih menarik dan lebih aktif ya pergerakannya ya kak

      Hapus
  9. Wah aku hampir semua media promosi itu pernah kujajal, ada yang murah ada juga yang mahalnya pake banget. Tapi ternyata dari menjajal itu jadi tau mana yang efektif banget dan peluang banyak salenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab.. karena udah pernah pakai jadi tahu mana yg terbaik ya kak andri

      Hapus
  10. Tergantung produk dan jasanya. Saat ini media digital yang sedang mengemuka. Lewat media sosial: IG, FB, TikTok, Twitter lewat jasa ads ataupun influencer....Juga beriklan di blog baik lewat backlink maupun iklan di banner.

    BalasHapus
  11. Setuju. Sekarang sudah banyak media yang bisa digunakan untuk beriklan dan bisa dimanfaatkan buat mengembangkan bisnis. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan bisnis kita sehingga bisa menemukan media iklan yang tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak.. sekarang tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia

      Hapus
  12. Media yang tepat untuk promosi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah usaha. Bukan semata tentang berhasil dikenal dan dipromosikan, namun juga tentang efisiensi dan penggunaan dana yang baik dan maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak... efesiensi dan efektifitas ya kak dan tujuan berhasil tercapai

      Hapus
  13. Alhamdulillah ya Mas akhirnya PPKM sudah mulai menurun dan banyak yang sudah bisa beraktivitas seperti biasa, meskipun tetap ya prokes harus terus disiplin dilakukan. Banyak media yang bisa dipakai untuk iklan bagi para pebisnis. Salah satu yang saya lihat banyak dilakukan sekarang adalah lewat sosmed, seperti IG. Apapun medianya tentu konten adalah The King, ya. Perlu kemampuan copywriting juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. medsos dan copy writing yang sekarang lagi booming2nya ya kak

      Hapus
  14. Mencari media untuk promosiin bisnis memang nggak mudah. Terkadang saya sendiri jiga terjebak nih kka. Hhhehe.bisa dikatakan stagnan kurangnya promosi jg. Sekarang jadi lebih tahu informasinya media untuk promosi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang2 susah ya kak.. mencari yg cock dan sesuai dengan kebutuhan ...

      Hapus
  15. Penasaran deh kak kalau media promosi lewat email. Btw, mereka tahu email kita dari mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia kak... beberapa mendapatkan email dari acara yang kita hadiri atau beberapa ya... semacam random sampling gitu

      Hapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih