SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Kenali Nyeri Pada Otot

 

Nyeri Pada Otot Manusia


Menjaga kesehatan adalah hal yang penting dilakukan pada saat ini. Terlebih pada masa pandemi, selain menggunakan masker, menjauhi kerumunan, menjaga asupan nutrisi, berjemur demi mendapatkan sinar matahari dan olahraga. Nah bagian terakhir ini, olahraga, jika tidak dilakukan dengan benar alih-alih mendapatkan kesehatan, yang ada biasanya akan menyebabkan nyeri pada otot manusia.

Iya, nyeri otot pada otot, ini yang akan hadir jika olahraga tidak dilakukan dengan benar. Maka dari itu penting untuk memperhatikan setiap gerakan dan pemanasan serta pendinginan yang dilakukan sebelum  dan sesudah berolahraga. Penting untuk menghindari cedera otot dan nyeri lebih parah. Melakukan hal yang benar khususnya untuk olahraga berat seperti angkat beban dan ketahanan tubuh.

 

Nyeri Otot dan Penanganannya.

Ngomong-ngomong tentang nyeri otot pada manusia, kondisi ini tidak hanya datang dari olahraga saja. Nyeri otot yang dalam istilah medisnya adalah myalgia, kondisi seseorang merasa nyeri pada bagian otot. Selain olahraga nyeri dapat timbul karena postur tubuh yang tidak benar, cedera otot dan efek samping dari obat. Nyeri otot sebenarnya bukan suatu penyakit namun gejala dari suatu kondisi atau penyakit. Meskipun nyeri otot pada manusia bukan penyakit namun harus tetap waspada, karena bila dianggap sepele bukan tidak mungkin akan berakibat buruk untuk kesehatan.

Gejala umum dari nyeri otot biasanya otot akan menjadi bengkak dan lunak atau otot terasa ditarik, bahkan yang mengalami nyeri otot kronis akan terasa sakit ketika sedang diam ataupun bergerak, jadi serba salah.

Jangan sepelekan nyeri otot terutama ketika mengalami gejala yang parah sehingga menghalangi untuk dapat beraktivitas normal. Atau perlu memperhatikan keadaan nyeri otot dan berkonsultasi dengan dokter ketika nyeri otot berada pada bagian leher yang menyebabkan leher kaku, atau nyeri otot hingga menyebabkan sesak napas, buang air kecil, tidak dapat menelan hingga tidak dapat menggerakan anggota tubuh,

Namun untuk nyeri otot ringan, beberapa hal dapat dilakukan untuk meringankan atau menghilangkan nyeri-nya. Lakukan hal sederhana ini terlebih dahulu mulai dari tidur dan istirahat yang cukup. Kelola stres dengan baik. Istirahatkan anggota tubuh yang terasa nyeri.

Jangan lupa untuk memijat dan melakukan peregangan di bagian otot yang terasa nyeri. Kompres otot yang sakit dengan air hangat atau dingin, hindari mengangkat beban berat, olahraga berat.

Lakukan yoga atau meditasi juga sangat membantu meredakan ketegangan otot yang bermasalah. Terakhir konsumsi obat pereda nyeri ringan.

Namun kalau nyeri otot tetap tidak berkurang atau tidak menghilang bahkan tetap membandel, ada baiknya berkonsultasi ke dokter ahli.

 

Mencegah Nyeri Otot

Untuk nyeri otot yang terjadi karena aktivitas fisik dapat dicega dengan :

1.                     Melakukan olahraga secara rutin agar terjaga kesehatan otot.

2.                     Melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum  dan setelah berolahraga.

3.                     Melakukan peregangan otot sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik

4.                     Konsumsi air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh terutama ketika melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Bahkan ketika sedang beraktivitas dikantor sekalipun seperti duduk terus-menerus sepanjang hari, tetap harus melakukan peregangan, bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalan disekitaran. Setidaknya satu jam sekali melakukan hal ini akan baik untuk mengurangi atau menghindari nyeri pada otot.

Pahamkan sekarang, bahwa nyeri otot bukan sebuah penyakit namun jika diabaikan sangat mungkin akan menjadi sebuah penyakit yang berbahaya. Sebelum semuanya berubah menjadi buruk penting untuk merubah perilaku hidup, seperti pemanasan dahulu sebelum berolahraga, pendinginan setelahnya, jangan lupa peregangan. Postur berdiri dan duduk yang benar jangan sembarangan hingga menghindari cedera otot.

Salam sehat, nyeri otot jauh-jauh-lah 

 

Referensi Tambahan

Gambar dari Close-Up Photo of a Man Having a Neck Pain · Free Stock Photo (pexels.com)

5 Penyebab Nyeri Otot yang Sering Tidak Disadari (anlene.com)

Nyeri Otot (Myalgia) - Penyebab, mengobati dan mencegah - Alodokter


Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

14 komentar

  1. Belakangan ini aku juga ngalamin nyeri otot kak. Karena kelamaan berdiri saat bekerja. Rasanya sakit banget. Sampai-sampai selalu tempel koyo tiap malam. Kayanya emang karena aku jarang olahraga juga. Sepertinya emang harus nerapin gaya hidup sehat

    BalasHapus
  2. wah aku nih suka lupa pendinginan kalau abis olahraga ternyata pentig ya buat mencegah nyeri otot

    BalasHapus
  3. olah raga emang harus rutin. kalo masih baru memulai kembali, biasanya bakal sering nyeri otot, tapi biasanya itu cuma sementara. begitu dosis olah raganya udah normal, tubuh akan menyesuaikan.

    BalasHapus
  4. Beberapa kali saya mengalami nyeri di paha.. biasanya kalau angkat beban secara mendadak. Nah, itu kumat biasanya. Tipsnya boleh banget dicoba nih. Makasih banyak Bang.

    BalasHapus
  5. Terkadang melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan memang terlihat sepele tapi nyatanya memiliki dampak yang krusial

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. penting banget kak.. jangan sampai tidak melakukan pemanasan meskipun sebentar

      Hapus
  6. Minum air putih yang cukup ini kadang Suka abai ya kak sama seperti Saya kalau sudah duduk nonton drakor kelupaan deh, padahal bisa berakibat buruk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget kak.. jangan dilupakan minum air putihnya (yang ini self reminder juga sih buat saya pribadi)

      Hapus
  7. Wah ini, akhir-akhir ini (apalagi pas pandemi), aku tuh jadi kurang banget olahraganya. Selain melebar badannya, jadi kaku-kaku nih badannya, jadi mayan sering kesemutan. Kurang peregangan juga nih kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuylah gerak lagi om arigetas.. biar tetap sehat dan kembali bugar

      Hapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih