Bangkit dan Bertumbuhnya UMKM Melalui Karya Kreatif Indonesia 2020

Karya Kreatif Indonesia 2020
Karya Kreatif Indonesia 2020

Tetap semangat beraktivitas dari rumah saja sampai sejauh ini kan ya. Bagi yang bisa....., sementara untuk yang tidak dapat melakukan aktivitas dari rumah, tetap semangat juga dan jangan kendor protokol kesehatannya.

 

Sementara dirumah banyak hal yang dapat dilakukan, bahkan salah seorang  Blogger Tuban, Jawa Timur menuturkan kegiatan positif dilakukan dirumah selama pandemi.  


Bahkan saya sendiri pernah mengikuti webinar  Kreatif Di Rumah Ala Komika Indra Jegel menuturkan bahwa selama dirumah terkadang ide menjadi buntu. Indra mengakalinya dengan mencari lingkungan yang baru,  keluar dari rutinitas yang membuat ide stuck


Cari layer lainnya, bosan dengan konten you tube yang dibuat gitu-gitu aja, coba buat konten yang berbeda. Bisa coba live IG, FB atau bikin sendiri ga usah ditayangkan langsung. 


Karya Kreatif Indonesia 2020

Seperti saat ini, selain webinar beberapa acara virtual lainnya masih dapat dinikmati seperti Karya Kreatif Indonesia 2020 yang sudah dua kali diselenggarakan, Agustus 2020 lalu diadakan sesi 1 dengan dihadiri setidaknya 28 ribu pengunjung. Bulan Oktober tanggal 7-9 Oktober 2020 diadakan sesi 2 semua dilakukan secara virtual. Coba brosing didumay KKI Virtual 2020 Seri 2 #KKI2020 pasti ramai dan memang harus diramaikan sebagai wujud kepedulian kita terhadap produk-produk UMKM unggulan yang dihasilkan.


KKI Seri 2 yang akan berlangsung pada 7-9 Oktober,  mengusung tema "Sinergi untuk UMKM Digital" Beberapa kegiatan KKI seri 2  menarik untuk diikuti oleh semua lapisan masyarakat. Adapun kegiatannya adalah : Pameran Produk UMKM Unggulan, Pagelaran Karya Kreatif, Business Matching,  Business Coaching, Webinar Digitalisasi UMKM, Edukasi Onboarding UMKM, Workshop Healthy Food.

 

Karya Kreatif Indonesia 2020
Karya Kreatif Indonesia 2020

Penasaran dong,udah ga usah lama-lama, buka hapemu dan kunjungi langsung website karyakreatifindonesia.co.id. Acara ini akan disiarkan di youtube channel karya kreatif indonesia setelah kegiatan selesai.

 

Memang sich fokus terbesar kepada ibu-ibu, wanita untuk mendukung bertumbuh dan berkembangnya sektor UMKM dan juga membeli produk-produknyanya. 


Tata Cara Akses Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020
Tata Cara Akses Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020


Gubernur Bank Indonesia Pak Perry Warjiyo sendiri menuturkan Mari bersama sukseskan Karya Kreatif Indonesia 2020 memajukan UMKM untuk mewujudkan Indonesia maju

 

Semua kegiatan dilaksanakan dalam bentuk virtual namun khusus untuk 18 kantor binaan Bank Indonesia menampilkan display fisik produk yang mereka unggulkan seperti Kantor Binaan Bank Indonesia di provinsi Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, DIY, Tasikmalaya dan beberapa lainnya tentunya dengan ketat melaksanakan protokol kesehatan

 

Ministry Talks.

Selesai dengan speech dari Gubernur Bank Indonesia, Menteri Tenaga Kerja RI, Ibu Ida Fauziyah memberikan beberapa penekanan diantaranya bahwa UMKM memiliki kontribusi yang tidak sedikit baik dalam menyerap tenaga kerja,  bahkan UMKM memberikan pendapatan sebesar 8.5 trilyun ke PDB pada tahun 2018. Dengan 64 juta unit usaha yang tercatat ada. Sementara itu UMKM mampu menyerap hingga  116 juta orang bekerja di sektor ini.

 

Bu Mentri menegaskan sudah menjadi kewajiban kita untuk mendukung UMKM karena sebagian hidup dan bertumbuh disana. 

 

Saat ini digital start up, digital.market place berkembang luar biasa pesat sekitar 78 persen ini masih dari data tahun yang sama. Bahkan hanya dengan modal internet sudah dapat menjadi peluang baru untuk berwira usaha. 

 

Pemerintah mendukung sepenuhnya UMKM, ujar beliau.

 

Kemenaker sendiri akan membantu dan mensupport melalui sarana dan prasaran serta peraturan dan perijinan yang memudahkan UMKM. 

 

Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020
Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020


So acara yang berlangsung 3 hari 7-9 Oktober ini penting banget bagi kamu-kamu yang memiliki UMKM ataupun yang memiliki jiwa usaha tapi masih bingung mau mulai dari mana. Coba simak satu persatu acara yang mereka tawarkan dan beranikan diri untuk berinteraksi dan terkahir untuk mencoba berwirausaha.

 

Selamat berwirausaha…. Maju Terus UMKM Indonesia.

 

...

 

 


32 komentar

  1. Kegiatan yg bagus untuk menambah ilmu, wawasan, jaringan di bidang bisnis. Khususnya usaha yg berkaitan dg dunia digital. Sudah saatnya untuk dikuasai bagi para pelaku usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. meskipun ditengah pandemi usaha sedang lesu... dengan mengikuti webinar ini setidaknya secercah harapan kembali muncul ya kak

      Hapus
  2. Acara yang oke banget nih buat pelaku usaha. Saat ini UMKM emang udah harus dapet sorotan lebih banyak. Biar bisnis mereka bisa tetap bertahan dan bahkan bisa masuk ke pasar digital juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak ipeh... biar umkm kita naik ke kelas berikutnya

      Hapus
  3. UMKM saat ini memang butuh dukungan ya kak terlebih situasi pandemi spti sekarg ini..semoga dengan KKI KE 2 ini dapat memberi semangat lebih pada pelaku UMKM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kak bayu.. kalau ga didukung bisa tenggrlam dan mati suri nantinya umkm kita

      Hapus
  4. Bisa tuk jadi pencerahan bagi pelaku usaha mengikuti webinar ini ya kak, biar makin kreatif dan inovatif dalam kondisi apapun.
    KKI 2020 ini diharapkan dapat memberi semangat baru tuk UMKM di era digital ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan semangat pastinya kak..untuk terus bertahan ditengah situasi pandemi

      Hapus
  5. wah ada acara KKI 2020 ini salah satu booster utuk umkm di masa pandemi gini, ada rekamanan acaranya ga ya bang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ada kak... c9ba cek yutup dech.. yang pertama sich ada ya... aku juga liatnya di yutup kak

      Hapus
  6. Memang UMKM di Indonesia selayaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Semoga bisa maju lagi ya UMKM indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak... maju terus umkm biar bangsa ini juga maju dan besar bersama umkmnya

      Hapus
  7. seneng nih kalau banyak acara untuk UMKM seperti ini, jadinya banyak support dan gak banyak UMKM yang bangkrut. kan sayang bangeet kalau sampai banyak yang bangkut. semoga bisa terus ada KKI dan membantu UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..ditengah pandemi sekarang beberapa umkm sudah gulung tikar

      Hapus
  8. UMKM memang harus ada pendukung dan support, supaya bisa memasarkan produk lokal secara lebih luas apalagi di era digital seperti sekarang ini, untung ada sosialisasi seperti webinar ini ya kak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. wujud perhatian pemerintah terhadap UMKM yang berprestasi dan memacu UMKM lainnya utk tetap berusaha dan berprestasi

      Hapus
  9. Memang UMKM selama pandemi ini merasakan banyak imbasnya ya bang . Sebaiknya memang sering ikut kegiatan bermanfaat seperti ini .
    Alhamdulillah banyak kementrian yang memberi banyak kemudahan bagi UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang memang udah gitu kak...UMKM dipermudah dan diberikan fasilitas utk menunjang usaha mereka ya kak

      Hapus
  10. Webinar nya sangat penting sekali nih Kak apalagi bagi yang memiliki usaha UMKM ataupun bagi yang sedang merintis usaha agar mendapatkan pencerahan dari pihak yang sangat tepat. Tentu saja agar usahanya terus maju dan berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..penting banget buat UMKM.. minimal sesama umkm bertemu dan berinteraksi meskipun secara virtual

      Hapus
  11. Webinar adalah salah satu hilangkan rasa suntuk dan penuhi rasa mencari ilmu meski di rumah saja ya kak. Semoga dengan acara webinar kayak gini UMKM bangkit dari keterpurukan sebab pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang sedang saya lakukan kak.. menambah wawasan sembari menghilangkan suntuk

      Hapus
  12. kegiatan webinar ini dikala pandemic memang sangat dibutuhkan khususnya bagi UMKM yang benar-benar kerasa banget akibat pandemic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benner banget kak... UMKM ini terdampak banget karena pandemi C19

      Hapus
  13. Luamayan banget ya kegiatan webinar sepwrti ini. Selain bisa untuk hilangkan jenuh selama di rumah aja, bisa peroleh ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget kak... bermanfaat menambah ilmu dan wawasan

      Hapus
  14. Nggak bisa pameran secara langsung, masih ada pameran visual. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk saat ini semuanya beralih ke on line kak.. sebisa mungkin

      Hapus
  15. Menarik kegiatannya untuk menambah pengetahuan dibidang usaha ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...biar yang lain terinspirasi utk mencoba menjadi pelaku usaha juga ...minimal kecil2an ya kak

      Hapus
  16. Kegiatan yang menarik dan menambah ilmu banget kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi kak hadi... bermanfaat banget buat umkm dan yang mau menjadi umkm

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih