Kreatif Di Rumah Ala Komika Indra Jegel

 

Udjo dan Tika dari Radio Bahana FM


Saya sich penasaran seperti apa acara webinar yang akan dipandu Tika dan Udjo dari radio Bahana FM. Lah secara kan selama ini dengerin radio aja, dengan adanya webinar jadi bisa nonton acara radio ya kan.

 

Sembari menikmati kelucuan mereka, semangkuk wedangronde hangat  sepertinya enak, yang kalau kita baca dari blognya Ka Richa jangan dilewatkan menikmati wedang ronde ketika berkunjung ke Jogja. Namun buat yang di Jakarta, ada kok gerobak Abang Wedang Ronde di stasiun tebet. Kalau kalian sempat usahakan membeli panganan-panganan dari orang-orang sekitar ya. Karena biar bagaimanapun ekonomi harus terus berjalan dan salah satunya adalah pelaku-pelaku sektor UKM. 


Gerobag Wedang Ronde di Stasiun Tebet

Lanjut, acara yang digagas radio Bahana mengundang sosok yang ga kalah kocak dengan penyiarnya. Indra Jegel salah satu komika yang lumayan dikenal dengan pantun petirnya.

 

Kreatif Ala Indra Jegel

Ia sendiri mengakui diawal-awal pandemi agak terkaget-kaget dengan keadaan dan situasi yang ada.  Namun kali ke dua PSBB dilaksanakan Indra lebih siap dan sigap. 

 

Perkembangan Media Sosial (Medsos) ia akui sendiri bergerak dinamis banget. Mati akal, mati gaya dan banyak mati-mati lain yang ia rasakan namun Indra juga merasakan ini adalah tuntutan untuk berubah dan beradaptasi. 

 

Indra juga sejauh ini memastikam bahwa ia sudah memanfaatkan apa-apa saja yang dirumah. Keresahan, kebosanan dan kegalauan yang ada ia jadikan bahan materi untuk stand up comedy.

 

Indra yang tinggal dikawasan Cirendeu, Tangsel mengakui selama dirumah saja permasalahan yang kerap ia hadapi adalah quota yang menjadi cepat habis. Hal lainnya ia dituntut menjadi lebih kreatif untuk menjadi montir dadakan, secara barang-barang yang rusak atau butuh dirakit menjadi lebih banyak di masa pandemi.

 

Indra Jegel (Komika)

Indra Jegel, merupakan jebolan stand up comedy season 6, menyatakan bahwa ia termasuk tipikal spontan dalam berekspresi. Karena jika ia rencanakan kebanyakan tidak berjalan mulus.  Tapi yang spontan dan dibuat dengan perasaan happy, tenang dan senang, content yang begini ini menurutnya bakal nendangLepas aja pesannya, kalau berhasil mendapat sesuatu ia menyebutnya bonus, kalau tidak toch hati kita sudah puas melakukan sesuatu yang kreatif, bukan. 

 

Indra juga sangat yakin setiap manusia dilahirkan kreatif. Namun tinggal intensitas kita untuk terus konsisten melatih kreatifitas itu terus menerus setiap harinya. 

 

Sekarang kebanyakan orang berlomba-lomba untuk menjadi sukses yang instan dan serba cepat, tanpa mau mengikuti proses yang ada. 

 

Namun ia juga tidak memungkiri, selama dirumah terkadang ide menjadi buntu. Ia mengakalinya dengan mencari lingkungan yang baru keluar dari rutinitas yang membuat ide stuck. Cari layer lainnya, bosan dengan konten yutup yang dibuat gitu-gitu aja, coba buat konten yang berbeda. Bisa coba live IG, FB atau bikin sendiri ga usah ditayangkan langsung. 

 

Menurut Om Indra, kreatifitas itu tidak terbatas, boleh terinspirasi dari yang lain tapi jangan lupa keluarkan juga sisi "kita" yang membuat beda dengan sebelumnya biar berbeda. Seperti teori ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi. 


ilustrasi kreatif dari pixabay(dot)com

Kreatifitas tidak melulu terkait dengan kuota ataupun platform media. Salah satu bentuk kreatifitas ngocol ala Indra, coba buat kreasi tanaman hutan kecil di pekarangan yang unik, lalu share gambarnya tag ke Kementrian Kehutanan siapa tau nanti kamu diangkat jadi staf kreatifnya Kementrian Kehutanan. Lainnya ia mengusulkan buat masker yang kreatif tawarkan ke teman dan minta ia buatkan testimoni dan share ke media sosialnya. Tuch, ga harus ngeluarin quota dan berhubungan dengan medsos masih bisa tetap kreatif kan. 

 

So tetap kreatif ya, tidak perduli apapun hambatannya. Menjadi kreatif agar pikiran tetap sehat dan membuat imun kuat. Bonusnya kesuksesan kalaupun tidak minimal badan tidak jatuh sakit dan pikiran tetap fresh...


Salam sehat salam kreatif.

 

 

30 komentar

  1. Jadi kreatif dengan sering belajar dari orang kreatif kaya bang Indra ini juga salah satu usaha biar ide ngga mandeg juga ya, kak. Biar makin lancaar ide ide kreasinya setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ipeh... kalau ide mandeg.. madeg semuanya

      Hapus
  2. Hahah bisa aja, buat taman trus foto tag kementrian kehutanan ya. siapa tau direkrut jadi staf taman di sana #eh. Memang di pandemi gini tingkat kreatifitas supaya ttp beradaptasi harus ditingkatkan ya bang

    BalasHapus
  3. Suka nih saya dengan kalimat terakhir. Tetap kreatif tidak peduli apapun hambatannya

    BalasHapus
  4. Kayaknya untuk bisa muncul ide kreatif syaratnya pikiran harus bahagia. Cara dan tanda bahagia yg paling sederhana adalah dengan tertawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas.. harus bahagia biar idenya keluar

      Hapus
  5. Hidup tetap berjalan dan kita gak boleh nyerah sama keadaan ya kak, asal ada niat sekecil apapun ide kita jika ada niat dan diwujudkan insya Allah ada jalan nya tuk menambah pemasukan disaat seperti sekarang.
    Bener kata Komika Indra Jegel itu,aku sepemahaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak elva.. hidup harus tetap berjalan dan harus tetap kreatif

      Hapus
  6. Tapi memang iya ya bang Iyus, banyak orang berlomba buat sukses dengan cara instan. Padahal yang beneran sukses menapaki tangganya sampai ke posisi sekarang ada 5-10 tahunan baru beneran berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kak .. untuk sukses butuh waktu dan proses.. harus sabar menjalani untuk menggapainya

      Hapus
  7. Tetap kreatif walaupun di rumah aja ya bang asalkan jangan terlalu kreatif nih kayak adek saya saking kreatifnya mesin cuci yang mati pengeringnya saja dibongkar ehh ga bisa pasang lagi alhasil ga bisa kepake juga yang buat nyucinya dan panggil tukang serpis deh heuhuhu jadi mihil karena jadi rusak dua2nya heuheu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya sudah mencoba kak.. urusan tambah rusak.. setidaknya menambah pengalaman dan pengetahuan ... hehehehhe..

      Hapus
  8. Intinya masa pandemi ini harus pintar lihat peluang ya kak. Ketika kita mau berbuat dan bergerak tentu insya allah akan ada hasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kak.. harus berbuat dan bergerak... melakukan sesuatu dari melihat adanya peluang

      Hapus
  9. Wah memang dengan banyak di rumah, banyak hal yang dapat dilakukan ya kak maka lebih banyak kreatifitas yang muncul ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. pilihan yang terbatas saat ini kak mau tidak mau kita harus bisa menyikapinya tapi tetap kreatifitas.

      Hapus
  10. yap bener banget kreatifitas itu memang tak terbatas ya. tapi tetap ada norma dan aturan yang perlu kita pikirkan meski kreatifitas tak terbatas. supaya kreatifitas tersebut bisa bermanfaat dan tak menyakiti orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget kak.. jangan sampe kreatifitas kita menyakiti orang lain ya

      Hapus
  11. Di masa pandemi ini kita memang harus super kreatif, yang penting kerjaan yg kita lakukan halal

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget kak... kreatif tapi tetap harus halal

      Hapus
  12. Setuju tentang bonusnya. Seperti halnya kita ngeblog, lakukan dengan happy tanpa beban, dan usahakan yang terbaik, kalo dapet apa-apa dari sana ya bonus. Alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak.. lakukan dengan gembira dan bonusnya pasti menyusul

      Hapus
  13. Memang kalo gak kreatif bakalan sumpek dirumah kan bang Iyus. Apalagi kita belum tau sampe kapan psbb ini berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak... belum jelas kapan berakhirnya pandemi ini ya

      Hapus
  14. Paling suka sama kalimat yang terakhir nih,, karena kita emang kudu tetap kreatif apapun kondisi dan rintangannya ya kak

    BalasHapus
  15. Kreatif itu memang penting dan perlu banget ya, gak akan ada habisnya kalau yang namanya kreatif dan gak akan bosan

    BalasHapus
  16. dimasa pandemi memang harus lebih kreatif bikin usaha agar supaya tetap ramai peminat

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih