Tingkatkan Media Sosial Twitter Dalam Sharing Blogpost.

 

Ilustrasi dari pixabay.dot.com


Menjadi seorang blogger awalnya adalah sebuah proyek coba-coba bagi saya pribadi. Tergabung dengan beberapa komunitas dan platform sebut saja salah satunya adalah kompasiana dan blogdetik menambah wawasan keilmuan dan  pertemanan.

 

Memang ketimbang blogger yang sudah lebih dulu eksis dan aktif saya masih banyak ketinggalan. Tapi saya menikmati setiap prosesnya kok.

 

Seperti minggu-minggu belakangan dimana masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan kembali. Aktivitas kantor sendiri berkurang sebanyak 40 persen. 

 

Dan sisa waktu yang ada saya gunakan untuk menimba ilmu melalui webinar yang diadakan komunitas blogger. 

 

Sepakat dengan tulisan Kak Dian dalam Blognya Merubah Hobbies To Income.

 

Blog pun tidak jauh berbeda, dari yang sekedar hobi bisa mendapatkan penghasilan. Tentunya kalau ditekuni serius dan dalam. 

 

Bahkan beberapa blogger sudah mapan dan mampu hidup mencari nafkah dari menjadi blogger, menyediakan content bagi klien. 

 

Tapi tetap menimba ilmu adalah yang harus dilakukan secara berkala dan setiap saat. Bagian ini yang saya suka. Artinya dengan menjadi blogger menjadikan diri kita seorang yang berjiwa terbuka, mau belajar dan mau diajar. Apapun itu. 

 

Seperti kemarin Kak Kartika Putri Mentari (KPM) atau yang akrab disapa Kak Putri mencoba berbagi ilmu tentang pemanfaatan twitter dalam dunia blog.


Kak KPM Seorang Social Media Enthusiast


Gunakan Twitter Secara Maksimal.

Twitter sendiri platform medsos nomor 5 yang sering digunakan. Setelah Youtube (1), Whatsapp (2), Facebook dan Instagram berada di posisi berikutnya. 

 

Lalu mengapa orang masih tertarik dengan twitter, sederhananya twitter itu mobile friendly, user friendly, up to date, more attractive (combine by text and visual) equipped with accelerate mobile pages (AMP).

 

Alasan lainnya dari twitter kita bisa menjadikan research tools, personal branding, grab new audiences dan net working. 

 

Lalu hal apa saja yang harus kita lakukan dengan twitter, 

  • Sering seringlah tweet link blog, tapi jangan juga terlihat sebagai nyepam.
  • Kombinasikan tweet antara text dan visual.
  • Mention orang-orang yang ada dalam blogpost.
  • Gunakan clikbait text yang terkait dengan blogpost
  • Retweet tweet punya teman lain.
  • Gunakan hastag yang nyambung
  • Pin di twitter blogpost yang terakhir.
  • Lakukan blogwalking dan mention orang-orang yang ada dalam blog tersebut.
  • Bagikan tweet ke blogger komunitas.

Kak Putri sendiri langsung memberikan contoh dan praktik langsung dengan masing-masing twitter peserta yang mengikuti webinar.


Blogger Lakukan Juga Hal Ini 


Ini yang saya katakan diawal bahwa menjadi seorang blogger meskipun tiap hari menggunakan twitter sebagai media sosial tapi belum maksimal dalam penggunaannya. Rupanya pemanfaatan secara maksimal penggunaan twitter  akan memberikan dampak signifikan terhadap blog yang kita kelola.

Tidak bisa dipungkiri juga ujungnya nanti adalah jumlah follower dan trafik blog meningkat yang berimbas kepada pendapatan sebagai blogger juga naik pastinya.

Selamat Memaksimalkan Twittermu Kawan.

15 komentar

  1. Aku belum optimasi Twitter emang bang Iyus.. followers pun masih 800. Kepengen juga belajar optimasi Twitter biar bisa promo link blog.

    BalasHapus
  2. Daku belum pernah ngepin twit blogpost terakhir. Ini mau langsung coba praktek. Soalnya, biasanya cuma share aja gitu dan ketimpa sama twit lain

    BalasHapus
  3. Justru aku belum punya akun twitter bang, ntar tak buat dan praktekkan cara diatas

    BalasHapus
  4. twitter termasuk media sosial yang kutinggalkan sejak menikah tahun 2014..dulu zaman kuliah dr 2008 rajin bgt ngetwit. nah semenjak punya blog ternyata kepake lg ya bang buat optimasi blog

    BalasHapus
  5. Noted Kak. Ilmunya bermanfaat banget ini buat saya. Saya masih belum memanfaatkan twitter dengan baik. Boleh dicoba ini.

    BalasHapus
  6. yap twitter tuh sekarang juga penting banget untuk grow up kaya IG, tapi saya juga masih belum sering pakai sih haha. kadang-kadang aja suka tweet atau kalau lagi ada job.

    BalasHapus
  7. punya akun twitter tapi belum bisa memanfaatkan dengan maksimal. jarang tweet. gak tau juga berapa followernya. belajar terus ah

    BalasHapus
  8. Aku punya twitter baru setahun ini, pas terjun ke dunia blogbelum otimasi seperti yang dilakukan kak Putri sih, banyak yang harus ditingkatkan ya media sosial termasuk twitter.

    BalasHapus
  9. Wah saya malah ketinggalan nih, lama banget nggak nyentuh twitter. Kalau nggak gara-gara ada job yang mengharuskan paket lengkap share 3 sosmed sampai sekarang mungkin saya nggak pakai twitter, duh padahal salah besar ya

    BalasHapus
  10. Aku udah lama sih menggunakan medsos twitter,tapi nggak begitu terlalu aktif kalau di twitter.
    Tapi bisa juga nih aku coba tweet link blog, secara aku aktif kalau di blog.
    Apalagi bener kata Kak Dian "Merubah Hobbies to Income"

    BalasHapus
  11. Aku kalau lagi mood bisa sampai 5 tweet untuk link blog, duh termasuk nyepam ya, jadi mesti di ubah ini

    BalasHapus
  12. Twitter sememnjak aku ngadain giveaway emang followernya naik drastis. Emang kalau mau manfaatkan medsos apa saja jangan pilih2 ya.

    BalasHapus
  13. Aku suka main twitter karena emang up to date banget kalo nyari berita

    BalasHapus
  14. Pernah share ke twitter, tapi followers saya nganu banget sih, gak ada yang gubris bang. Hiks

    BalasHapus
  15. Aku follower twitter hanya 10 orang. Hihihi. Perlu optimasi lagi nih kayaknya. Memang susah sih jarang dibuka juga.

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih