Selena Di Nebula Dan Semua Terungkap (Review Nebula)

Selena-Nebula-Tereliye
Selena-Nebula-Tereliye


Di buku Nebula, hampir setengah halaman buku masih membahas kisah Selena, Tazk dan Mata dengan tugas kuliah mereka yang unik dan ajaib. 

 

Sebut saja salah satunya Malam dan Misterinya yang diajar Bibi Gill, entah kenapa di semester lanjutannya berganti nama menjadi Siang dan Keramaiannya. 

 

Dari Bibi Gill pula, Selena banyak mendapatkan ilmu pengintaian.

 

Sementara untuk Teknik Bertarung Master Ox sendiri memisahkan mereka dari mahasiswa lainnya. Karena Selena, Mata dan Tazk dianggap Master Ox sudah diatas atas rata-rata. 

 

Nebula sendiri pas-nya dinikmati setelah Selena, benang merah ceritanya terlihat jelas. Tapi kalau terpisah juga ga ada salahnya. Selena dan Nebula-nya Tere Liye ringan untuk dinikmati sembari menikmati sore ditemani secangkir kopi panas dan cemilan gorengan. 

 

Petulangan Dan Memecahkan Rahasi Klan Nebula

Selena, Tazk dan Mata memasuki semester-semester akhir kuliah di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekarang posisi mereka sudah bergeser menjadi senior. 

 

Tingkah mereka di semester awal kuliah ada di Buku Selena, disini pula pertemanan mereka berawal dan menjadi sahabat yang kemana aja selalu bersama. 

 

Nebula-TereLiye
Nebula-TereLiye



Tapi tetap saja mereka membuat ulah yang membuat Master Ox menyumpahi mereka "demi bulan sabit gompal"  demi melihat kereta masuk ke auditorium. Tapi meskipun jengkel, kala Selena menyelinap ke kantor Master Ox, ia tahu bahwa Master Ox memperhatikan benar perkembangan kemajuan Selena, Tazk dan Mata ( emang nakal banget kan Selena, ruang guru besar aja doi bisa terabas masuk).

Semester ini tidak mudah bagi Selena dan teman-temannya tapi mereka banyak belajar dari ABTT.

Dihalaman 87, Bibi Gill mengingatkan kepada Selena, "bagi seorang pengintai, malam adalah teman terbaiknya. Ketika semua terlihat gelap dan lengang pengintai bisa bergerak diam-diam, melintas dalam senyap, menyelesaikan misinya. Tapi malam hanyalah separuh dari siklus hari, ada separuhnya lagi. Separuh hari lainnya yang tidak kalah penting, saat semua orang sibuk menghabiskan waktu mereka, bekerja, sekolah atau tidak kedua-duanya.  Saat mata terbuka, aktivitas berjalan. Semua keramaian yang terjadi. Seorang pengintai yang lihai bisa menjadikan malam sebagai teman terbaiknya dab sebaliknya menjadikan siang sebagai panggung pertunjukan terbaiknya."  Ini adalah transisi dari mata kuliah Malam dan Misterinya menjadi Siang dan Keramaiannya. 

 

Cawan keabadian adalah salah satu pusaka dunia paralel. Penjaga keseimbangan. Sumber kekuatan tiada tara. Obat tiada tanding. Gembok paling kokoh. Tersimpan di klan jauh. 

Tempat dengan gunung-gunung  tinggi yang terus bergerak mengikuti polanya. Klan dengan kabut, awan dan debu yang menyelimuti terus menerus persis seperti namanya. NEBULA. Hal. 178.

 

Klan Nebula sendiri adalah klan paling kecil dalam konstelasi jauh. Selalu bergerak. Berpindah poros. Tempat ini berbentuk lingkaran dengan diameter 9 KM. Tepiannya adalah dinding yang menjulang tinggi hingga langit. Dinding itu bukan dinding batu biasa. Di balik dinding batu bagian bawahnya ternyata terbenam sosok-sosok besar setinggi enam puluh meter. Raksasan. Halaman 275. 

 

Semua berawal dari Klan Aldebaran, 40.000 tahun lalu. Mereka melakukan sebuah ekspedisi dengan tujuan mulia menyebarkan pengetahuan dan teknologi hebat ke seluruh dunia paralel. 40 puluh kapal di kirim dengan kapasitas masing-masing kapal 100  relawan penduduk Klan Aldebaran.

 

Misi mereka sederhana hendak memetakan dunia paralel, menetap di klan-klan baru, berbagi pengetahuan dan teknologi, mengajarkan bahasa dan kebudayaan hingga makanan dan minuman Klan Aldebaran. Tapi jika ternyata klan yang mereka datangi lebih maju, mereka yang dengan rendah hati akan belajar dan menimba ilmu. 

 

Salah satu Klan Aldebaran berhenti di Klan Bulan di Distrik Sungai Jauh-Jauh tepatnya. Saat itu penduduk Klan Bulan masih sangat primitif.

 

Waktu berjalan, Klan Aldebaran bahkan menikah dengan penduduk Klan Bulan. Siapa sangka ketamakan penduduk asli membuat mereka ingin menguasai Dan saling berebut kekuasaan. Bahkan membangkitkan raksasa yang ada diperut bumi.

 

Keadaan semakin kacau, peperangan tidak bisa dihindari. Korban berjatuhan semakin banyak terlebih ketika raksasa dilibatkan.

 

Bahkan keturunan murni Klan Aldebaran sendiri yang tadinya 12 orang anak, habis dibantai raksasa dan tersisa dua orang saja. 

 

Pilihan terakhir dari perang yang terjadi adalah membuka portal ke Klan Nebula dan mengurung para raksasa disana. Namun harus dibayar mahal. Putri Klan Aldebaran harus meregang nyawa menjadi cawan keabadian. 

 

Anaknya terpisah, satu di Klan Aldebaran dan sisanya di Distrik Sungai-Sungai Jauh. Hingga dibuat sebuah pesan bersandi. Inilah yang menjadi misi Selena, Tazk dan Mata. 

 

Semakin maju teknologi, memang semakin banyak waktu yang dihemat manusia tapi kualitas hidup mereka juga.menurun. Waktu dan kemudahan hanya digunakan untuk hal yang sia-sia, memelototi gadget yang di tangan. Pesan Kosong kepada Selena demi melihat Selena menatap aneh Kosong yang tidak menggunakan teknologi. 

 


SELENA

Penulis : Tere Liye

No. ISBN : 9786020639529

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tanggal terbit : Maret - 2020

Jumlah Halaman : 300 Berat : 350 gr

NEBULA

Penulis : Tere Liye

No. ISBN : 9786020639536

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tanggal terbit : Maret - 2020

Jumlah Halaman : 376 Berat : 350 gr



Tidak ada komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih