Wisata Murmer Di Taman Kota 2 BSD

Batu Prasasti Taman Kota 2 BSD
Saya di Taman Kota 2 BSD 

Masih dalam suasana liburan tahun baru, kemana enaknya menghabiskan waktu. Karena masih berdomisili sementara di Tangerang Selatan beberapa waktu ini, alhasil kakak Google menyarankan untuk menikmati pagi di sekitaran Taman Kota 2. 

Ancer-ancernya kalau dari Puspita Loka sekitaran Taman Kota 1, ambil arah BSD Junction. Lanjut terus ke Stasiun Rawa Buntu hingga ketemu pertigaan ke 2 ambil kanan sesuai marka tidak jauh dari sana perhatikan ada plank Taman Kota 2 BSD. 

Lokasi persisnya berada di Jl. Letnan Sutopo, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326, kalau kalian googling ketemu kok dan valid karena sudah banyak dan rutin warga sekitaran yang beraktivitas disana. 

Wisata Murah Meriah Bareng Keluarga


Taman Kota 2 BSD. 

Info dari jejak piknik(dot)com luas area taman kota 2 ini sekitar 9 Hektar dan diresmikan pada tahun 2006 lalu. Dengan jumlah tanaman hampir sekitar 7000 tanaman, banyak banget kan. 

Tapi ingat banyak tanaman memang seger dan baik bagi kesehatan. Tapi jangan lupa bawa lotion anti nyamuk, secara nyamuk disini ganas-ganas dan besar-besar (nyamuk hutan boo). Jenis pohon di Taman Kota 2 pun terbilang beragam mulai dari pohon Meranti, Beringin, Bintaro dan ada juga Pulai (yang terakhir saya kurang tahu gmana bentuknya).

Sementara sumber lainnya menyatakan bahwa Taman Kota 2 BSD City merupakan taman yang cukup familiar di kalangan warga Tangerang Selatan. Termasuk dari 30% RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang harus ada di setiap kota. Taman Kota 2 memiliki variasi alam yang lebih menarik karena dilalui Sungai Jeletreng.

Sudah ada Jalur buat Stroler anak 


Untuk masuk ke Taman Kota 2 gratis, hanya saja dikenakan retribusi parkir untuk kendaraan mobil Rp. 5000. Pada tahun 2018 lalu Taman Kota 2 sudah tampil dengan wajah barunya. Karena sudah dilakukan penataan aliran sungai yang melintasi taman kota 2 di Kecamatan Serpong oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan. 

Bonus fasilitas yang semakin bertambah dengan tata letak kekinian. Beberapa yang saya rasakan ketika berkunjung ke sana yaitu jogging track yang melingkar menyebrangi Sungai Jeletreng. Penambahan jogging track mencapai panjang +/- 600m. 

Jalur jogging terbuat dari paving block yang mencegah licin saat berlari. Sambil berlari bisa menikmati suguhan pemandangan sungai dan hutan yang menyegarkan. Yang suka jogging ringan cocok ke sini. 

Kelebihan Taman BSD 2. 

  • Lebih luas dan tertata rapi serta menarik untuk dikunjungi. Mungkin karena sudah belajar dari Taman Kota 1 jadi ini versi revisinya. 
  • Banyak spot menarik untuk didokumentasikan. 
  • Ada beberapa arena menarik ramah anak dan keluarga. 
  • Fasilitas umum seperti toilet sudah baik.
  • Banyak pilihan cemilan dan rumah makan. 
  • Harga beberapa permainan masih ok bahkan terbilang murah dan bersahabat dengan kantong. 
Mengelilingi sungai jalan santai atau jogging ringan

Kekurangan Taman BSD 2.

  • Air sungainya masih kotor (mungkin menjadi bersih ga ya). 
  • Ketika masuk ke area hutan, banyak conblock yang rusak dan jalan yang rusak menyebabkan jalan ke dalam ga nyaman (kalau masuk dari jalan Soetopo ya) 
  • Permainan anak motor cross lumayan mengganggu mulai dari suara dan asapnya.
  • Rumah makan dan cemilannya belum tertata rapih. 
  • Belum ada jadwal acara rutin di Taman Kota BSD 2. Kayaknya seru juga kalau dibuat acara pasti bakal ramai yang datang. 
  • Karena datang bertepatan dengan musim hujan, sedikit khawatir kalau lagi jogging tiba2 hujan. 

Spot foto di Taman Kota 2 BSD 

Sepertinya ruang terbuka atau taman kota atau hutan raya seperti Taman Kota BSD 2 ini perlu di perbanyak. Juga didaerah-daerah lainnya. Selain bisa juga dijadikan tempat wisata murah meriah, sekaligus memaksa pengunjung untuk mengelilingi area jogging tracknya, pulang pergi ada sekitar 1 KM. 

Jadi dech wisata kami yang tipis-tipis, menghibur diri, terjangkau, tidak jauh dari kediaman dan menyehatkan. 

Salam wisata murah meriah. 

Sumber tambahan attisholihah.wordpress.com (wajah-baru-di-taman-kota-2-bsd-city-tangsel-destinasi-menarik-yang-kekinian) 

46 komentar

  1. Taman kota selain bisa bikin wisata murah meriah, bisa juga jadi area belajar edukatif buat anak-anak loh bang Kornel.
    Kalo Pemkot serius, bisa dibikin spot khusus untuk mengedukasi anak-anak tentang penghijauan, tanaman dan lainnya.
    Bisa dibuat acara rutin biar semakin banyak warga yang antusias datang ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepemikiran kita kak, tahap awal taman kota ada sudah ok..tinggal ke depan di maintain sama dibuat inovasi yang menarik

      Hapus
  2. Wuah tamannya ternyata luas, aku pikir cuma sepetak doang, wqwq... seneng ya jalan2 di taman, sepi lagi tuh tamannya, jadi berasa taman pribadi nggak sih???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menuju tamannya sepi kak..ditengah tamannya meriah.. banyak yg dagang..ada juga taman main keluarga... pokoknya seru lah

      Hapus
  3. Kalo minggu rame pasti ya bang di sana. Saya yakin untuk ke depan penataannya pasti bagus. Kalo sungai bersih sih butuh waktu yaaa, soalnya dari hulunya mungkin udah kotor. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak mutia..weekend selau ramai pastinya.

      Hapus
  4. Iya, sayang yaa kadang taman kota kurang dikelola dengan baik. Dari dulu saya selalu mendambakan di Indo ada taman kota kaya di luar negeri yang bersih, rapi dan terkelola dengan baik. Seru juga sih kalo ada kegiatan interaktif untuk pengunjung, apalagi yang edukatif untuk anak.

    BalasHapus
  5. denger nama BSD ga selalu mahal ya? heheheheee.... di depok juga lagi gencar bikin taman-tamanjuga nih. wisata pagi dan sore yang murah, ya di taman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..semoga banyak taman..jadi banyak tempat wisata murmer ya

      Hapus
  6. Wahhh liburan bersama keluarga besar memang cocok sekali di tempat ini ya, selain bisa memberikan rasa nyaman untuk diri sendiri untuk keluarga juga bisa menjadi pengalaman dan kenangan baru wuehehe :D

    BalasHapus
  7. Putranya lucu banget Bang. Seneng ya jalan² di Taman Kota...
    Dulu di Bandung, di taman ada wifi. Engga tahu sekarang...Taman di Bandung jadi kusam. Hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa jadi kusam tamannya kak.. pasti ga dirawat tuch... padahal kan bagus banget buat paru2 kota ya

      Hapus
  8. Semoga pemerintah Tangeran segera bida menjernihkan sungainya ya. Soalnya sudah banyak teknologi yang bisa bikin sungai jadi bersih lagi. Seperti pemakaian bakterim. Tapi tentunya tetap didukung dengan upaya dari manusianya juga untuk tidak membuang dampah sembarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti impian sungainya jernih masih bisa dicapai ya kak...

      Hapus
  9. Meski masih banyak PR yang musti diperbaiki, tetapi wisata murmer ini sepertinya cocok untuk liburan minggu pagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi mas ari..cocok buat liburan minggu pagi bersama keluarga terkasih...

      Hapus
  10. 9 hektar, lumayan pegel juga ya kalau keliling kawasan taman kota 2 ini.
    Iya lho, nyamuk di taman yang banyak pepohonan itu bikin sebel, besar-besar dan temannya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pegel kak.. kemarin mengelilingi sungainya aja pegel .... dan memang nyamuknya yang bikin mengganggu .. tapi ya gimana lagi namanya tempat mereka kita datangi .. kan yak

      Hapus
  11. Wah kalo spot ini mah harus bawa temen rame-rame, rugi kalo cuman berduaan doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi beberapa spot malah diisi sama pasangan2 yang menghabiskan waktu pagi di akhir pekan kak

      Hapus
  12. Bagus-bagus ya tempatnya, tapi sayang perawatannya kurang maksimal, jadi ada beberapa fasilitas yang udah rusak. Semoga lebih diperhatikan lagi apalagi ini termasuk taman kota yang pastinya jadi ikon kota itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia kak. Masih kurang maksimal tepatnya...semoga ke depannya bisa lebih maksimal lagi dikelolanya ya kak

      Hapus
  13. Wah lumayan olahraga dong, kalau luasnya 9 hektar sejuk juga kalau pagi ya kaK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kan pagi kak..siang juga masih sejuk kok...secara banyak pohon2nya

      Hapus
  14. Taman-taman kota kayak gini emang harus diperbanyak sih, apalagi di kota-kota besar. Lumayan untuk mengurangi polusi udara. Di akhir pekan taman kota kayak ini juga bisa jadi tempat berwisata yang menarik dan murah bagi warga sekitar. Apalagi di kota besar yang jarang ada wisata alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas rifqi..selain sebagai paru2 kota..juga sebagai tempat wisata bersama keluarga ya

      Hapus
  15. Wah bagus ada fasilitas banyak dalam taman kota. Smoga makin diperbaiki ke depannya karena taman kota sangat bermanfaat untuk warga sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benea kak lisa...memang taman kota semakin ke sini semakin dibutuhkan keberadaannya... secara selain sebagai paru2 kota.. bisa juga sebagai tempat rekreasi keluarga

      Hapus
  16. Mungkin suungainya bisa dikasi bebek bebekan agar bisa menambah daya tarik wisatawan di tanam kota BSD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kak.. biar berasa kedan natural nya ya

      Hapus
  17. kalau area tanahnya ditanam bunga-bunga makin keren lagi itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget keren kak..jadi lebih hidup pastinya ya

      Hapus
  18. Wah, asyik banget, pancen, kalau fasilitasnya seperti itu. Jadi semangat, masyarakatnya. Saya juga ngarep ada di kota saya, lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bukan kak susi..semoga semua daerah ada ya..taman kota seperti bsd 😇😇🤗🤗

      Hapus
  19. taman BSD nya bagus dan cocok banget untuk foto" viewnya keren juga.. saya kurang tau apakah ini danau buatan atau danau alami ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danau alami kak (sepertinya) dan memang dibuat banyak spot menarik kak..biar orang tertarik datang dan mengabadikan momen ketika disana kak

      Hapus
  20. Taman kota memang cocok jadi tempat wisata kalau lagi gak punya banyak waktu, banyak uang dan sebagainya, tapi pengen jalan juga, hhe. Semoga pengelolaan taman kota 2 BSD semakin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...bener banget kak fadli.. murmer kan... buat yang mau jalan tapi murah, ga jauh ... taman kota

      Hapus
  21. Taman kotanya bagus juga Mas. Bisa jadi tempat rekreasi bersama keluarga. Semoga ke depannya, Taman kota jauh lebih lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus kak... cocok buat main bersama keluarga ya

      Hapus
  22. Taman kota ini menurut saya penting keberadaannya. Selain sebagai tempat wisata, juga menjadi resapan air untuk mencegah banjir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak manfaat memiliki taman kita ya mas amir

      Hapus
  23. wah makin banyak aja ya kak taman kota seperti ini...bisa jadi sarana rekreasi dan tempat edukasi nih buat anak-anak timbang maen ke moll melulu hehe ..harusnya setiap perumahan membuat fasilitas taman kota seperti ini ya..

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih